Fun Blogging 8, Menyadarkan Kecintaan Saya Berprofesi Sebagai Blogger



Fun Blogging 8, Menyadarkan Kecintaan Saya Berprofesi Sebagai Blogger. Blog, blogging, blogger beberapa kata yang akrab ditelinga saya semenjak 2008. Sebelum itu sebenarnya sudah ngeblog dimultiply dan friendster, tapi bener-bener tertarik ngeblog saat masuk komunitas blogger bogor tahun 2008.


Dulu sih memang iseng menulis blog, tapi perasaan senang nulis diblog itu sudah muncul. Iya awal-awal saya jatuh cinta dengan dunia blog. Dulu juga saya sering diejek, ngapain ngeblog aneh-aneh saja curhat diblog. Tapi, waktu sudah menjawab semuanya kan? Curhat saya dibaca dan bermanfaat untuk banyak orang. 

Walau sudah lama ngeblog dan menekuni dunia blog, saya terus belajar, belajar dan belajar. Seperti keikutsertaan saya di fun blogging 8 tanggal 19 Desember 2015 di gedung Gratia Center. 


Kenapa ikutan? Yaiya dong, dunia blog sekarang keras boo! *kencengin iket kepala. Biar tidak tertinggal dan terus meningkatin kualitas harus bisa menyerap banyak ilmu ^^. Setuju kan? Bukan hanya blogger pemula, blogger alay pecinta nastar seperti saya juga butuh ilmu banyak.

Selain itu alasan saya ikutan fun blogging itu, karena sudah beberapa bulan ini saya sedikit malas ngeblog karena malas gesekan dengan beberapa blogger. Saat ngeblog, rasanya masih ada yang kurang dalam diri saya. Tapi saya tidak tahu apa itu. Makanya saya sangat berharap dengan ikutan Fun Blogging 8 ini, ada banyak penyegaran ilmu dan semangat saya akan berkobar kembali *sulut petasan.


Sebelum acara dimulai, kami diminta menuliskan keinginan yang akan dicapai dari ngeblog dalam waktu terdekat. Kalau saya sih inginnya menang lomba jalan-jalan sekeluarga dan bisa naik haji atau umroh dari ngeblog. Bismillah ya mari didoakan sama-sama :D.

Acara dimulai dengan pembicara pertama yaitu mbak Haya. Seperti beberapa kali saya ceritakan diblog ini, beliau adalah editor saya kalau lagi ikutan lomba blog hehehehe. Pernah seharian saya dibantuin mencari sebuah judul untuk lomba. Makanya, banyak sekali masukan darinya diblog ini. 


Mbak Haya membahas tentang pentingnya suatu konten dalam ngeblog. Kenapa konten itu penting? Bagaimanapun, ngeblog itu menulis. Jadi seorang blogger harus belajar menulis yang baik. Agar para pembaca senang membaca blognya. Magnet tulisan itu bisa dikemas sedemikian rupa dalam blog. 

Mbak Haya juga memberikan buanyak sekali tips dalam menulis blog. Kalau dilihat-lihat dari materinya, sudah banyak yang telah saya praktekkan selama ini. Seperti menulis hal yang disukai, makanya saya buat kategori postingan blog disidebar kiri.

Yang jadi masukan dan ternyata sebuah kesalahan besar diblog saya itu, seringkali saya menulis dengan akhiran 3 titik setelah kalimat. Padahal itu hanya kebiasaan dan harus segera saya hilangkan. Duh! Coba kalau saya tidak ikutan fun blogging 8 ini, pasti tidak tahu akan hal itu :").

Kemudian acara dilanjutkan oleh ibu Martha Simanjuntak dari IWITA (Indonesian Woman IT Awareness). Mereka sangat senang dan support kelas fun blogging seperti ini. Soalnya mereka concern dipendidikan dan kegiatan bermanfaat seputar perempuan dan tekhnologi informasi. Karena hal ini bisa memberdayakan banyak orang (terutama perempuan) untuk lebih menaikkan taraf hidupnya dan lebih melek tekhnologi tentunya.

Ibu Martha dari IWITA

Lalu acara dilanjutkan kemateri 2 oleh Shinta Ries tentang meningkatkan performa blog. Beberapa tips Shinta juga sudah saya praktekkan termasuk mengganti template yang ramah SEO. Tapi di Fun Blogging 8, saya belajar hal baru yaitu google analytic. Sebenarnya bukan hal baru, tapi parameter sekarang pakai google analitic ternyata dan wakwawnya saya jarang pakai.

Sekarang blog saya bisa 3000 sampai 5000 sehari pageviewnya, tapi ternyata saat saya cek di google analytic hanya sekitar 2000-4500. Jadi bisa beda 500-1000 visitor antara google analytic dan dashboard blog. Karena yang 500-1000 itu kebanyakan bot atau spammer. Tapi menurut Shinta juga, visitor saya sudah lumayan setiap harinya. Karena kalau sudah diatas 1000 itu blognya sudah ramai biasanya. Berarti tinggal meningkatkan saja dan menerapkan tips dari Shinta. Semangaaaatt, semoga bisa \m/.


Acara dilanjutkan dengan makan siang. Tahu nggak makannya apa? Nasi Bali booo! Rasanya enak dan pedas banget. Raffi juga kebagian jatah makan ternyata :"). Makasih ya. Dia makan hokben sampai habis.


Sebelum materi dimulai kembali, ternyata ada perwakilan dari Sari Husada yaitu Ibu Sari. Beliau memperkenalkan tentang program Sari Husada yang membidik kesehatan ibu anak dan kesadaran melek gizi sejak dini. Saya sendiri beberapa kali ikutan acara Sari Husada melalui kegiatan Nutrisi untuk Bangsa. Acaranya memang bagus-bagus dan sangat concern tentang kesehatan ibu anak terutama gizi anak.



Materi terakhir dari Mbak Ani Berta. Saya mengenal mbak Ani ini sudah lama saat dulu antar komunitas blogger sering kopdar. Dulu dia datang kebogor untuk hadir diacara mancing blogor. Dan pas banget dengan materi yang beliau sampaikan yaitu networking. Beneran loh, saya salut sama mbak Ani. Sosoknya sederhana dan membumi. Ilmunya? Jangan tanya, banyak banget tapi tidak membuat dia sombong.

Mbak Ani ini memberikan banyak motivasi dan tips networking didunia blog. Banyak peluang yang bisa diciptakan yang penting konsisten dan dipercaya. Karena sebagus apapun kontennya kalau tidak dibarengi oleh hubungan relasi yang baik, maka tidak akan bagus suatu blog. 

Saat mba Ani membawakan materi ini saya banyak sekali merenung. Benar juga ya, selama ini dunia blog yang saya tekuni dengan maksimal harus dijaga dengan baik. Tidak perlu khawatir dengan para blogger baru yang lebih dan sangat kreatif, karena itu menjadikan saya lebih lebih dan lebih berusaha meningkatkan kualitas blogging saya.

Duh, jadi merasa tersentil berat. Kenapa saya harus berhenti karena satu dan dua orang yang kurang sreg sama saya. Kenapa saya harus berhenti karena malas gesekan dengan blogger lain. Kenapa saya harus berhenti sedangkan saya sangat mencintai dunia blogging ini dari dulu...

Fun Blogging 8 banyak membuka mata saya, bahwa menjadi blogger bukan hanya menulis atau hobby saja. Tapi bisa menjadi sebuah profesi menguntungkan yang kebetulan sudah dan akan terus saya geluti. Iya juga ya? Mulai dibayar gratisan, sekarang saya bisa berpenghasilan jutaan setiap bulan. Dari apa coba kalau bukan dari ngeblog? Tapi jangan terlalu materialistis, nikmati saja prosesnya.

Iya, saya sangat mencintai dunia blogging dari dulu sampai saat ini dan saya tidak akan menyerah untuk terus ngeblog. Saya akan terus mengikuti banyak lomba dan meningkatkan prestasi saya didunia blogging. Perjuangan akan terus berlanjut dan terus berlanjut. Bismillah.

Lewat tulisan ini juga saya mau minta maaf pada peserta fun blogging 8 yang ikutan tapi terganggu dengan adanya Raffi karena ikut saya ikutan acara ini. Sampai dibikin tulisannya juga :"). Ya maaf, saya jadi gak enak. Tapi jadi pengingat juga buat saya agar mengurangi kegiatan keluar rumah untuk sebuah acara :"). Bener-bener cambukan keras diawal tahun :). Kudu nginstall permainan lagi ini diipad :v biar anteng :v.wkwkwk

Terima kasih Fun Blogging 8 atas banyak pencerahannya. Terima kasih banyak ilmunya. Terima kasih kesempatannya. Dan sekarang, saya makin mantap saat ditanya apa profesi saya. Dengan tegas akan saya bilang "Profesi saya adalah seorang blogger".



42 comments:

  1. Ya ampun, udh kenal lama tapi aku belum follow blognya. AMPUNNNN makkkk hihihiih. Btw amin bisa naik haji/umroh dari blog ya mba. Jadi bisa sharing cerita juga bagaimana keadaan disana. Ahhh senangnya. Semangat mba Echaaaaa. Salam gemes sama dedek Raffy.

    ReplyDelete
  2. sayang aku bentrok terus mau ikut Fun Blogging ini. Duh harus komit nih buat ikutan tahun ini

    ReplyDelete
  3. Asik sudah mantap jadi blogger ya mba. Aku pun begitu. Hasil dari fun blogging

    ReplyDelete
  4. Kapan ya Fun Blogging di Malang? :(

    ReplyDelete
  5. Echa, tulisan yang kerren dan menginspirasi blogger lain. Buna juga sejak tersundut semangat Fun Blogging 2 terasa benar bahwa tidak mudah menjadi blogger sejati. Perlu banyak belajar, mau belajar yang pasti, ramah, tidak sombong, mau berbagi walaupun punya ilmu cuman sedikit, apalagi yang ilmunya banyak. Pokok-e Fun Blogging Sesi 2 udah bikin bunda serasa beneran jadi blogger. Ciyuus. Ayo, Echa, sharing sebanyak ilmu yang kau punya di blog. I lv u dari awal ketemu. Tetaplah sumeh dan ramah. lv u

    ReplyDelete
  6. Yang dari Sari Husada, bukannya Dewi KR ya Cha?
    Mengaamiinkan doa dan harapannya. Insya Allah, meski buka lewat blog, rejeki ke tanah suci atau yang lainnya akan dibukakan oleh Allah. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihik salah ya mbak *tutup muka xD
      aamiin doane mbak aamiin

      Delete
  7. Sangat menginspirasi ni mbak Cha, kuncinya belajar ya kan mbak..

    *saya juga pengin Umroh mbak..pingiinnn banget..semoga doa kita akan dikabulkan Allah ya mbak, aamiin.. :)

    **sukses terus deh buat mbak Cha dan keluarga... :) Eh, kok masih pakai tiga titik dibelakang ya, lain kali enggak deh, ini yang terakhir kalau nggak lupa :)

    ReplyDelete
  8. Gesekan itu tergantung kita menyikapinya, mbak. Dibawa santai aja.. Banyak orang bilang, "mencari musuh lebih mudah daripada mencari teman". Reportasenya bagus, enak dibaca. :D

    ReplyDelete
  9. Tetap semangat Mamak ngehitz! :))

    ReplyDelete
  10. Echa keren banget semangat belajarnya sambil momonh Rafi. Sabaaarrr banget. Salut..

    ReplyDelete
  11. Aamiin,
    semoag disegerakan jadi tamu Allah ya Mak. Nanti cangking nama kita di sana hihihi

    ReplyDelete
  12. Ilmunya keren. Ga apa2 mba yang keganggu anak-anak...toh Khalifah Umar aja terkenal sangat amat penyayang sama anak-anak. Selama memang tidak dibiarkan dan masih bisa diberitahu, buat saya sih ga apa2 mba Echa. Biarkan saja, nanti Rafif jadi anak yang gaul dan keren ilmunya insya allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sedih aja :") sepertinya ga beretika karena bawa anak :")
      tamparan keras buat aku :)

      Delete
  13. Fun Blogging seru ya dan banyak ilmu yang bisa kita dapat. Makanya saat denger ada FB7 di Surabaya, aku langsung daftar :)

    ReplyDelete
  14. Fun Blogging seru ya dan banyak ilmu yang bisa kita dapat. Makanya saat denger ada FB7 di Surabaya, aku langsung daftar :)

    ReplyDelete
  15. setelah fun blogging kemaren, makin cinta ngblog ya mba :) ...

    ReplyDelete
  16. Makasih sharing ilmunya, Mak. Wow,pageview-nya itu keren banget.

    ReplyDelete
  17. Dulu sy pikir nulis cm numpahin isi hati. Kenal mba echa sejak sy pke blogdetik. Aku justru byk bljr dr mba echa. Entahlah menurut aku bahasanya mba echa lebih mudah ku pahami.. hehehe.. tp ga enak jg ya mba klo hrs pergi acara tp anak di rmh sama siapa.. ntar jg lama2 raffi jg makin gede makin ngerti hrs bgmn ya mba

    ReplyDelete
  18. Wah tulisannya mewakili ilmu yg disampaikan.. TFS mak echa..

    ReplyDelete
  19. saya jg kangen mak ke rumah Allah, semoga kita bisa kesana ya ammiin..apalagi kalo bisa secepatnya dan bareng2 keluarga kita :)

    ReplyDelete
  20. Reviewnya lengkap yaa.. Sampe skarang aku masih blom nulis juga reviewnya. :)

    Btw, sebetulnya dgn bawa anak itu bukannya gak beretika. Selama masih bisa tertib sih gak masalah ya. Karena ada kalanya juga keadaan memaksa kita utk bawa anak, Tp lagi-lagi, di lihat juga. Kalau jangka waktunya lama, menurut aku pribadi sih mendingan gak usah di ajak atau kita urung ikutan acaranya. Kasian anaknya juga. Pasti bosen dan capek. Kita aja bisa bosen dan pasti capek, apalagi anak kecil kan. Asalkan kita semangat belajar, kesempatan untuk belajar pasti akan datang lagi dan bisa dari mana aja. Jd semangat terus ya mak. Don't let it slow you down. :)

    ReplyDelete
  21. Sebenernya bawa anak gpp sih menurutku ke suatu acara tapi jika anaknya tidak mengganggu peserta yg lain. FB kemarin kan acaranya lama ya berjam jam, jadi nggak nyaman buat anaknya juga sih. Resiko jadi ortu sih, nggak usah dibawa baper. Aku juga waktu anak2 masih kecil ya melewati banyak acara yg tidak bisa aku ikuti sih. Bukan krn ada larangan tapi krn aku mikirin kenyamanan anak dan peserta lainnya juga.
    Btw... tapi aku dari dulu belajar dari totalitasmu jika ikut lomba blog. Sellau keren dan top markotop

    ReplyDelete
  22. "Sekarang blog saya bisa 3000 sampai 5000 sehari pageviewnya, tapi ternyata saat saya cek di google analytic hanya sekitar 2000-4500."

    nah, sama dong mbak. kadang saya bingung kenapa bisa beda, bahkan mikir apa salah ya dashboard? tapi dipikir2 lagi blogger(dot)com sama analytic itu punya mbah google, jadi ga mungkin keliru. eh dapat penjelasan di komen fb dulu, ternyata GA itu lebih valid, ga ngitung bot atau spammer.

    eh ajarin dong biar bisa 3000-5000 pv? saya mah masih dua digit (malu ah nyebut angkanya) he he he :)

    ReplyDelete
  23. Aamiin . semoga doanya ke terkabul
    Fun blogging emang seru an penuh ilmu Mak :)

    ReplyDelete
  24. Membaca reportase Mbak Echa yang keren ini, aku malu belum juga nulis. Padahal aku sudah gak punya anak kecil seperti Raffi. Sukses yetus bloggingnya Mbak Cha. Insya Allah harapannya terkabul. Amin :)

    ReplyDelete
  25. mengamini cita2 naik haji.. semangat mamak blogger :-)

    ReplyDelete
  26. Moga bisa naik haji, tetep semangat ngeblog, saya belajar bnyak lho dr blog mbak echa

    ReplyDelete
  27. Semangat Mak, aku juga krmana 2 bawa pasukan

    ReplyDelete
  28. Keep up the spirit Cha.. Aku juga selalu belajar dan berusaha lebih baik lagi. Amin untuk doa-doanya..

    ReplyDelete
  29. Wiidiih, yg udah kreatif kek gini aja masih jiper, apalagi aku yang nulisnya kek gitu2 ajaa. Hahaha *banyak bismillaah ajalah yaa

    ReplyDelete
  30. Mba echaa,acaranya bagus banget yaa..
    Jadi dapat ilmu dan lumayan banyak jlebnya juga nih setelah baca postnya mba echa :D

    ReplyDelete
  31. Amieen Ya Allah..mbak cha...impianmu keren mbak...semoga terwujud segera...

    ReplyDelete
  32. Fun Blogging 8 ini kayanya paling seru ya, nara sumbernya lengkap. hehehe.
    Meskipun demikian Fun Blogging memang menginspirasi, karena energi yang ditularkan luar biasa.
    Ngompori blogger banget

    ReplyDelete
  33. Baru baca blognya,lah klo saya mah sah sah aja ga merasa terganggu soalnya saya juga sering bawa anak ke acara2,ya mungkin mereka yg terganggu gegara anak kecil blm punya anak atau punya pengasuh untuk anak mereka.

    ReplyDelete
  34. semoga harapannay cepet terkabul ya. Aamiin

    ReplyDelete
  35. Mengamini keinginananmu ke tanah suci mak. Semoga Allah memudahkanmu untuk menjadi tamu di tanah suci aamiinnn yaa rabb.

    ReplyDelete
  36. 2 bulan lagi ada funblogging di Semarang, dan para emak udah heboh *termasuk eike*
    moga2 terlaksana bisa ikutan dan nyerap ilmu sebanyak-banyaknya. aamiin..

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^