5 Tahun Penuh Warna bersama Faber Castell


Kalau yang sering baca blog saya atau follow aktifitas saya di instagram pasti tahu kalau saya itu memang suka banget sama namanya DIY. Sampai saya bikin kategori khusus DIY, mulai dari montessori, ulang tahun atau bahkan menghias rumah saya pakai DIY juga. Rasanya senang gitu membuat semuanya sendiri.


Yang tidak kalah menyenangkan adalah melihat anak-anak senang dengan apa yang saya lakukan untuk mereka. Itu melebihi rasa capek bergadang menyelesaikan prakarya DIY. Serius! Ada kepuasan tersendiri di sana yang sangat bisa membayar rasa lelah saya. Dan saya menyukainya, sangat menyukainya.


Baca juga postingan di kategori #DIYECHA


Ini DIY paperbag untuk ulang tahun Raffi yang ke-5 beberapa hari lagi

Tidak jarang anak-anak juga membantu saya melakukan hal-hal yang gampang dan aman bikin DIY untuk mereka. Setiap sisi rumah, kami rancang bareng. Walau dominan hitam putih, saya tetap memberi ruang sendiri untuk anak-anak agar ada sedikit goresan warna biar terlihat hidup.

Untungnya, suami membebaskan saya berekspresi di #rumahkeluargar . Yang penting bikin nyaman semua anggota keluarga. Makanya jangan kaget kalau mampir ke rumah saya pasti ada gambar-gambar macam-macam di tembok rumah hasil karya ibu dan anak-anak. Hihihi.

Menggambar sisi belakang rumah pakai cat biar ga bosen polosan aja

Iya ya, tidak terasa sudah 5 tahun semenjak kehadiran Raffi membuat hidup saya lebih berwarna. Waktu itu memang sangat cepat berjalan. Perasaan dulu dia masih bayi, sekarang sudah bisa lari-lari. Hiks.

Perubahan warna rumah yang dulu hanya hitam putih, sekarang bertambah jadi makin banyak warna berkat hadirnya anak-anak pelengkap hidup kami. Mulai dari mainan yang berwarna, rumah yang ramai, gambar dimana-mana dan tembok yang penuh coretan.

Kalau boleh cerita, kegiatan membuat DIY ini sebenarnya memang dari dulu saya sukai. Termasuk salah satunya menggambar. Menurut saya, DIY paling simpel itu memang menggambar. Karena semua umur pasti bisa menggambar dengan berbagai tingkatan usianya. Menurut saya hal ini baik dan saya berusaha tularkan pada anak-anak.

And it works....

Raffi begitu menyukai kegiatan menggambar dan mewarnai selama 5 tahun ini. Raffa juga suka tapi memang masih bentuk benang wol kusut belum bentuk sesungguhnya. Hehehehe. Sabar Raffa kan masih 20 bulan hehehe.

Setiap hari, rumah kami terasa hangat dan ceria dengan kegiatan mewarnai dan menggambar. Setiap hari juga saya selalu print coloring di internet untuk diwarnai anak-anak. Alhamdulillah anak-anak menyukainya.

Melihat Raffi begitu antusias dengan mewarnai, saya mengarahkannya ke klub menggambar dibawah bimbingan dinas pendidikan. Saya yakin dengan mendukung hobi yang anak sukai akan membuat dia makin kreatif. Pokoknya mah ya, orang pintar belum tentu kreatif tapi orang kreatif pasti pintar dan bisa survive di jaman mereka dewasa nanti. Iyes, ide dan keahlian itu bekal yang akan sangat dihargai. Seperti kita blogger-lah ya! Menulis membuat kita bertahan sehingga mendapat tempat di mata masyarakat saat ini.

Dukungan selain memasukkan anak ke les menggambar, saya juga memberikan anak ruang untuk berkreasi. Saya sengaja memberikan anak-anak fasilitas mewarnai dan tempat nyaman menggambar. Perlengkapan mewarnai mulai dari pensil, spidol, krayon, cat warna, papan dan kertas sudah disediakan tinggal dieksekusi saja. Walau kadang kenyataannya papan gambar dan kertas itu tergantikan dengan media tembok yang jadi kesayangan anak untuk corat-coret. Hehehe.

Jadi buibu pakbapak, kalau anak-anak coret-coret di tembok, furniture dll itu tinggal tambah saja stok sabarnya. Bukankah namanya sebuah rumah dengan tembok penuh coretan menandakan anak sehat dan kreatif.  Wkwkwk. Yahh asal jangan lupa cat lagi temboknya beberapa bulan sekali kan. Gampang kok.

Saya juga rajin mengikutkan Raffi ke lomba-lomba mewarnai. Beberapa kali kalah, tapi beberapa kali menang. Waktu pertama kali melihat Raffi menang lomba mewarnai itu saya sampai nangis terharu. Dan itu juga jadi penyemangat Raffi terus ikutan lomba, yang penting jaga mood anak saja.



Slow but sure, hobi Raffi membuahkan hasil. Mulai dari gambar yang acak adul, sampai gambar yang mulai tegas dan jelas. Mulai warna yang arsiran tidak rapi sampai pada warna dengan paduan tone yang berbeda disetiap gambar. Masya Allah, saya bangga sekali. Karena saya tahu ini proses yang akan sangat panjang demi bekal hidupnya kelak.



Untungnya saya penyimpan foto yang baik di instagram. 
Semua kegiatan menggambar Raffi terekam sempurna

Beberapa gambar Raffi ada yang saya simpan, ada yang saya foto saja dan ada yang saya pajang di tembok. Saya sengaja mengikhlaskan 1 bagian tembok di ruang tamu untuk ditempelin gambar-gambar hasil karya anak-anak. Padahal kalian tahu sendiri kan, saya pecinta hitam putih. Jadi  Tapi karena melihat anak-anak senang gambarnya dipajang di tembok, saya juga ikutan senang.

Tembok saya jadi berwarna. Tapi saya jadi bersyukur karena masing-masing gambar itu punya cerita dan proses. Masing-masing gambar itu berubah dari waktu ke waktu. Dari yang cuma segaris, lalu benang wol, kemudian arsiran tidak rapi sampai warna terbagi di beberapa bagian gambar. Semua terpampang jelas di tembok rumah kami yang penuh warna.



Usia Raffi beberapa hari lagi di bulan Agustus ini 5 tahun. Dan 5 tahun itu pulalah, hidup kami penuh warna karenanya. 

Introducing Faber Castell Colour To Life


Seperti cerita tadi diatas, saya suka banget yang namanya DIY termasuk menggambar. Di sela-sela kegiatan sehari-hari ala ibu rumah tangga, saya smenyempatkan diri untuk membuat jurnal sehari-hari semacam diary kegiatan. Ini benar-benar bikin refreshing loh. Apalagi kalau baca apa saja yang saya lalui, rasanya harus banyak bersyukur bisa seperti ini sekarang.

Mengisi jurnal no limit dengan spidol kesayangan 

Untuk kegiatan menggambar anak-anak dan saya membuat DIY atau jurnal, dari dulu saya selalu pakai Faber Castell. Mulai dari pensil warna, krayon, spidol dan cat air saya punya. Bahkan untuk spidol, saya sampai punya beberapa kotak isinya spidol Faber Castell. Alasannya satu dan sangat sederhana, karena cuma spidol Faber Castell yang tutupnya ada bunyi klik yang tidak dimiliki spidol merek lainnya. Ya nggak?

Ini buat saya penting karena anak-anak biasanya tidak erat saat menutup kepala spidol jadinya cepat kering. Tapi kalau pakai Faber Castell nggak dong. Aman. 

Nah, sekarang ada yang baru loh dari Faber Castell. Yaitu paket Faber Castell Colour to Life. Ada 1 set yang terdiri dari buku mewarnai dan spidol Faber Castell. Ini bisa didapatkan di Tempat pembelian Produk Colour to Life yang ada di Tokopedia , Gramedia atau toko buku terdekat. 

Emangnya ini apaan sih? Itu loh, masih ingat beberapa tahun terakhir booming buku coloring. Faber Castell mengerti kebutuhan millenial saat ini nih yang butuh terapi mewarnai agar lebih rileks menjalani hidup. Ecieee. Tapi emang bener kok, mewarnai itu bisa jadi terapi dan menghilangkan stress. Apalagi buat kita bukibuk yang super sibuk antar anak sekolah, dengan mewarnai bisa bikin lebih santai sambil menunggu kegiatan anak. Ya nggak?



Saat paket ini datang, Raffi sudah antusias. Apalagi dia lihat ada mewarnai, tambah makin pengen coba ini colour to life.

"Apa ini, Mih?
"Raffi boleh warnai gak"
"Boleh sekarang ya diwarnai ya, Mih"

Akhirnya Raffi pun semangat mewarnai bersama adiknya. Diantara beberapa karakter yang ada di colour to life, pilihan pertama diwarnai jatuh pada karakter ksatria yang kebetulan memang ada di halaman paling depan sendiri. Lalu pilihan lainnya gambar pesawat dan kemudian anak laki-laki yang sedang bermain. Selain itu, ada tema karakter perempuan dan pelukis kucing. Total ada 5 karakter pokoknya dengan 15 halaman mewarnai yang bisa augmented reality.


Serius mewarnai colour to life

Hasil mewarnai Raffi

Saya pikir mewarnainya harus pakai spidol, tapi ternyata pakai crayon Faber Castell bisa kok. Yang penting diwarnai saja di dalam frame.

Yang membedakan colour to life dengan buku colouring lainnya itu, karakternya bisa HIDUP. Hah? Hidup? Iya, beneran. Bisa dimainkan pula. Asal jangan lupa buat instal aplikasi Colour to Life dulu ya di playstore ios atau google play bisa semua. Free kok.

Bagaimana cara pakai Colouring to Life?


1. Masuk ke aplikasi Colour to Life yang tadi sudah diinstal .
Saat kita buka aplikasi ini bakal ada musiknya yang bisa disetel mati. Terus kita tinggal pencet start saja untuk menggunakannya.


2. Pilih karakter dan tema yang sudah diwarnai tadi. 
Ada Giddy Up, Pogo Bot, Dress Up Challenge, Balance your brain dan safe flight. Tinggal pilih salah sati di 15 halaman Colour to Life.



3. Arahkan kamera belakang ke gambar tepat pada frame. 
Ingat, frame jangan diwarnai ya cukup dalamnya saja. Nanti akan otomatis keluar karakter sesuai warna kita. Kadang bisa saja gagal, berarti kurang jauh jarak antara kamera dan gambar. Kira-kira sekitar 15-20 cm agar karakter pada tema bisa muncul hidup.


4. Setelah itu, kita bisa gunakan untuk bermain (tekan play the game). 
Setiap karakter dan tema, beda-beda jenis permainannya. Bisa dicoba semua pokoknya. Bagian ini nih Raffi senang karena bisa main handphone tepatnya. Tidak apa-apa sesekai saja kan main handphonenya.


5. Selain itu, kita juga bisa mencoba foto selfie bersama sang karakter di buku. 
Tekan icon foto lalu jeprat-jepret untuk seru-seruan. Raffi berkali-kali nyoba, ga berhenti-henti  foto padahal emaknya juga pengen wkwkkw. Bebas kok mau foto bareng kayak gimana. Tinggal berkreasi saja. 

Seperti dibawah ini loh hasil foto bareng karater di colour to life ini. Monggo dicek!


"Kuda, ikutan ya bonceng belakang berangkat sekolah "

Cium kuda hahaha

Tiup pesawat *LOL

Main enggrang di tangan

Makan pesawat terbang wkwkw
Ini ibunya yang sok heboh deeeeeh

Balapan
Beneran ini ibunya yang heboh ya xD.

Seru kan? Serba berwarna dan sangat mengasyikkan. Faber Castell memang selalu menambah bonding dan hobi menggambar kami sekeluarga. Termasuk hari pertama Raffi pegang spidol dulu.

Hidup saya makin berwarna 5 tahun terakhir ini karena Raffi. Bersama Faber Castell yang selalu menemani stimulasi selama usia balita ini optimal. Bonding saya dan anak juga bertambah. Hobi anak tersalurkan dan yang pasti Raffi sangat menyukai kegiatan menggambar mewarnai ini.

5 tahun yang penuh warna dengan dukungan keluarga yang penuh cinta. Semua karena Faber Castell yang mendekatkan kami. Selamat ulang tahun ya Raffi :*. Lanjutkan mewarnaimu dengan Faber Castell.

Btw, siapa yang sudah mencoba Colour to Life ini? Cung! Dan selamat datang di hidup yang penuh warna!

12 comments:

  1. Anak dan ibu jadi ikut senang pakai Colour To Life Fiber Castle ya :) hehehe

    ReplyDelete
  2. Menambah kreativitasan anak ya ...

    ReplyDelete
  3. Selain menghibur, juga dapat menambah kemampuan menggambar anak ...

    ReplyDelete
  4. Lihat semua foto-fotonya mba, jadi pengen coba :) hehehe

    ReplyDelete
  5. Game nya juga aman ya buat anak-anak. Makin semangat buat mewarnainya:)

    ReplyDelete
  6. kereeeen, Raffi hebat iihh, banyak pialanya.
    jadi pengen menggambar juga nih, nanti mau cari Colour to life nya Faber-Castell juga ahh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yooooooooook cusssssssssssss seneng makenya

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^