Antara Kanker, Post Partum Depression dan Keindahan Rambutku


Kalau ditanya bagian tubuh mana yang disukai, saya pasti bakal bilang rambut dan kuku. Masih ingat beberapa tahun lalu, saat pertama kali kehilangan rambut karena kemoterapi. Rasanya sedih banget ngelihat rambut yang satu-satu hilang dan rontok. Tapi ternyata Allah mboten sare, rambut saya tumbuh lebih lebat dan hitam dari sebelumnya. Rasanya senang bisa pakai shampoo dan sisiran lagi saat itu.

Baca juga cerita saat saya kehilangan rambut karena kemoterapi di :

Setelah menikah, saya akhirnya memutuskan resign dan menjadi ibu yang bekerja di rumah dengan menulis blog semampunya. Saat ada Raffi, hidup rasanya tenang-tenang saja. Saya bisa fokus ke tumbuh kembangnya tanpa harus membagi waktu dengan lainnya.

Kemudian saya hamil setelah menyapih Raffi, tapi takdir Tuhan sang janin tidak berkembang. Saya keguguran. Drama rasa penyesalan kenapa bisa keguguran kadang masih menghantui saya. Tapi Tuhan sangat baik, sebulan setelah keguguran saya hamil Raffa dan seketika semuanya menjadi berubah. Rasanya perjuangan menjadi seorang Ibu itu menjadi sangat berat. Gimana gak berat, saat hamil saya harus bolak balik kampung halaman karena Mama kebetulan lagi sakit keras. Dan itu membuat saya berkali-kali kontraksi palsu sejak usia kandungan 5 bulan hingga melahirkan.

Setelah melahirkanpun ternyata keadaan juga tidak bertambah baik. Ditambah dengan manajemen waktu saya belum terlalu baik saat itu. Saya harus sibuk mengantar si Kakak sekolah dan les dari pagi sampai sore hampir setiap hari dan itu harus membawa bayi new born kemana-mana. Belum lagi si Kakak yang lagi masa butuh perhatian, karena saya sedikit lebih fokus ke adiknya. Lalu Mama meninggal waktu itu sangat buat saya terpukul. Untuk keluarga yang kebetulan perantauan, tidak punya saudara di sini dan tidak menghire asisten rumah tangga, buat saya itu cukup berat. Iya, waktu itu.

Kondisi rempong pasca melahirkan :"(
Saya kucel amat ya :(

Baca juga 

Dulu saya pikir, menjadi ibu yang di rumah itu akan santai saja sambil jagain anak. Ternyata saya salah, kerjaan ibu di rumah itu terus ada saja. Yang anak numpahin makananlah, yang pas kita lagi makan tiba-tiba dianya pengen puplah, belum lagi antarles karate atau berenang dan sebagainya. Dan saat di malam hari, kadang saya harus menulis blog yang tentunya sangat menyita waktu istirahat. Hingga saya hampir lupa yang namanya "Me Time" itu seperti apa. Boro-boro mau perawatan ke salon, mandi saja rasanya malas banget kalau tidak ingat lagi menyusui. 

Karena repot jaga anak juga, saya nyaris tidak pernah ikutan event blogger lagi. Karena membagi waktunya susah sama suami, dia harus ijin kantor kan? Sekali dua kali masih bisa, tapi kalau terus-terusan kan bisa dimarahi atasannya nanti. Kasihan suami saya, apalagi beliau adalah tulang punggung keluarga kami. Kalau sampai kenapa-kenapa sama kerjaan kantornya, kan kita juga yang susah.

Stress. Iya, saya merasa stress saat itu. Dan PPD (Post Partum Depression) ternyata menghantui saya tanpa disadari.

Saya sering menangis meraung sendiri saat bersama anak. Saya sering marah-marah tanpa sebab pada suami. Untungnya saya masih bisa mengontrol emosi tidak melampiaskan kemarahan pada anak. Saat dalam kondisi tidak tenang itu, saya langsung menghubungi suami. Kemudian suami buru-buru pulang dari kantor untuk menenangkan saya. Saya sangat merepotkan suami yang memang lagi sibuk-sibuknya di kantor :(.

Tapi suami saya memang yang terbaik (Buat saya tentunya). Dia membantu saya pulih kembali pasca melahirkan dan kehilangan Mama. Pelan namun pasti, suami saya berusaha mengembalikan "Echa" yang dulu dia kenal. Dengan penuh cinta dia menemani menghadapi PPD, salah satunya menjadi pendengar yang baik buat saya. 

Baca juga :

Saya mulai bisa mendengarkan kata hati agar lebih mencintai diri sendiri dan mulai ikhlas menerima keadaan. Saya pun mulai membuka diri dan bertemu banyak teman baru di dunia babywearing (gendongan), konselor ASI dan birth club 2016. Ternyata saya tidak sendiri, banyak ibu-ibu yang memerlukan teman dan pendengar yang baik agar bisa merasa 'hidup' kembali. Saya mulai bersemangat lagi dan suami sangat mendukung perubahan ini.

Dunia babywearing ini membuat saya jatuh cinta


Ah ternyata dunia ini memang sangat indah.

Saya mulai merawat diri kembali. Mulai berpakaian rapi, sering mandi, menggunakan beberapa bedak dan make up tipis, dan tentunya mulai merawat kembali rambut yang sudah gak karu-karuan kusamnya. Iya, yang paling terlihat jelek saat itu rambut saya. Secara selama ini biasanya saya sangat merawat rambut, kok ternyata jadi kusam kusut gitu :(.

Padahal kalau rambut bisa ngomong pasti dia sudah protes. Kenapa rambutnya jadi jelek sekarang tidak dirawat lagi seperti dulu. Karena memang susah ke salon, satu-satunya cara ya merawat sendiri di rumah kan? 

Caranya?


Karena saya bukan orang yang suka ganti-ganti merek shampoo, ssejak dulu saya selalu pakai Emeron.  Dulu kemasan botol shampoonya lebih bulat dan sekarang jadi lebih tinggi modelnya. Demi rambut hitam kembali bersinar, akhirnya saya coba lagi.

Apalagi ternyata Emeron sudah komplit loh perawatan rambut alaminya. Bukan hanya shampoo saja, tapi ada conditioner dan hair vitaminnya juga ada sekarang. Untuk saya yang memang tidak sempat pergi kemana-mana, ini cukup membantu.

Karena rambut saya tidak rusak tapi hanya kusam. Untuk mengembalikan kemilaunya, jelas saya tetap pakai Emeron Complete Hair Care Black and Shine. Sekarang hadir dengan teknologi baru dari jepang dengan formula Active Provit Amino. Jadi ini adalah formula yang mampu secara aktif menguatkan dan menutrisi setiap helai rambut demi mencegah kerusakan rambut, sekaligus melindunginya dari sinar matahari.

Selain itu seri ini juga ada kandungan Urang Aring-nya. Orang dulu pasti sudah tahu kan manfaat urang aring itu apa?. Perpaduan Provit Active Amino dan urang aring bakal lebih membuat rambut jadi hitam berkilauan. Seperti menyatukan sentuhan lama dan modern kan?

Kok pilih yang warna hitam sih? Ya selain saya memang mencintai warna hitam, Emeron Complete Hair Care Black and Shine ini bisa membantu memulihkan rambut sehat hitam berkilau.


Saya sendiri punya 1 2 3 cara rambut sehat indah berkilau dengan Emeron Complete Hair Care Black and Shine. Ini dia urutan dan caranya. Cobain deh!

1. Emeron Nutritive Shampoo Black and Shine



Tekstur shampoo sangat lembut dan kental. Wanginya segar, awet sampai seharian. Kalau kita tuang ke telapak tangan, warna hitamnya pekat banget dengan sedikit berkilauan kalau kena cahaya. Ini karena perpaduan Active Provit Amino dan Urang Aringnya membuat setiap helai rambut lebih bernutrisi dari akar. 

Tutup shampoo model flip jadi tidak mudah tumpah. Saya biasanya beli yang ukuran sedang, dengan isi sekitar 170ml dengan harga sekitar 15-18 ribu rupiah. Ada juga ukuran 340ml di harga sekitar 26-28 ribu rupiah. Cukup murah dan kompetitif kok!


Cara pakainya cukup mudah seperti sehari-hari kita pakai shampoo. Jangan lupa saat pakai shampoo, kulit kepala juga ikut digosok pelan ya, biar kulit matinya ikutan hilang. Setelah itu bilas sampai bersih. Yang unik dan menjadi pembeda dengan shampoo lain adalah busanya. Biasanya kan busa berwarna putih, tapi kalau kita pakai Emeron Nutritive Shampoo ini warna busa sedikit kehitaman. 


Saya biasanya pakai shampoo ini dua hari sekali agar rambut makin hitam alami, tetap sehat dan cantik berkilau.  Saya suka deh, kalau habis keramas terus cium rambut sendiri. Wangi banget. Tidak percaya? Buktikan sendiri!

2. Emeron Nutritive Conditioner Black and Shine


Untuk memaksimalkan perawatan rambut alami, jangan lupa setelah keramas pakai Emeron Nutritive Conditioner Black and Shine. Ini adalah conditioner yang juga memiliki formula khusus Provit Amino dan diperkaya oleh Natural Ingredients Urang Aring yang menutrisi setiap helai rambut. 

Teksturnya lebih padat dan kental dibandingkan shampoonya. Tapi wanginya lebih soft dibanding shampoo dan warnanya lebih keabu-abuan. Tutupnya juga flip flop dengan sedikit tekan saat mengeluarkan conditionernya.


Cara pakai tinggal tuang ke telapak tangan lalu usapkan dari tengah rambut hingga rata. Saya kalau pakai conditioner suka diratakan pakai sisir kecil gitu biar merata.  Setelah itu bilas hingga bersih.

Oh iya, sekedar tips berhenti mengeringkan rambut dengan menggosok-gosok. Tapi cukup tekan pelan-pelan saja hingga kering. Tidak mau rambutnya rusak karena salah mengeringkan rambut kan?

Harga Emeron Nutritive Conditioner Black and Shine ukuran 170ml adalah 13-18 ribu rupiah.



3. Emeron Hair Vitamin Black and Shine


Bentuknya bulat dan mungil berwarna hitam. Untuk membuka cukup mudah tinggal potong saja ujungnya. Tekstur dari Emeron Hair Vitamin Black and Shine ini.cair, berwarna putih dan berminyak. 

Walau mungil, tapi ini banyak banget vitaminnya buat rambut loh. Coba deh kalau kita ke salon, pasti kapsternya suka menawarkan untuk pakai vitamin. Ya nggak? Tapi kan ini kita tidak perlu ke salon, cukup di rumah saja lebih gampang plus hemat pastinya.


Cara menggunakannya juga mudah kok. Setelah rambut setengah kering kita tuangkan Emeron Hair Vitamin Black and Shine ke telapak tangan lalu usapkan dari tengah hingga ke ujung rambut. Saya sering setelah vitamin diusap ke rambut, sisa-sisa vitamin ditangan saya pakai untuk pijat pelan di kepala. Enak sih kalau lagi ke salon kan suka dipijat sebentar kepalanya setelah pakai vitamin. Biar tetap berasa seperti di salon.


Emeron Hair Vitamin Black and Shine ini harganya sekitar 7-9ribu rupiah. Termasuk murah banget kan?. Masing-masing blister atau kapsul 1 ml cukup untuk seluruh rambut. Malah dulu saat saya masih pendek rambutnya, 1 blister itu bisa dipakai 2-3 kali hehehe. 


Berapa lama harus saya pakai agar rambut hitam berkilau indah?

Untuk rambut kusam saya, waktu itu butuh sekitar 2-3 minggu dengan estimasi rata-rata pertumbuhan rambut 0,3mm/hari. Tapi yang pasti, nanti saat pertama kali mencoba Emeron Complete Hair Care Black and Shine ini sensasi rambut wangi dan berkilau sudah mulai terlihat kok. 

Dimana-mana perawatan itu kan harus kontinyu, pasti rambutnya bakal tambah sehat dan tidak kusam lagi.



Belinya dimana?

Banyak yang bilang Emeron Complete Hair Care Black and Shine ini susah didapat. Tapi saya dapatnya di minimarket dekat rumah saja sudah tersedia kok. Bisa juga di supermarket yang lebih besar atau di ecommerce juga banyak yang jual. Kemarin di JD.ID ada promo malah beli sepaket dapat tas gitu. Lumayan kan?

Dan saya berhasil! 

Ternyata saya hanya cukup meyakinkan diri sendiri untuk bersyukur akan hidup yang dimiliki saat ini. Keluarga yang sayang, teman yang mendukung dan cinta yang besar dari anak-anak akan makin membuat saya bersemangat menjalani hari-hari kembali.

Di tahun 2018 ini, saya akhirnya mengambil beberapa sertifikasi dengan tujuan semata-mata membantu orang yaitu menjadi babywearing educator dan konselor laktasi. Karena saya tahu rasanya, bagaimana bisa bertemu dengan orang yang akan membantu kita. Dan paling tidak di kehidupan yang kedua ini, saya bisa lebih bermanfaat buat banyak orang. Terutama ibu-ibu di luar sana yang membutuhkan pelukan dan kita cukup menjadi pendengar yang baik agar dapat mengembalikan jati diri pasca melahirkan seperti yang saya alami dulu hingga bangkit dibantu suami.

Pede? Pastinya! Apalagi makin percaya diri berkat rambut yang wangi dan terawat walau saya berhijab panjang. Tidak ada yang tidak mungkin kan? Apalagi sekarang kalau lagi berdua dengan suami, pasti beliau muji saya.

"Mih, tambah cantik sekarang. Rambutnya makin wangi"
"Ah, Papih bisa saja!"

Kalau bukan karena dukungan suami untuk lepas dari PPD yang mengerikan itu, pasti rambutku tidak akan seindah sekarang. Tentunya juga karena Emeron Complete Hair Care Black and Shine dong! Mudah ya ternyata, cukup bersyukur dan mau #dengarkanrambutmu saja.

Ini video 1 2 3 perawatan rambut indah berkilau dengan
Emeron Complete Hair Care Black and Shine


Emeron Complete Hair Care Black and Shine adalah solusi tepat mengatasi rambut kusam saya. Formula Active Provit Amino dan formula natural urang-aring terbukti optimal memperbaiki dan menutrisi rambut saya. 

Ada yang mau ikut melangkah percaya diri dengan rambut hitam alami, sehat, dan cantik berkilau  berkat Emeron Complete Hair Care Black and Shine seperti saya? Yuk, kita bareng-bareng! Cobain deh dan buktikan sendiri!

62 comments:

  1. aku takjub...
    takjub sama foto dan videonya, hahaha..

    Btw, itu emeron emang dari jaman baheula yes, mamahku masih pake itu shampoo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa samaa aku juga pakee masih sampe sekarng

      Delete
  2. Alhamdulillah ya mamih udah sehat dan rambut nya jadi tambah wangi dan lebat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uunchhh ikutan yuk jadi rambut wangi juga mbaaa xixi

      Delete
  3. Wow rahasia mama terbongkar deh, Emeron yes..

    ReplyDelete
  4. iya kerjaan IRT itu adaaaa aja ..eh mba Echa lucu banget fotonya yg dikeramaasin hehe..saya jg pake emeron black

    ReplyDelete
  5. Aish.. kakak bening sekali.. seger liatnya. Kalau aku suka pakai yang damage care, wanginya ini bikin pengen nyiumin rambut melulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nti nyobain deh yg kuning baca review lembut keknya ya

      Delete
  6. ah baca ini jadi inget jaman2 baru melahirkan anak kedua. btw tetep deh suka ama video2 mba echa. lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaa untung kita skrg dah sembuh dari ppd yaa

      Delete
  7. Kakak makin mempesona deh.... ini shampo dr jaman aku kecil udah ada. Alhamdulillah meningkatkan kualitasnya ya. Makin kece deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa skrg makin lengkap cobain yukkk

      Delete
  8. Jadi oebgen cova juga emeronnn ini... Kayanya bagus yahb mbakkkk hehehehehe...
    Coba bisa lihat rambut mbak Echaa pasti bagusss bangett

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah masa-masa sulit udah terlewati ya, Mba Echa. Tinggal sekarang fokus pada diri sendiri dan perawatan. Semoga bahagia selalu... mwaaach ;).

    ReplyDelete
  10. Emeron ini sejak dulu kala sampai sekarang masih ada. Nah bedanya sekarang sudah banyak varian perawatannya ya seperti conditioner dan vitamin rambutnya. Trus banyak yg cocok lagi menggunakan shampoo ini terbukti deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa murmer jugaa jadi enak make ini

      Delete
  11. Bersyukur memang cara paling ampuh utk berbahagia ya mbaa. Btw, aku pakai yg damage care

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadi pengen nyoba juga yg damage

      Delete
  12. Huhuhu mba Echa, aku baper bacanya 😭. Ternyata dibalik kecerian Mba Echa itu ada perjuangan dan masa sulit yang telah dilalui. Semangat terus ya Mba Echa.

    ReplyDelete
  13. PPD ooh PPD, nangis ga jelas. Memang musti mencintai diri sendiri dan dukungan orang sekitar itu penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba. Untung udah terlewati

      Delete
  14. Wah emeron komplit ya ga hanya shampo

    ReplyDelete
  15. Echaaa mamanya FiFa dan mamihnya si Papih yg cetar membahana tentang segala yg berhubungan dengan konten blog etcetera, etcetera, etcetera...ampe bunda terkagum kagum nih. I lv u Echaa...

    ReplyDelete
  16. Seneng ya bisa merawat rambut sendiri, aku pun sudah nggak bisa ke salon buat perawatan sejak ada duo krucil, cuma ngandelin keramas di rumah doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toooossss dah angkat tangan kalau keluar ya xD

      Delete
  17. Jadi makin PD ya Mba', suami makin sayang, hehe.
    Emeron emang dari dulu ya, zaman ngekos aku pake yang sachet, soalnya paling murah dan banyak dibandingkan yang lain, ternyata bisa bertahan sampe sekarang. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa alhamdulillah
      Hooh dulu kalau berenang suka bawa sachetnya

      Delete
  18. emeron banyak produk baru yaa mbak kayaknya akhir2 ini, setelah sebelumnya sempet agak kurang terdengar gaungnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya skrg jadi lengkap ya variannya

      Delete
  19. Shampo legend ini, haha. Kalau dari dulu aku sering pakai yang warna hitam karena mengandung orang-aring.

    ReplyDelete
  20. Wih mantab nih, saya belum perna pakai vitamin rambutnya.

    ReplyDelete
  21. Cie mamih siap bikin adiknya raffa lagi nih....papi makin uhuk uhuk soalnya. Wwkwkkww

    ReplyDelete
  22. Mbak Exja, aku mengikuti hidupmu waktu mama sakit lalu meninggal. Terbayang betapa beratnya bagi dirimu yang juga baru melahirkan...

    Dan sesibuk-sibuknya kita, perawatan tubuh tak perlu yerabaikan ya, minimal merawat rambut dengan shampoo bermutu 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba untung bisa dirawat di rumah ya.
      Btw makasih ya mba

      Delete
  23. mbaaaa i feel yuuuuu.
    pasca resign, full urus anak-anak dan kerja dari rumah itu berat bangeeet. lebih gampang ngantor ternyata huhu. tapi emang sih jadi punya waktu lebih banyak buat anak-anak (tapi lebih dikit buat sendiri hahahah) makanya rambutku jadi rontok banget paska lahiran dan lelah plus agak stres. kayaknya aku mau coba ini deh. semoga bisa bantu ngurangin rontok juga

    ReplyDelete
  24. kakakku juga kemo, sekarang belum lagi sih... semoga setelah selesai kemo, rambutnya bisa tumbuh lebih lebat.

    btw, rambutku kusam dan keras, kayak singa beneran deh... kayaknya sih mau coba balik lagi ke emeron, secara dulu waktu daku smp pakenya emeron juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kakak sehat yaaa mba ❤❤❤

      Delete
  25. cieee enak tuh rambutnya di garukin papih hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakaka enyak dimanjaaaah wkwkw

      Delete
  26. Mbak echa, the truly strong woman. Semoga sehat selalu ya mbak di tengah-tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga, blogger, dan aktivitas lainnya.

    ReplyDelete
  27. Echaa..sama kita, aku juga cocok pakai yang Black Shine

    ReplyDelete
  28. salut, kreatif banget Mbk Echa ini. Sempat bingung review shampoo untuk yang berjilbab tapi baca ini keren banget. Selamat ya Mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tantangannya seru ya buat yg berjilbab

      Delete
  29. mbaakk congrats yaa,, aku aja yg berambut panjang gak kepikiran sebgininya review hehe, saluut, sukses terus mbak :)

    ReplyDelete
  30. Inspiratif mba.. informatif dan energic.. sukaaaa.. emeron sejak dulu ya dan hingga kini tetap konsisten untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna setianya.

    ReplyDelete
  31. Takjub nengok tulisannya ngalir gitu aja apalagi ada vidio vidionya unik banget pantes jadi juara

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^