Cerita Kehamilan Bulan Kedua

Cerita Kehamilan Bulan Kedua

Cerita kehamilan bulan kedua. Hamil lagi sesyuatu ya alhamdulillah. Saya baru nyadar di minggu ke-3 kehamilan, soalnya kebetulan saya orang yang selalu 'ngeh' sama badan sendiri. Jadi beda dikit, pasti ada yang lain terjadi ditubuh. Lalu saya juga akhirnya menyapih Raffi total tidak dengan wwl. Yang penting dah lulus s2 ASI huhuy *kibas jilbab.


Karena dari awal hamil saya sudah keliyengan pusing jadi tidak jauh berbeda keadaan pusing kepalanya. Bedanya, saya mulai muntah terus-terusan dari jam 8-9 pagi sampai jam 1 malam. Yuhuuu, morning sickness (yang tidak hanya morning) akhirnya datang menghampiri ditrisemester pertama kehamilan ini *congrats ya Cha! :v. 


Bulan kedua kehamilan ini juga pembentukan otak, jadi kalau bisa makan makanan bergizi yang mengandung banyak asam folat, aa, dha dll biar kecukupan gizi terpenuhi. Tapi saya kebetulan tidak bisa minum susu untuk kehamilan ini, jadi cari makanan lain yang bisa masuk. Cuma ada makanan masuk saja saya senangnya minta ampun :"). Secara mual muntah sesuatu dibulan kedua kehamilan ini. Makanya jadi malas makan xD.

Yang buat saya kurang nyaman adalah saat muntah. Saking terus-terusan muntah, kelenjar getah bening saya ikutan bengkak juga --". Selain itu karena saya penderita syaraf kejepit, itu sakit bagian pinggang mulai kerasa kalau kebanyakan jalan. 

Kehamilan Minggu ke-5 HPHT (minggu ke-3 konsepsi)


Minggu ini dimulai yang namanya fase Embriologi. Kalau pada saya yang terjadi ya PD terasa sedikit mengeras dan bagian puting menghitam. 

Pada minggu ini mungkin karena kecapekan datang keacara parenting :v saya kena flu, kepala yang sudah pusing jadi tambah pusing. Tenggorokan dah sakit nelan. Tadinya sih mau nahan tidak minum obat flu atau segera kedokter, tapi tiba-tiba.....

Saya flek. Karena khawatir tidak mau kecolongan karena kurang aware seperti kehamilan sebelumnya, kami langsung kedokter kandungan. Soalnya makin lama walau hanya flek coklat, tapi jumlahnya semakin banyak. Kami bergegas kedokter dengan penuh doa, tapi masih berharap positif karena fleknya bukan darah jadi coklat pekat saja.


flek

Sesampai didokter kandungan, saya langsung di USG. Kantung alhamdulillah masih terlihat dan pertumbuhannya normal walau belum terlihat janin. Cuma dokter bilang saya kurang minum, makanya hasil USG kurang bening. Syukurlah, kamu masih bersama kami Nak!.

USG 5w2d SAC 10 cm
USG 5w2d SAC 10 cm

Saya kemudian diberikan obat anti kontraksi dan penguat kandungan. Dan untuk mengobati flu, saya diberikan obat pereda flu yang aman untuk ibu hamil. Kenapa saya obati flunya? Kalau dulu saat belum ada Raffi saya tenang santai, tapi kan sekarang saya ada anak kecil bisa-bisa flunya nular.

Flek yang terjadi bisa karena banyak sebab. Bisa kelelahan, memang pas masanya menempel imlantasi atau juga ada kelainan. Jadi memang patut diwaspadai. Kalau kata dokter kandunganku, saat hamil apabila ada cairan yang berbeda dari mrs V itu HARAM hukumnya. Jangan sampai dan apabila kejadian langsung kedokter. 

Ini juga pengalaman saya yang bikin santai kehamilan sebelumnya karena flek :"( makanya kami tidak mau terlambat ngedeteksi semuanya :"). 

Hystolan, obat anti kontraksi dan pregonlin, obat penguat kandungan
Hystolan, obat anti kontraksi dan pregonlin, obat penguat kandungan

Obat flu yang aman untuk ibu hamil
Obat flu yang aman untuk ibu hamil 


Kehamilan Minggu ke-6 HPHT (minggu ke-4 konsepsi)

Saat pertama kali flek di minggu ke-5 kehamilan, ternyata seminggu kemudian fleknya berkurang tapi sayangnya masih keluar. Karena saya diminta bedrest atau benar-benar tidak melakukan kegiatan apa-apa ya kerjaannya diem saja. Jadi bangun cuma untuk muntah saja, makan dan mandi. Kepala masih pusing ga kuat kayak muter.. Pada minggu ini, pertama kali saya ngerasa ngerasa syaraf kejepit saya dibagian pinggang kumat sedikit demi sedikit. Walau dokter sudah bilang semakin besar kehamilan kondisi akan semakin sering kumat, tetap saja sakitnya ampun...

Raffi gimana? Alhamdulillah, suami ngebantu saat saya seperti ini. Dan Raffi juga rada kalem dari biasanya, mungkin tau kalau saya lagi butuh pelukan. Makanya saya sebel kalau kalah lomba, ikut lomba cuma untuk berbagi? Well, semua orang ikutan pasti berharap menang keuleus :v. Jadi jangan pernah nyalahin kenapa saya baper kalah lomba *jirrr OOT banget ini curhatnya :v

Flu saya sudah sembuh, giliran Raffi yang ketularan flu. Akhirnya kami pergi lagi ke RS, selain untuk konsultasi kenapa masih flek belum berhenti juga untuk periksa flu Raffi yang panas sampe 39.

flek
Flek

Setelah diperiksa DSA, Raffi kena flu biasa tapi diwanti-wanti kalau dalam 3 hari demam tidak turun langsung tes darah. Sayapun setelah ke dokter kandungan, alhamdulillah kantung masih dalam keadaan bagus dan berkembang. Belum keliatan janin yang bikin deg-degan. Untuk flek saya tetap diminta istirahat full dirumah. Dan obat anti kontraksi dan penguat terus diminum. Sebenarnya saya diberiobat anti mual yaitu ondasentron. Tapi karena setelah minum saya memang tidak mual tapi  keliyengannya makin parah saya hentikan. Wes ben muntah muntah o wes yang penting sehat.

Oke semangat, semoga bisa istirahat full kala anak lagi sakit --".Bismillah saja dah. Yang pasti kami lega, janin terus berkembang sehat walau flek terus ada. Selalu sehat ya Nak.

Hasil USG 6w3d SAC GS 24,5mm
Hasil USG 6w3d SAC GS 24,5mm


Kehamilan minggu ke-7 HPHT (minggu ke-5 konsepsi)

Diminggu ini flek masih ada tapi sangat berkurang. Jadi bisa beberapa hari sekali muncul lagi flek tapi dikit. Dan diminggu ini flek berhenti total. Alhamdulillah. Untuk mual, muntah dan keliyengan masih berlanjut :").  Dan saya malah malas makan makanya berat badan turun sampai 4 kg :").

Saya periksa lagi kedokter saat flek berhenti total dan finally, janin sudah terlihat. MasyaAllah. Alhamdulillah :"). Saya diminta untuk meneruskan pregnolin untuk 5 hari saja dan vitamin seperti biasa. 

USG 7w1d CRL 10,1mm SAC 29,6mm
USG 7w1d CRL 10,1mm SAC 29,6mm


Kehamilan minggu ke-8 HPHT (minggu ke-6 konsepsi)

Diminggu ini mual, keliyengan dan muntah alhamdulillah masih terjadi :)))). Ra uwes-uwes :v. Sakit syaraf kadang muncul, makanya saya kalau mau bangun dari kasur pelan-pelan baru bisa berdiri. Terus tiba-tiba saya ngerasa tiba-tiba sakit saat buru-buru pindah posisi. Karena baru pertama ngalami dan suami lagi santeeee, kami periksa kedokter lagi. Namanya juga takut napa-napa. 

Saat di USG, janinnya muter-muterrrr atas bawah gitu xD. Tapi, dokternya bilang ini tetap harus istirahat. Soalnya bentuknya kantung janin masih belum kembali bulat :"( jadi lonjong dan kurang beraturan. Sedih rasanya. Tapi lihat dia semangat centil gitu muter-muter, saya jadi semangat buat balikin lagi kantung janinnya jadi bulat :"). Bismillah.

USG 8w6d CRL 2,15cm
USG 8w6d CRL 2,15cm

Apa beda hasil USG ibu yang pernah flek dan yang tidak? Kalau ibu yang belum pernah kontraksi kantungnya akan bulat, sedangkan ibu yang pernah kontraksi kantung janin akan jadi lonjong bahkan ada yang sampai jadi bulan sabit. Bayangin coba, harusnya dia enak muter-muter didalam kantung, jadi tidak bebas berenangnya karena kontraksi :").

Ini saya coba bandingkan dengan kantung kehamilan saat hamil Raffi ya ^^ diusia yang hampir sama. Tapi saat hamil Raffi saya tidak mengalami namanya flek. Kelihatan kan bedanya?
Ini usg Raffi di usia 8w kehamilan tanpa flek
Ini usg Raffi di usia 8w kehamilan
Kelihatan bedanya kan kantungnya bulan sempurna :")

Bismillah semoga bisa balikin lagi kekantung bulat lagi :"). Oh ya, buat ibu-ibu saat minggu ke 7-8 biasanya sudah terlihat janin. Bila belum terlihat bisa ditunggu sampai minggu ke-12 kehamilan. Selebihnya, biasanya dokter akan menyatakan hamil kosong atau biasa disebut blighted ovum dan harus segera dikeluarkan (atau kadang keluar sendiri biasanya).

Saat kehamilan bulan kedua ini, saya selalu kepo dengan hasil USG ukuran kantung plus janin yang ada dikandungan. Sebagai patokan, saya menggunakan tabel dibawah untuk bahan pembanding. Padahal ya, tiap janin beda-beda lah wong yang hamil aja beda. Tul tidak?


Ini tabel GS SAC dan CRL yang jadi patokan saya dalam
membaca USG kehamilan dibulan kedua dan ketiga.

Ini cerita kehamilan bulan kedua saya. Semoga bermanfaat buat yang memerlukan ya. Semoga kita semua yang lagi hamil sehat-sehat janin juga sehat-sehat sempurna sampai masanya tiba. Semangat bumil!!!

19 comments:

  1. Wah aku belum hamil jadi belum bisa cerita kehamilan nih.

    ReplyDelete
  2. Lha aku kan cowok kok cerita kehamilan. MAAP MAAP

    ReplyDelete
  3. Semangat terus ya bumil..insyaallah mual dan pusingnya segera berakhir. Alhamdhulilah aku udah masuk minggu ke 18 mual udh berkuranh bgt n alhamdhulilah bisa puasa tp flu dr awal hamil smp sekarang ga sembuh2 terutama hidup bumpet jd klo malem ga bisa tidur
    Moga2 kita n baby diberi kesehatan trs sama Allah ya. Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mak sehat2 ya..aku masih 15-16w skrg jadi masih kliyengan, ada yang masuk saja dah syukur :")

      Delete
  4. Mbaaaaaa, aku baru saja dari obgyn tadi pagi karena aku 4 hari flek terus padahal biasanya mens lancar. Baru 5 bulan menikah sih tapi lagi suka banget baca-baca cerita soal kehamilan orang lain. Semoga cepet nular hehehehe.

    nyonyanyinya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih dah mampir ya.. flek ya bukan mens? semoga dimudahkan ya :* *injek kaki yang kenceng ben nular

      Delete
  5. Semoga sehat-sehat selalu ...
    Semuanya ...

    Salam saya Echa

    ReplyDelete
  6. Aq kemaren pas bulan ke2 sm ke3 rada ngeflek2 gitu mba, tapi dikit2 sih kyak mens mau hbs gitu... Tapi kl dilihat hasil usgnya ga lonjong2 gt, tetep normal aja bulat... Aku tuh ngefleknya kl hbs jalan2 atau aktifitas gt, tp walopun gt aq mah ngeyel tetep aja jalan2 hehe... Tp Alhamdulillah skrg udah enggak...
    Mba echa ma debay sehat2 ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena dikit2 aku kontraksi cukup lama 2 minggu ^^

      kamu juga yo sehat2 :*

      Delete
  7. Sehat ya Mak Echa, lancar sampe persalinan ☺

    ReplyDelete
  8. Seperti temenku juga gitu mbak,, nggak mau makan, ini udah tri semester pertama ampe turun 10kg,, dan mualnya on the way terus,,
    ahhh,, pokoknya semangat ya para bumil :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapppp semangat, apalah arti mual2 dibanding anaknya sehat ^^

      Delete
  9. wah selamat ya bunda, aku baru hamil 4 mingguan... pas 2 hr lalu malem lagi santai nonton malah tiba2 sleppp kaya ada yg keluar dr miss v... pas cek ternyata flek... darahnya masih merah2 pink lagi....trus tiba2 suami pulang dan aku langsung lapor dan panik ke suami... ampe nangis histeris soalnya aku pernah keguguran bln feb kmrn thn ini... jadi aku trauma bgt kalo ampe kehilangan baby lagi =((.... pas malem2 jam 10n aku telpon semua obgyn yg aku kenal nanya kalo klinik masih buka. trus akhirnya disaranin ke klinik 24 jam. Puji Tuhan dokter obgyn msh mau layanin aku meskipun dia lg layanin pasien trakhir dan jam prakteknya mau tutup... pas di cek ternyata kondisi janin mang kurang baik... tapi beliau saranin untuk coba dipertahankan dgn byk istirahat dan minum penguat janin. nunggu 2 minggu lagi ni mau cek perkembangannya... aku cuma bisa byk istirahat, minum obat, makan mknn bgizi ama berdoa... berharap bgt baby tambah sehat dan kuat.... amin...m

    ReplyDelete
    Replies
    1. istirahaaaaaaaaaaaat ya, jangan banyak berdiri tiduran saja. Positif thinking ya mbak ^^
      Semoga kuat baby dan ibunya :*
      Semangaaattt

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^