Kursus Gratis di IndonesiaX

indonesiax

Kursus gratis di IndonesiaX. Manusia itu harus belajar dan belajar sepanjang hidupnya. Karena ilmu itu tidak akan habis-habis untuk dipelajari. Semakin banyak belajar semakin sadar kalau ternyata kita masih kurang ilmunya. Setuju tidak?

Saya juga begitu terus belajar tentang apapun. Mulai dari ilmu merawat bayi, memasak bahkan parenting, itu juga belajar kan :D. Apalagi sekarang semua ada jawabannya diinternet yang bikin kita lebih mudah belajar otodidak. Kita tinggal gugling dan taraaa semua informasi terpampang nyata cetar membahana ilmu diinternet.

Kadang ada sih terbersit keinginan untuk sekolah akademis lagi, tapi berhubung keadaan waktu dan tempat tidak memungkinkan (maklum orang sibuk :v ) jadi sementara saya pendam dulu rencana itu. Belum lagi biaya sekolah sekarang itu kan mahal, kalau tidak dapat beasiswa kan bingung juga bayarnya.

Ngomong-ngomong tentang belajar, kemarin tanggal 22 Desember 2015 saya ikut acara temu blogger IndonesiaX di Net TV. Sebelumnya, tim dari IndonesiaX yang diwakili oleh Prof Rhenald Kasali dan Ibu Lucy tampil live diacara Sarah Sechan. Lalu acara dilanjutkan dengan bincang santai bersama IndonesiaX. 

indonesiax

indonesiax
indonesiax

Menurut Bapak Rhenald Kasali, sekarang banyak sekali perubahan dalam akademis. Salah satunya tentang penting tidaknya suatu gelar. Dan banyak orang yang lebih mengandalkan skill atau keahliannya dibandingkan gelar akademisnya untuk menjadi bagian disuatu perusahaan. Bener juga sih ya.. Kalau kata Prof Rhenald Kasali, "Selain mencari gelar, skill keahlian kan juga harus terus ditambah".

Dan sekarang sudah hadir IndonesiaX, tempat belajar online yang menyediakan pendidikan atau kursus keahlian secara gratis di Indonesia. Ini adalah sebuah  organisasi non profit yang menawarkan kursus online terbuka besar-besaran dari universitas dan institusi terbaik. Inisiatif ini berfokus untuk memperluas akses masyarakat pendidikan dan ketrampilan yang berkualitas melalui platform kursus online dengan learning management system tercanggih. Online? Iya, online! IndonesiaX ini adalah yang pertama menerapkan tekhnologi MOOCs (Massive Open Online Course / kursus online besar-besaran) di Indonesia. 

Apalagi Indonesia kan merupakan salah satu pengguna terbesar internet, makanya cocok dengan inovasi MOOCs ini. Keuntungan kelas online seperti ini, masyarakat akan lebih mudah mengakses materi tanpa harus datang dikelas. Waktunya? Cukup 5-10 menit untuk mendengarkan materi berbobot yang sudah dikemas agar mudah dipahami.

Dan semua kursus yang ada di IndonesiaX ini gratis. Iya gratis! Siapa saja darimana saja kapan saja, bisa mengikuti kursus online gratis di IndonesiaX. Keren kan? Belajar tanpa ruang dan tanpa biaya. Untuk materinya, selain dari para pengajar dari universitas terkemuka, juga bekerjasama dengan HarvardX (metode online belajar dari Universitas Harvard) dan edX.


indonesiax

Berdiri pada tanggal 17 Agustus 2015 sebagai hadiah untuk Indonesia, IndonesiaX sudah memiliki 30ribu lebih peserta kursus diseluruh Indonesia.  Bayangin saja, baru 3 bulan ternyata sudah banyak sekali yang berminat kursus di IndonesiaX.

Btw, kenapa namanya X ya? Ternyata, arti huruf X dikata-kata IndonesiaX ternyata adalah kata-kata positif dari sebuah X, bisa Xcellent, Xducation, dll.  

Lucyanna Magondipoero Pandjaitan, Presiden Direktur dan CEO IndonesiaX, menyebutkan untuk mempermudah akses MOOCs tanpa batas, disediakan aplikasi di iOS Android dan akan segera ditayangkan ditelevisi. Sehingga diharapkan, akan lebih banyak lagi orang yang mengakses ilmu yang ada di IndonesiaX.



Kenapa sih kita harus ikutan kursus di IndonesiaX? Yang pasti selain kursusnya gratis, para pengajarnya juga sangat berbobot. Ada banyak pengajar kompeten dari Rumah Perubahan (Rhenald Kasali), ITB, UT, UI dan Net TV. Bapak Rey sendiri dari Net TV mengajar di IndonesiaX dengan materi yang biasa dia ajarkan untuk karyawan management trainee Net TV. Dan kita bisa mendapatkan ilmu itu secara gratis!

Dengan metode MOOCs ini, kita bisa belajar kapan saja dengan mendengarkan materi diIndonesiaX yang hanya 5-10 menit. Semua materi dikemas dalam bentuk video yang mudah dipahami dan dapat didownload penuh oleh para peserta kursus. Kalau misalnya ada materi yang belum mengerti, kita bisa bertanya langsung pada para pengajar lewat forum diskusi. 

Tujuan kursus di IndonesiaX ini untuk pengembangan diri, melatih keterampilan dan meningkatkan keahlian sesuai profesi yang dijalankan sekarang. Dan seperti layaknya sebuah kursus atau sekolah tinggi, IndonesiaX memiliki jadwal yang harus diikuti oleh para peserta agar bisa lulus tepat waktu.



Menarik ya kursus online di IndonesiaX ini! Bagaimana caranya ikutan sih? Gampang kok! Buka web-nya, daftar, pilih kursus, dengarkan materi, ikuti ujian, lulus deh^^. Mudah kan?^^.

Berikut saya berikan cara detilnya ^^ : 

Cara Kursus diIndonesiaX


1. Daftar di www.indonesiaX.co.id

Buka www.indonesiax.co.id lalu daftar dan masukkan data sesuai yang diminta. Kemudian aktivasi akun dan selamat sekarang kita sudah bisa ikutan kursus. Siapa saja boleh daftar kok. Tua muda dari manasaja berhak menjadi peserta kursus.

2. Pilih kursusnya
Pilih kursus yang diinginkan. Kita bisa membaca detil siapa pengajar dan materi yang akan diberikan mencangkup apa saja. Berapa banyak kursus yang bisa diikuti? Terserah. Sebanyak-banyaknya juga boleh ^^

3. Tonton video materi


Semua materi video yang berdurasi 5-10 menit ini dikemas dengan apik agar mudah dipahami dan lebih menyenangkan untuk dipelajari. Kita juga bisa mendownload semua materi yang disediakan secara gratis.

Seperti materi terbaru dari prof Rhenald agar orang tua mendidik anak memiliki mental seorang driver. Btw, tahu nggak Prof Rhenald syuting itu pagi hari sebelum beliau beraktifitas. Keren ya semangat berbaginya. Padahal tahu sendiri kesibukannya sangat padat. 

Waktu setiap materi seminggu sekali plus tes mingguan yang berkaitan dengan materi kursus.

4. Berdiskusi di forum

Kalau ada materi yang kurang dimengerti, kita bisa langsung bertanya diforum diskusi kapan saja dimana saja. Setiap pertanyaan diforum akan dijawab oleh para pengajarnya dengan dibantu asisten dosen.


5. Progress Kursus

Walau gratis, kurikulum tetap seperti kursus biasanya yang punya jadwal sendiri. Disini kita akan diberikan semacam jadwal teratur agar bisa lulus kursus onlinenya dan memperlihatkan sejauh mana kita belajar materi kursus. 

6. Sertifikat
 
Untuk memverikasi kelulusan dan penguasaan materi kursus yang sudah diberikan, kita akan diberikan pilihan untuk membeli sertifikat yang nantinya bisa dipergunakan dalam CV kita. Dengan syarat nilai kelulusan tes awal dan tes akhir harus 50%. ^^

Nah, mudah kan ikutan kursus di IndonesiaX. Saya sendiri bertambah ilmu tentang manajemen berkat ikutan kursus disini. Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan terus belajar bukan?

Kapan lagi bisa kursus gratis yang bisa diakses kapan dan dimana saja dengan para pengajar yang kompeten dibidangnya. Yuk, sekarang kursus online gratis di IndonesiaX, hadiah pendidikan untuk Indonesia.



IndonesiaX memberikan pendidikan terbaik dengan kualitas terbaik bagi Indonesia melalui kursus online secara gratis

49 komentar:

  1. Perlu dicoba nih mba.. makasih infonya. iya kayaknya perlu upgrade. Kesempatan bgt mumpung lagi ga sibuk. :-)

    BalasHapus
  2. Wahh makasih infonya mbak Cha, ini pasti sangat bermanfaat sekali..saya jadi pengin ikutan nih mbak..

    *yang penting daftar dulu kali ya mbak, urusan mampu enggaknya belakangan aja... :)

    BalasHapus
  3. waah makasih infonya mba.. capcus daftarrr..

    BalasHapus
  4. Dulu sering bener wawancara pak renald, bshkan saking sibuknya doi minta aku wawancara dlm mobilnya abis doi terbang dari luar kota hahaa

    Berarti dg kursus ini profesi blogger pun bisa jd mskin profesonal ya ka echa

    BalasHapus
  5. Bagusnya, kita juga diberi progres kursusnya. Jadinya masih bisa memantau sendiri jalannya kursus kita. Sip mak :)

    BalasHapus
  6. Wah, ini nih yang dicari. Kursus gratis plus bisa dilaksanakan di rumah. :D

    BalasHapus
  7. Siipp! Makacih Mak Echa buat infonya. Meluncuurr

    BalasHapus
  8. mau ah daftar kursusnya, intip2 dulu yang cocok

    BalasHapus
  9. Enaknya nambah keahlian apa ya?

    BalasHapus
  10. aaah keren banget! makasih infonya mba Echa, mau langsung meluncur untuk nyari kursus yang sesuai ..

    BalasHapus
  11. waw... baru tau nih, mbak
    boleh deh nanti saya coba cek ke IndonesiaX, siapa tau ada kursus gratis yang cocok buat saya ikuti.

    BalasHapus
  12. Keren! Akhirnya ada juga nih buat indonesia. Konsepnya mirip edx yang punya luar negeri itu ya mak, tapi ini punya indonesia!!! Waaaa...wajib meluncur....

    BalasHapus
  13. wah ada sertifikatnya..keren nih

    BalasHapus
  14. menarik sekali..
    trims infonya mbakkk

    BalasHapus
  15. Noted... cocok nih kayaknya

    BalasHapus
  16. Kursus ngeblog ada, Cha? Hihihi..

    BalasHapus
  17. asik ya dapet sertifikat jg meski online

    BalasHapus
  18. Menarik, coba nanti aku liat webnya deh mbak.
    Makasih infonya ya

    BalasHapus
  19. Ha ha ha...akhirnya kesampaian juga mampir di blog yang keren ini :D
    Kayanya perlu di coba, kan online tapi nunggu Zafa bubu dulu :D

    BalasHapus
  20. wihhh, nyoba ah ikutan. asik banget kalo gratis

    BalasHapus
  21. ihhh keren bgttt... baru tau loh ada kursus gratis online bgini mbaa... Aku mau cobaa ^o^... lgs meluncur ke websitenya...

    BalasHapus
  22. Wuih keren mo coba ah, makasih infonya mbak echa

    BalasHapus
  23. Iiih, kok keren, sih, ada kursus gratis gini, Mbak. Materinya berbobot tapi gratis. Amal jariyah banget. :)

    BalasHapus
  24. Aseli, keren banget!!!

    Aku mau daftar ah

    BalasHapus
  25. Iiih keren sekali. Kayaknya saya juga perlu ilmu Public Speaking, Mak.
    TFS yah :)

    BalasHapus
  26. Wah, baru tahu. Share ya mba. Mau ikutan juga

    BalasHapus
  27. Wah mantab ini, kebetulan saya ngefans sama prof. renald :-) besok langsung ke TKP

    BalasHapus
  28. Wah mantab ini, kebetulan saya ngefans sama prof. renald :-) besok langsung ke TKP

    BalasHapus
  29. Seru nih, kursus gratis via online. ahPingin nyoba, intip2 dulu ahi.

    BalasHapus
  30. Info menarik..nyobain ah. Makasih, Mak.

    BalasHapus
  31. jadi sekarang hemat tempat juga ya Cha, ga perlu jauh jauh macet datang ke tempat kursus. Hebaaat ...

    BalasHapus
  32. mak makasih info nya.. mau cobain ini ahh..

    BalasHapus
  33. Echa, udah bunda baca postingannya, tapi gak nemu tuh kapan kursus online ini dimulai. Bunda udah daftar buat Public Speaking.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya belum dimulai emang bunda yang public speaking..aku dikelas manajemen

      Hapus
  34. Echa, bunda udah baca postingannya, juga udah buka website IndonesiaX tapi gak nemu tuh kapan kursus online gratis ini dimulai.

    BalasHapus
  35. mbak cha....makasih banyak infonya..lengkap bangetttt

    BalasHapus
  36. Duh, keren banget nih. Aku yang sudah berumur sejak lama pengin sekolah lagi, belajar lagi.
    Menarik karena durasinya tidak lama, tahu banget kalo kelamaan on line tidak smeua orang sanggup.
    Jempol untuk penggagasnya, jempol untukmu, infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  37. informasinya sangat menarik sekali mak, makasih mak infonya.. info yg beginian patut untuk dicoba

    BalasHapus
  38. asyik banget kursusnya cha..dengan para pakar semua dan ilmunya pun bermanfaat banget. Salam untuk Pak Nuh, pernah tugas bersama :).

    BalasHapus
  39. woow kereen kursusnya bisa disambil onlen kerjaa niy..

    makasih eaa emake raffi inpohnya

    BalasHapus
  40. Hmm, mungkin bisa kasi kursus piano online di sini ya, hehehe...

    BalasHapus
  41. Asiiik, aku juga senang belajar, terutama yang gratis gratis, hihiii

    BalasHapus
  42. Keren bingits.....
    Seperti Universitas Terbuka namun lebih flexible dan materinya banyak yang populer di masyarakat
    Semoga nanti ada juga MOOCs untuk kursus yg aplikasi-nya siap pakai. Sehingga bisa di aplikasikan ke dunia kerja saat ini. Sehingga yg namanya link & match antara dunia pendidikan / kursus dan industri berjalan seirama. Dan menjadikan bangsa Indonesia yg maju dan sejahtera
    Aamiin.......

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah saya pun da finish dua kursus di IndonesiaX,public speaking dan introduction to stock Exchange....
    Keren banget, menimba ilmu gratis dan banyak pilihan. Mau sertifikat kursus baru bayar Rp 250.000 kalau tak mau, tak pa jugak, tapi saya rasa rugi banget kalau tak ambil sertifikat, soalnya kan da ujian, ada ujian mingguan 4x. Ujian akhir 1x.

    BalasHapus
  44. bu, saya udah daftar kursusnya.. tp ga nemu tombol forum.. apakah karena kursus belum dimulai, jd blum ada link forum?

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^