Cara Memilih Minyak Telon Bayi Terbaik Bersama Sleek Baby Telon Oil

Cara Memilih Minyak Telon Bayi Terbaik Sleek Baby Telon Oil

Cara Memilih Minyak Telon Bayi Terbaik. Menjadi orang tua itu luar biasa ya, kadang saya sendiri suka mengagumi diri sendiri. Wiiih, kok bisa ya aku ngerawat anak gitu termasuk hamil dan melahirkan berkali-kali. Padahal dulu pas masih single, kayaknya rada-rada gimana gitu kalau lihat anak kecil riwil banget. Pengen di-HIH gitu rasanya.

Tapi itu dulu. Dulu sekali. Dan semuanya berubah setelah saya melalui fase hamil dan melahirkan berkali-kali. Yang membuat saya memiliki anak-anak lucu, sehat dan soleh. Alhamdulillah kalau dipikir-pikir ya, bisa seperti ini. Karena itulah, buat anak-anak semua orang tua pasti akan melakukan yang terbaik.

Terutama di 1000 hari pertama kelahiran anak-anak, harus diperhatikan mulai dari stimulasi, asupan, pengamanan dll yang bakal sangat mendukung tumbuh kembang anak. Sudah tahu kan pentingnya 1000 HPK buat tumbuh kembang anak-anak kita? 

Selama 1000 HPK, perkembangan anak itu sangat pesat. Mulai dari dalam perut, dilahirkan, menangis, berguling, tengkurang, merangkak, duduk, berdiri, berjalan dan berlari semua dilakukan cuma dalam 1000 hari saja. Karena itu semua orang tua wajib mau tidak mau memperhatikan si Kecil agar sesuai dengan usia perkembangannya dan menjaga agar anak selalu sehat.

Iya loh, kesehatan itu nomer satu. Saya sendiri suka ngomel kalau anak-anak berisik atau berantakin barang mainan dimana-mana. Tapi kalau dipikir-pikir, ya wes tidak apa-apa. Dibandingkan saya melihat rumah sepi sunyi senyap karena anak-anak sakit. Huhuhu. Jangan ya Allah.

Buat yang punya bayi kayak saya juga mau tidak mau harus ekstra menjaganya. Kalau anak lain kan bisa mencuci tangan sendiri atau melakukan hal lain sendiri, tapi kalau anak bayi mau tidak mau kita sebagai orang tua yang merawatnya.

Yang paling sedih kalau punya bayi itu saat dia menangis malam hari susah tidur karena perutnya tidak nyaman atau biasa dikenal dengan istilah kolik. Apalagi kalau bayi baru lahir, jangan ditanya bisa berjam-jam nangis kalau kita tidak segera memberikan rasa nyaman buatnya.


Kolik adalah bentuk rasa sakit yang mulai dan berhenti secara tiba-tiba. Ini terjadi karena kontraksi otot dari tabung berlubang (usus besar, kandung empedu , ureter , dll) dalam upaya untuk meredakan obstruksi dengan memaksa konten keluar. Mungkin disertai dengan berkeringat dan muntah. Pada bayi biasanya disertai dengan tangisan yang tidak berhenti secara terus-menerus.
Wikipedia


Walau kondisi ini sebenarnya normal karena adaptasi perut si bayi yang baru lahir ke dunia dengan sekitarnya termasuk pencernaan yang menuju sempurna. Tapi buat ibu baru pasti bingung kan? Tenang kita sama kok, saya juga begitu. Bukannya anaknya digendong malah saya tangisi karena dia nangis terus hehehe. 

Memilih Minyak Telon Bayi Terbaik di 1000 Hari Pertama Kelahiran


Salah satu cara meredakan kolik dan kembung pada bayi baru lahir ini bisa dengan menggunakan minyak telon yang biasa jadi penyelamat secara turun menurun. Punya? Pasti punya dong! Hampir semua Ibuk-ibuk di Indonesia menjadikan minyak telon bayi sebagai benda wajib yang kudu dimiliki ketika memiliki bayi. Apalagi bayi baru lahir, punya minyak telon perlu banget di wishlist belanja perlengkapan bayi. Serius, wong belum lahir saja kadang banyak Ibu sudah stok minyak telon bayi terbaik.


Dalam minyak telon bayi, biasanya ada tiga kandungan utama di setiap tetesannya, yaitu : 

1. Minyak eucalyptus
Kandungan minyak eucalyptus dalam minyak telon bisa menghangatkan dan meredakan rasa gatal akibat gigitan tungau.

2. Minyak adas atau minyak anisi
Minyak adas mampu meredakan sakit perut, dan hidung meler. Dan ada senyawa antimikroba yang dapat mencegah infeksi dan menghambat pertumbuhan jamur tertentu yang mungkin menyebabkan penyakit kulit.

3. Minyak kelapa
Kandungan minyak kelapa dapat melembapkan kulit bayi sehingga menghidrasi dapat mengatasi gejala eksim seperti ruam dan gatal. Sifat antimikrobanya dapat melindungi kulit dari mikroorganisme yang mungkin bisa menyebabkan infeksi kulit.

Minyak telon berasal dari bahasa Jawa, 'telu' yang berarti 'tiga. Ternyata, manfaat minyak telon bayi itu banyak sekali loh ya. Saya malah banyak baru tahu, secara biasanya cuma dipakai buat mengatasi kembung perut si bayi dan meredakan gatal kalau kegigit semut atau nyamuk. Eee ternyata banyak ya. Terus, minyak telon bayi ini bisa juga digunakan mulai bayi sampai orang dewasa. 

Dan ini ternyata beberapa manfaat memberikan minyak telon terbaik di 1000 hari pertama kelahiran bayi :

1. Dapat melancarkan peredaran darah dan memberikan kehangatan, sehingga dapat meringankan kejang otot dan radang sendi yang terjadi
2. Dapat mengatasi perut kembung atau kolik pada bayi
3. Dapat melegakan pernapasan bayi yang tersumbat dan mengganggu tidurnya
4. Dapat melembabkan kulit bayi yang kering dan terkelupas karena kulit dehidrasi atau ruam gatal
5. Dapat membuat rasa nyaman, sehingga bayi tidur nyenyak. Biasanya kan bayi suka bangun-nangis-bangun-nangis. Dengan minyak telon bayi bakal lebih nyaman dan tertidur pulas

Karena itulah di 1000 HPK bayi, minyak telon bayi ini sangatlah dibutuhkan. Namun, tidak semua minyak telon bisa diberikan pada bayi loh. Paling tidak kita harus cek dan ricek sebenarnya cocok tidak dengan kulit bayi. 


Jadi sebenarnya bagaimana cara memilih minyak telon bayi terbaik?


Yang pertama, pilih minyak telon bayi yang memiliki tiga kandungan utama bahan alami dengan persentasi tepat. Sebenarnya lebih bagus lagi kalau lebih banyak minyak Anisi, karena bisa lebih efektif buat mencegah kembung, meredakan pernapasan dan melindungi kulit dari bakteri.

Yang kedua, pilih minyak telon bayi yang aman untuk kulit bayi. Pilih yang cocok tidak menimbulkan ruam pada kulit. Bisa dicoba saat penggunaan diobservasi sampai 24 jam, bila tidak memberika ruam berarti cocok untuk kulit.

Yang ketiga, pilih produk dengan penggunaan yang tepat untuk sehari-hari. Bisa digunakan tidak terlalu sering tapi secukupnya saja sehingga aman dan khasiat minyak telonnya maksimal. Dan cara penggunaan lain yang harus Ibu ketahui sebelum menggunakan minyak telon bayi. 

Teliti ya saat memilih produk bayi yang aman, termasuk memilih minyak telon bayi terbaik. Saya sendiri memilih minyak telon bayi pasti banyak mikirnya. Kan namanya orang tua pasti ingin yang terbaik. Jadi enaknya pilih yang mana ya?

Memperkenalkan Sleek Baby Telon Oil, Minyak Telon Bayi Terbaik 


Untunglah kegelisahan saya memilih minyak telon terbaik untuk bayi terjawab sudah. Sekarang sudah hadir Sleek Baby Telon Oil yang sangat cocok untuk anak-anak dan bayi saya. Sleek Baby Telon Oil ini merupakan salah satu produk dari Sleek Baby yang diproduksi oleh Kino. Produk Sleek Baby yang alami melindungi di 1000 hari pertama kelahiran bayi.

Pasti sudah pada familiar kan sama #SleekBaby. Pas saya tahu ada Sleek Baby Telon Oil, loh baru tah? Buru-buru langsung nyobain. Secara banyak banget produk Sleek Baby yang memang cocok sama anak-anak dan bayi saya. Tidak ada salahnya kan nyobain, syukur-syukur cocok. 

Produk Sleek Baby kan memang concern dengan tagline alami melindungi dan #BersamaMelindungi. Makanya saya semangat pas nyobain buat keluarga. Sleek Baby Telon Oil ini dapat menjaga bayi tetap hangat dan nyaman. Bisa digunakan sejak newborn kok, karena bayi baru lahir ini kan yang rentan banget kena kolik dan perut kembung. 

Cara Memilih Minyak Telon Bayi Terbaik Sleek Baby Telon Oil



Seperti di atas saya ceritakan kalau minyak telon bayi itu ada 3 kandungan utamanya. Dan yang membuat spesial Sleek Baby Telon Oil ini teruji klinis mengandung 2x lebih banyak telon biasa, dengan kandungan Oleum Cocos (Minyak Kelapa) 60%, Oleum Anisi (Minyak Adas Manis) 20%, serta Oleum Cajuputi (Minyak Kayu Putih) 20%

Kandungan yang lebih banyak ini akan membantu memberikan rasa hangat pada bayi dan membantu meredakan perut kembung secara lebih efektif. 

Cara Memilih Minyak Telon Bayi Terbaik Sleek Baby Telon Oil

Saat saya coba, warna Sleek Baby Telon Oil ini lebih bening dengan aroma keharuman yang sangat enak. Terus saat dituangkan ke tangan juga langsung terlihat teksturnya lebih kental dan lebih lembut. Tidak heran sih secara ya kandungan minyak kelapanya 60%. Tenang saja, walau begitu Sleek Baby Telon Oil ini punya anti bakteri natural kok.

Cara Memilih Minyak Telon Bayi Terbaik Sleek Baby Telon Oil

Cara Memilih Minyak Telon Bayi Terbaik Sleek Baby Telon Oil

Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup dioleskan di tempat yang dibutuhkan. Untuk kolik atau perut kembung bisa dioleskan di perut dan dada. Untuk meredakan hidung tersumbat atau pilek, bisa dioleskan di dada, punggung dan beberapa titik di sekitaran hidungnya. Atau bila digigit nyamuk atau serangga lain, bisa dioleskan langsung ke bagian yang kurang nyaman.

Untuk sehari-hari, bisa diusapkan lembut ke dada, perut, punggung dan telapak tangan pada waktu sehabis mandi atau sebelum tidur. 

Cara Memilih Minyak Telon Bayi Terbaik Sleek Baby Telon Oil

Ada dua varian yang bisa kita pilih, yaitu ukuran 70 ml dan 30 ml. Praktis kok bisa muat dalam diaper bag (tas bayi) kita, malah tempat make up juga muat. Mungil dengan keistimewaan banyak. Kalau mau beli sudah banyak sih ada di supermarket atau toko-toko bayi terdekat. 

Harganya sangat terjangkau. Untuk yang ukuran 30 ml Rp 13.000 dan untuk ukuran 70ml Rp 28.000.

Nah kan sekarang sudah tahu cara memilih minyak telon bayi terbaik. Pilih yang bagus, aman dan bikin nyaman bayi biar selalu hangat dan jauh-jauh dari perut kembung. Saya sudah pakai #SleekBabyTelonOil ini, kamu juga kan?

Cara Memilih Minyak Telon Bayi Terbaik Sleek Baby Telon Oil


Untuk info selengkapnya tentang Sleek Baby Telon Oil ini cek di :
Instagram @Sleekbaby_id,

76 comments:

  1. Aduh aku gagal fokus sama Rafif yang gemes pisan :)
    Btw, aku baru tau nih Sleek ada baby Telon Oil, aku cuma taunya detergen and pembersih botolnya aja.

    ReplyDelete
  2. Saya aja masih suka pakai minyak telon lho, Cha. Wanginya memang enak. Udah gitu bisa mengurangi gigitan nyamuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak ga pedes banget ya mbak kalau minyak telon

      Delete
  3. Telon Sleek, makin menggoda untuk dikepoin wanginya niih.
    Aku masih pake juga Cha sama kaka Olip nih.

    ReplyDelete
  4. Paling sukaa dengan wangi minyak telon bayi, jadi pengen nge-sun terus.

    Ibu-ibu pasti lebih tenang menggunakan Sleek Baby Telon Oil, karena punya anti bakteri natural ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi aman pas balurin ke badan anak ya mba

      Delete
  5. Sebagai seorang ibu, saya setuju dengan 3 alasan memilih minyak tawon tersebut. Alhamdulillah ya Sleek memenuhi ketiganya.

    ReplyDelete
  6. Wah, kalau soal minyak telon, jangankan bayi...suamiku aja tiap hari pakai tuh hihihihi :) Emang enak kok wanginya lembut. Kalau di perjalanan aja aku suka nyium itu misal kepala lagi pusing, jadi enakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oalah suami juga pake ya mba
      enak sih ini wangi suruh suami cobain deh mba. sapa tau suka

      Delete
  7. jadi inget mba pertama kali aku kenal sama produk Sleek di awal tahun 2011, saat itu baru hanya ada produk buat mencuci baju bayi dan buat cuci botol minum + tempat makan bayi. Eh sekarang produknya udah mulai beragam ya, malah ada minyak telonnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sekarang banyak ini yang terbaru dari sleek mba

      Delete
  8. haha pengen di Hih gitu saking gemasnya ya cha.. aku sejak punya ponakan juga jadi tau kalau punya anak kecil itu ya gitu riwehnya tapi sekaligus menyadari betapa hebatnya jadi ibu bisa ngurus ini itu diwaktu bersamaan. Btw ini aku baru tau kalau sleek baby ada minyak telonnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo mba beliin buat ponakan
      iy amba sesuatu ya bayi itu xD

      Delete
  9. Punya bayi rasanya wajib punya stok minyak telon. Buat baby Uno yang perutnya kembung, aku olesin Sleek Baby Telon Oil. Yang ku suka itu ga terlalu lengket lho trus wanginya enaaak deh. Mau cium-cium bayi terussss.

    ReplyDelete
  10. Jdi penasaran bgt pgn coba euy.. tks mba ech referensinya �� rafifff super gemay ��

    ReplyDelete
  11. Soal kolik iya bgt itu jadi momok bgt buatku di anak pertama dan ketiga. . Yg pertama itu sampe susah tidur klo malem... Yg ketiga krn udah lebih ngeh, akhirnya sering kupijat sendiri di rumah pake minyak telon juga lama2 jrg kolik dan bisa bobok lebih nyenyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cecuatu ya kolik itu ya -__- untuk skrg ada sleek baby telon oil mba

      Delete
  12. Jadi anget dan enggak kembung ya si dedek kalau diolesin minyak telon ini. Emang lebih bagus ya yang kandungan minyak anisinya lebih banyak. Jadi lebih efektif menyamankan bayi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jadi aman buat kulit bayi mba

      Delete
    2. Plus lebih wangi juga ya dedek bayi, jadi haruuum gitu badannya. Pasti jadi pengin peluk-peluk dan cium-cium sepanjang hari.

      Delete
  13. Nah pas anak tuh apalagi abis mandi wajib banget pakai minyak telon mba. Minyak telon ini udah pasti wangi dan anak pun suka apalagi bisa mengatasi kembung ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ya mba enak sih ga sepanas minya kayu putih kalau telon pas gitu menurutku.
      cobain deh buat anaknya

      Delete
  14. Aku tuh selalu suka bau minyak telon, bahkan kadang aku masih pakai mintak telon juga loh. Jadi anakku minyak telonnya menyesuaikan dengan apa yang aku pakai. Btw mbak Echa, ini aku baru tau kalau Sleek juga punya minyak telon loh.

    ReplyDelete
  15. yeay akhirnya sleek keluarin minyak telon nih jadi pengen cobain soalna aku punyanya produk cleanser nih mbayu

    ReplyDelete
  16. Aku baru tau lho mbae kalo sleek punya minyak telon. ini kayake produk baru yaa?
    aku pecinta sleek soale buat bersih2 perintilan si bayik.

    ini si bungsu kan seneng banget dipijet pake telon gitu, jd mau coba beli sleek punya aahh

    ReplyDelete
  17. Wah Wang telon itu enakeun banget jadi kangen punya bayi, dedek Rafif ketawanya gemes banget deh, kerenCha dirimu sekarang mamak supeeer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. supermennnn hahahah
      iya ini mah lagi sumeh mba kalau lagi nangis ya berabe

      Delete
  18. Wah, Sleek Baby ada minyak telonnya ya mbk. Anakku kalo perutnya kembung selalu aku olesin minyak telon. Nggak cuma anakku, aku juga masih sering ngoles minyakntelon.. Baunya khas banget

    ReplyDelete
  19. Wow produk sleek baby sekarang sudah ada minyak telon nya ya, pasti ibu-ibu semakin terbantu untuk menjaga anak tetap sehat kalo mengalami sakit

    ReplyDelete
  20. Jadi gemes sama Rafif, senyumnya bikin pengen ciuummm. Sayang cuma lihat dari laptop, hahahaa
    Sleek Baby ternyata ada minyak telonnya, aku langsung kebayang aroma telon pada baby. Aku suka ngasih minyak telon juga pada anak-anak sehabis mandi, atau kalo mau mijat sebelum bobok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nti mbok uyel2 sambil pijet ya mbak kalau ketemu pakai sleek baby telon oil

      Delete
  21. Suka banget dengan wangi minyak telon ini. Bener-bener berasa lagi nyium aroma bayi. Hmmm.... jadi kangen punya baby lagi.

    ReplyDelete
  22. pastinyaaa kalau buat anak bayi pastikn minyak telonnya aman yaaa buat kulit soalnya kadnag ada yg alergi sama bahan minyak telonnya gtu. Sleek ini bagus ya jd diformulasikan utk kulit bayi yg emang msh sensitif

    ReplyDelete
  23. Harganya terjangkau banget yaa, kak..
    Sungguhan...menjadi Ibu itu sebuah pelajaran dan proses yang gak akan terhenti.
    Ngliat kak Echa yang happy terus mendampingi anak-anak, gak percaya kalau bisa HIH sama anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak siiih percayaaa donkkkkk wkwkwk

      Delete
    2. Hahhaa....
      Kalau abis balurin Sleek Minyak Telon, anaknya digendong, wangi mama jadi kembaran sama anak.
      Segeerrr~

      Delete
  24. Wih, gak percoyo aku kalau Mbak Echa pas single gak suka lihat anak kecil riwil. Mosok to? Sekarang aja kelihatan sayang dan care banget sama anak-anaknya. Mbak Echa nih termasuk Mommy yang kukagumi lho. Sepertinya paham banget sama kebutuhan anak-anaknya. Mulai pemilihan produk khusus bayi sampai gaya pengsuhannya yang natural banget.

    ReplyDelete
  25. kebayang harumnya nih yang khas bayi banget yah, duh penasaran jadinya ingin nyium harumnya tar beli ah, kebetulan neng marwah tuh masih senegn pake telon kalau pakai minyak putih katanya panas.

    ReplyDelete
  26. waini sebagai penyuka minyak telon garis keras aku kudu cobak minyak telonnya Sleek. Seneng sama wanginya dan anget aja di badan. Cocok utk digigit nyamuk kl buatku.

    ReplyDelete
  27. Aku gak punya bayi lagi juga masih suka beli telon, enak soalnya wanginya ya. Sekarang sleek punya telon juga ya ternyata

    ReplyDelete
  28. Uwuwuwuwu, segerrr banget Baby pakai minyak telooonn
    Enak memang aroma minyak telon ini.
    Khasiatnya banyak pun.
    Syukaaakkk

    ReplyDelete
  29. Sampai segede skrng anak2ku tu juga selalu pakai minyak telon kalau cuaca lg adem biasanya abis mandi aku oles2in. Buat jaga2 pas perutnya gak enak juga. Wah Sleek produknya makin lengkap yaaa. SUka sama kemasannya yang mungil itu

    ReplyDelete
  30. Aku suka wanginya minyak telon walau khususnya buat bayi. Wanginya adem innocent gitu wkwkwk. Jadi pengen beli lagi buat dipake abis mandi sore. Dulu jaman kuliah pernah pake juga cuma ga merhatiin komposisi. Asal suka aja sama wanginya

    ReplyDelete
  31. Memilih minyak telon untuk baby memang ngga main main ya mbak, harus benar benar diperhatikan, seperti minyak telon sleek baby selain memang bagus, tapi juga aman dan bikin nyaman bayi biar selalu hangat dan jauh-jauh dari perut kembung ya mbak

    ReplyDelete
  32. seger banget si kecil habis dipakein minyak telon. jadi pengen meluk2 soalnya wangi ya moms?

    ReplyDelete
  33. Wah, emang deh bayi kalau dikasih minyak telon kita jadi makin demen uyel2 karena wanginya enak banget. Bayi bakalan merasa nyaman juga ya. Trus masa suamiku sampai sekarang masih pakai minyak telon setiap hari hahaha :)

    ReplyDelete
  34. Jaman anakku bayi..kayaknya blm ad sleek ini..

    Tapi semua anakku ngrasain pake minyak telon...habis mandi gitu, trus baunya jadi seger semerbak...

    ReplyDelete
  35. Minyak telon bayi merk Sleek ini, recomended ya. Desainnya lucu-lucu, bahan-bahanya aman untuk kulit baby terus harganya juga sangat ramah. Bisa jadi favorit emak-emak kayak saya ini mah.

    ReplyDelete
  36. Suka banget nyium wangi minyak telon... Jadi pengen coba deh cari sleek telon oil...

    ReplyDelete
  37. Anak anakku juga suka banget pakai minyak telon mbak. wangi bayi hehehe wah, jadi pengen ngasih mereka minyak telon sleek nih, gimana komentar mereka yaa :-)

    ReplyDelete
  38. Dulu waktu bintang belum ada telonnya. Eh sekarang seru ya sleek punya telin juga. Saya udah nyoba mba buat arsyad dan memang enak wanginya.. soft tapi ngena banget.. si arsyad juga suka dengan wanginya..

    ReplyDelete
  39. Abisa baca ini, aku penasaran banget deh pengen beli mintak telon sleek. Anakku udah 7 tahun tapi masih rutin pake minyak telon sih, apalagi pas mau tidur sambil dipijet2 gitu. Baunya enak, bikin tidur tambah nyenyak.

    ReplyDelete
  40. Duh mau minyak telon itu khas bayi banget , nyium2nya enak...

    ReplyDelete
  41. balonnya unguuuu semua hehehhe...sukaaa. Dan memang minya telon tuh enak bangeet wanginya dan hanyaat di badaan

    ReplyDelete
  42. baru tahu sleek ada minyak telonnya, pengen nyobain beli akh, walau udah gede saya suka pakai telon kalau dingin, enak wanginya ^_^

    ReplyDelete
  43. Tio sampai umur 10 tahun ini masih suka pakai minyak telon, asal diajak belanja ke minimarket atau supermarket, mesti deh ngincer beli minyak telon. Makanya minyak telon dari Sleek ini dia punya juga :)
    Habis mandi, mesti Tio pakai minyak telon.

    ReplyDelete
  44. Sejak punya bayi saya juga suka pakai minyak telon Mak, selain aromanya yang segar badan anak-anak jadi hangat. nah ini anakku yang SD pun masih pakai karena di daerah saya udaranya dingin, hehe

    ReplyDelete
  45. Baru tahu Sleek ada baby Telon Oil, zaman anakku belum ada. jadi pengen buat hadiah teman yang baru melahirkan nanti deh

    ReplyDelete
  46. Belum cobain milon yamg ini aku tuh. Karena waktu lihat iklannya bertebaran, kucari di hypermart waktu itu belum ada. Kepo dengan aromanya deh

    ReplyDelete
  47. Duuh lucunya si dedek. Udah gede aja deh. Eh aku belum pernah cobain minyak telon Sleek. Ini baru ya? Pas anakku bayi kayaknya belum ada ya mak Echa?

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^