Tips Memilih Bedak yang Bagus dan Aman untuk Wajah

tips memilih bedak yang bagus dan aman untuk wajah

Tips Memilih Bedak yang Bagus dan Aman untuk Wajah. Berpenampilan cantik adalah salah satu cara agar kita bisa tampil percaya diri ^^. Salah satu yang bisa membuat penampilan kita jadi cantik berkilau adalah tepat menggunakan makeup yang sesuai. Dan salah satu dasar dari makeup yang sensitif adalah bedak. Dan bedak adalah salah satu benda wajib yang dimiliki wanita, benar tidak?


Karena bedak akan menutup seluruh permukaan kulit wajah kita, maka disini saya akan memberikan tips-tips memilih bedak yang harus kalian tahu. Karena dalam memilih bedak tidak hanya memilih yang bagus, tapi juga memilih yang aman. Sehingga selain membuat kita cantik, bedaknya juga akan melindungi kulit wajah kita. Makanya kita harus memilih bedak yang bagus dan aman untuk kulit wajah kita.

Tips yang saya berikan ini sederhana sebenarnya asal dilakukan dengan teliti, benar dan cermat. Soalnya, rata-rata kita selalu menjadikan bedak yang bagus itu harganya pasti mahal. Padahal belum tentu loh, banyak produk Indonesia murah meriah yang bagus dan aman digunakan ^^. Jadi, jangan jadikan harga bedak sebagai patokan bagus tidaknya bedak ya ^^.

Ada yang masih pakai bedak ini tidak?
Ini bedak yang turun temurun tetap eksis ya, saya masih pakai ^^.


Ini dia tips memilih bedak yang bagus dan aman untuk wajah kita : 

1. Sesuaikan dengan jenis kulit wajah Anda

Karena kulit wajah ada macam-macam, jadi kita harus benar-benar pilih yang sesuai. Soalnya selain mencegah adanya efek samping, memilih bedak yang sesuai dengan kulit wajah akan membuat wajah lebih bagus terlihat. Jangan sampai kulit berminyak pakai bedak yang untuk kulit kering, bisa-bisa wajah kita jadi penuh minyak seharian -___-.

Ini sih ya menurut saya bedak yang cocok dengan masing-masing jenis kulit!. Cuma saya kembalikan lagi keselera yang pakai lebih enak pakai yang mana ^^. Kalau saya sih, untuk sehari-hari biasa pakai bedak tabur. Tapi yang stand by ditempat makeup bedak padat biar tidak tumpah-tumpah ^^.

Kulit berminyak : Bagusnya sih bedak tabur dengan puff besar. Karena biasanya memiliki partikel halus nan lembut agar dapat menyerap kelebihan minyak pada wajah.
Kulit wajah normal : Kalau ini bebas sih mau powder, two way cake , atau compact powder
kulit wajah kering : Two way cake karena sudah pakai foundation


Saya penyuka bedak tabur buat sehari-hari

Untuk touch up dan disimpan ditas,
saya pakai yang bedak padat ^^



2. Sesuaikan dengan warna kulit wajah Anda

Pilihlah bedak yang sesuai dengan warna kulit Anda, biar terlihat lebih alami. Soalnya tahu sendiri kan? Kalau tone warna beda yang ada wajah, makeup kita jadinya fatal belangblonteng #pffftt. Saya sendiri lebih cocok memilih bedak dengan warna natural, soalnya lebih enak terlihat saat pengaplikasian kewajah. Tidak terlalu menor jadinya soalnya kalau natural kan? 

Dan ini loh warna bedak yang sesuai dengan warna kulit wajah kita ^^! Cekidot! Jangan sampai salah loh ya ^^.

Kulit Kuning Langsat : Bisa pakai bedak yang memang berwarna kuning langsat seperti yellow beige
Kulit Sawo Matang : pilih warna bedak yang mendekati warna kulit yaitu natural beige. Bisa juga memilih warna yang sedikit lebih gelap dari warna kulit asli seperti seri Golden Beige. Tapi saya sendiri lebih sering pakai warna natural beige kalau mau 
Kulit gelap : Hindari warna terang, karena warna tersebut membuat kulit terlihat belang. Warna cokelat atau tropical beige akan membuat Anda kelihatan lebih segar, sehingga terhindar dari penampilan seperti mengenakan topeng.
Kulit Putih : hindari pemakaian bedak berwarna lebih terang dari kulit, karena akan membuatnya semakin tampak pucat. Jadi, bisa pilih warna ivory atau white beige. 


Warna beige selalu saya suka, karena terkesan natural



3. Sesuaikan bedak dengan kebutuhan

Ini termasuk menyesuaikan dengan kondisi, tema dan keuangan ya!. Soalnya kan pakai bedak juga butuh biaya buat beli puff yang lembut, spon yang lentur atau kuas bedak yang empuk. Harga bedak yang sangat beragam juga jadi pertimbangan tersendiri ya ^^. Jangan juga tiba-tiba pakai bedak channel cuma buat kepasar cari bahan makanan berbuka ya :v. Sayang banget :P. 

Ini bedak kesayangan saya, praktis! Sukses menutup noda dan sudah ada foundationnya
Pakainya dengan spon sedikit basah, make up tahan lama ^^


Selain itu, misalnya kita lagi hamil atau menyusui juga harus pilih bedak yang aman untuk kesehatan ibu dan bayi. Biasanya kalau lagi hamil dan menyusui, saya lebih waspada cari bedak yang kandungannya aman. Jangan sampai karena ingin cantik tapi merugikan kesehatan bayi kan ^^. So, be careful ya ^^. Saya selama hamil sih jarang dandan, bukan karena menghindari sih karena males aja :v.

Seperti tadi saya bilang diatas, kalau untuk sehari-hari biasanya pakai bedak tabur. Tapi kalau lagi jalan buat touch up biasanya selalu bawa bedak padat karena bentuknya tidak mudah tumpah ditas. Kalau lagi mau datang ke acara resmi gitu, biasanya make upnya lebih banyak. Mulai dari pakai foundation, countouring lalu bedak dan shimmer. Kalau mau praktis pakai two way cake soalnya sudah ada foundationnya yang biasa kita gunakan dengan spon basah. Riasan juga lebih tahan lama ^^. 

Sulamit, salah satu bedak tabur yang pernah saya review


4. Pilih bedak yang aman 


Yang utama dalam tips memilih bedak yang bagus dan aman untuk wajah adalah jangan pernah tidak membaca kandungan yang ada pada bedak. Sempatkan membaca ingridients dikemasan bedak ^^, karena hal ini penting. Buat wajah loh, jadi kita kudu bener-bener teliti. Pastikan aman untuk jenis kulit anda, sehingga tidak menimbulkan jerawat dan iritasi saat dipakai. Hindari bedak yang mengandung sifat bahan comedogonic yang bisa menyumbat pori - pori kulit. 

Pilih bedak yang memiliki kandungan SPF, karena dapat melindungi wajah dari bahaya sinar ultraviolet. Secara ya UVA dan UVB itu bisa bikin wajah jadi punya spot gelap dan memerah. Tidak mau kan kalau kulit kita lebih tua dari umurnya :"( ?.

Bila dirasa kurang sreg atau yakin, kita bisa langsung konsultasi kedokter kulit saja biar tahu mana yang aman dan mana yang tidak untuk kulit wajah kita ^^. 



bahaya ultraviolet
Bahaya sinar ultraviolet dalam jangka waktu panjang :"(


Pertanyaannya, boleh tidak gonta-ganti bedak? Kalau menurut saya boleh. Seperti skincare, bedak bisa juga menyesuaikan dengan umur, kondisi kulit dan banyak faktor lain. Makanya kenapa kita diperbolehkan ganti bedak hingga menemukan yang sesuai dengan kebutuhan dan wajah kita. 

Cuma nih ya, saya sendiri jarang ganti bedak sampai saat ini. Karena kalau sudah kadung suka dan cocok dengan wajah, biasanya ya sudah itu lagi itu lagi yang dipakai hehehe. 

Untuk menandakan bahwa bedak itu aman atau cocok tidak untuk saya, biasanya ditunggu sampai 3 hari sampai seminggu. Kalau misalnya dalam pemakaian teratur bedak, tiba-tiba wajah saya merah, alergi, berjerawat atau apa, berarti bedaknya tidak cocok dan tidak perlu dilanjutkan. Simpel kan? ^^

tips memilih bedak yang bagus dan aman untuk wajah
Saya suka mencoba mengoleskan bedak yang akan dieli ketangan sambil diratakan 
untuk tahu cocok atau tidak buat kulit wajah saya


Gampang kan sebenarnya tips memilih bedak yang bagus dan aman untuk wajah itu? Karena akan membuat wajah kita menjadi lebih cantik alami, lebih halus, lebih cerah dan kita jadi lebih percaya diri ^^. Teliti sebelum memakai dan membeli bedak yang bagus dan aman untuk wajah ^^, jangan sampai salah lagi ya^^.

Apalagi kan sebentar lagi lebaran, jadi bisa tampil cantik dihari raya nanti dengan bedak yang bagus dan aman untuk wajah ^^. Selamat mempraktikan tips memilih bedak yang bagus dan aman untuk wajah ini ^^. Semoga berguna ya untuk tampil cantik :*

28 comments:

  1. Saya masih setia sama wardah two way cake Mba. Karena hasil di wajah jadinya keliatan alami, terus ga bikin berminyak.

    Btw itu bedak marks dari saya EsDe masih ada yak x))

    ReplyDelete
  2. Kadang milih warna bedak yang sesuai yang agak susah. Aku sukanya beli online, banyak produk gak ada di daerahku. ._.


    vinasaysbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gpp beli online yang penting cocok ^^

      Delete
  3. cewek ane kudu baca nih hihi btw sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Aku jg pake bedak tabur mak secara mukaku kaya kilang minyak tp tetep punya yg padat utk yg dibawa2 jd l3bih praktis aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga pakai tabur. tapi bukan karena berminyak karena males aja berat2 dimuka xD

      Delete
  5. Wih enaknya mbak, bisa pake yg tabur sama padet. Kalau aku kulitnya berminyak dan cenderung mudah berjerawat, jadi dari dulu selalu pake bedak tabur, pingin sesekali pake bedak padet, tapi sayang muka lah pokoknya, g brani macem2

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu, kebetulan mukaku yang pake apa aja bisa -___- hihihi

      Delete
  6. Saya suka bedak marcks mbak ^_^
    Bedaknya sederhana hihihi (eh apa coba sederhana..)

    ReplyDelete
  7. Aku nih sekarang lagi nyobain pake bedak yang two way cake, cuma kok berasa di muka jadi tebel banget n belang bentong kadang. Kalo gini mending beralih aja ke bedak yang biasa. Tfs atas tipsnya ya mbak echa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lebih ringan kan bedak biasa. two way cake buat event aja mak berat itu soale

      Delete
  8. Astagaaa itu Bedak banyak amat ya...Qeqeqe.
    Kulitku berminyak jadi pake Bedak tabur aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pakai tabur ae enakkk xixixi

      Delete
  9. waaa bedak marcks, bedakku waktu kecil sampe SMP. aku sekarang lebih suka loose powder, masih setia pake skII.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah nyoba bedaknya skII bagus ya mba?

      Delete
  10. iya sm mak ca, aku jg gt, kalau sdh kadung cocok, sm kulit, wrna kulit, dan kantong *uhuk, ya itu lagi itu lagi deh.
    makasih bgd nih tipsnya ya mak ca, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya males genti2 apalagig hargane cocok *eh

      Delete
  11. Aku suka bedak Maybelline, mbak Echa ^^ Butirnya paling pas buatku hehee

    Kalau tabur, aku prefer yang nggak semerbak baunya. Sejauh ini top loose powder buatku itu punya Wardah, trus no.2-nya punya Revlon :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maybelline dulu aku pernah pakai pas jatah kantor gitu, kLu wardah belum pernah nyoba bedaknya. Kalau revlon longlast ya banyak yang cocok ama ini xD

      Delete
  12. Aku termasuk yg suka gonta ganti bedak.. Hehehe syukurlah kalo gpp gonta ganti bedak

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp, cari yang apik kan emang kudu genti2

      Delete
  13. Yg rada enak skrg di gue CC Cake nya emina cha. Dia lbh cover dr tabur tapi lebih ringan dr two way cake. Tapi emang tabur tu de best yaak :D. Apalgi gue berminyak mukanya. Kl pk twc lama lama jd dekil kayak abu-abu gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. belummm nyobaaaa yang emima
      iya bedak tabur itu the best kataku dibandingkan bedak lain xD

      Delete
  14. Wah... Mbak Echa juga pakai bedak March ya... Ibu saya juga pakai bedak yang satu ini. Emang kayaknya "legend" banget nih bedah... Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu abadiii bedaknya xD tapi emang enak ^^

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^