Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Publish Postingan Blog

tips ngeblog

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Publish Postingan Blog. Hula-hula, sudah lama nggak posting tutorial ngeblog :v. Kali ini saya mau share saja, apa sih yang harus kita lakukan setelah menulis blog? Tinggal publish kan? 


Eits, tapi tidak cukup itu ^^. Paling tidak kan kita ingin agar postingan dibaca banyak orang. Traffik bagus kan juga butuh kalau kalian mau merawat blog ^^. Gunanya apa? Lagi-lagi berkaitan dengan bagaimana dapat uang dari blog yang bermodal komputer :v. Hehehehe.

Tiap orang punya ciri dan cara sendiri bagaimana agar bisa mendapatkan trafik. Tapi, saat ini bukan hanya trafik seh menurutku. Buat apa trafik banyak, tapi cuma 'gitu' saja? Sering kan ada postingan rame trafiknya, tapi ya gitu aja nggak greget. 

Yes, mbalik maning ke KONTEN. Kemarin saat saya ikut acara FB 8 dan ulang tahun KEB dapat satu kesimpulan. Konten itu tetap yang terbaik ^^. Kalau boleh milih sih, dua-duanya ya mau kan? Konten bagus, begitupun trafik. 

Ini saya share pengalaman sendiri saja sih ya ^^. Saya biasa ngelakuin SEO sederhana dan standar saja sebenarnya. Satu, agar postingan lebih mudah keindeks google. Dua, biar jadi booster trafik blog. Tanpa kita share, organik banyak yang masuk kepostingan hehehe. Karena saya memang cari visitor organik saat ini. Trafik loh ya, bukan komen :3.

Ya wes, ini 5 cara yang biasa saya lakukan kalau mau publish blog ^^. Silahkan diikuti kalau suka ^^. Ini saya lakukan kontinyu ^^.

1. Gambar di blog

Saat ini, google sudah canggih membaca metadata konten suatu blog. Selain tulisan yang mengandung konten yang baik cepat terbaca berkat keyword yang menyebar, kita juga harus memperhatikan gambar penunjang.

Jadi, jangan lupa mengubah nama atau judul gambar dikomputer sebelum diupload kepostingan. Karena ini akan mempermudah google membacanya. Setelah diupload diblog, klik properties foto. Lalu isi keterangan gambar. Kalau saya ngisinya sesuai isi gambar atau judul foto saja seh, yang penting tetap ada ceritanya. Kemudian klik OK.

Misalnya kita lagi menulis tentang Sulamit Cosmetics dijudulnya. Foto-foto metadatanya saya namain : macam-macam lipstik sulamit cosmetics, tutorial make up dengan sulamit cosmetics dan semacamnya. Contohnya bisa dilihat dipostingan http://www.echaimutenan.com/2016/01/hari-hariku-bersama-sulamit-cosmetics.html. Nanti arahkan kursor pada setiap gambar yang ada, akan keluar keterangan gambarnya ^^.

tips ngeblog

Gunanya apa? Ini berguna untuk cepat dibaca google. Saat orang mencari kata kunci yang relevan dengan tulisan kita, dia akan merekomendasikan postingan kita di google image ^^. 

So, mulai sekarang jangan lupa ubah judul gambar dulu ya sebelum diupload diblog. Lalu masukkan metadata gambar agar cepat dibaca google. Nggak lucu kan kalau misalnya kalian search nama sendiri, ternyata yang keluar gambar masakan karena namain gambar postingan dengan nama kita. :D.

Note penting : Biasanya keterangan metadata gambar suka hilang kalau kamu edit lagi. Jadi jangan sampai berkali-kali edit postingan. Cukup sekali saja, biar nggak kerja dobel2..hehehe..

Makasih ilmunya Pungky dan Shinta.

2. Masukkan label postingan

Kalau ini selain rapi juga mempermudah pencarian kategori postingan, di google juga seringnya membaca tag keyword ini. Jangan lupa untuk menulis keyword yang diinginkan dikolom ini ya. Kapan diisinya? Sebelum publish dong ^^.

Boleh banyak nggak ngisinya? Kalau kata saya sih nggak papa :v. Ini juga terbatas kok cuma beberapa karakter saja. Lebih baik dimaksimalin kan ^^. Ini berlaku untuk postingan lama atau baru ya.


tips ngeblog

3. Sesuaikan judul dan url postingan

Semua judul yang kita tulis, otomatis akan membentuk suatu link url itu sendiri^^. 

Contohnya : resep pompom kentang bayam keju

Tapi karena saya kebetulan orang yang senang nulis judul tulisan panjang-panjang. Nggak tau kenapa, senang aja. Apalagi kalau ikutan lomba, pasti judulnya kayak telenovela :v. Nah, agar judul tulisan url tidak terpotong kita bisa mengubah urlnya seperti yang kita mau ^^.

Makasih ilmunya mb Cput dan mb mugniar ^^

tips ngeblog

Saran saya, jangan mengubah link url yang sudah lalu. Karena google bakal dari awal lagi ngebacanya. Lebih baik untuk postingan selanjutnya saja ^^.


4. Lengkapi deskripsi tulisan

Suka bete tidak kalau share postingan tiba-tiba dideskripsinya adalah komen orang pertama dipostingan itu? Nah agar hal itu tidak terjadi, jangan lupa untuk mengisi deskripsi konten tulisan blog.

Ini berguna selain lebih rapi, juga kesimpulan keyword dipostingan kita bisa dibaca google. Tapi jangan lupa diisi postingan yang membuat orang ingin membacanya ^^. Bisa kok mindahin beberapa kalimat dipostingan kesini. Yang penting kesimpulan ini mewakili isi tulisan. Pssttt jangan lupa kudu ada keywordnya ^^.

tips ngeblog

Kalau masih bingung saya kasih contoh ^^. Ini contoh deskripsi saya untuk postingan Sulamit Cosmetics.

tips ngeblog

Dan ini hasilnya saat kita sharing di sosial media atau yang terbaca di google. Bukan paragraf pertama lagi, tapi meta deskripsi postingan tadi ^^. Yang pasti bukan lagi komentar pertama yang masuk dipostingan yang muncul :v.

tips ngeblog

Makasih ilmunya Anka ^^.


5. Masukkan link postingan

Biasanya, saya meletakkan keyword atau judul tulisan di awal dan paragraf akhir postingan blog dengan link yang mengarah kepostingan saya. Kadang juga ditengah saya kasih juga keyword ngarah kepostingan. Pan ceunah keyword kudu nyebar. Perlu dibold atau dimiringin tidak tulisannya? Kalau kata saya sih tidak perlu. google kan canggih baca metadata sekarang ^^. 

Kalau saya senang dibold tulisannya biar yang baca ngerti point-point tulisan saya. Selera saja seh sebenarnya dan itu bikin yang baca lebih ngerti hehehe..

Makasih ilmunya mba Nchie.


tips ngeblog

Setelah publish jangan lupa untuk submit url di webmaster google. Ini biar lebih mudah dan cepat terindeks google ^^. Bisa langsung submit setelah ada url linknya ^^. Ini berlaku untuk postingan yang sudah lama loh ya. Yang belum didaftarin bisa dimasukin juga ^^.

tips ngeblog
Susah? Nggak sih. Harus rajin dan tekun saja. Nanti lama-lama jadi kebiasaan. Namanya juga ngerawat blog, kan? Apalagi kalau kebetulan konten yang kita tulis dicari orang. Itu otomatis sendiri seh biasanya.

Hasilnya bagaimana? Lumayanlah ya, ada 3000 - 5000 orang tiap hari visiting blog mamah-mamah lucu nan imut ini. 

Selamat mempraktekkan ^^. Semoga bermanfaat ya 5 hal yang saya lakukan sebelum publish tulisan blog ini ^^. Yuk, diterapin!


Baca juga : 



166 komentar:

  1. Wah lima-limanya saya baru tahu. Makasih mak Echa. Agak ribet sih, tapi pelan-pelan ajalah ya :v

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya. Ternyata gambar pada postingan berpengaruh juga ya.

    BalasHapus
  3. masalah di BS yang sering aku alami ya judul yang kepanjangan, seringkali kepotong url-nya. Next aku coba tips ini.
    sama satu lagi, sering males or lupa submit url ke gugel :D

    BalasHapus
  4. sip deh infonya, cek lagi kalo gitu punyaku :)

    BalasHapus
  5. senengnya terdampar, tengkiu bgd ilmu kecenya ya mami raffi, mau dipraktekin semua ah, secara blog aku fakir pengunjung nih,

    BalasHapus
  6. dari kelima point diatas kayaknya baru point yang kedua dech saya terapkan :(
    hadech, musti banyak belajar lagi sama mbak echa nich :)

    BalasHapus
  7. ternyata tahunya baru sampai nomor dua.. duh aduh.. jauh amat dari sempurna. makasih ilmunya mbak Echa :*

    BalasHapus
  8. Wah..mksh byk share-nya Mba.. Kalo tutorial yg kayak gini aku suka.. Nggak teoritis tp mudah dipahami dan kita langsung bisa praktekkan..

    BalasHapus
  9. Yeeeah... aku sudah ngelakuin semuanya. ^^

    BalasHapus
  10. Terima kasih sharingnya mak echa 😊.bermanfaat bgt

    BalasHapus
  11. Submit url di google itu maksudny gmn ya mb? Ga mudeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diwebmaster https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?hl=in

      Hapus
    2. untuk submit nya sendiri apakah sehabis mempublishkan atau harus menunggu beberapa jam kemudian

      Hapus
    3. Setelah publish langsung gpp, kan sudah ada url ^^

      Hapus
  12. Mantap Mbak Echa. Traaficnya emejing banget. Ilmunya di cekicek habis ini. Siapa tahu ada yang belom diterapkan. Hihihi.

    BalasHapus
  13. thank you mak tipsnya, deskripsi teh maksudnya semacam keyword gitu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keyword tapi bentuk paragraf. Jadi seperti kesimpulan gitu.
      Sek aku tambahin screencapturenya nanti malem xD

      Hapus
  14. Duuuhh emang harus telaten ya bikin kaya begini biar laris postingannya.aku kadang abis posting tinggal aja gtu baru share aja besoknya atau malah entah kapan. Hiks..pantes lah ya blognya sepii pengunjung.
    Makasih tips nya mak mumpung libur mau nyoba ah nelatenin blog biar makin oke

    BalasHapus
  15. Tips kereen ini. Mau sy praktekin satu2. Semoga ga malas. Hehehe...
    Makasiiih ya mbak :-)

    BalasHapus
  16. deskripsi tulisan tuh kayak tulisan yg dibawah kalimat Poskan Komentar itu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan, deskripsi itu seperti kesimpulan isi tulisan yang ada keywordnya

      Hapus
  17. Subhanallah Mamah Echa postingannya sesuatu banget :)
    Terima kasih ilmunya yaaaa

    BalasHapus
  18. wuuiihhh ilmu banget nih buat aku mak, makasih banget ya mak..muach..muach.. hiihi

    BalasHapus
  19. Deskripsi penelusuran itu kalau di wordpress istilahnya apa ya? :(

    BalasHapus
  20. Langkahnya bagus dan lengkap
    Jangan lupa dishare di Google webmaster Tool agar cepat terindex mesin pencari
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  21. Bookmark deh.. biar nanti lupa bs nyontek lg kesini hehe.. makasih sharingnya mama Echa..

    BalasHapus
  22. Bermanfaat banget mbak.. Makasihh udah share. Jadi semangat nulis lagi (setelah lama gak ngurus blog 😂 ) tengkyuu mamih Raffi 😘

    BalasHapus
  23. Waaaahhh visitornya rame banget mbakk. Keren deh.

    Ada beberapa hal yang cuma bisa diterapkan di blogspot ya mbak. Gimana dengan yang di wp? Seperti yg dekripsi rasanya gak ada di di wp ada deskripsinya

    BalasHapus
  24. Asik dapat ilmu baru, makasih mba Cha

    BalasHapus
  25. Waah..nambah lagi nih ilmu per-bloggingan-nya..makasih Mamiih Raffi :D

    BalasHapus
  26. Makasih ilmunya mbakyu. Bermanfaat sekali. Aku newbie kalau urusannya sama blogspot.

    BalasHapus
  27. Happy banget dapat ilmu ini thanks ya Mbk, aku maubpraktekin

    BalasHapus
  28. Hal yang sebenernya bisa kita lakuin tapi seringnya terlewat. Mksh mak infonya

    BalasHapus
  29. no 4 dan 5 perlu dicek nih, di blog berplatform wp adanya dibagian mana :)
    makasih ilmunya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  30. waainii.. saya baru tau banget. terimikici mba echa sharingnya :D

    BalasHapus
  31. Ilmu baru..makasih mamak rafi yg hobi dandan :)

    BalasHapus
  32. Mantap ilmunya Mak Echa. Harus dipraktekin ini

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah, aku uda praktikkan dari dulu, dan aku buat artikelnya juga di blog. :) BTW mbak Mugniar tahu dari artikel blogku lo Ħiii :D Ħ!!Ħiii :D‎​Ħiii :D Ħ!!Ħiii :D. Salam kenal, baru kunjungan pertama nih :). Blognya keren dan unyu, seunyu pemiliknya..... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mak ^^. Aku waktu itu dikasih tau mb mugniar untuk baca yang di mb christanty putri cput ^^ gak tau kalo mba ngasih tips juga. Secara juga banyak diinternet tips manjangin url ^^.
      Next main deh keblog mba ^^ makasih dah mampir

      Hapus
    2. oh gitu, ga tahu juga sih, waktu itu komen di blogku dan ngeshare di berandanya.senengnya banget karena dibagikan... ga penting juga selama bermanfaat banyak orang seneng banget juga.... hihihi..... wah aku malah baru tahu di internet banyak tips manjangin url....wah maaf ini aku tersesat di blogmu..... baca2..... #adatehga hahhahahhaa...... wah harus siap brownis nih kalau mau berkunjung ke rumahky hehehhehehehereee

      Hapus
    3. kalau itu ga tahu juga, soalnya kapan hari dikomen dan share di beranda, seneng baget karena bermanfaat dan dibagi siapa pun ..seneng banget. wah aku malah baru tahu ada tips manjangin url di internet, dulu aku utak atik hrhhrhrhr...btw gimana nih aku tersesat baca artikel lain nih. ada teh ga? dengan senang hati kalau mau berkunjung, nanti aku siapin cemilan dulu... brownis? heehhhehehhehehe

      Hapus
  34. Siipp mbak Cha, saya harus belajar dan belajar lagi ni :)

    BalasHapus
  35. aku sering lupa submit, huhu.. makasih sharingnya mak

    BalasHapus
  36. Waahh ini baru tahu semuanya...

    biasanya cuma asal posting aja hehehe...

    Thanks mbak Echa

    BalasHapus
  37. Asiikk mba Echa udah muncul lagi, btw yg organik suka aneh aneh nyarinya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilangi kata2 yang rada2 gitu dek...aku setaun baru bersih kata2 rada2 aneh gt -___-

      Hapus
  38. Bermanfaat banget, Mbak. Pengen coba ah... Makasih yaa mama Raffi :)

    BalasHapus
  39. keren jumlah visitornyaa...waah banyak yg saya gak tahu ternyata. Makasih ilmunya mak... :)

    BalasHapus
  40. Saya baru tau kalau ada sumbit postingan url di google. Baiklah ntar postingan berikutnya saya langsung praktekin...

    BalasHapus
  41. Ilmu baru nih mak.. Makasihhh :)

    BalasHapus
  42. wow..boleh nih ilmunya...makasih banyak mak echa^^

    BalasHapus
  43. berguna banget nih ilmunya. maacih yah kak Echa

    BalasHapus
  44. Nambah ilmu... nambah ilmu... asiiik :D.

    BalasHapus
  45. Makasih sharingnya mak echa berguna banget neh

    BalasHapus
  46. Waaah....makasih infonya ya ma Echa.. :)

    BalasHapus
  47. Harus di bookmark nih artikel :)

    BalasHapus
  48. Wah yg nomor 4 ngga pernah aku lakuin, ternyata penting ya mba.

    Btw, deskripsi bagusnya berapa kata?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Separagraf dikit aja mba.. Yang penting isi keyword ngecangkup semua isi ^^

      Hapus
  49. Mba Echa, makasih banget. Sharingnya jempoool. Nanti tak praktik-in :D

    BalasHapus
  50. Wah... dapet ilmu baru nih
    Thx u ya mak ;)

    BalasHapus
  51. No 1 dan no 4 aja nih mba yg srg aku lakuin. Coba deh ntr mw mulai lakuin yg poin2 lainnya :)

    BalasHapus
  52. Ternyata begitu ya... Terima kasih ilmunya, Mbak Echa. :)

    BalasHapus
  53. Waaahh, pelajaran baru nih, secara hampir semua bunda belum melakukannya, harus cepet-cepet liat google apa arti metadata, menggant nama gambar dan lain sebagainya. Echa, makasih, ya, inputnya.

    BalasHapus
  54. Duh dapat ilmu gretongan kayak gini mana tahaaann..
    Oh ya mbak dulu pernah dapat ilmu juga tentang pemberian nama foto itu diberi tanda - di setiap kata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga, tapi sekarang google lebih canggih bacanya mak..g perlu kode2 booster..bacanya metadata ^^

      Hapus
  55. alhamdullilah sudah through all this...terakhir pasrahkan aja Gusti Allah, syukur kalau visitor rame :v, sebaliknya kalo engga no problemo deh :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya mbak dikasih tau cara manjangin url judul

      Hapus
  56. Sederhana juga yaa :D ww.seotomplas.tk

    BalasHapus
  57. Bener2 ilmu baru, mksh banyak udah berbagi ilmu mbak echa

    BalasHapus
  58. Waah banyak yang baru nih infonya, makasih ya mbak echa. Sering-sering berbagi tips ngeblog donk biar ikut ketularan pengunjungnya sampai ribu-ribuan per hari, hehe.

    BalasHapus
  59. Keren..kata "sederhana" memaksa sy untuk membaca artikel sampai selesai

    BalasHapus
  60. Alhamdulillah,dapat ilmu baru. Makasih tips dan sharingnya ya mbak. Kereeen deh. Blognya juga keren :-)

    BalasHapus
  61. Salam kenal mbak, kayaknya saya harus banyak belajar sama mbak ni biar blog saya rame...

    BalasHapus
  62. Wah saya harus banyak belajar sama mbaj echa ni biar blog saya ramai...
    Salam kenal mbak

    BalasHapus
  63. Saya harus banyak belajar sama mbak echa ni biar blog saya ramai...
    Salam kenal mbak echa

    BalasHapus
  64. Wah awam banget tentang ini jadi postingan ini sangat membantu banget. Makasih udh bagi2 infonya ya Mba. :)

    BalasHapus
  65. Wah saya awam banget tentang ini info berguna banget nget. Makasih ya, Mba :)

    BalasHapus
  66. Hehehe jelas banget nih ilmunya, jadi makin ngerti cara posting yang baik dan benar :D makasih mbak

    BalasHapus
  67. Hehehe jelas banget nih ilmunya, jadi makin ngerti cara posting yang baik dan benar :D makasih mbak

    BalasHapus
  68. bikin tag di label itu kudu banyak to ternyata ya?

    BalasHapus
  69. Angkat aku jadi muridmu mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eaaaaa...aku kudunya banyak belajar ama kang banyumurti 🙏🏻🙏🏻

      Hapus
    2. kalo belajar ke saya malah nanti trafiknya turun... :P

      Hapus
  70. Mbaaak...terimakasih banyak moga ilmunya berkah mbak...

    BalasHapus
  71. Ilmu baru nih, patut dicoba dan dipraktekkan. Makasih untuk tutorialny.

    BalasHapus
  72. Wah ini hal-hal kecil yang kadang malas kita perhatiin,padahal sangat berguna untuk ningkatin trafic blog.makasih tipsnya mak.. :D

    BalasHapus
  73. Ilmunya manteb mbak. TFS yaaa
    Biasanya yg bagian poto itu saya kosongin, ternyata perlu ya? hehe

    BalasHapus
  74. Wah bagus sekali ini ilmunya... bookmark ah.... makasih ya dek echa sdh share ilmunya

    BalasHapus
  75. Aku seringnya abis slese nulis Ya ush publish doang. Pdhl bbrp ada yg ush tau, tp ga dipraktekkan. Thx cha ush ngingetin

    BalasHapus
  76. Teknik sederhana, yang hasilnya cetar membahana Mak. Terima kasih sudah mau berbagi

    BalasHapus
  77. Makasih mak echa...ilmunya ... siip banget deh

    BalasHapus
  78. Makasih ilmunya,Mak. Membantu banget untuk pemula selertimu :)

    BalasHapus
  79. naahh iyaa ini banyak yang suka lupaaa dikerjain, terutama ngisi alt text itu sama submit url di webmaster, duuh kayaknya musti bookmark punyamu biar ga lupa euuyy. Btw soal yg submit link di judul postingan awal itu, link postingan itu ya? itu maksudnya biar langsung dibaca google link postingan kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya link url postingan ^^
      Ilmunya dari mba nchie hihihi. Dah aku praktekin

      Hapus
  80. Makasih mbak Echa ilmunya. Banyak yang belum aku tahu nih.

    BalasHapus
  81. 1 dan 5 yang belum dipraktikkan :)

    BalasHapus
  82. ko di aku ga ada deskripsi penelusuran ya mbak?

    T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibuka dulu metadescripsi nya di settingan blog ^^. Nanti kalau sudah dibuka, ototmatis keluar semua kolom deskripsi disetiap postingan blog

      Hapus
  83. Ini tips buat blog platform blogger ya mbak? Gimana yang wordpress?

    BalasHapus
  84. coba praktekin ahhh, makasih mak :D

    BalasHapus
  85. mak kalo mau masukin webmasternya itu dimananya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada dikomen atas. discroll aja ya komennya. sudah terjawab semua ^^
      Diwebmaster https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?hl=in

      Hapus
  86. Niceeeeeeeeeeeeeeee tipsssssssss thanks thanks :)

    BalasHapus
  87. catettt keceee maaak :) mksh yaa :)

    BalasHapus
  88. Thanks infonya echa, baru tau kalo upload gambar perlu isi properties :-)

    BalasHapus
  89. Wuih, teknik penulisan untuk blog baru nih :)

    BalasHapus
  90. Aku suka lupa kasih title di fotonya hehehe dan baru ngeh submit di google master. Praktikin ah. Tengkyu Echa. Muaaaah

    BalasHapus
  91. salam kenal mbak... mantap nih ilmunya... apalagi buat saya yang newbie di blogging :)

    BalasHapus
  92. kok aku ga ada "deskripsi penelusuran" ya, mak? ajarin soal google master juga dong, mak, qiqiqiqiqi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibuka disettingan mak metadatanya ada. Nanti otomatis tiap blogpost ada kolomnya

      Hapus
  93. Aku ngertinya label doang, hahaha

    BalasHapus
  94. ilmunya keren, baru tahu saya. Baiklah saya terapkan saat ngblog

    makasih maak...

    BalasHapus
  95. Waaa ternyata begitu rahasianya. Makasih mbak Echa

    BalasHapus
  96. Makasih banyak mbak udah menyebar ilmu penting, it helps :D

    BalasHapus
  97. Mba Echa, untuk no.5 itu berarti publish dulu baru edit ya? Kan baru ada link url setelah tulisan d publish? Hehe maap masih binung, need help :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya publish dulu baru edit ^^
      Baru ngisi meta gambar sama link nyebar

      Hapus
    2. Ooh...sip, makasi Mb:) tapi nanya lagi ya, hehe, Jadi ngisi meta gambar juga setelah publish? Ngga dari awal?

      Hapus
    3. Oohh..setelah baca ulang baru mudeng, krn metadata gambar hilang lagi jika ngedit postingan ya mbak,hihi,yowis, thx a lot mb Echa

      Hapus
  98. weleh ini untuk blogpost, tapi metadata di wordpress ada mbak dengan ditambahkan excerpt, itu kalo mau main SEO tapinya, aku hanya beberapa blogpost aja yg dinyalakan indikator SEOnya mbak, kalo di WP ada lampunya dari merah ke hijau

    BalasHapus
  99. ilmu baruuu... makasih mba echa :)

    BalasHapus
  100. no 4 n 5 baru tahu. makasih sharingnya mami rafiiii :*

    BalasHapus
  101. Done! mulai sekarang tulisannya mau diginiin ah.. Makasih Mami Raffi :)

    BalasHapus
  102. Udah praktik semua, kecuali nomor 5

    BalasHapus
  103. Baru pake yang no 1 dan 2, yang lainnya belum hi..hi..
    Makasih sharingnya Mak Echa.. :)

    BalasHapus
  104. Mb, kalo fotonya dari embed seperti flickr, pinterest, photobucket gt apa tetap bisa terindeks google ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap bisa, tapi yang keluar dari pinterest bukan dari blog kita ^^ walau nanti dari pinterest ttp ngarahin keblog kita

      Hapus
  105. Sederhana tapi berdampak besar bagi sebuah blog...
    Dari kelima tips diatas sudah lama aku terapin untuk blog dan setiap ada postingan terbaru:)

    BalasHapus
  106. Makasih sharingnya Cha, keren tapi tak terlalu sulit melakukannya. Aku belu, lakukan yang masalah meta deskripsi.
    hehehe, aku telmi juga ya, pernah beberapa kali melakukan untuk job, malah nulsi di blog sendiri lupa

    BalasHapus
  107. Kelima - limanya udah saya lakuin mbak, ternyata saya udah di jalan yang benar. Tinggal nyari beberapa backlink yang berkualitas nihh, mohon bantuannya yaa mbak :)

    BalasHapus
  108. Nah, yang ini suka lupa saya: submit url di webmaster google ... pernah mengerjakannya tapi hanya beberapa kali. Kayaknya harus tiap posting, ya?

    Btw, makasih ya tip2nya, Mbak. Ini tip yang ramah utk blog gado2 :)

    BalasHapus
  109. Eh, komen saya tadi masuk gak yah?

    BalasHapus
  110. wah tutorialnya lengkap banget..mantap dah :)

    BalasHapus
  111. hana baru tahu soal deskripsi ini :D makasih banyak mba :D
    wah peer nih banyak yang perlu diedit..
    hihihi :D

    BalasHapus
  112. Echa, ternyata banyak yang harus dipelajari, ya, untuk memiliki blog yang berbobot. Bunda masih harus banyak belajar tentang ngeblog. Dan kenyataannya masih belajar sampe sekarang.

    BalasHapus
  113. Waah.. Makasih tips2nya mbak. Akan dicoba. :)

    Salam kenal dari sesama cancer survivor. :)

    BalasHapus
  114. makasih mak buat ilmunya..keren..baru tau saya

    BalasHapus
  115. Mbaak, deskripsi penelusuranku kok ndak ada ya? *baru sadar :(. Kalo box-nya ilang, gimana cara munculinnya ya?

    BalasHapus
  116. Terimakasih ilmunya mbak ^_^
    bermanfaat banget buat saya.

    BalasHapus
  117. alhamdulillah... terima kasih banyak utk ilmunya ya mbak Ecah... hhee

    BalasHapus
  118. Makasih ilmunya mba Echaaaaaaaaa

    BalasHapus
  119. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  120. Aduh mba echa kmren kyk uda paham pas d coba g mudeng y hihihi... Semangt deh nanti d coba lagi mksih

    BalasHapus
  121. Echa, bunda kl selesai bikin postingan, dibaca ulang dulu, baru publish yrus d
    Share ke sosmed,tp suka lupa share ke Webmaster Tools. Bunda mau baca jlang postingan bunda. Tfs, Echa

    BalasHapus
  122. Echaa...makasih ilmunya akan bunda baca lg berulang-ulang nih. Bunda selesai publish suka lupa setor ke Webmaster.

    BalasHapus
  123. Yamvuuunnn, ternyata begitu ya caranya, dan itu ada fungsi di dashboard yang enggak pernah aku pake. Hahahaha

    BalasHapus
  124. Ya,ampiyuuun...ini penting banget #tepokjidat -- dari ke-5 hal yang harus dilakukan, baru no.5 dan no.2 yang bunda kerjakan -- itupun untuk no.2 gak menurut aturan kelles karena itu LABEL masih amburadul. Yang lain akan mulai bunda trapkan dalam postingan hari ini. Terima kasih sharing-nya Echa.

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^