Puasa Sehat di Bulan Ramadhan



Gimana puasanya? Masih semangat kan?? Lebaran 2 minggu lagi lohhh.... Hehehehe. Tapi iya loh, kita harus sehat agar bisa berpuasa dengan penuh hikmat.

30 Juni 2015, saya dan teman-teman  menghadiri acara media gathering yang diadakan oleh SOHO Global Health yang kali ini mengambil tema berpuasa sehat. Lah iya, sebulan penuh kan berpuasa dengan waktu pola makan yang berbeda, tapi kita tetap harus semangat menjalani hari-hari dibulan Ramadhan. Jangan sampai karena puasa, kitanya jadi malas-malasan, tidur terus, atau lemes dll... Kan kata orang sih, puasa nggak puasa harus tetap 'on'.


Dan ternyata SOHO Global Health ini komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia, khususnya dibidang kesehatan. Ludovic Toulemonde sebagai senior executive vice presiden Healthcare, SOHO Global Health menyebutkan bahwa mereka sering mengadakan acara edukasi kesehatan kepada masyarakat. Dan dibulan ramadhan diacara ini, mereka memberikan tips agar puasanya tetap sehat, berstamina dan tetap memiliki daya tahan tubuh yang tinggi.


Tapi sebentar... Kenapa sih kalau puasa kita jadi lemas? Jadi gini kemarin salah satu nara sumbernya yaitu dr Adhistia Pritalia bilang, bahwa selama 12 jam berpuasa tubuh akan mengambil cadangan glukosa sebagai glikogen yang tersimpan dihati dan otot sebagai energi. Lalu Glikogen melalui proses glikogenesis menjadi energi untuk tubuh. Sedangkan tubuh sendiri menggunakan protein sebagai tambahan energinya. Makanya tubuh biasanya lemas kalau puasa. Gimana? Mudeng ora? :D. Intinya gini, karena banyaknya energi yang terbentuk dari glikogen dan protein yang dibutuhkan tubuh selama puasa makanya kita jadi lemas.

Oh ya hampir lupa, diacara ini Mira Sahid menjadi salah satu nara sumber sebagai wanita dan blogger yang menjalankan banyak kegiatan dibulan ramadhan. Tapi dia tetap fit menjalankan hari-harinya.  Ternyata rahasia adalah niat yang tulus untuk ibadah tapi tetap menjaga kesehatannya dengan baik walau aktifitas banyak.

Dan ternyata banyak sekali manfaat dari berpuasa bagi kesehatan loh, yaitu  :
1. Lambung tidak berat dan fokus untuk mencerna makan
2. Menurunkan kadar LDL/ lemak jahat
3. Organ dapat beristirahat selama puasa, jadi bisa lebih cepat regenerasi jaringan dan sel tubuh yang rusak


Jadi jangan pernah mencoba untuk tidak puasa ya ^^. Terus gimana dong biar tidak lemas letih lesu saat berpuasa? Ini tipsnya :

1. Pilih makanan dan minuman yang tepat saat sahur dan berbuka
Perbanyak makan buah dan sayur untuk vitamin dan mineral tubuh. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat secara berlebihan. Secukupnya saja diwaktu sahur atau berbuka. Jadi jangan kalap ya kalo pas berbuka.

Jangan makan makanan yang mengandung rasa asin terlalu banyak karena akan cepat menimbulkan dehidrasi. Hindari juga makanan berlemak, berminyak atau santan karena bisa membuat nyeri lambung dan berat badan bertambah.

2. Jangan sampai dehidrasi
Sehari minimal 8 gelas setiap harinya. Dua gelas diwaktu sahur, dua gelas diwaktu berbuka dan empat gelas dimalam hari dengan jangka waktu 1 jam sekali.

3. Mengkonsumsi vitamin atau suplemen
Karena asupan micronutrient terganggu, kita bisa mengkonsumsi suplemen sebagai penambah energi yang berbahan dasar herbal. Untuk yang bekerja di luar rumah agar mengurangi paparan radikal bebas, bisa mengkonsumi suplemen immunomodulator agar daya tahan tetap prima seperti biasanya.

Produk SOHO Global Health ini banyak.. Salah satu yang saya pakai yaitu Imboost. Saya sih biasa pakai kalau lagi capek atau lagi sakit, lumayan banget terbantu cepat pulih lagi berkat ini. Satu lagi diapet, ini kudu ada dikotak obat dirumah untuk jaga-jaga misalnya mules diare. Manjur kan? Ada yang suka pakai juga nggak?

Yuk, cobain tipsnya... Biar tubuh tetap fit dan sehat selama berpuasa! Puasa sehat, puasanya penuh hikmah!

Produk SOHO Global Health

24 comments:

  1. saya pakai diapet kalo lagi diare mbak. mampet pet. kalau imboos belum pernah, perlu dicoba nih nanti buat kegunung untuk menghilangkan pegal2

    ReplyDelete
  2. Hi there! I could have sworn I've been to this website before but after going through many of the articles I realized it's new to me.
    Anyways, I'm definitely delighted I discovered it and I'll be book-marking it
    and checking back frequently!

    Feel free to visit my web site :: chơi đồ chơi tình dục

    ReplyDelete
  3. Yg ada d rumah cuma diapeeet

    ReplyDelete
  4. Puasa memang banyak manfaatnya yah. Tapi biar bagaimana pun juga kesehatan harus di jaga juga biar tetap fit dan sehat selama menjalankan ibadah puasa.

    ReplyDelete
  5. ooh imboost darisoho ya, aku suka minum tuh

    ReplyDelete
  6. Waaah Imboost ya, itu mah konsumsi aku kalo sakit mbak. Tapi anak-anakku konsumsi imboost-nya tiap hari malah, untuk nambah energy agar tetap bugar karena sekolahnya sampe sore semua :D

    ReplyDelete
  7. Kalau saya menu sahur dan buka pertama buah. Sudah benar belum ya Mak?

    ReplyDelete
  8. kalau saya sahur ga bisa nasi, kl sahur nasi malah suka perih :D

    ReplyDelete
  9. yang paling susah minum 8 gelas sehari ya kak

    ReplyDelete
  10. aku gak pernah makan suplemen apa2 klo puasa. Paling juga kalau lagi hamil gini minum susu hamil aja pas sahur

    ReplyDelete
  11. wah terimakasih tips nya .. ya kadang kelupaan tipsnya asal makan aja tanpa aturan :D

    ReplyDelete
  12. Iya aku juga pake diapet... :D

    ReplyDelete
  13. saya mah kalau sahur gk pernah milih2 :|

    ReplyDelete
  14. Iih..ngga mau banget dihinggapi lemak jahd, Kak. :D
    Sehat2 teru, ya. Semoga luasa lancaaar!

    ReplyDelete
  15. Terima kasih sudah sharing tipsnya keren Mba Echa :)

    ReplyDelete
  16. Mengurangi makanan asin dan berminyak emang agak susah.. Butuh perjuangan ekstra. :3

    ReplyDelete
  17. bener banget nih, bisa nurunin kadar lemak jahat..

    ReplyDelete
  18. Aku minum diapet kalok lagi diare.. Langsung mampet. Ampuh dah :D

    ReplyDelete
  19. bagus nih infonya..
    bisa dicoba masukannya

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^