Mengatasi Batuk Pilek Anak dengan Nebulizer


Mengatasi batuk pilek anak dengan nebulizer. Memasuki musim penghujan seperti ini, yang paling saya khawatirkan itu kalau anak lagi sakit batuk pilek. Walau diberi vitamin dan makanan bergizi, batuk pilek itu biasanya tetap saja suka ketularan. Dan yang paling menyebalkan dari batuk pilek ini, sakitnya seperti lingkaran setan. Kalau tidak semua ketularan tidak afdol sepertinya :v.

Cuma yang bikin saya sedih kalau anak lagi batuk pilek adalah saat tidur malam hari. Raffi suka susah nafas dan jadi susah tidur. Yang pasti, mamih papihnya juga jadi tidak bisa tidur karena dia semalaman rewel minta ampun. Iya kalau cuma sehari, yang ada batuk pilek itu bisa berhari-hari. Dan parahnya, batuk pilek itu suka ada lendir dahaknya yang  bikin bunyi grok grok grok. Duh, jadi tambah kasihan melihat anak kan :(.

Sebenarnya, batuk pilek yang disebabkan virus akan pergi dengan sendirinya kalau kita istirahat dan konsumsi makanan bergizi. Selain itu juga bisa melakukan treatment saat anak batuk pilek, seperti meneteskan minyak kayu putih di baskom berisi air hangat, dijemur saat pagi hari, oleskan minyak kayu putih didada dan punggung, dll. 

Sekarang ada cara yang lebih modern yaitu diuapin pakai nebulizer atau biasa disebut inhalasi. Manfaat fisioterapi dapat meringankan batuk pilek karena infeksi atau alergi, dan gangguan pernapasan akibat asma, sehingga dahak jadi lebih encer. Btw, kegiatan ini tidak asing buat saya yang punya asma, karena dulu sering kerumah sakit cuma untuk diinhalasi. Sekali inhalasi biayanya sekitar 100-200ribu per kedatangan. Mayan kan :D.

Baca juga : Diuapin

Saya saat inhalasi di rumah sakit

Nah karena rentannya batuk pilek pada anak dan saya sendiri punya asma, jadi dirumah akhirnya sedia nebulizer sendiri yang bisa digunakan sewaktu-waktu kalau diperlukan. Punya nebulizer sendiri itu hemat biaya banget secara harga alatnya juga tidak begitu mahal. Lebih murahlah ya dibanding kita harus bolak-balik ke rumah sakit hanya untuk inhalasi.

Penggunaan nebulizer pada anak dirumah tergolong aman dilakukan, tapi tidak bisa sembarangan dalam pemberian dosis, pemilihan obat bahkan cara penggunaannya. Semua harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau rehab medik dengan takaran tepat. Saya biasanya hanya pakai kalau batuk pilek berkepanjangan dan sesak karena asma kumat.

Untuk ini, saya memilih dan mempercayakan pada nebulizer OMRON. Kebetulan, nebulizer yang saya punya itu seri Nebulizer NE-C803. Alasan saya pilih ini dibanding merk dan tipe lainnya, karena harganya terjangkau dan bisa dipakai sekeluarga. Jadi saya bisa pakai kalau asma kumat dan anak juga bisa pakai saat batuk pilek yang berkepanjangan ^^. 


Alat nebulizer OMRON NE-803

Yang saya suka juga dari alat nebulizer ini adalah bentuknya yang praktis sehingga bisa dibawa bepergian untuk jaga-jaga. Jadi misalnya sewaktu-waktu diperlukan, bisa digunakan kapan dan dimana saja.




Nebulizer ini merupakan alat inhalasi yang paling halus suaranya dibanding produk lain (tidak ada suara). Biasanya kalau diinhalasi dirumah sakit, bunyi alat nebulizer itu sangat mengganggu. Kalau pakai ini hening banget jadi rasanya nyaman pas makenya. Anak yang make juga jadi tidak takut kan?

Cara pakai Compressor nebulizer OMRON NE-C803 ini juga mudah. 

1. Persiapan sebelum inhalasi : Minum air yang agak banyak, berpakaian longgar dan jangan makan dulu
2. Masukkan obat sesuai dosis ke nebulizer kitnya
3. Pasang masker atau mouthpiece di nebulizer kit
4. Hubungkan ke kompressor dengan pipa udara
5. Pegang masker atau mouthpiece-nya tegak lurus.




6. Nyalakan alat kompresor diposisi on
7. Hirup uap obat dan lakukan selama 10-20 menit atau sesuai kebutuhan
8. Setelah selesai, matikan kompressor dan bersihkan semuanya (kecuali kompresor) dengan menggunakan air hangat.
9. Keringkan alami lalu simpan ditempat penyimpanannya lagi.
10. Terapi setelah inhalasi : tepuk-tepuk punggung selama 5 menit agar lendir keluar. Lebih afdol kalau sinari pakai lampu.

Mudah kan pakainya? Sebenarnya ada tipe nebulizer dari OMRON yang ada karakter kartun gitu buat anak. Tapi kan saya kebetulan juga pakai, makanya pilih yang ini aja biar bisa pakai semua kalau dibutuhkan. 

Perlu tidak sih punya nebulizer sendiri dirumah? Kalau saya pribadi akan bilang iya. Apalagi saya sendiri pakai dan bisa membantu mengatasi batuk pilek pada anak yang berkepanjangan. Jadi tergantung kebutuhan menurut saya dan daripada bolak-balik inhalasi di rumah sakit mending punya alat sendiri ^^. Tahu sendiri kan biaya rumah sakit sekarang tidak murah ^^.


Sebenarnya, saya dirumah punya beberapa alat kesehatan yang selalu menjaga kesehatan keluarga. Ada alat ukur tekanan darah, termometer dan nebulizer. Dan untuk itu saya pilih merk Omron Healthcare merupakan produk kesehatan berkualitas tinggi dari Jepang yang membantu mewujudkan kehidupan yang sehat dan bagi keluarga saya. Semua produk Omron ini awet dan sangat mudah digunakan. Pengukur tekanan darah saya saja sudah lebih dari 4 tahun, baterainya tidak habis-habis loh!.

Oh iya, nebulizer Omron NE-C803 ini harga normalnya Rp. 630.000. tapi kalau kita belinya di http://omron-nebulizer.com/promo bakal dapat harga khusus yaitu potongan 20%. 

Kalau bukan kita yang peduli kesehatan keluarga, siapa lagi? Bingung batuk pilek anak yang tidak berhenti apalagi dimusim penghujan seperti ini? Coba atasi batuk pilek pakai nebulizer yuk! Agar si kecil bisa bernafas dengan lega ^^.


Butuh info lebih banyak tentang produk Omron nebulizer? Klik saja :

[Sponsored post]

57 comments:

  1. Suka kasian klo anak-anak lagi bapil tidurnya ga nyenyak dan gitu susah nafasnya.Klo sekali ke dokter untuk uap 35 ribu, kayaknya emang kudu punya ini di rumah ��.

    ReplyDelete
  2. Wah, lebih praktis ya omron nebulizer ini .

    ReplyDelete
  3. Harganya berapa Mbak Exha? Adik aku juga Asma bih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak lihat harganya hih. 680rb benaran? Murah yah.. Adik sepupu ada yang asma nanti aku tunjukin ke Tanteku ah postingan ini

      Delete
    2. jadi 530 pan diskon hayookkk yokkk mumpung promo

      Delete
  4. Iya, suka kasihan saat anak batuk pilek ... saya jadi pengen punya nebulizer Omron NE-C803

    ReplyDelete
  5. Wah kayanya perlu beli rayu suami dulu ah biar dibeliin

    ReplyDelete
  6. Kemaren suamin minta dibelikan spray karena dia ada snot. Apa begini ya yang dia maksud..

    ReplyDelete
  7. Omron emang oke. Dirumah pake tensi dan termometernya.

    ReplyDelete
  8. Untuk aku yang punya anak suka bapil emang kudu sedia ini di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat jaga-jaga gpp mba asal ressep dokter ^^

      Delete
  9. Anak keduaku nih mba yang udah bbrp kali diuap karena sesak. Kasiann, sampe nangis gitu. Tapi setelah diuap jadi enakan. Saat ini cuma punya selangnya aja. Kalo punya alatnya juga lumayan ya ngga perlu ke rumah sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuhu sedih ya :(
      aku yang bolak balik diuap selama ini. tapi karena punya sendiri bisa dilakuin dirumah seh xD

      Delete
  10. Bener banget Cha, anakku yang bungsu juga lagi sering pilek nih musim hujan gini, jadi pengen punya nebulizer ini deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama dibutuhkan gpp mbak.lumayan buat ngurangi batpil

      Delete
  11. orang dewasa terutama ibu hamil yg ga boleh minum obat biasanya diuap gini klo pilek berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba kebantu banget. asal ttp pakai resep dokter gimana-gimananya

      Delete
  12. Wih, makin praktis, ya? Bakal jadi list benda yang harus dimiliki

    ReplyDelete
  13. Harganya cukup terjangkau, ya? Bisa tiga kali lipat kalau bolak balik ke rumah sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaaa...kebayang kalau terusan kers

      Delete
  14. Salah satu cara berhemat yang cantik. Pengen punya juga. Cuaca gini bikin gampang flu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hujan mulu sampe februari ini ya

      Delete
  15. Kalau anak lagi flu, biasanya susah tidur dan rewel. Kan kasian ... :o

    ReplyDelete
  16. Aku kok pengen beli, ya? Kayanya langsung ke link itu biar dapat potongan harga

    ReplyDelete
  17. Ini lbh aman ketimbang air panas di baskom ditetesin minyak telon ya mbak hehe
    TFS

    ReplyDelete
  18. wah ini kayak punyaku nebulizernya. suka makenya karena nggak berisik suara kompresornya

    ReplyDelete
  19. Katanya obat nebu cuma 10rb, tapi nebu di rs itu nyewa alatnya muahal. Bener ga mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya seratusan tapi bisa dipake berkali2

      Delete
  20. Ini harganya tmsk ramah deh... Bisa ngebantu banget yang emang ada keluhan sesak ya.

    ReplyDelete
  21. Paling kasihan memang kalau anak ya, karena tidak bisa buang lendir seperti kita.

    ReplyDelete
  22. aku sering liat keisha kalau pilek mesti di nebul hhahah..

    ReplyDelete
  23. Iya nih, nebulizer jadi barang wajib dimiliki buat ortu yang punya anak dengan masalah pernapasan. Bahkan batpil. Apalagi aku yang asma. Nebulizer jelas kudu punya. Repot dan mahal kalo terus ke rumah sakit untuk tritmen nebulizer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mahal pula kan terapi ga cukup sekali :(

      Delete
  24. Aku tau nebulizer pas baca postingan blog mba Susan karna Abby pake alat ini. Nah, ternyata untuk batpil kalo sesek juga ini berguna banget ya, ga perlu ke rs. Cocok banget ini bisa aku rekomendasi sama kakaku.

    Thanks infonya mba Echa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy mbak mumpung promo lumayan daripada ke rs terus2an

      Delete
  25. Wah.. omron emang jadi pilihan Aku klo beli-beli alat kesehatan mba..

    Baru tau kalo ada nebulizer nyaa

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
  26. Ehhh kayanya mba hrs pny yg begini nih...kaka punya asma :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. :( duh bisa mba pakai ini yang penting pakai resep dokter

      Delete
  27. bukk aku malah penasaran sm produk Omron laen yang tensi hehehe

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^