4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi

4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi

4 Langkah Perawatan Mandi Bayi . Saat punya anak, perhatian kita mau tidak mau pasti sama anak. Dan itu membuat kita mencoba banyak ca...

Cinta untuk Raffa


Aku jatuh cinta
'tuk kesekian kali
Baru kali ini 
ku rasakan cinta sesungguhnya
tak seperti dulu 
kali ini ada pengorbanan

Masih inget lagu Dewa 19 ini? Iyes, bener dan ini kejadian lagi. Saya jatuh cinta lagi, sama bayi yang baru saja lahir :"). Betul, alhamdulillah tanggal 23 November 2016 sudah lahir baby Raffa adik Raffi dengan sehat, selamat dan sempurna. Alhamdulillah.

Saya selalu percaya setiap anak punya jalan dan cara yang diridhoiNya sendiri-sendiri. Beda Raffi begitupun tentu beda sama Raffa :"). Kehamilan kali ini juga berbeda dengan saat Raffi. Jadi ingat, jangan pernah membanding-bandingkan setiap kehamilan ya ^^. Beda janin beda cerita beda cara beda persalinan dll

Kalau yang sudah membaca cerita kehamilan saya dari bulan kebulan pasti tahu bagaimana riwayat kehamilan ini. Setelah keguguran, saya hamil kembali sebulan kemudian. Dan dalam perjalanan 9 bulan ini, ditri semester pertama kehamilan saya keluar flek. Dan di sejak 6 bulan setelah babymoon xD, saya hampir tiap waktu kontraksi palsu. Sampai saat sudah waktunya emang ada kontraksi palsu di umur kehamilan 9 bulan, saya jadi biasa saja dengan kontraksi palsu xD (saking seringnya). Dan itu membuat saya harus konsumsi obat anti kontraksi (dalam hal ini saya diresepin bricasma) sejak kehamilan 6 bulan.

Belum lagi kalau misalnya saya terlalu capek, tiba-tiba getah bening saya membesar dan nyeri sekali. Tapi, demi janin saya tidak mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri hanya dikompres bolak balik saja. Dan alhamdulillah saya bisa menjalaninya dengan didukung suami yang selalu sabar merawat :") dan semangat untuk melihat Raffi (plus adiknya) lebih lama lagi :"). Iya, saya berhasil membuktikan kalau Allah memang mboten sare :"). Semua pasti sudah ada jalanNya :").

Ini cerita proses lahiran Raffa, mumpung saya inget masih detil-detilnya :"). Oh ya, panjang loh tulisan ini ya :v jangan bosen...Gpp deh ibu baru lahiran mah BEBAS DAH BEBASSSS mau ngapain wkwkwk...

20 November 2016

Ini cek kehamilan diminggu ke-39. Ternyata posisi janin semakin keatas. Padahal saya sudah banyak sujud, ngepel, ngosek kamar mandi dll agar janin diposisinya yang benar. Tapi, ternyata janin saya punya cerita lain. Dia malah sukses melintang dan lebih keatas bukan ditengah. Hingga kadang saya sesak napas xD.

Hari ini dokter sudah bilang untuk operasi sesar. Tinggal kami yang nentuin kapan waktunya, yang penting jangan diakhir minggu. Terus kami pulang dengan galau dan cerita pada keluarga besar untuk diomongin 'hari baik'-nya kapan.

Sepanjang perjalanan dari RS kerumah, saya nangis dimotor. Rasanya sedih banget harus sesar, padahal kemarin sudah optimis bisa normal :"(. Si papih dan Raffi menghibur dengan segala cara. Tapi, tetap saja ya nangis ga kebendung.

Echa nangis karena mau sesar? Nggak sepenuhnya karena itu tepatnya. Sebenarnya saya bingung dengan biaya lahiran. Hari ini saya gak pegang uang sepersenpun, sedangkan hari operasi harus segera dilakukan. Coveran asuransi kantor memang ada tapi tidak full, jadi kami harus sedia uang sekitar 4-6 juta untuk menutup kekurangan itu. Masalahnya, dapat dari mana? :D.


Jadilah malam harinya setelah Raffi bobok, kami berdua curhat sama Allah agar diberi jalan terbaik. Jangan tanya bengkaknya mata karena nangis terusan malam itu...

21 November 2016

Dalam hidup saya selalu percaya, Gusti Allah mboten sare.

Dikantor, suami tanya ke HRD istri ada kartu BPJS-nya tidak. Sambil harap-harap cemas, ternyata dari HRD dapat kabar kalau saya ternyata punya kartu BPJS. Masya Allah, suami langsung sujud syukur saat dapat file BPJS saya dari HRD. Dan saya dirumah yang mendengar kabar itu langsung meluk Raffi. Alhamdulillah. Lalu tidak begitu lama kemudian, hari ini juga ada beberapa transferan review yang cair yang jumlahnya sebanyak biaya lahiran.

Maha besar Allah yang maha membolakbalikkan hati dan keadaan :"). Dalam semalam, banyak kemudahan untuk persalinan kali ini. Saat suami pulang, dia cuma ngelus perut saya dan bilang "Dek, mau kapan keluar wes kami semua siap menyambutmu". Kami berdua tersenyum dan berpelukan, ah suami....

Oh ya, hari ini juga ulang tahun Cucuth hahaha :D.

22 November 2016

Hari ini ulang tahun saya. Karena kami sudah sepakat hari Rabu untuk operasi jadi hari ini saya beli keperluan bayi yang masih kurang dan kirim-kirim paket buat teman-teman. Pas lagi minum chatime rasanya ada serrrr gitu, pas saya lihat ternyata ada flek. Tapi karena saya tidak merasakan apa-apa ya tenang saja seh. Lalu setelah dicek juga tidak ada kontraksi atau apa. Jadi kami lebih ke persiapan lahir batin buat ke rumah sakit besoknya :"). Iya , kali ini lebih santai entah kenapa....

Sepanjang malam, saya menikmati gerakan-gerakan janin yang dirasakan. Iya ini malam terakhir saya merasakan gerakan janin dalam perut, karena besok saya akan berjumpa dan memeluk bayi yang selama 9 bulan ini ada dikandungan :"). Saya juga peluk dan cium Raffi terus menerus, karena hari ini adalah hari terakhir kami bertiga karena besok kami akan berempat :").

23 November 2016

This is a big day :"). Saya sudah susah tidur tadi malam, macem-macem perasaan muncul. Takut, khawatir, senang, bahagia, bingung dll campur jadi satu. Saya yakin semua ibu yang mau operasi sesar mengalami hal yang sama.

Pagi-pagi, saya bangunin Raffi yang masih molet-molet. Semua barang keperluan lahiran kerumah sakit sudah diangkut dimotor.  Sambil ngucap bismillah, kamipun berangkat menuju kerumah sakit. Lah dalah baru keluar komplek tiba-tiba ban bocor :v :v. Akhirnya, si papih balik kerumah lagi buat ambil motor satunya.

Saat berdua sama Raffi ini saya mandangin Raffi sedemikian rupa. Hikz, mellow yellow tar lagi tidak cuma sama Raffi sama tapi ada bayi lain juga :"). Hidup itu cepat ya ga kerasa, Raffi juga sudah gede mau punya adik. Saya juga beberapa jam lagi akan megang bayi dipelukan dan akan saya perkenalkan sebagai adiknya Raffi. Duh, sumpah mellow banget bawaannya :").
Tidak begitu lama si papih datang, dan kami melanjutkan perjalanan ke RS.

Sampai disana, papih urus administrasi dan Raffi sama saya diruang persiapan sambil nunggu dokternya datang. Jadwalnya sih sekitar jam 8 pagi katanya, jangan ditanya deg-degannya saya :").


Diruang persiapan, saya ganti baju operasi. Duh, dua kali ada diruangan ini juga dengan waktu yang berbeda 3 tahun lalu saat lahiran Raffi. Iya, kebetulan RS-nya sama dengan waktu yang Raffi hihii dah mantep dan enak soale.

Sambil nunggu jam 8, saya peluk-pelukin Raffi terus................ FOTO-FOTO DONGGG!!!!. Kapan lagi foto-foto dirumah sakit mau lahiran kayak gini :v :v *tuh kan emang saya mah rada-rada :v wlwkwk. Alhamdulillahnya, kemarin saya menang lomba blog dan hadiahnya kamera jadi pas banget kan :"). Dan beneran loh, saya POTO POTO DIRUANG PERSIAPAN OPERASI wkwkwk.

Ah kakak Raffi


Kece nggak kece nggak :v 

Jam menunjukkan 8 pagi tepat dan saya akhirnya dipindahin keruangan lain. Sambil pamitan sama Raffi dan papih, saya juga minta doanya ke keluarga besar agar semua lancar, mudah, selamat dan sempurna. 

Sambil bengong dan nangis diruang steril persiapan operasi, saya ngeliat ada ibu-ibu udah pembukaan 9  tapi ternyata harus operasi juga. Hikz, kebanyang sakitnya :"(. Sampai pas tiba giliran, saya bilang biar ibu itu dulu yang masuk ruang operasi. Tapi ternyata ga bisa xD karena dokternya belum datang dan dokter saya sudah datang. 

Jam 8.30 pagi, saya diminta jalan keruang operasi. Sambil diantar dan dag dig dug, saat ditinggal perawat dan hanya saya sendiri...... saya elus-elus perut sambil bilang ke bayi kalau bentar lagi kita ketemu :"). Sebentar lagi. Terima kasih buat 9 bulan yang menakjubkan, terima kasih dah hadir dalam perut mamih, dan terima kasih menjadi bagian dari kami, keluarga R.

Dan saat itu juga saya baru bisa bilang kalau saya ikhlas operasi sesar yang penting ibu anak selamat, sehat dan sempurna :"). 

Dokter anastesi dan para medis datang, lalu saya dibius dipunggung. Setelah baal (mati rasa), dokter kandungan saya masuk dan operasi sesarpun dimulai. Oh iya, ini dibius badan saja ya tapi saya sadar bisa lihat semua prosesnya. Duh coba kalau saya artis :v bisa poto-poto diruang operasi :v :v...sayangnya bukan artis wkwkwk. 

Saat operasi dan proses ngeluarinnya ternyata memang susah. Perut saya didorong dari atas agar bisa keluar bayinya. Dan ternyata keputusan sesar emang tepat, mau nungging pegimanapun ga akan bisa normal :"). Biasanya proses operasi sesar sejaman, saya hampir 2 jam operasinya xD.

Dan setelah bayi dikeluarkan, dia langsung oek-oek. Gak terasa, air mata saya keluar. Subhanallah ini toh bayi 9 bulan diperut saya selama ini. Setelah bayi diliatin kesaya, kemudian dibersihkan dan saya melalui proses jahitan. Saya jatuh cinta lagi melihat bayi ini...

Setelah selesai, saya dipindahin ke ruang steril persiapan operasi lagi. Ternyata pasca operasi, badan kita tremor (gemetaran sendiri). Setelah tremor hilang, akhirnya saya bisa IMD. Yesss, lancar :"). Alhamdulillah.

Kalau ditanya sakit gak lahiran sesar (caesar) ? SAKIT TAUK!!!! Makanya kalau ada yang bilang orang yang memilih sesar itu ga jadi ibu dan lebih mendewakan normal, SINI TAK REMET-REMET COCOTE :v. Pemulihan lebih lama dari normal loh :"), sakitnya masih juga sampe sekarang huhuhu. Tapi insyaallah ikhlas kalau liat bayi yang bikin aku jatuh cinta mah ya :").

Oh ya, karena adanya Raffa juga jadi bikin saya semangat update permainan DIY montessori untuk pendidikan anak usia dini dalam keluarga. Tahu sendiri kan saya memang hobi bikin-bikin DIY permainan ^^. Jadinya bisa bikin DIY dari 0 bulan hehehe. Secara ya, 1000 hari pertama itu emang penting banget dalam urusan nutrisi dan stimulasi. Jadi, tungguin ya DIY montessoriku dipostingan-postingan selanjutnya^^. Insyaallah bakal rajin hihihi.

Btw, ttg lahiran sesar menggunakan BPJS saya posting dilain waktu. Yang pasti, kami tidak ngeluarin uang sepersenpun untuk lahiran ini. Alhamdulillah, Gusti Allah mboten sare... Selamat datang Raffa dikeluarga kami yang tercinta, semoga kita semua saling menyayangi dan selalu penuh cinta.

Dan sekarang dengan bismillah, kami perkenalkan anak kami yang kedua :

Raffa Ardian Bagaskara
23 November 2016
09.10 pagi
2,9 kg
46 cm

[Sponsored Post]

63 comments:

  1. Cuaminya co cwiiit banget, "Hallo adek Raffa..."

    ReplyDelete
  2. Selamat atas kelahiran Raffa ya Mbak Echaaa, aku terharu dengan ceritanya. Gusti Allah Mboten Sare, selalu diyakini Mbak Echa. Btw itu kamera yang buat popotoan apaan mbak? Ciamik ih, cerah gitu.

    ReplyDelete
  3. selamat atas kelahiran putra keduanya, mbak. semoga sehat selalu ibu dan bayinya :)

    ReplyDelete
  4. Waaaa..udah tayaaaang \m/
    Selamat datang, baby Raffa :*
    Barakallah Mba Echa dan suami, juga Kakak Raffi :D
    Sehat-sehat dan bahagia selalu ya, kalian.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah. Barakallah ya Mak. Semoga Raffa menjadi anak yang sholeh dan penyejuk hati orang tuanya :')

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum Dedek Raffa, salam kenal dari tante, salam kecup.. :*
    Sehat terus ya, baik-baik sama Mas Raffi.. :)

    ReplyDelete
  7. Jadi kamu sesar toh chaa... samaanlah kitaaa. Haha. Apa aja yg ptg ibu n bayi sehat yess? Halo baby Raffa toss dulu sama baby Arsel.

    ReplyDelete
  8. Huwaaaaaaaa.... Mba ech, berasaaaa gimanaaaa gitu aku bacanya ih... Mrinding2 disko, co cweeeeet papih sama raffi...

    Pokoknya semuanya sehat baby dan ibunya sehat apapun jalannya... :)

    Salam super buat Raffa dari Abim ya hihihi...

    ReplyDelete
  9. Welcome to the world Baby Raffa. Sehat sehat selalu yaaa dan jadi anak yang baik.

    Selamat juga buat orang tua dan kakak Raffi atas anggota barunya :)

    Wah harus pantengin postingan bpjs nya nih.

    ReplyDelete
  10. Ganteeenggg! Alhamdulillah ya mak echa, semoga raffa menjadi anak yg sholeh. Dan selamat jd kakak ya raffi :) Cepet pulih ya mak, biar bisa "remet-remet cocote" orang yg nyepelein c-section, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha mari diremet *eh
      makasih mak

      Delete
  11. Terharu baca ceritanya, kebayang kalo aku di posisimu,btw aku selalu suka kata2 gusti Allah mboten saree, kiss buat baby raffa , btw nggak perih matanya lngsung nulis2 dan baca? Moga cpt pulih yaa

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillaah. selamat ya mbak. semoga raffa dan raffi jadi anak solih yang berbakti kepada orang tua.

    sama, mbak. pas melahirkan anak kedua saya juga sc dan perut didorong-dorong dari atas pas keluarin si dedek. malah dokternya sambil bercanda pura-pura kehabisan tenaga. haha...

    tapi saya ceritanya mirip ibu sebelahnya mbak echa. saya udah bukaan penuh tapi bayi ga keluar. sakitnya dobel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh :( pasti ga enak banget rasanya itu ya mba
      makasih doane

      Delete
  13. selamat mbaaa ^o^... cakep bayinyaa.. semoga jadi anak yg sholeh dan slalu jadi kebanggan orang tua yaa ;)..

    rezeki dari bayinya mbak, semua bisa kecover ;)..

    eh btw, kalo soal sesar, aku trmasuk ibu2 yg keukeuh minta sesar drpd normal ;p... sampe2 aku pernah ganti dokter gara2 dia ga mau sesar kalo memang ga ada apa2... lgs aku coret dan cari dokter lain.. aku tau kok sesar sakit.. tapi normal juga sakit... bedanya cuma di awal dan diakhir kan ya... hanya aja, aku yakin aku lbh bisa menahan sakit operasi drpd sakit ngejan ngeluarin bayi ;p ..itu sih alasanku harus sesar.. lagian, aku takut aja ngelakuin sesuatu yg embarrassing kalo memilih normal :D Ntah teriak, ato ga sengaja ngeluarin fucking words saking sakitnya ;p.. makanya aku ga mau normal. Whatever, yang penting bayi bisa keluar selamat dan sehat yaa ;).. sekali lagi, selamat kelahiran babynyaa... dan happy birthday utk CUCUTH ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha
      makasih mbaaaaa
      salam dari cucuth
      btw, aku belum steril --" doh bahaya ini

      Delete
  14. Selamat atas kelahiran Raffa ya, mba Echa. Semoga jadi anak sholeh. Ah, senangnya yang punya baby lagi.. hehehe. Oya, cucuth ulang tahun toh, Happy birthday cucuth! :D

    ReplyDelete
  15. Selamat atas kelahiran putranya mbak, kalau saya pribadi mmg takut operasi sih, trauma operasi waktu remaja dulu sakitnya lama hehehe makanya lebih milih normal. Yang penting ibu dan bayi selamat,

    ReplyDelete
  16. Selamat atas kelahiran Dedek Raffa mba :) semoga selalu sehat dan menjadi anak soleh aamiin

    ReplyDelete
  17. Kata siapa ngelahirin enaak..
    Yang enak tuh bikinnya ya cha..
    Mau sesar ato normal sama aja sakitnya, cuma pemulihannya yang beda. Ahh apalah proses persalinan jika didepan mata ada sosok makhluk kecil oek..oek..langsung meleleh deh.

    Hai Baby Raffa , menggemaskan deeh..
    Selamat Mami echa..

    Kapan2 kita kopdar ya Raffa, selpih bareng..

    ReplyDelete
  18. Hihi Echa, sempet-sempetnya difoto dulu. Alhamdulillah Raffa udah lahir. Sehat dan cakeeep. Peyuuuk...

    ReplyDelete
  19. Memang cerita kelahiran tiap bayi beda-beda ya Mbak. Akmal dulu pembukaan 2 aja 2 minggu lamanya, kalau Azril adiknya tau-tau sampai di tempat bidan sudah pembukaan 10.

    Sun sayang untuk adik Raffa. Rambutnya lebat banget :*

    ReplyDelete
  20. Lucunya Raffa mbaaa :D alhamdulillah.. Selamat ya Mba Echa, semoga Raffa sehat2 selalu.. Mba jg semoga cpt pulih yaaa..

    ReplyDelete
  21. hi Raffa, rambut kamu item bangett. mau ga jadi duta sampo lain?

    mba Echa, makasih unt 9 bulan penuh inspirasi. saya belajar byk dari mba Echa soal kehamilan. serius.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 makasih dah baca yoo
      :* muahhhhhh

      Delete
  22. Aku terharu baca ini. :'D Raffa cute banget. Pengen ciumin Raffa. :)

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillaaaahhhh.... Barakallah mba :')

    ReplyDelete
  24. Hallo adek raffa... Smoga jadi anak sholeh yak.. Aamiin...

    Mbak Echa salam kenal.. Smoga cepet pulih.. Dan jangan sungkan untuk nularin ke aku.. Hehehe...

    ReplyDelete
  25. Hallo adek raffa... Smoga jadi anak sholeh yak.. Aamiin...

    Mbak Echa salam kenal.. Smoga cepet pulih.. Dan jangan sungkan untuk nularin ke aku.. Hehehe...

    ReplyDelete
  26. alhamdulillah... hai raffa ganteng, selamat datang ke dunia.
    istirahat cukup abis operasi ya, cha. jangan terlalu capek n kerja berat. kiss kiss buat kalian berdua :*

    ReplyDelete
  27. Ganteng eee aku puengen ketemuuu :*

    ReplyDelete
  28. Ganteng dedsk pakai baju merah, kalau anak ke dua emang gt ya cha, anak pertama dibuat senyaman mungkin, karena akan menjadi kakak

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah,Selamat datang di Dubai yaa.. dek Raffa. Semoga menjadi anak sholeh dan ibunya cepat pulih. Salam kenal mba :)

    ReplyDelete
  30. Bener banget mbak.. Beda anak beda cerita.. Ada saja new experience :)

    Kita terpaut 3hari nih lahirannya.. Bedanya aq gagal sesar terjadwal krn kontraksi n ketuban pecah dini.. Akhirnya kudu sesar juga krn posisi bayi lintang.. Ga sempat foto2 deh ky mbak echa, habis masuk ruang operasi udah pringas-pringis.. Hehe.. Sehat selalu ya Raffa :) salam kenal dari Rafanda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya selalu ada cerita ya mak :")
      selamat ya welkom Rafanda \m/

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^