Lebaran Eksis Tanpa Kantong Krisis


Setiap tahun, momen lebaran itu selalu ditunggu-tunggu semua orang. Selain waktu cuti yang lebih panjang dari bulan lainnya, lebaran juga identik dengan aktivitas mudik dan THR. Dan itu semua terjadi saat momen lebaran.

Walau momen yang fenomenal setahun sekali, lebaran itu tetap harus kita sikapi dengan penuh kecermatan. Jangan sampai setelah lebaran, kita malah banyak hutang dan uang tabungan habis. Walau pada saat lebaran kita mendapat uang lebih banyak karena THR, tapi ternyata pengeluaran kita juga bakal lebih banyak.. Percaya kan?

Pusing setelah lebaran? Duh, jangan sampai!

Tapi apa iya, untuk sebuah lebaran kita harus mengeluarkan banyak uang dan tidak tersisa setelah lebaran. Padahal kebutuhan kita masih sangat banyak kedepannya, betul tidak? Apalagi mulai agustus september saya akan memerlukan banyak biaya untuk pengobatan kemo getah bening saya.



Sebelum ramadhan, saya sudah memikirkan hal itu, biar kami sekeluarga tetap bisa eksis saat lebaran dan kantong tidak menjadi krisis setelahnya. Dan berkat #resolusilebaranku inilah kami sukses punya tabungan lebih setelah lebaran.

Ini dia cara #resolusilebaranku versi saya :

1. Buat usaha dadakan dibulan ramadhan

Saya selalu percaya kalau rejeki itu harus dijemput dan diikhtiarin, sisanya tinggal berdoa semoga Allah memberkahi dan melancarkannya. Dibulan ramadhan, banyak sekali celah untuk mendapat uang tambahan. Salah satunya adalah bisnis  takjil berbuka puasa dan bisnis parcel lebaran. Kedua hal itu menjadi tren bisnis dadakan disaat bulan ramadhan.

Saya sendiri bagaimana? Seperti yang sudah saya ceritakan dipostingan sebelumnya, kami sekeluarga juga membuka bisnis kecil-kecilan untuk mendapatkan uang tambahan lebaran. Hasilnya lumayan banget loh... Disaat orang lain mudik lebaran sudah pada habis uangnya, kami malah memiliki uang tambahan dari hasil bisnis dadakan ini.


2. Manfaatkan mudik gratis

Sebagai orang yang pernah 6 kali ikut mudik gratis, saya juga pernah nulis seh.
Ini bisa kita jadikan solusi mudik tanpa mengeluarkan banyak uang dan hemat. Karena kita disediakan transportasi gratis, dapat uang saku, souvenir dan makan selama diperjalanan.  Ini  rutin diadakan berbagai macam perusahaan sebagai salah satu bagian program CSRnya.

Lumayan banget kan, pulang lebaran tidak membuat kantong bolong! Hemat!

3. Anggarkan keuangan lebaran dengan disiplin

Setelah mendapat THR, langsung masukkan kepos-pos yang sudah kita anggarkan sebelumnya. Dan jangan lupa untuk dicatat semua ya..pembukuan yang baik akan memudahkan kita mereview pengeluaran kita. Anggarkan mulai dari pos biaya mudik, pos investasi, pos belanja lebaran dan pos untuk zakat. Kami sepakat untuk lebaran ini kami menghindari menambah hutang dalam bentuk apapun (termasuk kartu kredit), jadi lebih keinvestasi.
 

Jangan pernah berpikiran akan mengambil pinjaman untuk lebaran. Lebih baik menyisihkan kelebihan pokok utama lebaran dari THR ke produk deposito. Saya memilih untuk berinvestasi deposito dibandingkan menambah tabungan. Daripada ditabungan 1 juta lebih baik dideposito 1 juta. Benar tidak? Saya juga menghindari dana tunai didompet, karena biasanya berapapun yang ada didompet pasti habis.
4. Beli keperluan lebaran seperlunya saja

Ini yang tidak kalah penting.. Karena lebaran biasanya identik dengan baju baru, sepatu baru dan baru-baru lainya, lebih baik beli sepotong pakaian saja untuk seragam lebaran. Lebih hemat kan? Selebihnya bisa gunakan baju lainnya ^^ yang penting bersih.

Nah, enak kan kalau habis lebaran masih banyak uang ^^ uang tidak menipis malah bertambah, lebaran tetap berjalan khidmat. Mau kan lebaran eksis tanpa kantong krisis? Tahun depan dipraktekkan yaaa...


Lebaran lancar, tabungan banyak

22 comments:

  1. resolusi keren mbak echa...dan selalu keren tulisannya....

    ReplyDelete
  2. Wahh asyikk ya pakai cermati ^_^

    ReplyDelete
  3. Wahhh hebring ini pake cermati :D

    ReplyDelete
  4. Daku selalu kagum dg fotonya. Itu gimana ya bikinnya?emak kudet

    ReplyDelete
  5. Lebaran memang paling sering menguras keuangan.

    ReplyDelete
  6. Maunya lebaran aja tapi kantong nggak ikutan krisis :)
    Intip2 Cermati ah biar bijaksana dan cermat dalam mengelola keuangan.

    ReplyDelete
  7. Cermati dg cermat agar lebaran kantong tdk ikut cermat ya mak

    ReplyDelete
  8. Iya nih, terselamatkan dg gajian Agustus heheheee

    ReplyDelete
  9. Meme-nya lucu dan sangat banyak yang ngalami tuh. Aku sih biasanya THR ditabung, tapi ya itu, ntar ada aja diambil untuk keperluan dadakan usai lebaran. Sungguh terrlallluuuu

    ReplyDelete
  10. Aku jugaa, nunggu aplikasi cermati di handphone. Kabari klo udh ada yaaa

    ReplyDelete
  11. mau bangeet maak lebaran eksis tanpa kantong krisis. tahun depan HARUS begitu :)

    resolusinya keren maak. mau aku contek yaa

    ReplyDelete
  12. Sebelumnya mohon maaf lahir batin yah mbak Echaaa :))

    Dan itu bener banget sih, jangan sampe sesudah lebaran malah jadi stres sendiri karena dompet nya kembali murni dan suci...bhahahaha...
    *dalem banget pas bagian itu*

    ReplyDelete
  13. jangan sampai dompet bolong setelah lebran ya

    ReplyDelete
  14. Setuju bikin usaha dadakan di bulan ramadhan mba, buat tambah2 beli baju lebaran #eh hehe...

    ReplyDelete
  15. fotonya selalu menggoda, kereeen

    ReplyDelete
  16. Yaaaay keren! Nominasi pemenang nih :D

    ReplyDelete
  17. sukak sama meme-nya heheh *lospokus*
    etapi cermati emang bagus sih ya untuk masalah finansial ;)

    ReplyDelete
  18. Kalau udah mau masuk lebaran, mendadak banyak yg dibutuhkan, ya. :D

    ReplyDelete
  19. Intinyaaaa disipliiiin :)... Sukseees yooo cha ...

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^