Milestone dan Permainan Bayi 20 Bulan



Tiap anak punya milestone sendiri-sendiri, dan saya bangga menjadi orang pertama yang melihat milestone Raffi- echa, mommy cucuth dan Raffi.

Tidak terasa Raffi sudah 20bulan sekarang umurnya....Cepet ya :"). 
Kali ini saya ingin share perkembangan Raffi ^^. Apa saja sih diumur 20 bulan itu milestonenya. Semakin bertambahnya usia, akalnya semakin banyak. Makanya kadang saya mencari permainan (murah meriah) untuk mengasah otaknya. Yang pasti tetap fun dan dia menyukainya. Kalau misalkan dia tidak menyukainya, saya selalu cari ide lainnya ^^.. Percayalah...anak yang senang bermain keliatan dari wajahnya ^^.

Tapi sebelum itu, ini saya ambil KPSP untuk anak umur 21 bulan (beda tipis lah ya sama umur Raffi). Langsung saya bold saja ya jawabannya..

  1. Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai dan kemudian berdiri kembali? Ya
  2. Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau mengeluarkan suara yang menyenangkan. Ya
  3. Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung? Ya
  4. Apakah anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang, kismis, atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu jari clan jari telunjuk seperti pada gambar ? Ya
  5. Jika anda menggelindingkan bola ke anak, apakah ia menggelindingkan/melemparkan kembali bola pada anda? Ya
  6. Apakah anak dapat memegang sendiri cangkir/gelas clan minum dari tempat tersebut tanpa tumpah? Ya
  7. Jika anda sedang melakukan pekerjaan rumah tangga, apakah anak meniru apa yang anda lakukan? Ya, apalagi sapu  :v
  8. Apakah anak dapat meletakkan satu kubus di atas kubus yang lain tanpa menjatuhkan kubus itu? Kubus yang digunakan ukuran 2.5-5.0 cm. Ya, sampe tinggi tinggi sekali *lebay
  9. Apakah anak dapat mengucapkan paling sedikit 3 kata yang mempunyai arti selain “papa” dan “mama”?. Ya, ada 15 kata kalau satuan mah
  10. Apakah anak dapat berjalan mundur 5 langkah atau lebih tanpa kehilangan keseimbangan? (Anda mungkin dapat melihatnya ketika anak menarik mainannya) . Ya
Kalau lihat KPSP, alhamdulilah Raffi sudah memenuhi semuanya ya untuk anak 21 bulan hehe...
Sekarang, saya mau share milestone lainnya plus permainan yang dia sukai...

1. Fisik

Raffi sekarang 15kg dengan tinggi 93an terakhir pas dirumah sakit. Masih bagus banget ko growth chartnya :D... Kemarin kena pembengkakan kelenjar getah bening, tapi sekarang sudah mengecil. Sehat-sehat selalu ya ^^


2. Bermain water beads, ocean play, dan finger print

Saya memang menyukai permainan kotor seperti ini. Water beads tinggal beli atau pasir tinggal bikin dari tepung atau beras diwarnai...Simpel kok sebenarnya... yang berat bersih-bersihnya aja..Tapi terbayar kok dengan anak kita senang..

Water beads

Finger print

Hasil finger print bisa dimodif buat kreasi seperti ini

Kalau dulu, saya cuma kasih saja biar dia bermain. Sekarang, saya berusaha untuk bercerita ala-ala sensory play (walau akhirnya diberantakin juga seh). Semua gambar saya ambil diinternet. Misalnya bercerita tentang hutan, saya cari gambar -gambar bertema hutan atau peternakan, lalu download gambar hewan-hewan dan kandang peternakan. Nanti tinggal print, gunting dan letakkan ditata diwater beadsnya atau pasir-pasirannya.

Cara mainnya? Nanti kita cerita pelan-pelan, ini hewan A, hewan B, kandang, rumah, pohon dll. Usahakan anak menikmati dan mendengarkan kita. Karena lumayanlah menambah kosakata. Setelah dia mulai tidak fokus, biarkan bayi bereksplorasi sepuasnya ^^ (baca : berantakin). Hahahaha, Raffi loh sampe ketawa-tawa kalau mainan xD..

3. Bermain balok dan puzzle

Kebetulan saya cuma ngasih Raffi balok-balok biasa dan lego-lego murah yang 30ribuan dari dulu.. Tapi hasilnya, untuk saat ini dia demen susun balok atau lego sampe tinggi... lumayan, nanti kan dia imajinasinya pasti bertambah bikin bangunan dll...


Bermain balok dan lego


4. Bermain puzzle

Dulu seh rajin bikin puzzle sederhana dari kardus...tapi akhirnya beli hehehe lah cuma 30ribu dipake sampe lama ^^. Terus, kadang saya bikin permainan kreatif sederhana. Masukin pipe cleaner warna warni, atau lidi sedotan dan lain sebagainya sesempatnya. Lumayan, penasaran kan dianya nyelesein tantangannya :). Yang penting dia masukkan tepat ditempatnya dan sesuai warna ^^.

Lidi dan sedotan atau lidi dimasukkan kelubang-lubang

5. Belajar keseimbangan dengan bersepeda

Sekarang, raffi sudah bisa naek sepeda roda dua.. iya roda 2 tanpa ada roda cadangan. Saya sengaja menjual sepeda smart strikenya dan beli strider ini. Karena setelah lihat di yutub ibu2, banyak yang menggunakan ini agar anak lebih seimbang. Hasilnya? Raffi senang seluncuran walau masih belum jauh paling 2 meteranlah... tapi tidak jatuh dan lebih seimbang daripada sebelumnya.


Dia juga lebih tatak (apa ya bahasa indonesianya? :D) saat berlari dan lebih kencang daripada sebelumnya. Entahlah apa karena efek naik sepeda ini... Sepeda ini saya gunakan mulai umur 18 bulan dan menurut petunjuk bisa sampai 3 tahunan... Lumayan...saya tidak capek lagi dorong-dorong sepeda lagi ^^. Walau awal-awal harus telaten dorong :v pas ngajarin.

6. Belajar dua kata

Hehehe raffi kosakatanya banyak dua puluh ada...tapi cuma satu kata saja. Kalau digabung langsung jadi babling... walau nggak berhenti-berhenti ngomongnya. Saya mulai berusaha agar dia bisa mengucapkan 2 kata. Misalnya lapar pengen makan. Dia pasti cuma bilang maem atau makan saja... Bukan "mau makan" kalaupun dia berusaha nanti pasti jatuhnya babling xD... Ya sudah mari kita latih terus ya nak^^.

Salah satu cara melatih dia ngomong 2 kata, saya mulai banyakin baca cerita. Mulai dari buku sampai sensory play tadi :). Dan sekarang saya lagi senang mendongeng.. 2 jam sehari saya setelkan upin ipin atau kartun lain untuk dia perdengarkan. Selama 20 jam, saya setelkan lagu anak jaman dulu seperti dua mata saya, naik sepeda, pelangi dll dengan volume rendah jadi Raffi tidak merasa kalah saat mau ngomong.

7. Menggambar


Kalau ini nggak usah ditanya ya... Corat coret itu emang hal asyiiikkk. Cuma sekarang sudah bukan garis lurus saja, tapi buletan. Yaaa lumayanlah...Hehehe.

Kemarin, saya beli chalkboard wallpaper untuk dinding. Jadi, Raffi tidak pernah lagi coret-coret dinding tapi difasilitasi  kapur ^^. Kalau dilantai saya kasih spidolnya. Kadang kalau pengen lebih "kotor" , saya ajak ngecat botol ^^. Fun !


8. Main drum

Waktu ke playtime, raffi maenan drum terus. Akhirnya saya coba fasilitasi dirumah dengan drum maenan yang murmer teaaa... Hasilnya dia menikmati setiap menggebug drumnya. Pas yamaha lagi free trial, saya coba ikutkan raffi untuk itu... Dan dia ternyata menikmati bermain alat-alat musik terutama drum. Eksplorasinya sangat besar kealat-alatnya... Hmmm.... Mari kita coba asah ya nak...




9. Bermain rumah-rumahan

Saya sengaja membuat berbagai macam kreasi dari kardus. Mulai dari pesawat sampai rumah. Rumah ini lumayan membuat dia betah mainan didalamnya, walau sebenarnya sudah punya tenda-tendaan. Tapi, bermain rumah-rumahan bikinan mamanya juga bikin dia seneng banget. hehehe..



Tetap, intinya ngajak dia bermain dan bercerita. Ngapain saja? Nanti dia akan bersihkan lantai pakai sapu atau kemoceng bersihin meja dll... Pokokny atetap usahakan komunikasi dua arah dan bercerita...pasti dia menikmatinya.




10. Bermain Air..

Anak sama air itu dekat xD. Yang ini gak perlu penjelasan... Fix! main pancuran atau kecipak-kecipak bikin hati senang ^^.


11. Sudah berani gendong dengan baik kucing

Saya selalu berusaha mengajarkan Raffi sayang sama hewan... terutama kucing..dan sekarang Raffi berani pegang kucing sendiri tanpa menyakitinya.. Asyik kan kalau bisa hidup berdampingan seperti ini tanpa harus memanusiakan hewan? :)



12. Maap, tolong, terima kasih

3 kata mujarab itu selalu saya ajari. Walau kadang dia males ngomongnya, tapi tetep saya ajari terus-menerus buat bekal hingga dia gede nanti.

13. Sosialisasi

Setiap pagi dan sore, raffi saya ajak bermain dengan teman-teman sekitar rumah. Mengelompok, melihat anak-anak ngapain, lari, bermain sepeda sendiri-sendiri atau bermain bersama. Walau saya tahu yang anak-anak itu mainkan raffi belum ngerti.Disekolah, dia juga mau berbagi mainan yang harus dimainkan bareng. Jadi, ga ada kata rebutan.


Problemnya cuma dimakanan, karena banyak jajan yang dikonsumsi anak lain. Raffi kadang minta tapi belum boleh saya kasih. Jadi dia cuma diem dan ngeliatin aja seh biasanya..Wkwkwk

14. Makin pintar, bisa nolak dan beradu kata

Misalnya saya minta dia turun dari kursi. Paling dia cemberut, trus menatap saya trus ngoceh seakan dia g suka dimarai :v. Dia memberi respon rejected terhadap perlakuan kita, dan itu kudu saya ajari biar lebih cooling down. It's not a temper tantrum ya...semoga Raffi nggak :)..

Kemarin dia naik meja untuk menghidupkan lampu, saat saya tebalikin mejanya... Tiba-tiba dia ambil kursi dan taruh kursinya diposisi untuk hidupin lampu -___-. Waaaahhh, anakku dah bisa bikin strategi ^^.

Hmmm... setiap anak memang beda-beda perkembangannya. Dan yang pasti, diusahakan sesuai KPSP aja udah cukup.. Dan yang penting, anak kita begitu istimewa dengan keunikan masing-masing ^^. Yang penting patokannya cuma satu "ANAK BAHAGIA".

Udah sih itu aja milestone dan permainan yang Raffi kuasai di 20 bulan ini. Hikz... Menghitung umur Raffi menuju 2 tahun ini memang rada gimana gitu. Antara takut dan senang... saya ketakutan sendiri karena sama dengan menghitung jalannya kemoterapi...Senang karena alhamdulillah Raffi dah 20 bulan bisa kami rawat dan saya bisa menemani dia dalam seluruh detik keseharian saya... Tapi life must goon... Saya tahu, saya bisa menjalaninya..karena saya tahu Allah akan memberi kesempatan untuk saya selalu temani Raffi disetiap detik hidupnya tak terpisahkan...Aamiin..

Happy 20 bulan ya sayang, kami mencintaimu...Lindungi kami, Tuhan...

22 comments:

  1. Aku terharu bacanya.... tadi di atas sudah terkagum kagum dengan aneka permainan... tapi.. tapi... endingnyaaa...

    hiks.. hiks..

    kamu siiiiih... *peluk Echa*

    ReplyDelete
  2. Ragam permainan yang kreatif, nih. Bisa jadi contoh.. :)

    ReplyDelete
  3. Sermoga sehat selalu supaya bisa terus nemenin Raffi ya mbak :)

    ReplyDelete
  4. ya ampunnn si pipi tembem sehat banget ya...ganteng pula..mainan apa saja dia bisa dan aktif...sukak sekali punya anak seperti ini :)

    ReplyDelete
  5. 20 bln 15 kiloooooooo. Waaaa tara 23 bln baru 11 kilo hahaha. Salut mak utk perkembangan raffi

    ReplyDelete
  6. Happy 20 mo, Raffi.

    Rumahnya pakai tipe berapa? Hari Senin harga naik lho, Fi, buruan beli kapling sebelahnya biar bs dikontrakin ke orang. Hehehe.

    ReplyDelete
  7. mbak aku terharu yang buat rumah-rumahan itu, teringat masa kecil, dulu waktu kecil tempat jemuran dibuat rumah2 an. Semoga raffi makin pintar ya mbak, salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya ya :") aku dulu pake bawah kasur itu loh trus maenan aku simpen dibawah kasur...jadi kalo dimarai ortu boboknya dibawah kasur xD di rumah pribadi xD

      Delete
  8. Aku suka yang buat rumah2 itu mbak... semoga rafi makin pintar ya mbak, salam

    ReplyDelete
  9. Aaaaakkk. Raffi sama mionnggg lucuuu.. >.<

    Senangnya bisa akrab sama mioonngg :)

    ReplyDelete
  10. Eh, aku sempet kepikiran pengen beli tenda tapi kayaknya gak jadi, bikin pake kardus bekas aja kayaknya :D

    ReplyDelete
  11. Uuh.. lovely story Mbak Echa.. Semoga aku juga bisa kayak Mbak Echa yang benar-benar telaten merawat anak sampai mengikuti perkembangan milestone-nya ^^
    Mbak, KPSP-nya dapet dari mana ya?

    ReplyDelete
  12. HUaaaaa, rafii udah 20 bulan yaaa... sehat-sehat trus ya nak :-*

    ReplyDelete
  13. Raffi emang pinter. Hiks... endingmu itu lho, cha. Sehat selalu ya ertiga.... :')

    ReplyDelete
  14. Aduhh...Raffi...20 bulan usianya namun sdh menunjukkan bakat sebagai anak cerdas... Mainannya banyak banget Rafii...

    ReplyDelete
  15. Raffi banyak ide, ya. Nampak pantang menyerah dan semangat!

    Sehat selalu ya, Raffi. . . ;)

    ReplyDelete
  16. ternyata Raffi juga suka kucing mba :)

    ReplyDelete
  17. pola asuh yang baik memang berpengaruh besar terhadap kualitas hidup anak kelak ketika dewasa

    ReplyDelete
  18. Raffi kelihatanudah besar banget di foto naik sepeda

    ReplyDelete
  19. aamiin

    Jadi inget waktu anak-anak segede Raffi, mainannya kayak begitu. Gak apa-apalah rumah berantakan juga, ya :D

    ReplyDelete
  20. Dek rafii lucu banget yaaa, gendut lagi. Semoga mbak Echa ama Rafii sehat dan bahagia terus yaaa :)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^