Resep Kue Kastengel Bunga


Resep Kue Kastengel Bunga. Lebaran sebentar lagi, mari kita sambut gembira. Cepet ya? 2 minggu lagi lebaran hehehe. Sudah pada beli tiket mudik belum? Mayan loh harga tiket sekarang ini :"). Ngomong-ngomong lebaran sudah pada sedia kue buat silaturahmi belum? Biasanya sedia kue kering kan? Entah buat hantaran  lebaran atau untuk dirumah saat menjamu tamu di Hari Raya. Saya juga ^^, makanya kali ini saya mau share resep kastengel bunga.


Kue kastengel ini adalah salah satu kue populer saat lebaran. Biasanya pasangannya sama kue nastar yang isinya nanas. Bentuknya yang khas, pasti orang sudah bisa nebak kalau itu kue kastangel dan nastar hihihi.

Dari asal usulnya, kastangel dari bahasa Belanda, yaitu kaas ( keju) dan stengels (batangan). Penyebutannya juga aslinya Kaastengels dan akhirnya dimodif sesuai lidah orang Indonesia jadi kastengel :D.

Kastengel di Belanda itu rada panjang tidak seperti yang biasa kita lihat di Indonesia. Mungkin dulu masuk saat masa penjajahan Belanda kali ya. Dan karena rasanya yang gurih, anak-anak bahkan orang dewasa suka. Saya saja sering buat ini untuk MPASI Raffi ^^.

Untuk tahun ini, saya ingin membuat kastengel bentuk bunga. Resepnya saya pakai resep NCC ibu Fatmah Bahalwan. Kenapa pilih bikin kastengel, karena selain sudah biasa pakai resep ini, pilihan masakan dari keju jadi kesukaan keluarga kami. 

Kali ini saya tidak mencetak adonan kastengel dengan cutter tapi teknik pengerjaannya seperti membuat kue semprit. Ini saya lakukan karena lagi malas cetak-cetak pakai cutter hehehe. Jadi pakai cara lain yang lebih gampang, tapi tetap bentuk bunga. Biar rada lain daripada yang lain gitu.

Karena ini bukan cetakan tapi pakai spuit, maka saya harus sedikit mengurangi adonan tepungnya. Spuit yang saya gunakan bentuk bunga atau bintang. Dan cara membentuk bunganya dari atas sampai mekar baru dilepas bukan diputar ya ^^.

 
Ini spuit kembang untuk bikin bunganya.
Saya gak tahu ini nomer berapa soalnya beli satuan waktu itu dipasar


Dan ini resep kue kastengel bunga 
(Resep asli NCC Fatmah Bahalwan)

Bahan :
300 gr mentega
200 gr keju tua parut
400 gr tepung terigu protein sedang (saya kurangi sedikit lihat adonannya biar tidak terlalu keras)
2 sdm susu bubuk
2 btr kuning telur

Bahan olesan :
3 btr kuning telur, kocok lepas dengan 1-2 sdm susu cair
Kuas olesan

Topping kastengel :
Keju cheddar parut

Cara membuat:
1. Kocok mentega dan telur dengan kecepatan rendah, sebentar saja asal tercampur rata. Masukkan keju, aduk rata.
2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata. Untuk terigu, perhatikan adonan jangan sampai terlalu keras biar bisa dibentuk. Kemarin saya kurangi sampai 30-50 gram dari takaran bahan asli. Sebenarnya bisa sesuai resep, cuma rada usaha saja kita keluarin adonan dari spuit.
3. Siapkan plastik yang sudah ada spuit bunganya. Lalu masukkan keplastik lainnya adonan kastengelnya. Ini dipisah antara plastik yang ada bunganya dengan plastik yang ada adonannya, biar selain bisa diisi ulang adonan, spuit juga jadi tidak copot dari plastik. Jadi didobel gitu.
Semoga ngerti ya penjelasan saya xD.
4. Bentuk dari atas tegak lurus kembangnya ditatakan loyang yang sudah ada kertas ovennya. Jadi seperti kita mengerjakan kue semprit ^^.


5. Oles dengan bahan polesan pelan-pelan menggunakan kuas
6. Taburi keju cheddar ditengahnya sedikit
7. Oven hingga matang dengan suhu 125 derajat Celsius selama 20 menit atau hingga matang. Sesuaikan dengan oven masing-masing ya ^^. 

Dan ini dia hasilnya \m/, kue kastengel bunga yang rasanya pasti enak. Saya dapat 2 toples mika ukuran kecil untuk kastengel ini. Soalnya, sebelum menata di toples si Raffi sudah ngambil terus kue kastengelnya --". Rasanya enaklah ya, soalnya resepnya bu Fatmah pasti enak. Resep ini loyal sama keju pula ^^. Untuk mpasi menurut saya cocok, soalnya saya masih sering sampai sekarang pakai resep ini hehe.

Ini dia kue kastengel bunga

Ini bisa dijadikan hantaran atau buat jamuan lebaran nanti atau juga dikonsumsi sendir juga bisa ^^. Sama-sama enak. Yang pasti saat pertama kali share, banyak teman yang mengira ini kue semprit padahal kue kastengel hehehehe. Kalau mau disimpan bisa ditaruh dikulkas biar keras dan awet sampai lebaran. Eh serius sampai lebaran? Ini saja sudah sisa separuh, paling bentar lagi habis --". Enak soalnya xD. 

Ini kalau sudah disusun diplastik mika. 

Selamat mencoba ya salah satu kue kastengel bunga untuk lebaran. Semoga menginspirasi ^^.

49 comments:

  1. Duh pgn bgt nyoba tp kayanya ga ada waktu bikin deh.. hiks..

    ReplyDelete
  2. Wah, lihat bentuknya sudah kebayang deh rasanya Echa,. Maknyussss

    ReplyDelete
  3. waah cantik sekali penampilannya, untuk berbuka atau untuk lebaran cocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buat berbuka sebelum lebaran pasti dah ludes XD

      Delete
  4. kaya bikin roti mawar gitu ya chaa... boleh dicoba nih, model baru :D

    ReplyDelete
  5. Resepnya hampir sama kayak punyaku mak, cuma keju tuanya aku ganti dgn keju edam & keju cheddar... *keju tua mahal bok! hhehehee...

    https://rifyanisya.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaahhhh tapi rasanya g boong xD
      pake edam dan cheddar enak juga

      Delete
    2. Benerrr... dulu pakenya keju tua, enak banget...
      Tapi, duh kok mihil ya, akhirnya inisiatif pake campuran edam dan cheddar...

      Ayo share resep apa lagi nih mak, sp tau bisa aku coba-coba...

      Delete
  6. rajin bangett, kayanya niat saya beli oven harus lebih besar nih biar rajin bikin kue :D

    ReplyDelete
  7. Rajin banget masak kue-kuenya, mba Cha. Aku belum bikin nih, tapi ibu udah pesen kue di tetangga hehe. Kalo tahun2 sebelumnya bikin sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini biar rada ngirit bisa kirim2 xD makanya bikin dewe

      Delete
  8. Waaalah namanya Kestengel ya, aku malah baru tau. Padahal dari kecil suka banget kue ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kastengel bentuk semprit mbak

      Delete
  9. Ehhh kyknya enaaak pengen nyobaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti enak resepe bu fatmah soale xD

      Delete
  10. aku kemaren buat tapi hasilnya kok mudah hancur gitu ya mak...
    eh aku jg punya spuit yang itu ntar dicobain ahh
    makasih resepnya mbak echa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan tepung atau kurang tepung
      tapi kalau plek resep ini dah dimobel bentuk persegi panjang yang biasa gitu pasti g gampang ancur kok. Ini aku malah campur butter ben lebih wangi

      Delete
  11. bentuk ini kalau di daerah saya terkenalnya keju semprit :D, catet ah resepnya buat kue lebaran nanti makasih ya mami Rafii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha semprit keju ya tapi ini resep kastengel xD

      Delete
  12. yummm.........resepnya dikasiin ke adekku deh, dia bikin kue soalnya hehe. makasih yaa

    ReplyDelete
  13. Ya ampun ya ampun ya ampun bahannya gampang amaaaaat. Jadi pengen buat jugaaaa. Mak sharing resep sagu keju yang gampil juga dong, kuker favorit. Hihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku biasa bikin yang jtt yang ini resepnya ..enyaaaaaaaaak

      http://www.justtryandtaste.com/2015/07/resep-kue-kering-sagu-keju.html

      Delete
  14. kastengel itu kue favoritku..tiap Lebaran pasti ada.. Dulu suka bikin sendiri tapi bentuknya yg klasik panjang2 ditaburi keju..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini lagi pengen yang lain bentuk e xcD

      Delete
  15. Wah sempat ya bumil membuat kuker

    ReplyDelete
  16. G nduwe oven, juga mixer. Beli aja wesss... *malas
    Ha..ha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tukuooo oven mung 50ribu neng pasar

      Delete
  17. Duh udah jadi aja ih kue keringnya mak Echa :D Lihat fotonya ini langsung kebayang sama rasa kejunya..heuheuheu

    *tibatibapengenmakankastengel

    ReplyDelete
  18. Kastengel kalo dibentuk bunga gini jadi cantik.
    Aku lagi nyari resep kuker yang nggak pake mixer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa cantikk kastengel g pake mixer mbak

      Delete
  19. Lebih gampang dan lebih cantiikk..

    ReplyDelete
  20. Bumil sempet2nya bikin ginian. Saya liat di IG-ny dan kirain kue bunga biasa ^^ ternyata kastengel ya. Eh, atau nyebutnya bukan kaas-stengel lagi kali ya, tapi kaas-bloem :D

    ReplyDelete
  21. Wah lebarab banget... ini kue yg resepnya banyak di cari jelang lebaran hehehehe dan kalau bentuknya bunga jd cantik yahhh aku biasanya kotak kotak aja xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini lagi pengen yang keliatan cantik mak.sekalian nyoba spuit baru xD

      Delete
  22. Dulu waktu masih kecil/gadis, kalau almarhumah mama buat kue lebaran, aku bagian nyicipinnya :D
    Sekarang pun tetap gitu, si Bude yang bikin, aku bagian beli bahannya. Pengen bisa sih, tapi ngeri kalau bentuk kuenya nggak jelas :))))

    ReplyDelete
  23. kastengel juga favoritnya aku..enak soalnyaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang soale mba tinggal kocok2 adonan kue doang xD

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^