Resep Pie Susu Hanya Menggunakan Panci Teflon

pie susu pakai teflon

Resep Pie Susu Hanya Menggunakan Panci Teflon. Suka makan pie susu? Saya juga suka :D. Sekali dua kali gigitan pasti udah habis bener nggak? Soalnya pie susu kan kecil-kecil. Nah, sekarang lagi tren bikin pie susu yang segede piring makan 24 cm.

Resep pie susu segede piring si ibu Wahyuni itu viral dishare kemana-mana. Kenapa jadi viral? Soalnya cara membuatnya cuma pakai teflon saja. Serius! Mulai dari bikinnya, nyampurnya semua dipanci penggorengan teflon saja. Tanpa mixer dan tanpa oven juga plusnya, makanya banyak yang pengen nyobain bikin sendiri. Hehehe.

Akhirnya resep itu sampai digrup facebook Langsung Enak dan mulai dicoba banyak anggotanya. Karena penasaran, bener tidak itu pie susu bisa jadi cuma pakai panci teflon. Saya juga gitu ikutan penasaran pengen nyoba. Makanya pas lihat isi kulkas ternyata kebetulan ada semua bahannya, saya langsung mencoba resep pie susu pakai teflon ini hehehe. Cuma resep asli saya modif dikit sesuai selera ^^. 

Oh iya, pie susu sama egg tart sama tidak? Sebenarnya sama, mulai dari adonan sampai flanya. Cuma kalau pie susu di Indonesia suka ditambah macam-macam. Kayak topping coklat, kacang, meses dan lain-lain terserah yang bikin.

Ya sudah, ini dia cara membuat pie susu menggunakan panci teflon saja. Saya sertakan beserta triknya ya biar lebih mudah membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan 

1. Tepung terigu 250gram
2. Telur utuh besar1 butir
3. Mantega 100gram ( saya pakai mantega75gram dan butter 25gram)
4. Maizena 1 sendok makan + 100ml air matang ( aduk rata )
5. Susu kental manis 250ml
6. 3 butir kuning telur

pie susu pakai teflon


Cara membuat :

1. Siapkan wajan atau panci teflon untuk penggorengan. Bersihkan ya jangan sampai ada kerak bekas goreng makanan sebelumnya. Tapi saya sendiri sebenarnya rada aneh membuat adonan di panci teflon hehehe. Kalau misalnya mau bikinnya di wadah biasa sih tidak apa-apa, senyamannya saja.

Pancinya harus teflon ya? Yang pasti panci penggorengan yang tidak membuat lengket ^^. Saya pakai panci teflon maxim saja kok ^^.

2. Masukkan 250 gram tepung dan 100gram mantega 


3. Aduk rata kedua bahan hingga menyatu


4. Masukkan 1 butir telur utuh


5. Aduk rata sampai kalis. Saya sebenarnya lebih suka mengadon seperti ini pakai tangan seh (pakai plastik sarung tangan gitu). Lalu ratakan dalam penggorengan teflon adonannya dengan bagian atasnya ditekuk kedalam semua. Tebal kulitnya terserah selera masing-masing. Cuma si papih suka kulitnya tebel seh. Sisihkan.

Saya sendiri lebih suka kalau sebelum adonan kulit ditata diteflon, pancinya diolesi mantega dulu ^^.

Adonan kali lalu mulai ratakan kepinggir

6. Ditempat terpisah, campur 250 susu kental manis dan 3 butir kuning telur. Aduk rata sampai menyatu semua ya.


7. Masukkan campuran maizena dan air kedalam telur dan susu tadi. Aduk rata kembali. Ini harus sampai rata ya ngaduknya soalnya penentu fla jadi mulus :D


8. Masukkan ketengah adonan di teflon tadi

Pie susu menggunakan panci teflon

9. Ada dua cara untuk memasukkan flanya kedalam adonan kulit. Yang pertama seperti cara diatas, yang kedua campuran susu, telur, air dan maizena dimasak terlebih dahulu diapi kecil banget sambil diaduk terus. Setelah agak panas, baru tuang keadonan dipanci. 

Saya lebih suka pakai cara yang kedua seh. Soalnya masak pie susu pakai teflon ini perlu waktu yang lumayan lama. Daripada gasnya boros, mending saya masak dulu bentar saja fla-nya. Jadi kita tidak perlu nunggu lama kan. Hehehe.

10. Masak pie susu dengan api kecil banget (nyaris mati) dengan ditutup dibagian atasnya ya. Masak selama 30-1 jam (tergantung kematangan). Lihat jangan sampai gosong bawahnya. Kalau diresep asli katanya cuma 15 menit, tapi 2 kali saya nyoba tidakpernah bisa matang kalau cuma 15 menit xD. Kecuali apinya besar dan bisa-bisa jadi gosong dong hehehe.. Jadi saya cari aman lebih baik masak agak lama dengan api yang suangat kecil. 

Salah satu cara biar tidak gosong kulit pienya dan fla sudah matang ya pakai cara kedua masukkan adonan fla-nya. Yaitu dengan masak fla dengan terus diaduk pakai api kecil sampai panas saja baru masukkan ke adonan kulit. ^^.


11. Tara, ini hasilnya ^^. Butuh waktu 30-1 jam tergantung kompornya yak ^^.

pie susu pakai teflon


Oh iya, fla yang ada ditengah pie susunya halus dan mulus banget. Dan kulit pie juga tidak gosong ^^. Intinya ya itu, kudu dimasak pakai api kecil banget nyaris mati ^^. Karena kalau apinya kebesaran, pasti hasilnya beda. 

Cara penyajiannya kembali keselera masing-masing ya. Saya lebih suka dimasukkan kekulkas dulu sampai dingin baru dimakan. Tapi dimakan hangat juga enak-enak saja seh. Selera masing-masing ^^.

pie susu pakai teflon

Pie susu menggunakan panci teflon
Yummy

Setelah mencoba, hasilnya memang enak dan manis. Untuk konsumsi sekeluarga juga cepet habisnya hehe. Cuma beda hasil fla saja menurut saya. Biasanya kalau beli pie susu ditoko gitu, fla-nya lebih kenyal kental gitu. Kalau ini kurang kental, tapi kalau ditanya soal rasa tetap enak kok.

Jangan lupa untuk minum air putih yang banyak setelah makan pie susu ini :D. Soalnya rasanya kan manis banget, kalau yang sensitif tenggorokannya seperti saya pasti langsung kurang enak nelennya :D.

pie susu pakai teflon

Anak saya lahap kok makan pie susu ini. Hihi. Nggak pakai lama, itu pie susu sepiring langsung habis bis bis dimakan sekeluarga. Apalagi sekarang kan cuacanya emang sering hujan.. makan pie susu dengan ditemani rintik hujan berasa romatis gitu #eh.

Pie susu menggunakan panci teflon

Gimana-gimana? Penasaran tidak nyobain resep ini? Selain simpel banget karena tidak memerlukan banyak peralatan memasak cukup panci teflon saja, pie susu ini juga tidak memakai mixer atau oven. Cukup mudah kok, buat pemula sekalipun. Makasih sharing resepnya si Ibu Wahyuni, kami jadi pada bikin dan berhasil. Yippieee

Yang pasti rasanya enak, dijamin ^^. Selamat mencoba membuat pie susu dengan panci teflon ini ^^

76 comments:

  1. aih,boleh nih....makasih mak resepnyaaa^^

    ReplyDelete
  2. Pas bngt resepnya aku nggak punya oven, kpn2 aku praktekin resepnya yaa

    ReplyDelete
  3. Ga banyak cucian piring ya, Mak.. Hehehe...
    Penasaran sama kue ini. Mau nyoba bikin juga tapi telur sisa 2 dan ga ada SKM. Beli dulu :D

    ReplyDelete
  4. *glek glek glek*
    Waaa, simple banget. mau coba ah.

    ReplyDelete
  5. Aaahh gampang ya mbak, jadi pengen coba juga :)

    ReplyDelete
  6. Waaah langsung pengen ngubek-ngubek koleksi teflon ibuk dirumah hahahaha :D

    Thank you infonya, Echa :)

    Hello!
    Titaz
    www.titaztitaz.com

    ReplyDelete
  7. woowww aku suka pai susu

    ReplyDelete
  8. Wah pie nya cantik mulus. Mau nyoba buat pake happy call :)

    ReplyDelete
  9. Knp nguleninya hrs di teflon y mbak? Kan bisa di wadah dulu. Br masak di teflon. Atau sekalian panasin teflonnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar ga pake wadah lagi seh sebenare jadi ga banyak cuci2 perlengkapan xD

      Delete
    2. Teflonnya ga usah dipanasin...langsung aja

      Delete
  10. Pas nih bahannya ada semua. Makasih yaa resepnya

    ReplyDelete
  11. Mudah bikinnya. Makasih mak. Langsung hafal caranya

    ReplyDelete
  12. Waah, gampang yak. Bookmark ah. Tengkyu Ya, Mak

    ReplyDelete
  13. Ketone lembut banget :3
    kalo aku yang bikin pasti ancur dan gosong ;'D

    ReplyDelete
  14. Iyah Mbak, lagi kekinian yah ini di group LE, jadi pengen coba juga aahh.. harus segera dieksekusiii :D

    ReplyDelete
  15. AAACCKK! Jadi pengin nyobain di rumah :'D

    ReplyDelete
  16. Bookmarked...bookmarked...
    Duh senengnya Rafi punya ibu yang pinter masak kue-kuean :)

    ReplyDelete
  17. Kayaknyaaa enaak.. Mau cobaaa ah echaa ;)

    ReplyDelete
  18. Wah... bikin pie susu bisa pakai teflon juga ya Mba.. Ternyata mudah banget ya bikinnya.. Btw, makasih ya sudah berbagi resepnya.. Ntar dicobain di rumah ..secara aku suka banget sama pie susu..

    ReplyDelete
  19. waaaaa pizza teflon aja belom sempet bikin udah ada pie susu teflon heheuuu

    ReplyDelete
  20. aseeek....pie susu kesukaan Olive..
    hmm, ideenya ada aja si emak raffi niy
    ntar minggu nyobain ahh..
    hihuuuuu...mamacih maak resepnya, ntar kalo dah bikiin aku tag...

    *ngileeer

    ReplyDelete
  21. waa.. gampang banget. Besok coba ahh..
    Tapi aku bikin adonan kulitnya di panci biasa jg gpp kan.. kok rasanya aneh klo nguleni di atas teflon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya sama..rasanya aneh ngulen di panci --"

      Delete
  22. Sepertiny mudah. Tapi aku ga bakat buat kue. Bakatnya ngabisin kue hehehehe

    ReplyDelete
  23. Kudu beli teflon baru nih, khusus buat bikin pie :D

    ReplyDelete
  24. Bikin ngeces..
    anak saya suka pie
    salam sehat dan sukses mak Echa

    ReplyDelete
  25. Sepertinya, hari ini kuikuti jejakmu mba hehehehehe

    ReplyDelete
  26. Mau coba aaahh...secara nggak punya mixer dan oven, hahaha..makasih Mba Echa ;)

    ReplyDelete
  27. Huaa...praktis banget. Bikin mupeng

    ReplyDelete
  28. Langsung dibukmak buat minggu mau praktek ah, makasih mami Raffi

    ReplyDelete
  29. Gampang ya. Di-save dulu resepnya.
    Makasih, mbak Echa :))

    ReplyDelete
  30. Gampang bgt yaah. Tp aku khawatir teflonku rusak kalau buat masak lama2 soalnya tipis lapisannya. harus beli yg tebel nih

    ReplyDelete
  31. Karena aq suka pie susu maka aq tertarik untuk mencoba juga

    ReplyDelete
  32. ngiler pengennnnnnn, tapi bingung bikinnya secara saya kos :D
    di rumah sodara, sungkan :D

    kapan2 tak contek cara bikinnya Kak :D

    ReplyDelete
  33. Pengen nyoba semoga aku telaten deh ya, makasih resepnya Mbk.

    ReplyDelete
  34. Sangat praktis ya mbak Cha ngga banyak pakai peralatan masak :)

    ReplyDelete
  35. Praktis.. Pengen cobaaa ^^

    ReplyDelete
  36. aku conteh yaaa, gampang ternyata ya caranya

    ReplyDelete
  37. Aku juga pernah liat resep kayak gini di fb.. tapi setelah pembuktian mak echa... aku tak ikutan nyoba ah... nyontek ya mbak resepnya ^_^... udah ngiler duluan ih -_- *nelen ludah

    ReplyDelete
  38. Langsung tak saved dan bukmark biar ngga lepas x))

    ReplyDelete
  39. Biasa makan yg kecil2 abis banyak. Pengen nyoba yg ini..ngiler lihatnya. mksh ya.

    ReplyDelete
  40. Wah batu tahu .... Cobain juga ahh

    ReplyDelete
  41. Mba Cha..itu ko bisa rapi pas di teflonnya. Kayak yang dicetak..heuheu..mau bisa rapi juga

    ReplyDelete
  42. Mba Echa, triiimss sharing resepnya. berhubung gak punya oven jd teflon amat sangat membantu, ya.. semalem nyoba dan hasilnya enaaakkk maaak hihi.. jd mau nyoba lagi :D

    ReplyDelete
  43. Mulus bangeeet pie susunya :D Raffi juga serius banget itu makan pienya.

    Thanks resepnya ya mba Echa.. pas banget lagi nggak bisa order pie ke sodara,mending coba bikin sendiri dulu kali yaa..heheh

    ReplyDelete
  44. mau nyobaaaaaak... gimpil banget.. besok praktik aah

    ReplyDelete
  45. Wah, maeme marem tenan, kapan-kapan bikin, ya semoga bisa, hahaha
    Habisnya, kayanya sih mudah, pas bikin nggak hasil alias gagal.

    ReplyDelete
  46. kayaknya enak, bikinnya juga lebih praktis, nggak harus pusing mikirin cetakan pie dan oven

    ReplyDelete
  47. Terima kasih, simpel sekali how to pie susunya. Siap jadi calon ayah idaman buat istriku kelak hehe :D

    ReplyDelete
  48. enak banget nih. bisa langsung coba ah...kira2 d kasih toping tambah enak gak ya?

    ReplyDelete
  49. behh, ini ni makanan enak tapi sederhana banget buatnya. makasih info nya ya mbak :-)

    ReplyDelete
  50. Menggoda banget untuk dicoba nih pie.

    ReplyDelete
  51. Hey mbaaaak.... aku udah nyoba dgn panduan resep step by step nya. Enyaaaak bgt. Cuman krn msh trial error jg baru first time ada sdkt kegagalan, ketebelen kulitnya. overall ok. Mksh yaa. Silakan berkunjung ke blog ku.jg yaa sekarpembayun.blogspot.com

    ReplyDelete
  52. Ini q baru nyoba mbak....makasih resepnya mbkkk...

    ReplyDelete
  53. Terima kasih resep nya.. kmrn udh nyoba dan sukses ga gosong. Anak sy suka bgt.. tp mateng nya 80 menitan. Kl 60 menit pinggirnya doang yg kering, tengahnya msh encer

    ReplyDelete
  54. Thank you sharingnya.
    Mau tanya sedikit, saya dan istri kan coba bikin sesuai resep di atas. Tapi pas udh di masak 30 menit kok flanya gak bisa mulus ya? Cenderung mirip busa atau kayak telor dadar. Pokoknya ga mulus bu. Kira-kira salahnya dimana ya? Apa kurang lama dikompornya? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya karena api kegedean atau g diaduk terus flanya jadi bentuknya gt ^^

      Delete
    2. Thx for reply.
      Sudah pakai api paling kecil bu. Beda kompornya kali ya.
      Pas digabungin dengan kulitnya flanya tetap diaduk? Kan sdh saya panaskan dulu sambil diaduk sebelumnya.

      Delete
    3. pakai api kecil sambil terus diaduk jadi dia ga ada kesempatan untuk nggumpal pak. Biasanya kalau berhenti ngaduk dia jadi gumpal ^^. Jadi makanya kudu terus adukk hehehehe. Pas vla sudah dimasukin kekulit jangan diaduk lagi ya pak biar mulus. semangattt pak

      Delete
  55. Ah akuu mau cobaain ini maak :) love :*

    ReplyDelete
  56. Layak coba buat konsumsi sendiri, soalnya suka yang manis manis hihihi, makasih udah sharing Mba Echa

    ReplyDelete
  57. ijin share ke blog ku ya... buat isi isi. hihi

    ReplyDelete
  58. Mudah ya, Mbak. Buatnya. Aku juga mau coba buat dua krucil ini. :D

    ReplyDelete
  59. Aku suka semua olahan dari susu. Pie ini kayanya enak dibuat camilan juga

    ReplyDelete
  60. Makasih resepnya. Mau coba di rumah. :)

    ReplyDelete
  61. Izin copas, ya? Buat kuprint, terus kasih ke istri biar dibuatkan. Hehehehe

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^