Pengalaman Melahirkan Cesar dengan BPJS Kesehatan

140 komentar

Pengalaman Melahirkan Cesar dengan BPJS Kesehatan. Seperti yang saya bilang dipostingan proses saat melahirkan Raffa, biaya melahirkan cesar kali ini ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan disaat-saat detik terakhir harus operasi cesar. Iya saya melahirkan bayi dengan operasi cesar secara gratis. Alhamdulillah.

Saya juga melakukan operasi Cesar tanpa harus ke Faskes 1 karena kondisi bayi melintang. Jadi ini kasusnya, bayi harus dilahirkan cesar tanpa rujukan ke faskes terlebih dahulu karena kondisi kehamilan. Bisa? Bisalah! Saya buktinya! 

Tapi sebelumnya, mari kita runut dulu cara menggunakan BPJS Kesehatan untuk kehamilan dan melahirkan. Sebenarnya gampang, yang penting kita punya kartu BPJS Kesehatan terlebih dahulu. Setelah itu jangan lupa untuk bayar setiap bulan jangan sampai telat, biar bisa digunakan terus :D.

Yang harus kita datangi terlebih dahulu adalah faskes 1, bila diperlukan maka kita akan dirujuk ke RS terdekat diwilayahnya. Kalau kondisi sehat-sehat saja dan kira-kira bisa melahirkan normal, maka akan tetap difaskes 1 lahirannya. Faskes 1 itu bisa berupa klinik atau puskesmas ya jadi tergantung tempatnya. Kalau untuk periksa kehamilan juga gratis di faskes 1 atau klinik kok.

Perlu diingat, untuk lahiran cesar pakai BPJS memang harus ke RS rujukan. Dan itu pun harus ada kondisi medis kehamilan kenapa harus cesar. Misalnya pecah ketuban, sungsang, gawat janin, pendarahan terlalu banyak dll. Jadi kalau kita ujug-ujug pengen cesar karena pengen atau milih tanggal cantik itu akan sulit dilakukan, yang ada mah bayar sendiri (atau asuransi) hehehe.

Selain itu untuk kondisi tertentu, kita bisa langsung ke RS terdekat tanpa harus ke Faskes 1 seperti kasus lahiran saya. Kebetulan kehamilan saya itu sungsang dan bayi harus segera dilahirkan karena sudah lewat masa HPL. Bisa langsung datang ke RS untuk operasi cesar. Catet ya! Jadi dalam kondisi tertentu kita bisa menggunakan fasilitas melahirkan operasi cesar pakai BPJS Kesehatan tanpa rujukan.


Untuk cesar, persyaratan yang harus dilengkapi standar saja. Fotokopi kartu BPJS istri, fotokopi ktp suami istri, fotokopi kartu keluarga dan surat rujukan Faskes 1. Eh iya, ada juga yang minta buku nikah jadi dipersiapkan saja foto kopinya. Udah itu saja. Jangan lupa fotokopi semua administrasi tadi yang banyaaaaak, karena pasti dibutuhkan lagi.

Untuk perlakuan antara pasien BPJS dan Non BPJS saat operasi sebenarnya hampir sama. Kalau dari hasil ngobrol sama dokter kandungan saya sih katanya beda kualitas benang dan obat-obatan. Makanya, saya diberi obat penahan nyeri lagi untuk dibeli diluar obat BPJS sama dokter. Tidak mahal kok waktu itu 70ribu apa ya? Karena obat-obatan yang ditanggung BPJS sudah habis, kasihan kata dokter saya wkwkkw.

Yang saya rasakan perbedaannya adalah paket persalinan yang didapat oleh pasien BPJS dan Non BPJS. Karena kebetulan saya melahirkan di RS yang sama dengan saat melahirkan Raffi jadi kelihatan bedanya :D. Tapi tambahan itu bisa kita bayar sendiri dan tidak mahal, seperti pijat payudara (biasanya setelah melahirkan diruang perawatan ada yang pijat payudara gitu biar lancar) dan souvenir lahiran (meliputi frame foto pertama bayi dan kado lahiran yang saya lihat seadanya :v sampel gitu yang dikasih xD). Kalau lainnya sama kok, mulai dari lamanya pasien dirumah sakit, perlakuan suster dokter, wadah ari2 dan fasilitas kamar ^^.

Saat di RS juga, pagi melahirkan siangnya surat kelahiran bayi sudah diberikan pada saya agar bayinya dibuatkan kartu BPJS juga hari itu. Dan kartu BPJS Raffa pun langsung jadi dengan nama bayi Ny Echaimut. Masih pakai bayi nyonya karena belum masih kartu keluarga. Sebenarnya pembuatan kartu BPJS untuk bayi dalam kandungan sudah bisa dilakukan tanpa harus menunggu lahiran, karena untuk jaga-jaga semisal bayi harus disinar atau dirawat di RS.

Pasca lahiran, ibu gratis sekali kontrol untuk periksa jahitan operasi cesar ke dokter RS. Inget, cuma sekali loh ya! Biasanya kudu 2 kali paling tidak periksa :D. Jadi sisanya bayar dewe :v. Nah, sedangkan untuk bayi, harusnya Raffa itu dapat paket untuk imunisasi Hep B 1 dan Polio 0 untuk bayi lahiran. Tapi ternyata pas Raffa mau kontrol, RS-nya tidak mau harus pakai rujukan faskes 1 dulu  :v. Kecuali waktu pasca melahirkan, bayinya disinar atau masuk NICU gitu bisa di RS. Kalau bayinya sehat-sehat saja mah gak bisa. Apalagi kedokter cuma gara-gara biang keringat pada bayi ya tetap kudu ke faskes 1 dulu mau gak mau. Ya sudah, akhirnya Raffa diimunisasi di faskes 1 dan posyandu saja dah :D. 

Oh iya, setiap kontrol jangan lupa untuk fotokopi semua kk, kartu BPJS dan ktp ya. Soalnya setiap ada apa gitu selalu diminta lagi fotokopiannya. Makanya, saran saya diatas jangan lupa difotokopi yang banyak biar tidak bolak balik atau riweh cari fotokopi :D.

Biaya yang saya keluarkan untuk melahirkan cesar  dengan menggunakan BPJS Kesehatan ini gratis tis tis (baca : dicover sepenuhnya BPJS). Cuma sayangnya saya tidak diberi rincian biaya, jadi suami dikasir RS cuma tanda-tangan saja. Tapi ya sudah namanya juga gratis ya boook!!!. Iyain aja deh biar cepet, yang penting ibu anak sehat. Alhamdulillah :")

Saran saya, buat ibu hamil dan mau lahiran jangan lupa untuk bikin BPJS Kesehatan. Soalnya penting banget. Tadinya saya sendiri mau pakai jatah kantor, tapi ternyata saya punya BPJS Kesehatan akhirnya lebih memilih pakai BPJS dari pada asuransi kantor yang ternyata plafonnya tidak mengcover biaya lahiran cesar semua. Kalau tidak salah biaya lahiran cesar saya ini sekitar 13-15 jutaan untuk kelas 2, dan alhamdulillah gratis. Thankies ya BPJS Kesehatan.


Jujur, untuk proses kehamilan dan melahirkan pakai kartu BPJS itu memang recommended! Alurnya lebih mudah dibandingkan dengan pemeriksaan kesehatan lainnya (sakit). Tapi ya gitu, tetap harus sesuai prosedur ^^, cuma kalau sakit kan kasihan kalau harus kesana-kesini :").

Semoga gak bingung ya dengan alur dan cerita pengalaman melahirkan cesar menggunakan BPJS Kesehatan ini ^^. Semoga bermanfaat dan sehat-sehat ibu juga bayi ^^. 

Baca juga pengalaman melahirkan anak-anak saya di
dan
cinta untuk Raffa 

[Sponsored Post]

Related Posts

140 komentar

  1. Alhamdulillah gratis tis ya Mbak.. lumayan nolong banget ya

    BalasHapus
  2. Bahagia nya Mba habis lahiran, kalau saya lahiran lagi mau pake BPJS kesehatan saja.

    BalasHapus
  3. asyik. terima kasih mba referensinya, mau ga mau lahiran ketiga ini pakai bpjs. karena kebijakan kantor suami (saking patuhnya sama UU) udah mindahin asuransi dari swasta ke BPJS. Alhamdulilah kelas 1. Semoga nanti urusan persalinan ketiga lancar seperti halnya urusan kelahiran Kakak Raffa.

    BalasHapus
  4. Saya melahirkan anak kedua pakai BPJS juga gratis mbak, hanya bayar untuk keperluan non medis macam gendok wadah ari-ari, underpad dkk gitu. Semua yang mengurus suami sih.
    Tadinya mau usaha normal, tapi mendekati HPL gak kunjung ada pembukaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kendi gratis untunge mung bayar frame foto bayi iku loh xD
      alhamdulillah yo

      Hapus
  5. Alhamdulillah ya Mba, tetangga juga lahirannya gratis. Itu berarti bisa milih RS yang ada BPJSnya atau ditentukan dari Faskes 1 ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya ditentukan RS yang sewilayah sama faskes.
      kecuali ada indikasi bahaya gitu bisa dimana saja. Cuma kayaknya lebih 'aman' kalau tetep ada rujukan ke faskes 1 dulu

      Hapus
  6. Seumur2 aku baru sekali pake bpjs, itu pas limit imunisasi dr kantor utk anakku abis mbak.. Jd suami anjurin pake bpjs aja, gratis. Awalnya aku males krn mikirnya ribet. Trnyata gaaaa :D. Dan bnr gratis tis tis.. Tau gitu dr awal imunisasi di situ aja utk yg vaksin wajib :p.

    Kalo lahiran aku ga mau bpjs krn memang dr awal ga pengen normal.. Jd udh pasti ditolak ntr :p

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah ya mba gratess.
    Aku nih yang kedua juga berencana pake bpjs sayang klo ga di pakai kata bidannya.
    Dana lahiran bisa buat akikah aja.

    BalasHapus
  8. Pengin manfaatin BPJS buat lahiran.
    Tapi penginnya lahiran normal aja.. Tapi di RS, bukan puskesmas.
    Tapi yang dokternya ganteng & bidannya sabar. Tapi yang kamarnya nyaman ada AC, TV, dan kulkasnya.

    Hahaha.. akeh penginne.

    BalasHapus
  9. Tmn ku jg pake ini mak..Gratis tis tis yaa. Cuma kata dia obatnya atau tipe jahitannya ada beda, aku kurang ngerti..

    BalasHapus
  10. Waaahhh alhamdulillah y mba gratis tis tis. Apalagi dengan biaya caesar yang luar biasa..

    BalasHapus
  11. Dulu meski punya askes tapi melahirkan 3 kali ga pernah pake askes cha, karena ngeri aja dan was was. Duluuu banyak cerita gak enak klo cesar pake askes solae. jadi memang nabung dulu buat persiapan cesar krn pasti cesar. klo yg pertama dulu krn emergency cesarean jd dicover sm student insurance. Bagus yaa sekarang pelayanannya makin baik utk BPJS, tp memang mendingan utk obat2an alkes tertentu kita nebus sendiri aja spy lebih aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau askes bukannya lebbih bergengsi daripada bpjs walau sekarang sama yak

      Hapus
  12. Alhamdulillah selamat Mbak, yg penting Mbak udah usaha buat lahiran normal tapi tetap dipermudah dalam pembayaran lahiran caesar.

    BalasHapus
  13. Kalau boleh tahu, lahiran di rumah sakit mana, Mba? Rumah sakitnya yang sewilayah sama faskes 1? Atau bisa milih yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dalam kondisi tertentu bisa milih asal RS kerjasama dengan BPJS. Ini aku kebetulan beda wilayah karena memang g pake rujukan faskes 1. tapi lebih baik ttp ada rujukan cmiiw

      Hapus
  14. Samaan mbak, saya enam bulan lalu saya juga melahirkan sc, krn lahiran sebelumnya sc juga.. Alhamdulillah gratis pake bpjs, cma bayar krn naik kelas aja.. Udh gtu babynya juga gratis soalnya aku daftarkan bpjs juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemaren maunya pengen naik kelas tapi ga jadi xD. pengen pulang cepet yg ada xD

      Hapus
    2. Mba, utk case upgrade kelas spt ini yg sy dgr katanya jumlah yg hrs dibayarkan itu hanya berupa codingan (apapun istilahnya hehe) jd yg kita bayar hanya max.75% dari jatah cover sc sesuai kelas bpjs, jd bukan selisih total billing kelas upgrade-jatah cover bpjs, apakah bnr gt mb? Soalnya sy kebetulan lg banyak cari info utk yg spt ini, mhn pencerahannya 😉

      Hapus
    3. aku bilangnya selisih.temenku dari kelas 1 ke vip kudunya bayar 7jt tapi cuma 2,5jt mbak

      Hapus
    4. Nah ini yg bikin msh bgg jg sy :).. beberapa tmn pk bpjs pasti u/ kelasnya dblg full dan hrus downgrade kamar (gpp sih sbnrnya) dan kl mw upgrade kamar nomboknya sama kyk byr sendiri sesuai brosur.. tmn jatah kelas 2 ktnya full dan hanya ada vip saat itu kl mw nombok 10jt *lumayann... pas kontrol di rs yg sama sy iseng jg nanya kebetulan jatah bpjs sy kelas 1 sy tanya kl upgrade vip nombok brp? 10jt jg kt ptugasnya *banyaktandatanyadkepala.. ini yg bikin masih ragu pk bpjs u/ lahiran bsk :'

      Hapus
    5. Wooowww...kayaknya emang tergantung rs nya mba. Kebijakannya walau seharusnya tercover. Kalaupun upgrade kudunya bayar selisih saja.

      Saya kemaren dicover 13-15juta, pulang bayar 10rb apa ya buat bayar gelang pasien.

      Mungkin bisa cari rekom rs lain mba. Harusnya dicover

      Hapus
    6. berarti udah gabisa naik kelas ya mak?
      jatohnya kalo bpjs kelas 1 dibilang full trus kita mau upgrade ke vip tetep gabisa ya walaupun kita bersedia bayar selisihnya

      Hapus
  15. Alhamdulillaah persalinannya lancar dan biayanya Rp.0 berkat BPJS kesehatan ya mba :)

    Selamat atas kelahiran baby-nya ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ihik gak nol seh, tapi dicover semua hihii makasih banyak :*

      Hapus
  16. Kalau kasus plasenta letak rendah harus pakai rujukan faskes 1 gak ya mbak?
    Trus kalo faskes 1-nya praktek dokter umum bisa kan ya dirujuk ke RS, meski gak harus secar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pp ya? enaknya tetap pakai rujukan faskes 1 mba

      untuk pertanyaan : kalo faskes 1-nya praktek dokter umum bisa kan ya dirujuk ke RS, meski gak harus secar? --> kayaknya harus diklinik atau bukan RS yang setara sama fakses kalau lahiran normal

      Hapus
  17. Waaah makasih referensinya mbak :) Lagi cari-cari tempat lahiran. Sama2 Blogger Bogor juga kan?

    BalasHapus
  18. Selamat ya mbak. Dulu aq juga cesar

    BalasHapus
  19. Sy juga,lahiran anak pertama jg sc,,dan alhamdulilah gratis kalo sy ambil paket sesuai kelas,tp karena sy pengen ambil yg paket vvip,jd sy nambah deh.tp gpp kok,nambahnya jg enggk banyak,drpd byar full yg mencapain 20jt,kan syg banget... buibu kan suka sm diskonan,yekannnnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah ya mbak \m/

      Hapus
    2. Mba Noviana Dewi, punten kalo boleh tau dulu di RS mana lahirannya? Dan itu upgrade dari kelas berapa BPJSnya? Trus totalnya kena tambahan berapa? Mohon maaf banyak pertanyaannya. Hehe.. Terimakasih utk kesediaannya sharing.

      Makasih juga utk mba Suria Riza utk ceritanya. Saya lg hamil dg miom nih. Indikasinya mmg harus caesar. Skrg br 21w sih.. Tapi mau mulai cari cari info. Makasi yaa postingannya. Manfaat banget ;)

      Hapus
    3. masama bun
      biasanya kalau naik kelas itu kita bayar selisih (tergantung kebijakan rs)
      Tapi tanya dulu ke RSnya bun kadang beda-beda kebijakan
      Saya pakai sesuai kelas jadi ga nambah

      Hapus
  20. Sebenarnya tidak gratis mbak,semua itu ada biayanya. Tapi darimana pembayarannya?biaya persalinannya mbak dibayar oleh peserta BPJS yg lain karena BPJS kesehatan sifatnya gotong royong.itulah kenapa semua peserta BPJS kesehatan diwajibkan untuk membayar iuran.inilah manfaat dari BPJS kesehatan.

    BalasHapus
  21. Chaa.. si bungsu waktu dilahirkan sama tuh melintang juga, tapi alhamdullilah bisa lahir dengan normal, dokter sih udah ngerujuk ke rumah sakit, saya pan parno masuk RS, jadinya ke bidan deket rumah..eh, beneran itu bu bidannya sabar banget.. sampai bisa ngeluarin bayi melintang gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuuuuhhhh kerennnn bidannya
      iya mba ini kan jatuhnya ke dokter pasti diminta sesar karena melintangnya parah hahah

      Hapus
  22. Mohon Ijin copas untuk di kolom pena kasih BPJS online ya bun

    semoga bunda di berikan kesembuhan amin.

    BalasHapus
  23. Berita baik buat saya. Selama ini taunya layanan BPJS nggak mutu. Denger kesaksian begini bikin lega. Karna saya jauh dari keluarga, cemas kalau ada apa2 dengan keluarga. Saya juga anjurin semua urus BPJS.

    Btw, Selamat ya mbak...sehat selalu ;)

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah ya. Duh kalo bayar mah lumayan amat itu

    BalasHapus
  25. Catet nih ntar klo lahiran pakai bpjs aja biar haratis hehe.

    BalasHapus
  26. wah apdet banget belum lama lahiran udah bikin info ini, kerennn, thanks ya Chaaa..

    BalasHapus
  27. aku masih skeptis dgn BPJS, waahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi semoga ga kepake mbak berarti sehat2 semua

      Hapus
  28. Alhamdulillah biaya persalinan bisa hampir gratis ya, Mbak.

    Mamaku juga pernah jadi pasien BPJS untuk di operasi. Perlakuannya juga sama.

    Dokter papaku yang di rumah sakit bagus malah suruh papaku ke dokter rekomendasi dia yang ada di rumah sakit bpjs, gara2 kita bilang ada pertimbangan tindakan yang biayanya besar.

    BPJS sangat membantu.

    BalasHapus
  29. BPJS sangat membntu operasi saya. ^_^ Nggak kebayang kalau nggak ada BPJS, bisa pontang-panting cari biaya yang nggak sedikit.

    BalasHapus
  30. Dulu ketar ketir kalau dengar caesar, takut sama biayanya. Sekarang ada BPJS, jadi serba rinan. Yang penting ibu dan bayinya selamat. :)

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah, tidak ada semoga tidak pernah ada pengalaman buruk tentang melahirkan caesar untuk saya dan keluarga. ^_^

    BalasHapus
  32. waaah alhamdulilah kalau bisa gratis mak, kebetulan aku juga ada kartu BPJS coba nanti kalau melahirkan lagi tak coba

    BalasHapus
  33. Mba'. Kalau saya dbd lalu diopname di rs yg tdk ada kerjasama dgn bpjs. Bagaimana ya? Mohon petunjuknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bisa kudu yang kerjasama dengan bpjs dan itupun harus ada rujukan faskes 1 dulu

      Hapus
  34. Bagus mba nulis ini, byk yg blm terliterasi soal bpjs

    BalasHapus
  35. Inti nya tetep ke faskes 1 dulu yaaa

    BalasHapus
  36. maaf bunda suria riza..
    memang di.tempat bunda kalau tdk menggunakan bpjs berapa kisarannya..

    itu sepenuhnya ditanggung oleh BPJS?..

    sama untuk bayi dalam kandungan bgmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetupan saya baru tahu kalau punya bpjs dari kantor H-3 dari waktu melahirkan. Jadi g bikin bpjs untuk bayi dalam kandungan. Bikin bpjs untuk bayi setelah bayi lahir dihari yang sama.

      Kalau g pakai bpjs untuk kelas 2 di saya sekitar 13juta xD

      Hapus
  37. Membantu bangeeet ya cha BPJS.. dan karena memang biasanya sudah terencana, lebih praktis dibandingkan kalau karena sakit ya

    BalasHapus
  38. jadi klo memang kondisinya darurat bisa langsung ke RS yg dituju ya tanpa ke faskes 1 dulu.. baru tau

    BalasHapus
  39. Wah seneng ktm tulisan ini
    Saya rencana akan lahiran bulb oktober nanti...dan anak ke 3.dua sebelumnya dicesar juga krn ada mslh medis...yg ke 3 ini sih sejauh ini sehat2 dan tidak ada maslh..cumah dokter yg skrg saya cek rutin blg mau ga mau harus cesar lagi krn sudah anak ke 3 dan jaraknya dekat...mba yg ingin saya tanya,barangkali mba bisa bantu jawab... Berapa kali saya harus ke fskes 1 sampai saya bisa dpt surat rujukan cesar ke rs?
    Ke dua,mba beda jahitannya seperti apa ya?lebih ga rapih atau gmn?klo ga rapih aja sih ngga masalah besar lah buat saya yg penting lukanya sembuh total...trus apakah sakit yg cesar mba ini lebih sakit dengan cesar yg sebelumnya(tdk menggunakan bpjs)slny ada yg blg obatnya kan generik...thanks infonya mba...maaf klo berbelit2 nanyanya...

    BalasHapus
  40. Wah selamat ya baby sehat,ibu sehat plus gratis pula
    Saya lagi hamil anak ke 3,dua sebelumnya cesar(blm pake bpjs)krn kondisi medis.dan yg ke 3 ini menurut dokter harus cesar lagi krn jaraknya dekat dan sudah ke 3x...takut jahitan robek klo normal.
    Mba mohon info barangkli tau.
    Berapa kali harus ke faskes pertama sampai bisa dpt rujukan ke rs?
    Beda kualitas jahitan apakah tidak rapih seperti lhiran mba yg sblmnya?
    Apakah cesar dgn bpjs ini lebih sakit lukanya?krn sempet denger kan obatnya katanya generik ya?
    Mohon dijawab yg mba tau ya...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak mbak.. sama aja seh. tapi tetap cari RS yang enak, karena sepertinya tergantung rumah sakitnya kalau masalah bagus nggaknya proses operasinya.

      ke faskes 1 biasanya minimal sekali datang, tapi pengalaman saya kemaren langsung datang bisa. soalnya kan butuh tindakan segera. faskes satu langsung minta rujukan.cuma berdasar cerita yang lain, masalah lahiran ini lebih lunak prosesnya dibanding pengobatan biasa ^^

      sehat lancar ya mba

      Hapus
  41. Hai... mba salam kenal, mau tanya untuk lahiran cesar dengan bpjs apa iya cm disuruh menginap semalam besok nya langsung disuruh pulang beda dgn bayar pribadi yg bisa 3-5 hari di observasi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kagakkk mbaaaa. Tapi kalau normal bisa saja gitu ya. Kalau sesar 3 malam 4 hari kemaren. Cuma akunya g betah jadi 3hari 2 malam xD

      Hapus
  42. Mbak aku baru mau buat bpjs bwt jaga" karna aku juga skrg lagi hamil kira" bisa kan yah baru buatnya skrg hehehe??

    BalasHapus
  43. Mba aku baru mau buat bpjs karna aku jg skrg lg hamil mbak ya bwt jaga" tapi kira" bisa gak yah dan semisalnya bwt caesar bisa digunakan juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa seperti kasusku kan caesar ^^ asal ada alasan knp kudu sesar. sehat2 ya

      Hapus
  44. Mba,,sy jg mau cesar dan pake bpjs,,udah daftar operasinya ,,tP bpjs bayi nya blm dibikin saat di kandungan,,naah tar bayi yg baru lahir tercover jg ga biaya nya?apa setelah lahir lgsg kita urus bpjs nya,,tp lgsg aktif ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemaren juha langsung bikin mba. tapi kalau keadaaan tertentu langsung aktif biasanya.
      maaf g bantu banyak soalnya kemaren alhamdulillah ga kepake yang buat bayi (ga masuk nicu picu). tapi setelahnya untuk vaksin saya langsung pake seminggu kwmudian

      Hapus
    2. Tp kl bayi nya shat ga kena biaya kn?

      Hapus
  45. Nice info.. Eh iya mbak, kmrn kan sy sempat di opname di rs krna sempet kontraksi, trus pas dokternya liat sy pake kacamata dokternya nanya sy min brpa yaudh lgsg sy jwb "min 7 dok". Oalah dokternya lgsg kaget trus blg nanti ibu msti di caesar, gak bs normal.
    Trus td kan ada tuh di blgnya klo mau caesar msti ada rujukan dulu, itu qt minta rujukan ke faskes 1 nya kapan ya mbak? Saat udh deket waktu persalinan atau dari jauh2 hari ya? Terima kasih :)

    BalasHapus
  46. Nice info.. Eh iya mbak, kmrn kan sy sempat di opname di rs krna sempet kontraksi, trus pas dokternya liat sy pake kacamata dokternya nanya sy min brpa yaudh lgsg sy jwb "min 7 dok". Oalah dokternya lgsg kaget trus blg nanti ibu msti di caesar, gak bs normal.
    Trus td kan ada tuh di blgnya klo mau caesar msti ada rujukan dulu, itu qt minta rujukan ke faskes 1 nya kapan ya mbak? Saat udh deket waktu persalinan atau dari jauh2 hari ya? Terima kasih :)

    BalasHapus
  47. Nice info.. Eh iya mbak, kmrn kan sy sempat di opname di rs krna sempet kontraksi, trus pas dokternya liat sy pake kacamata dokternya nanya sy min brpa yaudh lgsg sy jwb "min 7 dok". Oalah dokternya lgsg kaget trus blg nanti ibu msti di caesar, gak bs normal.
    Trus td kan ada tuh di blgnya klo mau caesar msti ada rujukan dulu, itu qt minta rujukan ke faskes 1 nya kapan ya mbak? Saat udh deket waktu persalinan atau dari jauh2 hari ya? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik jauh-jauh hari mbak sambil bikinin bpjs buat calon bayinya ^^. tetap ke faskes 1 dulu untuk rujukan. untuk kejadian ibu hamil haru sesar karena alasan keselamatan kesehatan dipermudah insyaAllah. lancar yoo

      Hapus
  48. Haloww mbakk... Duhh senengnya. Kebetulan nih saya lagi hamil kembar usia 35w. Periksa sih di Rs bonafit yg tdk mengcover bpjs krna saya pikir nanti lahiran bakal dicover sm kantor suami spt biasanya. Eh trnyata jatah udh abis dan mau gak mau hrs keluar biaya sndiri. Temen sih menyarankan bikin bpjs lahiran yasudahlah mski takut sbnrnya tp liat biaya cesar yg double krna kembar mikir jg mau yg gratis. Kira2 hrs gmana ya mbak? Krna dokterku blg Rs nya g menerima pasien bpjs.. Pdhl aq udh kloopp bgt sm dokternya krna sama2 cewek. Hiksss dan skrg lg parno aja soal bpjs ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kudu milih mba. Kalau dah klop ya gpp bayar sendiri. Tapi kalau misalnya budget terbatas, g ada salahnya bpjs di rs yg ngecover sambil cari dokter yang sreg di rs yg cover ^^. Insyaallah bayi dan ibu sehat yang penting kan ^^ berdamailah dengan sikon yang ada. Semangat yaaa tak doain yg terbaik

      Hapus
  49. terimakasih mba. informasinya bermanfaat..dan selamat atas kelahiran anaknya
    tapi saya mau nanya mba, ada informasi kalau misal persalinan ingin di cover bpjs, periksa kandungan pun harus minimal 4 kali ke faskes I. itu gimana mba?selama hamil mba periksa kandungannya ke bidan/spog umum ga?terimkasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah..kasus saya sama sekali nggak pernah periksa di faskes 1
      jadi langsung ujug2 lahiran di rs dokter yang biasa saya datangi
      karena sudah harus lahiran, dan untuk kasus harus segera lahiran dibolehkan tanpa surat pengantar (khusus lahiran saja)

      tapi kalau masih lama gpp periksa ke faskes 1 dulu untuk minta pengantar ke rs yang dokternya cocok dengan mbak dan dicover bpjs biaya lahiran priksanya

      Hapus
  50. Mba,, emang obat2an, benang dll cesar via bpjs beda ya ama yg bayar pribadi? Klo mba gimana, apa lebih kerasa sakit atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya begitu termasuk jatah penahan nyeri juga ga sebanyak bayar sendiri. Jadi saya diresepin beli sendiri kalau ga salah gak sampai 50rb. Sepertinya emang harus banyak tanya ke dokter rs nya tentang jenis benang atau banyaknya obat2an yg dicover dan tidak

      Kayak kemaren saya di rs tipe c lahirannya, jenis benang dan obatnya lebih bagus drpd saya di rs tipe a

      Rasanya sama aja sih, namanya sc kan emang lama masa pemulihannya.

      Hapus
  51. wah berguna sekali ya mba, kalo boleh tau mba ke rumah sakit daerah mana ya, atau faskesnya di kota mana ? siapa tau bisa jadi referensi kalo memang ternyata 1 kota ya mba .. ehhehe.. makasih ya

    BalasHapus
  52. Mba klo lahir d rs swasta tp bekerja sama dg bpjs apa itu d cover gratis juga. Karena klo d bagian umum biaya SC kelas 1 16jt, tp kata y yg d cover bpjs kelas 1 paling 7jt untuk cs ringan. Apa akan d cover full atau tetep nambah? Mohon berbagi pengalaman y terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman saya, full di cover mbak
      bpjs saya kelas 2 :D
      kemaren habis 13-14 juta dicover semua

      Hapus
  53. Mbak, istri saya lahiran Caesar jumat 13/10 jam 17.20, pake bpjs, trus krna bayi belom ad bpjs, senin harus bikin bpjs, pertanyaan saya
    1, apa bisa bikin di semua cabang, mksudnya beda wilayah
    2 apa bayi tidak tercover bpjs si ibu ( krna saya di minta 1,5 jika mau pulang sebagai jaminan bpjs Blum bikin,
    3 apa aeandainya sungsang, maka tidajtidak tercover

    BalasHapus
  54. Mbak, istri saya lahiran Caesar jumat 13/10 jam 17.20, pake bpjs, trus krna bayi belom ad bpjs, senin harus bikin bpjs, pertanyaan saya
    1, apa bisa bikin di semua cabang, mksudnya beda wilayah
    2 apa bayi tidak tercover bpjs si ibu ( krna saya di minta 1,5 jika mau pulang sebagai jaminan bpjs Blum bikin,
    3 apa aeandainya sungsang, maka tidajtidak tercover

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat ya pak...saya coba jawab sesuai pengalaman ya
      1.kebetulan saya lahiran beda wilayah bpjs nya. Tapi ttp bisa..dan bayi ngikut tempat faskes 1 nya sama si ibu

      2.1.5 jt itu buat biaya apa pak? Kalau misalnya tidak ada kenapa2 sama bayi ga perlu (kudunya)

      3.saya sungsang pak bayinya makanya sc jadi dicover semua.

      Ini sebenarnya juga kebijakan rs ya...kalau aturan bpjs resminya harusnya tercover semua. Kcuali tiba2 bahyi masuk nicu picu. Semoga membantu ya pak

      Hapus
  55. Mbak Suria riza...salam kenal..
    Saya lg hamil anak ke 2 usia kehamilan 30 weeks.dr awal kehamilan saya cek up dng dokter spog nya sama kaya anak pertama di rs mitra.tp rencana pengen lahiran pakai bpjs dr kantor suami.krn anak pertama lahiran sc apa unt anak ke 2 ini dicover sc jg sama bpjs..krn alhamdulilah posisi bayi semua normal..dan saya blm pernah periksa kehamilan pakai bpjs..mohon info nya ..terima kasih

    BalasHapus
  56. Salam kenal mbak Suria Riza...
    Mbak masa pemulihan unt sc nya brp lama ya mbak..dan skrng gmn bekas luka jahitan nya..
    Saya rencana pakai bpjs tp masih takut unt kwalitas obat dan benang jahit nya..krn ini saya lahiran anak ke 2 dan anak pertama lahiran sc di rs mitra..yg saya rasakan waktu lahir anak pertama pemulihan nya cepet dan gk terlalu sakit alhamdulillah bekas sc nya jg bagus gk keliatan bekasnya.
    Mohon share info pengalaman nya .
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba
      Biasa aja mba pemulihannya standar. 4 hari saya dah antar anak sekolah
      Tapi saya konsultasi dulu sama dokter yang kemaren mau operasi tentang kualitas jahitan sama tanya-tanya ke RS bpjs cover apa saja.

      Hapus
  57. Salam kenal mbak,
    Mau ikutan share pengalaman sc pke bpjs ah,juni aku jg sc full cover bpjs, Alhamdulillah yaa.. krn riwayat sc anak prtma jdnya anak ke 2 ini diminta dr untuk sc krn BB janin 4kg perkiraan, dr ngeri robek aj rahimnya kl ngeden jd blh pilih tanggal bwt sc, hihi. Aku cm sekali cek d faskes 1 dikasih rujukan cek k rs deh smp lahiran.

    Dan beda ya mbak non bpjs sm bpjs, wew aduhai bgt ngilu nya smp g tdr semaleman, mnt pain killer yg bagusan jg baru kepikiran pas ud ga sakit, hihi payah ah. Tp pelayanannya ga ad bedanya, cumaa aku ga dapet souvenir gtu ih, eh apa rs ny g nyediain yah?! Hehe. Aku jg cm bayar bwt foto baby n diaper slma di rawat sih. Over all enak lah pk bpjs, tp skrg sebagai warga bekasi lbh nyaman pk KS, smua RS swasta nerima n g ush pake rujuk, hehe

    BalasHapus
  58. Salam kenal mba...

    Saya skrg lgi hamil 7bln,pengalaman anak pertama sya sc mba,takutnya anak k2 ini sc lgi..rencananya sya mau lahiran di rs yg dkt dengan rumah tpi rs tsb rs swasta yg memang kerjasma dengan bpja...kira2 klo sya nanti sc lgi biaya nya bisa dcover semua gk ya sma bpjs? Biasanya kan rs negeri aja yg cover semua....mohon infonya mba..tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lahiran di rs swasta mba rs ibu anak tapi emang. Dan dicover semua alhamdulillah. Ada baiknya sambil tanya mb ke rs nya gimana2nya yang dicover apa sama bpjs. Jadi ada perbandingan dan kita dah tau gitu siap2.

      Semoga dimudahkan dan lancar ya mba 😘😘😘

      Hapus
  59. Usia kandungan istri saya sekarang 9 bulan sekarang di tasik,dan setelah di periksa bidan bayinya sungsang. Sedangkan paskes di cileungsi. Harus ada rujukan di paskes ny gak mbak?
    Kalo emang hrus ada, bisa gk y minta rujukan tapi saya aja yg minta?
    Kali aja mbak tau ����

    BalasHapus
  60. Istri saya lagi hamil 9 bulan, sekarang udah mudik ke tasik, pas di periksa di sana bayi nya sungsang, kalo di sesar pke bpjs harus ada rujukan di paskes,( pskes tamrin cileungsi) gak yah?
    Kalo harus pake, bisa gak buat surat rujukan di wakilkan? Maksih mbak,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah diwakilkan pak datang sendiri
      tapi biasanya kalau melahirkan itu special case nya karena urgent jatuhnya
      coba bapak obrolin sama rs yang akan jadi tempat lahiran dan dokternya
      saya kebetulan yang gak pakai faskes 1 karena kondisi urgent harus dilahirkan
      semoga lancar ya pak

      Hapus
  61. Tanya nih mbak, bpjs kelas 2 mau naik kelas 1 buat SC, tambahan biaya nya gimana ya? Bayar selisihnya atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau liat diatas selisihnya mba rata2 kebetulan saya yang sesuai plafon kamar

      Hapus
  62. Mba mau tanya kalau menggunakan bpjs non mandiri alias yg gratis dr pemerintah, apa syaratnya sm aja,dan perlakuan yg ditanggung sama dgn bpjs mandiri yg berbayar? Terimakasih

    BalasHapus
  63. kira- kira untuk menghidari rasa nyeri yang berlebhan pasca cecar, apakah lebih baik di info terlebh dahulu dengan dokter agar ditambahkan untuk pereda nyerinya sebelm menjalani oprasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya pereda nyeri setelah sesar yang paket dari bpjs itu habis di hari ke-2 kalau ga salah. Jadi kemarin nambah beli obat pereda nyeri pribadi diresepin dokternya. Dikomunikasikan aja mba, tapi setau saya pereda nyerinya itu pas setelah operasi seh ya bukan sebelum

      Hapus
  64. mb maaf saya selama ini periksa kehamilan gk pake bpjs dan ternyata bru kelihatan ada kista dan disaranin sc. nah misal minta surat rujukan dr faskes 1(dokter umum keluarga) bisa jauh jauh hari tdk? mkasih

    BalasHapus
  65. Salam kenal mba. Saya mau tanya sy sekarang lg hamil anak kedua. Anak pertama sy lahiran scara sc dana tdk menggunakan bpjs. Rencananya anak kedua ini jg pgen sc tp pgen menggunakan bpjs.krn jarak ank pertama dan kedua berdekatan.sbenarnya sy masih ragu dan takut ingin menggunakan bpjs tp suami menyarankan untuk coba. Stelah sy membaca semua komentar2 sbelumnya sm sperti sy pertanyaannya apa bedanya byr tunai dan pakai bpjs? Apkh lebih sakit dan dan obat2nya ada bedanya atw ga?trs terang sy masih takut. Dan sy jg mw tanya klo sy memilih rujukan sendiri dan berbeda dari rs rujukan dr faskesnya apakau boleh y?krn dr awal sy sdh klop dgr dokter dan rs tmpt sy lahiran ank pertama ini. Trima kasih sbelumnya.

    BalasHapus
  66. Mba mohon infonya rs nya dimana,sy di bogor.Anak prtama sc (gak pake bpjs),tktnya yg kdua jg hrs sc tp skrg udh pk bpjs..jd parno tkt kluar uang byk ky anak prtama.

    BalasHapus
  67. Siang mba..mau tny..aq uda hml 7bln..ni clon ank kduaku..rwyt sc pas khmln ptma..yg jd ptnyaanku..aq kan bpjs mndri..apkah clon anku bs dicover bpjs??krn skrg ktnya sruh buat bpjs smtra utk.clon byinya...mksh...

    BalasHapus
  68. Siang mba..aq hml 7bln anak kdua..rwyt sc..ktnya lairn yg kdua bkal sc jg..apkah cln byiku trcover bpjs mba?aq bpjs mndri mba..

    BalasHapus
  69. Mba...klo saya kontrol pake asurasi kantor,apakah klo nanti tetiba harus caesar bisa pake bpjs?
    Kata temen2 harus minimal 3x utk kontrol kehamilan pake bpjs.
    Mohon info mba

    BalasHapus
  70. Asslamu'alaikum.Mbak ikut nanya ya...saya ank yg prtma sc krna plasenta previa...ini saya hamil anak ke dua sudah 33minggu.bayi berat normal,letakny jg sdh normal,kata dokter bisa lahiran normal mskipun yg pertma sc...tp apakah tidak beresiko mbk kalau yg prtma sc yg kedua tidak...kalau lihat rekan" yg awlny sc melahirkan selanjutnya juga di sc mbk...mohon infonya mbk biar ndak kepikiran...terima kasih mbk suria riza

    @selamat atas kelahiran dek bayinya ya...

    BalasHapus
  71. Mb,, sc kelas 2 sayatannya gimana? Melintang atau sungsang? Please jawab ya..

    BalasHapus
  72. Maaf mbk...sampean ikut bpjs yg kelas berapa mbk...soale saya juga siap2 mau lahiran pakek bpjs ni
    ..

    BalasHapus

Posting Komentar