Surat Penuh Cinta di 4 Tahun KEB


Dear KEB, 

Entah yang keberapa kali, saya menulis surat seperti ini buat KEB. Iya, 4 tahun yang penuh cinta bersama KEB. Tidak terasa ya, waktu berjalan begitu cepat. Tiba-tiba sudah 4 tahun saja kebersamaan kita. 

KEB ini adalah komunitas pertama para perempuan blogger di Indonesia. Dulunya ragu masuk KEB, soalnya kata emak-emak itu kan lebih ke para ibu. Cuma setelah dijelaskan emak disini dalam artian perempuan, saya akhirnya ikutan bergabung saat tahun 2012.

Dear KEB,

Saya masih ingat saat pertama kali bergabung. Waktu itu ada lomba blog KEB tahun 2012. Ternyata banyak emak-emak yang lumayan saya kenal didunia maya dan kopdar komunitas daerah sebelumnya. Ya sudah jadi lebih nyaman kan kalau sudah banyak yang kenal. Maklum, saya sebenarnya sedikit pemalu orangnya :") *langsung wudhu. 

From nothing to something. Jujur, KEB banyak berperan dalam kegiatan perbloggingan saya. Walau bukan komunitas blogger pertama saya. Tapi disini di KEB, banyak sekali kesempatan-kesempatan yang mulai saya dapatkan. 

Dan saya bisa seperti ini sekarang juga berkat KEB. Saya bisa belajar menulis dengan lebih baik lagi, saya bisa mengekspresikan diri membuat foto-foto lucu, saya bisa menang banyak lomba karena belajar tulisan emak-emak yang sering menang, saya belajar bagaimana menjadi istri ibu yang baik dan yang pasti saya memiliki teman baru walau didunia maya tapi seakan nyata. 

Dear KEB,

Saya minta maaf ya, kalau jarang sekali ikut kegiatan KEB beserta alasan panjangnya. Hehehe. Tapi tidak membuat saya berpaling kan dari KEB. 

Saya juga masih ingat saat pertama kali datang keacara KEB. Tidak banyak memang yang saya kenal, hanya beberapa dari yang datang. Itupun tidak banyak ngobrolnya (camkan ya, saya dulu pemalu :D). Waktu itu acaranya di monas sore hari, saya lagi hamil gede dan itu kegiatan pertama saya setelah mendekam lama dirumah. Rasanya senang sekali bisa datang dan tertawa setelah lama bermuram durja. Sepertinya hidup saya ada harapan kedepannya. Dan iya, saya memang punya harapan untuk bisa lebih baik lagi.

Ini acara pertama saya bersama KEB 
Monas, 2012

Dear KEB,

Semenjak itu saya semangat lagi untuk menulis dan mulai berdamai dengan diri sendiri. Saya berusaha bangkit lagi, agar saya bisa lebih baik kedepannya. Bukankah Allah itu selalu pemaaf dan pemberi pertolongan. Banyak tangan-tangan Allah yang membantu saya, salah satunya dengan bergabung di KEB.

Bukan, bukan materi yang saya dapat di KEB. Tapi rasa nyaman, sambutan hangat, pengakuan dan cinta didalam satu komunitas yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Dan itu memicu saya juga untuk terus ngeblog, ngeblog dan ngeblog.

Saya merasa nyaman bergabung di rumah KEB. Iya benar, nyaman. Entah apa karena perempuan semua, jadi lebih enak ngobrol dan sharingnya. Entah karena sikap bersahabat emak-emak yang bergabung. Atau entah karena memang saya sendiri menemukan kalau disinilah tempat saya. Entahlah, yang pasti saya nyaman. Terbukti kan, walau sekarang banyak komunitas blogger saya tetap dirumah KEB.

Dear KEB,

Kalau kata teman saya, "Tekun dan bersabarlah! Insya Allah rejeki ngikutin". Dan benar ternyata, bergabung di KEB adalah pintu awal saya menjadi seorang blogger professional. Saya menikmati setiap proses perbloggingan pelan-pelan tapi pasti dengan terus belajar dan belajar lebih baik. Dan seperti tadi saya bilang, inilah Echa sekarang. Berkat kamu, berkat kamu KEB. 

Best dress diacara srikandi.
Salah satu kesempatan yang diberikan KEB untuk saya berekspresi

Dear KEB,

Tetaplah menjadi rumah emak yang hangat untuk kami, anggota kumpulan emak-emak blogger. Karena rumah yang hangat dan nyaman inilah yang selalu dan terus menjadi komunitas tercinta kami dari tahun ketahun. 

Saya tahu, semakin lama anggota grup KEB semakin banyak. Dari puluhan, ratusan bahkan ribuan dalam 4 tahun ini. Mulai dari sabang sampai merauke, bahkan sampai diluar negeri tumplek blek di KEB. Disini juga saya bisa membaca banyak cerita emak-emak. Mulai cara ngehilangin jerawat, pakai eyeliner, cerita lahiran, pengalaman bpjs, sampai artis korea favorit juga jadi bahan postingan oleh emak-emak di KEB. Makanya kalau lagi cari ide biasanya saya cari ide dari postingan emak-emak blogger. Karena apa saja ditulis, sampai tips mencatat untuk belanja dipasar saja ada :D.

Kue yang saya bikin buat KEB pas ultah kemarin.
Ini juga berkat cerita blog emak KEB resepnya.

Dear KEB,

Saya tahu...makin banyak anggota, pasti makin banyak cerita, pemikiran dan ide yang bermacam-macam. Tapi perbedaan itu membuat kita, KEB, tetap satu kan? Kita tetap bisa berkarya sesuai ciri khas dan jalan masing-masing kan? Tidak ada yang berubah. Semakin banyak warna, semakin terlihat menjadi suatu kesatuan utuh gambar, bukan?.

Seperti saya dari 4 tahun lalu hingga saat ini tetap cinta sama KEB. Terima kasih KEB sudah membuat rumah yang nyaman buat kami. Rumah yang sangat nyaman dan tetaplah menjadi rumah yang hangat untuk kami semua.

Terima kasih KEB buat semuanya. Terima kasih telah memberi saya banyak kesempatan bergabung dan berkarya bersama KEB. Tidak cukup satu postingan untuk menggambarkan rasa cinta dan terima kasih saya untuk KEB. Sekali lagi, terima kasih banyak. Selamat ulang tahun Kumpulan Emak Blogger. 3 kata 1 arti, i love you, KEB! Muaaahh!.



Dari anggota KEB yang paling imut




www.echaimutenan.com

PS : Saya nulisnya sambil mewek, karena kalau bukan karena KEB apalah saya ini :"). Cuma ibu rumah tangga biasa yang senang curhat diblog :"). 

34 comments:

  1. hiks aku lupa kalau semalam DL pengiriman, NOofa sakit, muntah2 terus.. jadi aku fokus ke noofa... ya udah gpp wis.. sukses yaa mak..

    jangan nangis terus, mak..

    sehat sehat terus yaa mak...

    luv you,,

    happy anniv buat KEB tercintah...

    ReplyDelete
  2. KEB juga komunitas blogger pertama yg saya ikuti mba :) syelamat ultah KEB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keb bukan komunitasku yang pertama mak ^^. Yang pertama tetep blogor :")

      Delete
  3. ceup, ceup mama Raffi.. KEB juga seperti rumah ketigaku, nyaman, hangat, penuh cinta, meskipun sejak ada bayi agak krg aktif, hehe.. *sambil meringis2 nahan PD bengkak

    ReplyDelete
  4. KEB juga komunitas pertama yg saya ikutin. dari baru posting blog berapa biji sampe sekarang. belajar dan bertumbuh bersama KEB berkat emak2 keren disana, termasuk mak Echa :)
    happy birthday KEB

    ReplyDelete
  5. aw...aw...aw...terharuuuuuuuuu *peluk Echa*

    ReplyDelete
  6. hiks hiks... aku jadi inget pertama kali diajarin ngetwit sama Echa :'(

    inget kalo sering tanya-tanya dan selalu dijawab sama Echa... tanpamu apalah jadinya aku juga Cha *peluuuk*

    ReplyDelete
  7. komunitas yang bener2 menginspirasi ya mak....^^

    ReplyDelete
  8. Mbaaaak postingannya bikin ati ngerembess hiks Aku juga sayang ama KEB. Berasa seperti keluarga baru yang sudah ada di hatiku sejak bertahun-tahun lamanya. :'))

    ReplyDelete
  9. Kok ya bacanya saya jadi ikutan mewek :(

    ReplyDelete
  10. ketinggalan ikutan momen ini Mak,,, :(

    ReplyDelete
  11. Banyak yaaa...yang KEB jadi komunitas pertama gabung. Akupun sama, pertama gabung ya di KEB ini. Sukses terus Mama Raffi, sukses terus KEB :)

    ReplyDelete
  12. Aaaak...jadi ikut terharu, KEB juga komunitas blogger pertama yg aku ikuti...meskipun baru setahunan bergabung rasanya seneng karena KEB mengayomi...

    ReplyDelete
  13. Pokoke di sana cinta di sini cinta ya Cha...love youuu

    ReplyDelete
  14. trus aku gak ikutan doong.. kelupaan DL.. huhuhuu

    KEB ini komunitsa blog pertama yg aku ikuti. dari KEB bisa belajar buanyaaak.. termasuk kenal banyak teman juga

    ReplyDelete
  15. Cup..cup Mamak Rafie. Biarpun suka curhat di blog tapi keren ah.

    ReplyDelete
  16. Terharuuu bacanya maak... hiks. Komunitas ini banyak menginspirasi aku, terutama kalo udah mulai males nulis. Liat semangat emak-emak KEB semua, daku jadi ikut bersemangat ! :D.

    ReplyDelete
  17. Hmm, pertanyaanku terjawab kenapa muka mba echa sembab. Hehe. Aku baru 1 tahun sama keb juga merasakan banyak manfaat, gimana yg udah 4 tahun bersama. Smangat mba echa

    ReplyDelete
  18. huwa..huwaaaa..ini surat cinta bikin saya makin cinta KEB
    memang bukan satu2nya group blogger yang saya ikuti, tp KEb sepertik klik menyentuh hati..seperti keemakan saya diakui gitu..sroot#LapIngusMewek

    ReplyDelete
  19. Keb satu dari sekian banyak grup ngeblog yg saya ikuti. Tapi KEB adalah yang paling nyantol di hati:)

    ReplyDelete
  20. Banyak manfaatsangat yang sangat berarti ya Mba mengikuti KEB.. Akupun merasakan hal demikian.. Sejak bergabung dgn KEB seolah2 aku menemukan dunia baru, aku merasa nyaman dan seperti saudara sendiri ya yang tergabung dalam keluarga besar KEB..

    ReplyDelete
  21. Peluk mama Raffi... hiks, bacanya pun ikut menambang, KEB emang penuh cinta. Serasa kayak punya sepupu buanyaaak <3

    ReplyDelete
  22. Kreatif banget si emak ini, selalu beda, keren deh

    ReplyDelete
  23. best dress di acara Srikandinya itu looooh, woooow banget!
    dan emang iya loh, dulu ngehnya emak2 aduuuh apaan sih kok emak2. ternyataaaaaaah :))))) kece badai yak KEB, selamat ultah ke 4 ya buat kita semua emak2 blogger ^^

    ReplyDelete
  24. yang monas itu acara apa ya? nyanyi bukan hehehe

    ReplyDelete
  25. Baru gabung sama Keb dan baru ikut acaranya kemarin pas di sency

    ReplyDelete
  26. Hiks, banyak cerita di KEB. :( Suratnya puanjang pula. Semoga menang di event kali ini, Mak. :)

    ReplyDelete
  27. Saya juga awal gabung KEB waktu masih single, Mbak.. 2012 saat itu juga ikut lomba nulisnya KEB. Sejak gabung ampe sekarang KEB emang is the best. ;)

    ReplyDelete
  28. keren yaa KEB, aku juga bisa liat kalo banyak membernya yang semakin bagus berkarya setelah gabung dengan KEB.

    Sukses terus KEB, sukses terus ya Cha...

    ReplyDelete
  29. Selamat ulang tahun KEB, duh tahun ini aku gk ikutan nulis. tp ttp masih senang kok berada di keb. thanks tulisannya mba echa, jd pengingat buat aku jg nih, KEB adl komunitas pertamaku semenjak aktif ngeblog. :)

    ReplyDelete
  30. Yup, aku masih inget pertemuan pertaa kita di monas. Kan aku nebeng pulang bareng kamu, mak Echa hehehe. Terima kasih ya masih bersama KEB, terima kasih sudah berpartisipasi juga. Salam hangat

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^