4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi

4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi

4 Langkah Perawatan Mandi Bayi . Saat punya anak, perhatian kita mau tidak mau pasti sama anak. Dan itu membuat kita mencoba banyak ca...

4 Langkah Penting Perawatan Memandikan Bayi



4 Langkah Perawatan Mandi Bayi. Saat punya anak, perhatian kita mau tidak mau pasti sama anak. Dan itu membuat kita mencoba banyak cara agar bisa berkomunikasi sama anak. Menambah bonding erat antara orang tua dan anak memang sangat diperlukan sampai anak sudah besarpun. Apalagi waktu pasti tidak terasa berjalan begitu cepat :"). Yang tadinya masih bayi sudah sekolah dan seterusnya. Pasti tidak ada yang mau melewatkan momen-momen penuh cinta bersama anak kan?


Saya juga gitu seh. Menjadi orang tua memang butuh banyak belajar, salah satunya cara mempererat hubungan anak dan orang tua. Masih ingat saat setelah lahiran dan saya dipersilahkan untuk IMD, itu rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Duh ini ya yang 9 bulan kemarin ada dalam perut saya? Subhanallah :").

Pertama kali menyentuh anak sendiri yang baru lahir itu jujur saya takut. Takut menyakiti tepatnya, jadi setelah proses IMD saya cuma melihat wajahnya yang kebetulan emang masih sering tidur. Tapi bagaimanapun juga, naluri keibuan itu pasti bakal muncul sendiri. Saya yang tadinya takut, bisa otomatis gendong, menyusui, ganti baju sampai memandikan bayi. Maklum bisa karena biasa, secara di rumah memang tidak ada yang membantu. Dan ternyata bisa loh, kalau dibayangkan kadang suka galau tapi kalau dilakukan bisa :").

Banyak cara bonding dengan anak, bisa menggendong, mengajak ngomong bayi bahkan menari bersama bayi loh. Kalau urusan menggendong pasti sudah pada tahu kalau saya penggemar babywearing. Walau tidak bisa terlalu lama menggendong, tapi saya tetap berusaha menggendong bayi. Mumpung bisa digendong, nanti pasti ada masanya dia gak mau digendong :").



Kesemua bonding itu rata-rata memang perlu suatu sentuhan. Iya nggak? Ternyata sentuhan antara ibu dan bayi itu memang bonding paling berdampak positif untuk perkembangan bayi. Sebenarnya ada 4 rahasia sentuhan Ibu yang bisa kita lakukan sehari-hari sebagai komunikasi bersama anak. Suara, kontak mata, tumbuh penuh kasih sayang dan pengulangan rutinitas sehari-hari adalah cara tepat yang bisa dilakukan ibu dan anak. Sentuhannya dapat, bonding dapat, komunikasi juga dapat kan?
 

Salah satu rahasia sentuhan Ibu itu yang menjadi rutinitas sehari-hari adalah memandikan bayi. Iya nggak? Ternyata nih ya, sangat penting bagi kita untuk merawat kulit bayi. Apalagi di 28 hari pertama kehidupan setelah lahiran bayi. 

Fase neonatal di 28 hari pertama adalah masa paling krusial dalam kehidupan seorang bayi. Tubuh bayi mengalami perkembangan dan perubahan lingkungan yang sangat drastis. Dan ternyata, angka kematian bayi saat fase neonatal itu sangat tinggi. Data WHO tahun 2015 saja ada 70ribu bayi di Indonesia yang meninggal sebelum 28 hari.

Salah satu cara mencegah kematian bayi di masa neonatal itu dengan memberikan perawatan kulit yang tepat dan efektif bayi bayi. Apalagi tahu sendiri, bayi neonatal itu bener-bener sensitif banget kan? Dengan sentuhan Ibu lewat perawatan kulit yang tepat inilah kita bisa membuat bayi sehat dengan tumbuh kembang yang baik.

Melihat kondisi itu, Johnson Baby mengadakan kampanye Johnson's Baby Sentuhan Penuh Harapan demi menyebarluaskan pentingnya sentuhan ibu terhadap bayi melalui pijatan dan sentuhan, terutama di masa neonatal. Salah satu caranya adalah bekerjasama dengan Alfamart dan Save The Children. Kita cukup membeli produk Johnson's minimum Rp. 25.000,- di seluruh gerai Alfamart dan itu berarti kita berdonasi Rp. 500,- ke Save The Children. Belanja sambil beramal jadi terasa menyenangkan, kan?.

Salah satu sentuhan Ibu itu adalah kita wajib memandikan anak. Lah, kita saja kalau gak mandi kan gak enak. Bayi juga sama loh ^^. Apalagi tahu sendiri bayi, anak dan air biasanya tak terpisahkan. Acara bath time gitu bikin bayi senang dengan main kecipak kecipuk lalu kakinya gerak kegirangan. 

Anak saya si Raffi saja kalau disuruh berenang atau mandi, suenengggnya minta ampun. Sampai kami beli kolam buat sengaja berenang di rumah xD. Begitupun yang bayi, kalau mandi gitu pasti tertawa-tawa. Yang mandiin kan jadi semangat \m/.


Sebenarnya ada 4 langkah penting perawatan mandi bayi yang harus kita lakukan. Secara sentuhan saat mandikan bayi itu kan juga bonding cinta orang tua pada anak. Bayi jadi senang mandi, terstimulasi dengan baik karena tubuh bergerak semua. Apalagi saat mandikan sambil ngobrol dan tertawa, pasti acara mandikan bayi ini bakal terasa sangat istimewa.

Dan ini 4 langkah penting perawatan memandikan bayi



1. Pijatlah bayi dengan baby oil sebelum mandi


Saya menggunakan Johnson's Baby Oil untuk memijat Raffi Raffa sebelum mandi. Soalnya, Johnson's baby oil tidak lengket dan meresap di kulit. Oh iya, buat bayi neonatal jangan lupa untuk pijat pakai baby oil ya, agar kulit saat dia baru lahir yang rada-rada berkerak jadi bersih. Serius ini, soalnya kalau langsung dimandiin kasian dong bayinya kulitnya langsung ngelupas gitu. Dengan baby oil bikin prosesnya lebih enak ^^ tidak sakit.

Memijat bayi juga ada tekniknya loh agar bayi bisa terstimulasi cuma dengan pijat. Bayi menjadi rileks, senang dan komunikasinya bisa lancar sama orang tua.





2. Mandikan bayi dengan sabun yang melembutkan kulitnya

 

Jadikan saat mandi lebih dari sekedar membersihkan badan saja. Optimalisasi rangsangan untuk bayi kita, mulai dari mengajak dia tertawa, bermain air, menggerakkan badannya sampai mengenalkan guyuran air. Semua jadi hal yang menyenangkan buat bayi.

Saya pakai Johnson's Top To Toe Baby Wash untuk memandikan bayi. Jadi mulai dari nyampoin bayi sampe nyabuni pakai itu aja cukup hemat dan praktis kan?


3. Lembabkan kulit bayi dengan baby lotion


Setelah dikeringkan, agar menjaga kelembabannya oleskan pelembab ke seluruh tubuh. Sambil bermain pasti anak sangat senang. Boleh juga sambil dipijat lagi pelan-pelan, bayi pasti tidak akan pernah nolak. Dia pasti akan merasa sangat nyaman ^^. Saya sendiri memilih Johnson's Baby Lotion untuk kulit lembutnya.

4. Segarkan badan bayi dengan bedak dan pewangi bayi yang lembut


Bayi itu harum dengan wangi khas bau bayi. Jadi jangan pakai parfum yang aneh-aneh ya. Saya sendiri pakai Johnson's Baby Cologne yang memberikan kesegaran setiap saat bayi saya. Tinggal di tuangkan sedikit ke pakaian bayi, wanginya enak bikin kita pengen nyium dan meluk bayi terus hihihi.

Untuk bedak, saya kebetulan ibu yang tidak memberikan bedak pada bayi. Boleh saja kok, asal hindari bedak sampai terhirup bayi terlalu banyak. Kalau jaman ortu dulu kan kudu pakai bedak biar enak kulitnya dan wangiii bayi.

Mudah kan memandikan bayi sekaligus merawat kulit bayi agar tetap sehat, wangi  dan terawat. 4 langkah diatas itu benar-benar akan setiap hari kita lakukan loh ^^. Apalagi untuk bayi neonatal, 28 hari pertamanya mandi dengan teknik tersebut sangat dianjurkan ^^. Yang penting hati-hati dan sentuhlah bayi dengan sentuhan Ibu yang penuh cinta.

Ingat, cukup dengan pembelian produk Johnson's Baby minimum Rp. 25.000,-, kita turut menyumbang Rp. 500,- untuk menyelamatkan bayi neonatal melalui Save The Children.

Btw, untuk informasi lebih lanjut tentang campaign Johnson's Sentuhan Penuh Harapan silahkan cek akun sosial media resmi dari Johnson's Baby.
Instagram : @johnsonsbaby_id
Twitter @johnsonsbaby_id
Facebook https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia


Selamat memandikan dan merawat kulit bayi \m/.






11 comments:

  1. Bayi juga perlu banget produk yang berkualitas ya mba. Dede Raffa pasti seneng neh mandi dan dipijat ibu ya.
    Yuuk ah sukseskan sentuhan penuh harapan.

    ReplyDelete
  2. iihh.. pasti bayinya hepi sekali ya jika sering2 disentuh lembut oleh ibunya :)

    ReplyDelete
  3. yeay kece abis Dede Raffa 😎 yuk ah dukung programnya y mba dengan membeli lgsg produknya cus ke Alfamart terdekat

    ReplyDelete
  4. Ih aku mah apa ya dlu gak pake gitu2, bwahaha. Dasar emak robot nih 😂😂

    Mungkin yg ketiga ini mau aku praktekin

    ReplyDelete
  5. Daahh, raffa nikmatin bgd nih pijitan mami, enak patinya ini mah,
    Btw mbk echa, kalau siken aku bawa ke tukang pijet, mbahnya jg aku suruh pakek baby oil ini,

    ReplyDelete
  6. Kangeeeen banget mandiin bayi, Mba Cha. Wangi telon campur minyak wangi khusus bayi ituuuu, surga banget deh, hahahaha.

    ReplyDelete
  7. andalan aku nih jhonson baby :-*

    ReplyDelete
  8. di anak kedua sama ketiga, aku melakukan 4 langkah itu loh dengan produk johnson juga.. klo anak pertama masih takut banget sama yang namanya mandiin bayi apalagi mijat nya..

    ReplyDelete
  9. dulu aku ngertinya bayi dipijat biar doyan makan atau ngga pegel2...ternyata ada efek lebih dalam lagi

    ReplyDelete
  10. Ganteng banget itu Raffa pake kacamata..hihi gemeees.

    ReplyDelete
  11. Aku suka wangi nya johnson... Seger rrrrr banget

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^