6 Fakta Unik Tentang Singapura



fakta unik singapura

6 fakta unik tentang Singapura. Sebagai negara yang letaknya dekat dengan Indonesia, Singapura menjadi salah satu tujuan tempat wisata.


Kemarin, kami mendapat hadiah liburan ke Singapura sekeluarga. Kesibukan dimulai dari bikin paspor untuk anak (baca : membuat paspor untuk anak) sampai persiapan lainnya... Apalagi kan kami membawa anak kecil, jadi mau tidak mau persiapannya kudu mateng agar anak nyaman.

Dengan bahasa Inggris kami yang pas-pasan, alhamdulillah kami banyak dibantu masyarakat sekitar... Mulai tanya jalan sampai menu makanan pada baik-baik jelasinnya :D. Tau kali ya, kalau saya turis*eh.
infographis singapura


Selama disana, sedikit demi sedikit saya belajar tentang negeri  Singa ini. Ternyata ada beberapa keunikan yang saya baru tahu tentang Singapura dan tidak semua orang tahu... Biar tergoda jalan-jalan kesana apalagi sebentar lagi kan libur natal tahun baru^^. Hehehehe..

Ini dia 6 fakta unik tentang Singapura versi saya....

1. Negara terkecil yang “besar”. 
Singapore memiliki luas daratan hanya 682, 7 km2. Luas tersebut 15.000 kali lebih kecil dari negara Amerika Serikat. Tapi walau dinyatakan sebagai salah satu negara terkecil di dunia, Singapore malah memiliki “kebesaran” tersendiri.

Kemajuan kotanya sangat pesat, bahkan merupakan destinasi wisata dan pusat bisnis dunia. Singapura juga salah satu negara termakmur di dunia. Dan dalam waktu 50 tahun, Singapura berhasil mengangkat derajat dari negara ketiga menjadi salah satu negara pulau kelas satu.

Negara ini memiliki bandara internasional yang pernah menjadi bandara terbaik di dunia. Negara kecil ini pun memiliki sejumlah maskapai yang berhasil menguasai industri penerbangan, seperti Singapore Airlines dan Tiger Air. Kalau mau pesan tiket ke Singapura, bisa pakai Traveloka. Mudah dan murah!

2. Negeri singa yang tak punya singa.
Meski bernama Singapura dan kerap dijuluki negeri singa, hingga kini penelitian yang ada menyatakan bahwa tidak pernah sekalipun ada singa hidup di sini. Menurut cerita, singa yang dilihat oleh Pangeran Sriwijaya (sang pemberi nama Singapura) pada jaman ditemukannya negara ini sebenarnya adalah Macan Melayu.



3. Negeri yang berjulukan “Fine City”
Singapura kerap dijuluki “Kota Denda” karena aturan negaranya yang sangat ketat. Negara ini mengenakan denda yang sangat tinggi untuk memastikan kotanya tetap rapi, bersih, dan tertib. Jangan coba-coba membuang permen karet atau meludah sembarang jika tidak ingin mendapat tagihan denda. Jangan pula lupa menyiram toilet selepas menggunakannya. Bahkan, konon membunyikan klakson seenaknya pun bisa dikenakan sanksi! Tapi emang beneran sih, Singapura itu bersih dan tertib saat saya melihat sendiri kesana...


4. Memiliki air mancur terbesar di dunia
Pada pusat belanja modern Suntec City, terdapat sebuah air mancur raksasa. Air mancur yang dijuluki Fountain of Wealth tersebut dibangun tahun 1998 dengan luas lebih dari 1,600 meter persegi dan tinggi mencapai nyaris 14 meter. Ukuran tersebut menjadikannya sebagai air mancur terbesar di dunia sampai saat ini. Orang biasanya mengumpulkan koin dari dasar kolam untuk keberuntungan. Pada pukul 8-9 malam, air mancur ini akan menampilkan pertunjukan laser dengan iringan lagu yang menyenangkan.

5. Rumah bagi kelelawar terbesar di dunia
Pulau Ubin merupakan salah satu pulau utama di Singapore. Di pulau ini terdapat Flying Fox. Tapi Flying Fox yang ini bukan salah satu permainan dalam aktivitas outbond. Dia adalah seekor kelelawar terbesar di dunia yang memiliki bentangan sayap hingga 1,5 meter!

6. Negara dalam sebuah taman raksasa
Yang menarik di Singapore adalah negaranya yang begitu modern, namun tetap tak menyudutkan alam hijau. 50% wilayahnya merupakan lahan terbuka hijau. Bahkan pada bangunan futuristiknya yang tinggi menjulang selalu ada taman hijau yang asri, baik di dasar maupun di puncaknya.

Raffi di waterpark singapore zoo.. Hijau dan asri disana..

Salah satu taman futuristik terbaik di Singapore adalah Sands Sky Park. Taman tropikal ini membentang seluas 1,2 hektar di atas tiga menara hotel Marina Bay Sands. Ukurannya bahkan diyakini lebih panjang dari tinggi Eiffel Tower, sehingga mampu memuat 4,5 pesawat jumbo jet jenis A380.

Itu dia 6 fakta unik tentang Singapura. Gimana? Pengen ke Singapura? Gampang kok... Tinggal ambil gadget, lalu booking maskapai Tiger Air di Traveloka yang merupakan online travel agent terpercaya, kapan pun dimana pun.

Singapura....i'm coming!!!!

Psssttt...jangan lupa makan martabak zamzam ya kalau ke Singapura!

27 comments:

  1. Paling suka dari Singapura memang lahan terbuka hijaunya sih. Adem jadinya.

    ReplyDelete
  2. Pingin banget ke Singapura. Tapi duitnya itu lho. :D

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen ke singapore lg nih cha...

    ReplyDelete
  4. Singapur negara kecil tp makmur yah

    ReplyDelete
  5. aku cuma bisa memandang dari Batam mak hehe....belum bikin2 paspor,padahal pingin banget ke sana,cuma belum sempat hehe

    ReplyDelete
  6. Dan kesemuanya hampir artifisial yah, sawang sinawang emang. Teman yg org sana malah bosen dgn tempat wisata yang hampir semuanya buatan manusia, tp buat org luar Singapore justru mjd daya tarik tersendiri.
    Btw murtabaknya bikin Raffi ogah berpaling yak :p

    ReplyDelete
  7. karena kecil jadi gampang ngontrolnya ya mbak..Singapore itu. pembangunan juga terencana dan merata.

    ReplyDelete
  8. Ahhh... Singapore, jadi pengen ajak anak2 kesini. Baru tau kalo Singapore ngga punya singa beneran dan punya air mancur raksasa. Jadi makin tau tntg Singapore deh ^____^

    ReplyDelete
  9. wah wah..raffi sdh ke singapura aja nih, kalah dakuuuhh..
    iya mak, singapura emang jd slh satu tujuan wisata orin (org indonesia) yak..
    etapi beneran ya mak kalok bunyiin klakson smbarangn di denda ?, bnr2 teratur yak, makanya bs jd sekece itu negaranya..
    indonesia kpn yaaa ?......*krikkrikkrik

    ReplyDelete
  10. Benar Mak, Singapura ini negara kecil yang besar. Hebat. Indonesia harus mencontoh Singapura

    ReplyDelete
  11. Surga belanja mulai dari oleh oleh sampai barang branded high class 😀😀😀
    Jangan lupa juga mengunjungi Mustafa di little India 👍🏽👍🏽

    ReplyDelete
  12. Wahhh tulisan ini sedikit menghibur saya yang tahun lalu sempat batal terbang pertama kali ke Singapura. Semoga tahun ini ada kesempatan :)

    ReplyDelete
  13. Wahhh tulisan ini sedikit menghibur saya yang tahun lalu sempat batal terbang pertama kali ke Singapura. Semoga tahun ini ada kesempatan :)

    ReplyDelete
  14. Benar banget itu mba yang nomor 6. Mereka itu ya bisa banget bangun fasilitas-fasilitas tanpa merusak alam. Saya pernah menginap disalah satu resort yang terletak di bukit tapi tidak menebang pohon-pohonan yang ada. Hebat...

    ReplyDelete
  15. Aku lebih tergoda dengan Martabak Zamzamnya :D

    ReplyDelete
  16. Asiknyaaa yg mau halan-halan ke Singapura. Mupeng juga pengen kesono :)

    ReplyDelete
  17. Singapore memang keren banget ya mba. Pemerintahnya concern banget sama keberadaan taman hijau, walaupun bikin yang artificial tapi tetep aja keren dan seger banget lihat yang hijau-hijau kalo jalan-jalan ke sana :D

    ReplyDelete
  18. Ahhh martabak ZamZam itu paporit kami :)

    ReplyDelete
  19. Ke Singapura itu enaknya jalan-jalan kemana aja mudah, transportasinya oke. Alhamdulillah udah pernah ngerasain masuk Singapura dari 3 pintu yang berbeda, dari laut (Batam), udara (Changi) dan darat (Johor Bahru)... semuanya seruuu ! Dan yang paling aku suka ya disana banyak taman-taman gitu... asri banget :D.

    ReplyDelete
  20. singapore,,singapore,, emang bersih, wah jadi pengen bersih2 kamar dan ruang kerja #nggaknyambung
    tapi benerkan,, harus dimulai dari yang kicik2 dulu untuk mencapai kebersihan TOTALITAS,,

    ReplyDelete
  21. Aaaah... jadi pengen ke Singapura, deh... :D

    ReplyDelete
  22. Eleeuuh, jadi pingin trqveling lagi niih. Singapura emang oke, tp gk tahan mihilnyaa.. Aku kesini paling buat transit krn rute oenerbangan ke Singapura itu murah. Hehe... Coba cek di traveloka ah, sapa tau lg ada yg murah lg

    ReplyDelete
  23. waktu ke sana tahun lalu belom sempat ke marina bay sands
    jadi cuma sekadar foto di depan patung singa aja

    ih, mau dong hadiah liburan ke singapura :)
    wkwkkwkw ngarep.com

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^