Jangan Sepelekan Nyeri Punggung


Ikhlas adalah menerima segala suka duka Allah dengan penuh senyum




Sering nyeri punggung, capek dan pusing? Iyappp, hampir setahun ini setiap bangun pagi saya selalu mengeluh susah bangun. Jadi, mas papih selalu bantu saya untuk bangun dari tidur... setiap hari tapi cuma dipagi hari...

Awalnya sakit punggung itu saat Raffi umur 2 bulan. Saat menggendong Raffi saya jatuh... dan setelah itu setiap hari saya susah bangun tidur...Pijet sih sudah 5 kali malah...tapi nyeri itu g berangsur-angsur malah tambah jadi... cuma emang saya nggak periksain kedokter..karena saya pikir sakit punggung biasa deh..aktifitas saya sehari-hari seperti biasa...saya juga berusaha mengurangi nyeri punggung dengan gendongan yang tepat...sayang hal itu masih berlanjut. Terus seminggu terakhir saya sulit kentut... :"( kalau kentut sakit banget.. :(

Hingga akhirnya senin pagi kemaren...setelah beres mandiin dan ndulang Raffi, saya mau nidurin dia...Terus, Raffi saya angkat seperti biasa dengan posisi membungkuk...tiba-tiba seperti dipunggung ada yang nekan cubit keras, sampe saya teriak.... trus Raffi saya taruh kembali...saya kearah kasur sambil 'ngesot' terus main ciluk ba agar Raffi mau menghampiri saya dikasur....

Setelah itu saya langsung 'nenenin' dan raffi pun tertidur....saya langsung telpon-telpon mas papih biar cepat pulang. Dan sekitar jam 11an dia sampai rumah, saya langung dibawa kerumah sakit karena tidak bisa bergerak...cuma bisa tiduran dan saya cuma bisa nangis... :"(



Narsis dikitlah ya :p*teteupp

Dirumah sakit, saya diberi penahan sakit dan obat lambung agar lebih enakan. Lumayan sih rasanya..nyessss setelah nahan sakit seperti itu dari pagi...Lalu saya dirontgen....

Sambil menunggu hasil rontgen, saya nyusuin Raffi diUGD hehehe...
Setelah keluar hasil rontgen... dokter memberitahu kalau di sebelah kanan saya ada kelainan makanya kenapa saya sering nyeri punggung. Akhirnya, saya dirawat sambil menunggu pemeriksaan lanjutan. Tapi karena d RS cm dikasih penahan nyeri, saya memilih untuk fisioterapi sendiri..

Yang mengharukan itu saat aku pulang dari RS...tetanggaku pada nungguin dirumah trus pas aku ngesot-ngesot gitu disemangati.."hayo mami Raffi bisa...hayo semangat sembuh" sambil pada mewek.. aku yang lagi ngesot ngesot di lantai jadi ikutan mewek juga
Nyeri punggung (Inggrislumbal strain) adalah nyeri punggung yang terjadi secara spontan dan memiliki derajat nyeri yang cukup tinggi sehingga bisa menimbulkan gangguan aktivitas dan postur tubuh. (wikipedia)



Kita biasanya menganggap sepele nyeri punggung... buat saya yang tiap hari menggendong Raffi nyeri punggung saya anggap biasa...Padahal nyeri punggung itu bisa fatal akibatnya....
Contohnya saya... saya sama sekali tidak bisa ngapa-ngapain balik kana balik kiri aja susah... boro-boro mau duduk dan berdiri...

Bisa banyak hal sih penyebab sakit punggung itu, diantaranya :
1. Kemampuan cakram sendi menurun
2. Cakram sendi hernia
3.Sakit yang berhubungan dengan punggung - ini pas jatuh kepleset gendong Raffi :"(
4. Osteoporosis
5. Skoliosis, kifosis, lordosis
6. Umur - saya 30 tahun termasuk muda atau tua neh :P
7. Membawa beban berat hingga mengakibatkan fraktura atau kesalahan posisi tulang dan otot - hamil, gendong berat, bawa galon dll mungkin:"(


Saya diwanti-wanti untuk tidak boleh lagi membawa beban berat, naik turun tangga, menjangkau barang yang tinggi, membungkuk secara tiba-tiba dan kegiatan lain yang dilakukan secara spontan sehingga menimbulkan cedera..

Terapinya saya diminta untuk mencoba melatih badan untuk bergerak (balik kanan balik kiri, mencoba duduk dan belajar berdiri) terus saya diminta renang dan yang penting sabar sabar sabar....
Karena dari pengalaman lainnya, nyeri punggung ini tidak bisa sebentar proses sembuhnya... hikz... :"(

Sekarang H+3 sejak tidak bisa ngapai-ngapain, saya sudah bisa  merangkak..walau sebentar-sebentar dengan lutut sakit kalau bertumpu...alhamdulillah..


video
Ini video perkembangan saya di hari ketiga ini..nanti kalau saya sudah bisa duduk berdiri dan jalan  saya update lagi  ^^


Hikmah dari sakit ini... Aku harus banyak sabar sabar sabar dan sabar... 
Dan yang paling menyedihkan..... aku g bisa gendong Raffi lagi seumur hidupku... :"( kecuali gendong sambil bertumpu (itupun nanti kalau bisa duduk huuhuhuhu)... Harusnya aku bisa merawat mas papih dan Raffi dengan baik..malah ga bisa... dan aku malah ga bisa ngapa-ngapain lagi... nyiapin makanan Raffi aja sudah g bisa :((( padahal aku pengen bantu Raffi jalan nitah jalan... sekarang dia merambat kemana-mana aku harus minta tolong buat jagain Raffi :(((((
Huhuhu...berasa gagal jadi ibu... ini diluar dugaanku dan pastinya semua memang kuasaNya.

Arrrgggghhh... wish me deh....
semoga aku cepet sembuh.. :") dan bisa eksis kembali 

Makasi Papih dan Raffi :") maafin ngerepotin (lagi-lagi)... :"(
Semangat echa... :*

Sekarang jangan banyak nangis..yang penting ikhlas dulu nerima sakit...terus berdoa bisa sembuh sama Allah.. yang sabar...- mas papihnya Raffi, suami tercinta yang selalu sabar merawat aku huhuhu :")-

Jadi, kamu sering nyeri pada punggung???? Periksain!!!!

53 comments:

  1. aah mak aku juga sering ngerasa nyeri punggung, tapi gak sampe susah bangun siih, cuman sakit dan pegal2 aja kaki, tangan serta agak nyeri dibagian pundak

    ReplyDelete
  2. semoga bisa aktifitas lagi mbak'e :((

    ReplyDelete
  3. Semangat maaaak, terharu bacanya.. in sya Allah diberikan kemudahan utk merawat Raffi dan mas papihnya, yg penting semangat sehat dulu ya maak.. sinusitisku juga bikin aku ngerasa "gak guna" tapi demi si bocil harus ttp semangat.. kita bisa maaak!! *smooch

    ReplyDelete
  4. Mbaaakkkkkkk semoga lekas pulih yaaaa...semangat mami raffiii :-)

    ReplyDelete
  5. Semangat ya Mak. Pasti bisa, pasti sembuh. btw, aku pernah baca web nya Erikar Lebang. Kasus-kasus begini bisa diatasi dg Yoga. GWs Mak :)

    ReplyDelete
  6. Makkk...cepet sembuh yaaa..

    ReplyDelete
  7. hiks...sedih liatnya...semangat echaaa...sehat.,.sehat..sehat!

    ReplyDelete
  8. Semangat ya mak :) insha allah tetap kuat dan sabar. Saya juga udah ngga bisa gendong si kecil lagi krn pengaruh dari tulang belakang. Awalnya sedih sih, tp seiring berjalannya waktu bisa nerimanya. Si kecil pun seakan ngerti kondisi, dia tetap bahagia. Yang terpenting emaknya selalu dekat dirinya :). Semangat ya mbak...

    ReplyDelete
  9. Semoga cepet sembuh.. Utk ngerawat raffi n papih masih bisa koq khan banyak alat bantu, rajin terapi n doa. Yoga jg bisa.

    ReplyDelete
  10. Suamiku juga pernah sakit punggung mak Echa. Dan itu gara2 angkat beban koper yang beratnya ampun2an. Akibatnya sebulan baru bisa sembuh :(

    Wahhh gak bisa gendong raffi lagi ya sekarang? Raffinya skrg udah tambah besar sih ya beratnya...

    Yang bantu2 di rumah siapa sekarang?

    GWS yaaa..

    ReplyDelete
  11. Mudah-mudahan Allah kasih kesembuhan buat sakitnya Mak Echa, aamiin. Tetep semangat terus lho mak, setiap ujian pasti ada hikmah dan berkahnya, mudah-mudahan mak tetep banyak bersyukur dan optimis :)

    ReplyDelete
  12. Saya juga sering kena serangan nyeri punggung kalo terlalu lama duduk dan kurang minum air putih. Sudah dua kali (dengan jangka waktu masing-masing seminggu) saya nggak bisa bangun gara-gara nyeri punggung itu, rasanya tembus ke perut, mak. Tapi cuma saya bawa ke tukang pijat dan periksa ke dokter gitu aja. Dan alhamdulillah sembuh.

    Semoga nggak kambuh lagi aja. Sekarang jadi banyakin minum air putihnya, mak. Soalnya kerja di kantor seharian cuma duduk doang.

    Semoga lekas sembuh ya, Mak Echa.. :))

    ReplyDelete
  13. Hm, makasih yaa sharingnyaaa, smoga cepat sembuh yaaa

    ReplyDelete
  14. Semoga cepat sembuh Mak Echa.. :) Pengen lihat dirimu eksis offline lagi.. :)

    ReplyDelete
  15. sy juga suka skt pundak+punggung,kadang nyeri badan sebelah(tangan sampe kaki),hrs periksa'y ke spesialis apa ya mak?btw,smg cepat sembuh yaa.. smg diberi kesabaran.. semangattt! :*

    ReplyDelete
  16. Wah, ngeri juga ya Cha, ternyata nyeri punggung bisa berakibat fatal begitu.

    Sakit memang bisa bikin impian terbang melayang ya. Yang sabar, meski nggak bisa ngasih makan Raffi sendiri, yang penting kesehatanmu dulu sekarang ini.

    Aku sih belom pernah nyeri banget di punggung, tapi kalau di dengkul iya, Cha, soalnya osteoporosis. :'(

    ReplyDelete
  17. Semoga lekas sembuh mbak.

    ReplyDelete
  18. wanita katanya tulangnya lebih rentan, semoga cepat sembuh yah, jangan lupa mengkonsumsi kalsium

    ReplyDelete
  19. cepet sembuh ya mak... setelah baca-baca akhirnya tahu kalau kita jangan menyepelekan nyeri2 kecil, agak parno dikit gpp sih

    ReplyDelete
  20. Waduh chaaaa... semoga lekas pulih lagi ya, Cha... semangat yes ^^

    ReplyDelete
  21. Syafakillah Mbakku tersayang :*

    ReplyDelete
  22. mbakku, sedih dengarnya, aku juga pernah sakit punggung, ga sengaja bungkuk mau mandiin anakku ga tau apa yang salah beberapa hari nyeri banget di punggung belakang nembus ampe perut. Berasa takut juga waktu itu, trus aku pakein koyo, counterpain dan ga angkat anakku dulu juga ga angkat yg berat. Ah, aku ngerti banget sakitnya itu, apalagi sampe mbak ga bisa ngapa-ngapain. Sabar ya mbak, banyak berdoa dan tetep semangat...insyaallah peluntur dosa, untuk mbak dan keluarga semoga segra bisa kumpul lagi dalam keadaan yang sehat aamiin ya rabbal alamin :(

    ReplyDelete
  23. semoga cepet sembuh ya mak :)

    ReplyDelete
  24. sabar ya mak, semoga lekas sembuh.

    ReplyDelete
  25. Haiii Cha, pelajaran yang aku dapat dari teman-teman yang pernah sakit punggung..termasuk kamu adalah "posisikan dengan posisi yang tepat jika kita hendak melakukan sesuatu"

    Cepet baik ya Chaaa...Raffi dah minta lelarian gituuuh

    ReplyDelete
  26. Cepet sehat lg ya mak echa....

    ReplyDelete
  27. Seriusan mak gak bisa gendong Raffi lagi? Semoga ada mukjizat ya biar Raffi n adek2nya nanti bisa digendong sama ibu tercintanyaa... GWS mak Echa..

    ReplyDelete
  28. Aku suka sakit punggung kalo kelamaan duduk di toko :(
    Duh Mak, jadi ikut sedih bacanya.
    Semoga lekas pulih ya *peluk*

    ReplyDelete
  29. Mak, sedih deh saya bacanya.

    Papah sy pernah ngalamin. Untuk ke WC aja hrs ngesot kyk bayi lagi. Tapi, tetep semangat ya Mak. Lihat yg seneng2 ajah biar hati ikut seneng. Insya Allah, suami dan Raffi ngerti.

    Semoga cepat sembuh, ya :)

    ReplyDelete
  30. Jangan sedih mak, pakai stroller ya. Suamiku juga seperti itu jd aku terpaksa ngangkat2 galon air & tabung gas sendiri. Disyukuri saja masih bisa nemenin Raffi main. Lekas sehat ya :)

    ReplyDelete
  31. Cepet sembuh ya maaak.....sedih aku bacanya.....semoga cepat sehat dan bisa beraktivitas kembali termasuk bisa gendong2 dede raffi lagi.....*peyuuuuuk*

    ReplyDelete
  32. liat pidionya aku jadi sedih bingit. mudah2an sing Kuoso cepet nyabut penyakit punggungnya mbak, ndang sembuh. :'(
    jaga kesehatan habis sembuh yes, biar lebaran nanti bisa kemagelang! :'))

    ReplyDelete
  33. peluuuukkk... echa pasti bisa melalui semuanya. semangat, ya :*

    ReplyDelete
  34. Kalau mau angkat2 juga kaki harusnya nekuk dulu, Mak. Jongkok.
    Yang sabar ya. Semoga lekas sehat kembali.

    Mak, jangan lupa ikut GA saya, yes.
    http://idahceris.com/informasi/honestly-giveaway-jangan-kudet-dong-2/

    ReplyDelete
  35. sedih banget, cepet sembuh bu

    ReplyDelete
  36. kunjungan jumat siang ambil menyimak, salam dan semoga lekas sembuh

    ReplyDelete
  37. Mak Echaaaa...semoga segera pulih yaaa....

    Kalo aku nyerinya di lutut Mak, kadang2 kalo hari minggu aku suka tidur siang begitu bangyn lututnya nyerii..tp jadi pengin periksa juga nih...

    ReplyDelete
  38. Mudah-mudahan cepat sembuh ya.. Saya dulu pernah sakit punggung juga, gara-gara angkat cucian membungkuk tiba-tiba aja sakit punggungnya, untung masih bisa jalan kekamar, trus tiduran, eh malah gak bisa bangun.. Sakit bgt, suami msh di kantor, di rumah cuma berdua si bungsu yg blm ngerti apa-apa, tapi gak sempet ke dokter sih, saya minum voltaren keknya ama dikasih counterpain.. Skr gak berani angkat2 yang berat2 apalagi sambil bungkuk.. Klo pegel langsung istirahat.. Mudah2an gak keterusan ya.. Sehat lagi seperti biasa, salam kenal :)

    ReplyDelete
  39. ooh mak Echa sakit ini toh, semoga sehat terus ya mak.. Aku tuh pernah wkt gendong Shidqi, jamannya masih pakai gendongan biasa.. Pas udah Selma lahir langsung jatuh cinta sama babywrap, sakit punggung agak berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) saya pake boba mbak :) carrier dan wrap :)
      Hehehe

      Delete
  40. sekarang udah baikan kan chaaa..memang, kalau ada keluhan yang berasa lain, harus segera dicek yaaa...semoga bisa back to normal semuanyaaa...

    ReplyDelete
  41. semoga lekas sembuh,,,,gk da cobaan melebihi kemampuan umatx.....P3P1

    ReplyDelete
  42. kayak Dedy cobuzier itu ya mak..cepat sembuh yaa

    ReplyDelete
  43. Semoga lekas sembuh ya mak, dan bisa beraktifitas seperti biasa lagi

    ReplyDelete
  44. Yaampun, akuu baru tau kondisinya mak Echa sekarang, pantesan kemaren2 gak ketemu2 kalau ada acara blogger :')

    get well very soon yah maak {}
    aku lumayan sering juga nih suka sakit punggung, tapi suka males kok ya periksa tuh, hikss

    ReplyDelete
  45. cepat sembuh yaa mak, aku juga pernah ngalamin sakit pinggang tapi yang menjalar ke paha, dipijit malah tambh sakit, akhirnya ke dokter dikasih obat ngurangin rasa sakit dan obat lambung, lumayan tapi tetap sakit, mertuaku kasih minyak pala...tempat sakit yang semula kalo diraba nggak ada-apa2 keraba ada yang nonjol pakai minyak tuh, selama seminggu kuurut sendiri pelan2 alhmdulillah sembuh dan nggak perlu dirontgen seperti kata dokter

    ReplyDelete
  46. Semoga lekas sembuh mak...semangat ya demi mas papih dan raffi #hug

    ReplyDelete
  47. iya mak...beberapa waktu lalu stlh baca postingan ini..karena sama2 nyeri di bagian kanan punggung.. pas udh diperiksa taunya skoliosis :(

    ReplyDelete
  48. Sekarang, mudah-mudahan Echa sudah sembuh total, ya Cha.
    Do'a dari bunda.

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^