5 Cara Ibu Hamil Membakar Kalori di Fitbar Donor Kalori

Cara Ibu Hamil Membakar Kalori

5 Cara Ibu Hamil Membakar Kalori. Semenjak hamil, saya ingin selalu menjaga kesehatan termasuk janin dalam kandungan. Mulai dari asupan yang dijaga, minum vitamin yang diperlukan, jam tidur yang mulai teratur hingga olahraga agar saya tetap bugar selama hamil.


Namanya juga bawaan orang hamil, maunya makan dan ngemil terus. Tapi bagaimanapun juga saya tetap harus bisa menjaga berat badan dan berat janin sejak trisemester pertama ini. Jangan sampai nanti terlalu besar atau obesitas saat lahiran. 

Yang paling susah saya akui untuk tidak makan cemilan. Padahal porsi cemilan ini lebih sering daripada menu makanan utama. Makanya saat hamil harus benar-benar pintar memilih cemilan yang tepat berkalori rendah biar tidak berlebihan dalam tubuh.

fitbar donor kalori

Nyemil sehat pakai Fitbar sambil santai membaca buku


Sedia Fitbar Kapanpun Dimanapun untuk Cemilan Ibu Hamil


Nah, untuk cemilan ini sih saya punya pilihan sendiri. Saya dari dulu selalu sedia Fitbar dari Kalbe Nutritionals untuk cemilan sehari-hari. Apalagi yang saya suka, Fitbar ini metupakan cemilan rendah kalori ^^. Lah, sebungkus Fitbar cuma 100 kalori saja kok. Makanya mau ngemil berapa banyakpun, saya tidak khawatir lagi dengan jumlah minimum kalori yang masuk kedalam tubuh tanpa berlebihan agar pertumbuhan janin baik.


Sebungkus Fitbar beratnya 300gram yang sumber seratnya sangat banyak. Seratnya juga membantu saya agar tidak sembelit yang merupakan momok terbesar ibu hamil. Dan kandungannya juga bergizi loh, ada oats, Calcium, Vitamin A, B12 dan C. Sangat cocok buat ibu hamil, karena saya bisa sering ngemil tapi berat badan ibu serta janin tetap terjaga. Tidak perlu takut janin terlalu besar dimasa-masa tri semester akhir saat mendekati kelahiran. 

Fitbar punya 3 rasa yaitu chocolate, fruits dan nuts. Kalau saya sih sukanya yang Fruits Fitbar, soalnya seger ada buahnya. Rasanya enak, pas dilidah dan bikin kenyang.

fitbar coklat
Chocolate Fitbar 
1 kemasannya cuma 90 kalori loh
Biasanya kan coklat kalorinya banyak, ini malah rendah ^^
Kenikmatan coklatnya ada disetiap gigitan

fruits fitbar
Fruits Fitbar
1 kemasannya ada 110 kalori energi
Ini rasa yang paling saya suka, soalnya segar ada 100% buahnya
dengan rasa kismis raspberry

nuts fitbar
Nuts Fitbar
1 kemasannya memiliki 100 kalori
100% kacang asli

Makan cemilan terus, ibu hamil tidak takut obesitas? Ya tidak dong! Kan cemilannya pakai Fitbar, cemilan yang rendah kalori. 

Donorkan Kalorimu di Fitbar Donor Kalori


Ngomong-ngomong tentang obesitas, ternyata banyak loh masyarakat Indonesia yang mengalaminya bukan hanya pada ibu hamil saja. Hal ini terjadi karena kondisi dan gaya hidup masyarakat dikota besar. Mulai dari hormon yang tidak seimbang, kinerja metabolisme yang menjadi melambat diusia 20 tahun, kurangnya aktifitas fisik dan kurangnya jam tidur yang cukup.

Disisi lain, ternyata kondisi malnutrisi masih banyak terjadi di Indonesia. Data World Bank 2015 menyatakan bahwa 8.4 juta anak indonesisa dibawah 5 tahun masih mengalami malnutrisi karena kemiskinan atau orang tua yang pengetahuan tentang gizinya kurang, sehingga standar kecukupan gizi anak tidak terpenuhi.

Karena dua sisi yang sangat bertolak belakang itulah hadir program FITBAR DONOR KALORI yang berlangsung sampai akhir April 2016. Program Fitbar Donor Kalori dari Kalbe Nutritionals ini merupakan salah satu cara meminimalisir dampak dari kedua kondisi yang bertolak belakang itu. Dan ini adalah kesempatan kita agar bisa bergaya hidup sehat sekaligus membantu anak-anak yang kurang beruntung hanya dengan donor kalori saja. 

Loh kok bisa? Donor kalori? Apa itu?

Jadi kita mendonasikan kalori yang terbakar dalam tubuh dengan banyak gerakan. Bisa olahraga atau beraktifitas biasa yang membakar kalori badan. Yup, kita akan donor kalori bersama-sama hingga mencapai 10 juta kalori. 10 juta kalori yang berhasil dikumpulkan ini akan dikonversikan menjadi 500 juta rupiah dan akan didonasikan untuk anak-anak jalanan agar punya kualitas hidup yang lebih baik melalui Yayasan Sahabat Anak.

Kebetulan banget, dari dulu saya ingin sekali menjadi relawan. Buat saya, seseorang yang bisa berbagi tanpa pamrih itu keren. Tapi sayangnya, saya belum pernah ikutan kegiatan-kegiatan seperti itu. Karena selain susah bagi waktunya, kasihan Raffi tidak ada yang jaga. Apalagi sekarang lagi hamil, lebih sering dirumah saja. Paling keluar rumah untuk antar jemput Raffi disekolah atau menemani Raffi bersepeda. 

Makanya dengan ikutan Fitbar Donor Kalori, saya merasa menjadi manusia yang lebih berharga dan berguna untuk orang lain. Walau dalam keadaan hamil, ternyata saya bisa loh donor kalori sebesar 600 kalori.

fitbar donor kalori
Kalori yang berhasil saya sumbangkan dalam beberapa hari


Kalori yang disumbangkan juga tidak harus dengan berolahraga, kita bisa berjalan kaki, menaiki tangga, berlari atau beraktifitas sehari-hari juga bisa asal jangan lupa dipasang alat pengukur kalorinya (bisa pakai pedometer atau aplikasi penghitung kalori di handphone).

Caranya donornya gampang kok! Kita tinggal daftar di www.fitbardonorkalori.com. Lalu silahkan beraktifitas membakar kalori dan upload foto jumlah kalorinya. Selesai!. Mudah kan? Semakin banyak kita bergerak, semakin banyak kalori yang didonorkan. Psttt...untuk pendonor kalori terbanyak akan mendapat hadiah tiap minggunya.

fitbar donor kalori
Cara ikutan Fitbar Donor Kalori

Biar lebih jelas, tonton saja youtubenya dulu yuk!


Donor Kalori Ala Ibu Hamil


Menjadi ibu itu karunia, tapi sehat adalah kewajiban untuk selalu dijaga. Betul tidak? Termasuk kehamilan itu bukanlah suatu pantangan untuk tidak berolahraga kan? Olahraga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kadang saya suka iri dengan teman-teman yang bisa ke gym atau ke tempat fitness khusus berolahraga. Sedangkan saya sama sekali  belum pernah masuk tempat fitness atau gym gitu seumur hidup xD. Lagi-lagi mikirnya nanti Raffi siapa yang jagain ya? Akhirnya biar tenang, saya memilih olahraga sendiri saja dirumah. Murah meriah dan ternyata sangat menyenangkan kalau dilakukan bersama anak.

Dan ini dia 5 cara yang bisa membakar kalori pada ibu hamil. Mudah, gampang dan sehat. Yang penting sesuaikan dengan kemampuan ibu ya ^^. Kelima hal ini juga saya terapkan untuk mengikuti program Fitbar Donor Kalori loh ^^. 

1. Lakukan olahraga ringan

Boleh tidak ibu hamil olahraga? Boleh banget! Malah sangat dianjurkan untuk berolahraga rutin sesuai kemampuan ibu. Dengan berolahraga, kita akan banyak bergerak dan ini artinya kalori yang terbakar juga akan lebih banyak kan? Jadi, saya bisa donor kalori juga lebih banyak. Biasanya sekitar 100 kalori atau lebih yang terbakar dengan melakukan olahraga ringan ini. Tapi jangan lupa untuk menghentikan olahraga yang dirasa cukup berat dan membahayakan janin.

fitbar donor kalori
Berolahraga bersama anak sangat menyenangkan

Olahraga paling aman untuk ibu hamil itu seperti yoga, lari-lari kecil ditempat atau sekedar menggerakkan badan agar badan lebih enak selama hamil. Beneran loh! Berolahraga saat hamil itu unik, penuh tantangan tapi membuat badan lebih sehat. Saya sendiri baru memulai olahraga basic yoga untuk kehamilan. Rasanya otot-otot perut, tangan, punggung dan kaki itu lebih lemas rasanya. Uniknya, selama yoga berlangsung saya diminta agar bisa berkomunikasi dengan janin.

yoga ibu hamil
Gerakan basic yoga untuk ibu hamil

Olahraganya bersama anak? Kenapa tidak? Seu dan lebih menyenangkan loh!. Mungkin awal-awal anak masih belum mau mengikuti semua gerakannya, tapi seiring waktu nanti akan terbiasa kok. Ini video 10 gerakan membakar kalori yang sering saya lakukan bersama anak. Untuk ibu hamil, gerakan-gerakan ini sesuaikan dengan kemampuan ibu saja. Seperti sit up atau loncat-loncat bisa diskip, soalnya saya buat videonya seminggu sebelum tahu hamil hehehe.


2. Berenang

Olahraga ini adalah hobi banyak orang termasuk saya. Selain rasanya bikin badan lebih ringan, berenang juga dapat melenturkan otot-otot ibu hamil. Kegiatan yang menyenangkan ini bisa dilakukan bersama anak. Apalagi Raffi, bisa berenang lama sekarang. Kalori yang terbakar selama berenang bisa sampai 200kalori selama 1 jam. Kemarin saya mencoba setengah jam, sebesar 115 kalori yang terbakar.

fitbar donor kalori

3. Jalan-jalan

Jalan-jalan keluar rumah selain untuk refreshing juga bisa untuk membakar kalori juga loh. Banyak jalan mengelilingi pertokoan, supermarket atau mall bisa membakar hingga 200kalori bahkan lebih dalam waktu setengah hari.

Tapi jangan lupa untuk selalu sedia fitbar dalam tas selama kita keluar rumah ya?. Kita tetap bisa nyemil enak, sehat, kenyang dan tidak merasa bersalah.



4. Lakukan kegiatan sehari-hari ala ibu rumah tangga

Ibu yang berada dirumah saja itu bukan berarti tidak banyak bergerak loh. Padahal yang dilakukan ya kegiatan standar saja, seperti menyapu lantai (ini bisa berkali-kali dalam sehari), mengepel lantai, mencuci piring, mencuci baju, menjemur pakaian, memasak dll. Banyak ya ternyata?. Tapi buat saya, waktu bersih-bersih rumah itu waktu me time. Kalau lihat rumah bersih, rapi, kinclong disaat anak lagi sekolah rasanya sungguh menyenangkan :").

fitbar donor kalori

Selain itu, hanya dengan membersihkan rumah kita bisa membakar 137 kalori bahkan lebih. Jadi walau dirumah saja, Ibu itu geraknya banyak banget loh ^^ *ehem.



5. Mengasuh anak

Nah, ini poin yang setiap detik selalu saya lakukan (kecuali anak sudah tidur). Mengasuh anak itu mengeluarkan energi lebih. Apalagi kalau sudah menemani Raffi naik sepeda ditaman, berasa banget itu ngejarnya sampai ngos-ngosan. Atau lagi saat mengajak anak bercanda, energi yang keluar itu besar banget ternyata. Lumayan loh geraknya banyak dan itu berarti kalori yang terbakar juga banyak.



See, tidak ada halangan untuk berbuat baik. Dalam kondisi hamil, saya tetap bisa mendonorkan kalori untuk anak-anak marjinal yang kurang beruntung di Fitbar Donor Kalori. Rasanya, hidup saya menjadi lebih menyenangkan dan berarti bisa berbagi dengan orang lain. 

Hingga saat ini, total kalori yang terkumpul sebanyak 6 juta kalori. Masih ada waktu sebulan lagi hingga akhir April 2016 untuk mewujudkan impian dan senyuman anak-anak jalanan ini. 

fitbar donor kalori

Yuk, kita wujudkan bersama!. Mari menjadi manusia yang lebih sehat, bahagia dan berarti dengan ikutan Fitbar Donor Kalori ini. Ibu hamil donor kalori? Ya tidak masalah kan? Saya sudah ikutan Fitbar Donor Kalori, sekarang giliran kamu!

Jangan lupa, donorkan kalorimu di www.fitbardonorkalori.com sekarang juga!


Tulisan ini menjadi pemenang dikampanye #fitbardonorkalori

23 comments:

  1. lagi hamil juga tetap aktif bergerak... semangat! sehat-sehat yaaa...

    ReplyDelete
  2. Kerjaan irt sehari2 itu aja uda bakar banyak kaloriiii...

    Sehat2 ya bumil cantiiiiik :*

    ReplyDelete
  3. Mba aku sdh dftr. Tp aku ga pny alat pengukur kalorinya. Ga bs upload.. Hiks

    ReplyDelete
  4. Mupeng sama alat ukur kalorinya. Aku katrok nggak ngerti cara kerjanya. Wkwk

    ReplyDelete
  5. JALAN KAKI!! yes...itu olahraga kaporit saya mba. Eh favorit saya. Selain tentunya sepedaan, naik sepeda jadul hehe. Terus itu pas video olahraganya Mas (mantan) kiwil kok lucu ngeliriknya 😂😂😂

    ReplyDelete
  6. Olahraga itu paling penting ya mbak bagi wanita yang lagi hamil ataupun tidak untuk menjaga tubuh agar tetap fit.

    ReplyDelete
  7. Raffii setia nemeni bunda ya :)

    ReplyDelete
  8. wahh, Mbak Echa hamil lagi yah?? Selamat yah Mbak, sehat selalu bumil dan calon debaynya, amin..

    ReplyDelete
  9. Aku juga suka banget fitbar :)

    ReplyDelete
  10. Selamat ya mb atas khamilannya,pasti raffi seneng bgt😊

    ReplyDelete
  11. Ajakan untuk bergeraknya keren.

    ReplyDelete
  12. Waaahh baru tau nih mba ada program ini. Mau ikutan ah.. Karena banyak kegiatan aku sehari-hari yang membakar kalori

    ReplyDelete
  13. Asyik banget, ngemil banyak tapi gak khawatir sama kalori.
    Ternyata seru juga, banyak cara bakar kalori ala ibu2.
    Kalau aku kada suka bersepeda ke kantor, deket soalnya :D.

    ReplyDelete
  14. Suka banget ama fitbar mak,,makanan low kalori tapi ga bikin eneg

    ReplyDelete
  15. Wah mbak Echa hamil lg, Alhamdulillah ya, sehat2 terus bumil, wah bumil kayaknua lebih aktif daripada aku nih, karena lagi nyusuin keasyikan ngemil, harus donor kalori nih..

    ReplyDelete
  16. aahhh senengnyaaa, si Bumil ini selalu ceria, energik, cantik..

    *bagi donk cemilannya maaak, lapeer

    ReplyDelete
  17. Selamat buat kehamilannya ya. Semoga sehat Mom dan babynya, lancar sampai waktu lahiran nanti.
    Fruits fitbar itu sepertinya enak, ntar kalo ke Carrefour mau beli ah.

    ReplyDelete
  18. aku jug aharus akrif bergerak tapi fitbarnya belum beli hehehe

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah.. selamat ya,,,
    program yang sangat membantu untuk para ibu2 hamil dan untuk kesehatan ibu hamil. sangat membantu informasinya...
    mungkin nanti bisa saya terapkan di kakak atau saudara saya.

    ReplyDelete
  20. Aku jg suka Fitbar mbak, klo lg laper suka lari ke indomart beli ini doank :D

    ReplyDelete
  21. Bumil keren ini mah. Ash hamil pun ikut menyumbang kalori. Menang ini..menang :)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^