Penampilan Syari Wanita Muslimah


Assalamualaikum

Pasti kalian tahu saya pecinta hitam dan putih. Pakaian saja hitam putih saja rata-raya, walau ada beberapa yang berwarna sedikit cerah untuk keperluan acara (kerudungnya saja seh). Iya, saya beberapa tahun terakhir menyukai penampilan seperti ini. Rasanya kayak "Ini loh diriku sendiri".


Tapi memang sih, kalau diledek kok pakai yang itu-itu saja paling saya balas tersenyum. Atuhlah, masak dibalas ledekan juga? Kan jadinya ikutan dosa sayanya wkwkwk. Entah, menurut saya menyederhakan penampilan itu baik. 

Paling tidak, itu yang Allah bilang agar kita tidak berlebihan. Dan saya berusaha untuk melakukan yang sesuai dengan saya pribadi. Salah satunya dalam adab berpakaian. Tapi berpenampilan sederhana itu bukan berarti berpakaian kumuh ya. Biasa saja dan tidak mencolok. Boleh banget pakai aksesoris wanita biar bikin cantik juga kan? Walau jujur kadang saya merasakan, berpakaian hitam seperti kesukaan saya itu malah kadang jadi perhatian banyak orang -__-.

وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ
Dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan. (Al-An’am ayat 141)
Paling tidak jangan lupa untuk wanita muslim diwajibkan berjilbab. Karena apapun kita bagaimanapun kita, jilbab itu wajib. Kalau belum bersuami, dosa sehelai rambut yang merupakan aurat itu dipikul oleh Bapak kita. Sedangkan untuk yang sudah menikah, dosa aurat yang terlihat akan ditanggung oleh suami. Kasihan kan suami dan bapak kita kalau kita tidak berjilbab yang merupakan keharusan?

Perlu syar'i atau ala hijaber gak sih? Tidak. Tapi pelajarilah Islam lebih dekat ke hati, nanti di sana akan lebih mudah mendapat jawabannya ^^. Just be your self because Allah.



Dulu saya selalu bilang, ah buat apa berjilbab tapi kelakuan kayak gini. Tapi setelah pelan-pelan ikut kajian belajar sedikit, ternyata saya salah. Berhijab itu wajib, kalau kelakuan ya tergantung orangnya sendiri. Ya nggak?

Saya malah nyesel kenapa gak dari dulu pakai, paling tidak dengan berjilbab saya mencintai dan melindungi diri sendiri. 

Lah terus, kalau tabarruj tidak boleh yang berlebihan termasuk berpakaian kudu gimana dong biar sedikit cantik. Eits jangan salah, kita wanita itu semuanya cantik loh. Allah melihat ibadah dan amalan kita, bukan seberapa banyak follower IG dan pageview blog kalian. Eh salah ya kok malah ngelantur xD. Maksudnya, banyak kok cara agar kita tetap bisa berpenampilan sesuai syariat Islam, tapi tetap terlihat menarik.

Salah satunya dengan menambahkan korsase atau bros sebagai pemanis di jilbab. Pokoknya tambah aksesoris wanita deh, kan banyak pilihannya. Seperti pakai jam tangan yang bisa membantu kita tepat waktu. Apalagi kalau jam-nya senada sama warna baju yang dipakai. Matching! 

Atau juga jilbabnya dimodel sedikit dengan tetap dijulurkan menutup dada bisa jadi salah satu pilihan. Kalau gak salah sekarang malah ada jilbab syari yang modelnya langsungan tapi lucu banget ngebentuknya seperti pakai model pashmina uwel-uwel gitu.


Tapi tetap jangan lupa untuk tidak berlebihan dalam sesuatu hal ya, karena tetap yang terlalu mencolok itu Allah tidak menyukainya, termasuk aksesoris wanita yang akan digunakan.

وَالَّذِينَ إِذَا أَنْفَقُوا لَمْ يُسْرِفُوا وَلَمْ يَقْتُرُوا وَكَانَ بَيْنَ ذَٰلِكَ قَوَامًا
Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian. (Al-Furqân ayat 67)

Pertanyaannya? Apakah penampilan saya sudah syar'i? Mungkin kalau dari segi pakaian. Tapi kalau dari segi sikap, saya masih banyak kurangnya. Masih suka selfie, berfoto narsis dll :(. Yah semua butuh waktu untuk berubah memang ya. InsyaAllah prosesnya dinikmati.

Seperti di atas saya bilang, pakai dan cintai jilbab karena itu kewajiban wanita muslimah. Sebagai bekal di akhirat nanti. Begitu Islam sangat menjaga umatnya ye kan? Yang penting nyaman!

Kalau kalian lebih suka berpenampilan seperti apa sih yang bener-bener diri sendiri? Suka pakai aksesoris wanita juga ga? Share dong!

10 comments:

  1. Aku juga suka pakai aksesories cha.. dan bros memang buat tambah cakep ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi cancik cancik gini hanya untuk dirimyuuu ya mba in

      Delete
  2. setuju mbak. berjilbab dan gimana kelakuan itu dua hal yg berbeda ya. jangan dibikin saling bertabrakan.

    ReplyDelete
  3. Aku juga seneng banget pakai baju yang nuasanya hitam putih ....

    ReplyDelete
  4. Bener banget cha, seharusnya kita sebagai perempuan muslim harus memakai hijab. Tapi tergantung orang nya juga sih..

    ReplyDelete
  5. Kalau memakai hijab,aku lebih seneng yang simple aja tapi masih kelihatan elegan...

    ReplyDelete
  6. pakaian hitam putih memang cocok banget,kita jadi kelihatan lebih sederhana:)

    ReplyDelete
  7. Tapi sekarang ini,banyak yang pakai hijab tapi terlalu ketat.itu gimana ya?

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^