#NgopiBarengTiket Berikan Kesempatan Dapat Uang Dari Blog


#NgopiBarengTiket Berikan Kesempatan Dapat Uang Dari Blog. Tgl 13 Februari 2016 bertempat dihongkong cafe berbekal restu suami :v, saya dan Raffi ikutan #NgopiBarengTiket. Soalnya saya tertarik dengan tema yang diangkat, yaitu cara mendapatkan uang dari blog. Secara saya memang lagi menekuni dunia blogging kan?

Apalagi ada mbak Indah Juli  yang jauh-jauh datang dari Jogja sebagai salah satu pemateri, kesempatan sekalian kopdar kan? ^^.

Acaranya yang diselenggarakan Tiket.com ini dimulai dengan acara makan siang. Lalu acara dimulai dengan dimoderatori oleh mba Nuniek Tirta. Mbak Nuniek adalah seorang blogger yang ngeblog di nuniek.com sekaligus inisiator Komunitas #Startuplokal. Beliau ngeblognya sudah lama sekitar 12 tahunan. Btw, sebenarnya hampir sama sih ya lama ngeblognya sama saya. Cuma saya ya gini-gini aja hehehe.

Mbak Nuniek Tirta

Pembicara pertama diawali oleh Bapak Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Communication Officer Tiket.com. Tahu tidak? Ternyata tiket.com adalah satu-satunya yang 100% Indonesia. Mulai dari modal, karyawannya sampai pesona wisata yang diusung itu Indonesia semua. Dia membuat bisnis ini karena melihat travel sangat besar peluangnya dimasa depan. Dan itu membutuhkan tiket untuk travelling. Menyesuaikan dengan tekhnologi yang sekarang serba online, lahirlah tiket.com sebagai penjualan tiket online. Dan benar saja... Mulai dari awal sampai sekarang, konsumen tiket.com bertambah dan terus bertambah. 

Bapak Gaery

Di tiket.com, kita bisa beli macam-macam tiket loh. Lebih mudah kan? Jadinya sudah terfasilitasi disatu atap ^^. Ada 14 pesawat, 180 ribu lebih hotel, tiket kereta api PT KAI Indonesia, car rental (sewa mobil) dan tiket event and attraction yang disediakan oleh tiket.com.

Nara sumber kedua adalah mba Indah Juli pemilik www.indahjuli.com yang merupakan co founder emak2blogger. Beliau memaparkan serba-serbi job review. Yang pasti yang pertama, kenali produk atau campaign yang ingin ditulis. Bila dirasa cocok dengan campaignnya, kita bisa menerima kerjaannya. Jadi jangan semua diambil, sesuaikan dengan nafas blog kita. Karena setiap blog punya ciri khas. Selain agar lebih mudah diingat, ciri khas blog merupakan suatu daya tarik bagi setiap pembacanya (buat brand juga ^^).


Yang kedua, mau tulisan soft selling atau hard selling bisa konsultasikan dengan pihak brand. Bagusnya sih, tulisan sellingnya ada ditengah tulisan bukan diawal atau akhir postingan. Heheheh, jadi ingat saya sering kadang full malah :D.

Yang ketiga, konten is a king. Iya konten dengan menulis yang baik berdasarkan pengalaman sendiri. Karena bagaimanapun sebagai blogger, kita harus tetap mengedepankan konten-konten yang berkualitas diblog kan? Apalagi kita tahu sendiri, tulisan blog itu abadi^^.

Selain itu, mbak Indah juga bercerita tentang cara-cara mendapatkan uang dari blog. Bisa dari google adsense, placement, review produk atau berafiliasi dengan tiket.com.

Eh? Affiliasi patner dengan tiket.com? Iya, blogger punya kesempatan untuk partnership dengan tiket.com loh^^. 

Oke, saya lanjut lagi ya ceritanya biar tidak penasaran...

Mbak Indah Juli

Yang ketiga adalah bapak Novasta, sebagai Head B2B tiket.com. 65% penjualan tiket.com berasal dari mobile app. Makanya ditahun 2016 ini, akan lebih dioptimalisasikan aplikasi tiket.com ini. Selain itu, walau sekarang penjualan tiket memang punya pasar tersendiri. Ternyata kalau mau buat badan usaha tiket itu ribet sama administrasi. Kita harus ijin dulu, menjalin kerjasama, urus surat-surat dll. Ribet yak ternyata. Selain itu, resiko menjadi travel agent sendiri itu juga sangat besar.

Tapi tenang, sekarang tiket.com punya program B2B untuk yang mau terjun didunia travel baik langsung atau tidak langsung (bisa lewat widget, API dan DOTA). Semua ini bebas resiko dan partner sendiri akan diberi pengarahan oleh pihak tiket.com. 

Bapak Novasta

Hmm untuk blogger cocok yang mana ya? 

Untuk blogger, kita bisa partnership dengan tiket.com dengan memasang widget diblog. Jadi, orang yang berkunjung bisa langsung memesan tiket yang dikehendaki diblog kita. Semuanya akan online terhubung dengan sistem tiket.com itu sendiri. Kita tinggal pasang widget dan terima komisi deh setiap ada yang booking ^^. Mudah kan?



Cara daftarnya bagaimana? Ini caranya!

1. Login sebagai partner di https://www.tiket.com/affiliate/login
2. Buka halaman widget dengan mengklik website blog dimenu kiri
3. Isi data widget yang diminta, jangan lupa sesuaikan dengan blog kita ya
4. Get code and preview
5. Dan pasang script widgetnya diblog kita

Lengkapnya kalau mau baca-baca dulu bisa ke http://www.tiket.com/affiliate yak ^^

Untuk komisinya termasuk lumayan loh!. Untuk pembelian tiket pesawat, kita akan dapat 10ribu per transaksi berhasil. Sedangkan untuk pembelian hotel, tiket kereta api atau event, ada tabel tersendiri yang sudah disiapkan. Yaaa, lumayanlah ya! Sambil ngeblog dapat uang juga kan dari hasil afiliasi ^^.


Partnership ini berlaku untuk berbagai macam niche blog ya, jadi bukan hanya blog travelling saja ^^. Blog gado-gado seperti saya juga bisa pake banget!. Mbak Nuniek Tirta sang moderator juga sudah pasang loh ternyata. Dan hasilnya lumayan tanpa disadari. Tiba-tiba pas dicek komisinya sudah banyak.

Salah satu yang berhasil menjadi parner afiliasi dengan tiket.com adalah Bapak Adam. Awalnya, Bapak Adam ini adalah seorang konsumen tiket.com. Lalu tahun 2015 beliau mencoba pasang aplikasi tiket.com. Hasilnya ternyata diluar dugaan, banyak sekali yang booking melalui widgetnya tanpa harus sibuk mengurus penjualan ^^.

Bapak Adam sharing tentang success story berafiliasi dengan tiket.com

Lumayan juga ya ternyata program afiliasi ini. Mbak Nuniek dan Bapak Adam sudah buktikan sendiri hasilnya. Jadi tidak sabar pasang widget juga untuk diblog. Yah, demi dapur tetap ngebul bul bul. Wong tinggal pasang widget saja toh ^^, terus kita dapat komisi. Cring cring cring masuk rekening kita ^^.

Jadi, jangan lupa daftar partnership tiket.com yak !

Suasana #ngopibarengtiket

Acara selesai sekitar jam 3 sore dengan foto bersama seluruh peserta yang hadir. Tidak lupa saya foto bareng mbak Indah Juli sama emak lainnya. Mumpung ketemu hehehe.



Finally, foto bareng yuhuuuu \m/
(credit : mak Memez) 

Saya dan Raffi pun pulang kerumah. Selama perjalanan pulang saya sempat mikir. Kapan ya jalan-jalan lagi? Liburan kapan ya liburan? Ibu rumah tangga gitu loh :v. Kadang saya ngerasa jarang banget yang namanya liburan. Biasanya liburan juga hadiah menang lomba seperti sebelum-sebelumnya. Hehehe

Soalnya tahu sendiri kan? Kalau liburan harus sekeluarga. Biayanya juga besar. Untuk menghibur diri sendiri, saya seringnya diajak jalan-jalan dekat sama suami. Da saya mah apa atuh. Ke supermarket saja nganggepnya liburan huehuehue.


Akhirnya sampai rumah saya buka website www.tiket.com sambil pilih-pilih tanggal yang pas untuk liburan (sesuai budget pastinya). Sekalian pelajari afiliasi tiket.com hehehe. Dan ternyata gampang loh pesan tiket di tiket.com. Setelah pesan, kita tinggal melakukan pembayaran dengan mudah lalu nanti ada email tiketnya. Selesai. Kita tinggal bawa tiketnya nanti saat mau berangkat^^. Gampang kan!

Aplikasi mobile tiket.com

Oh iya, tiket.com juga tersedia mobile apps. Download saja, lebih gampang lagi! Kalau mau dapat penawaran lebih banyak, jangan lupa follow dan like akun tiket.com ya ^^. Soalnya sering banget ada promo gitu, kan sayang kalau dilewatkan.


Terima kasih kesempatannya tiket.com atas acara #ngopibarengtiket yang ternyata bukan sekedar ngopi biasa. Saya dapat ilmu tentang blogging juga jadi tahu tentang afiliasi partner di tiket.com. Daftar aahh... Teman-teman juga jangan lupa daftar ya! Lumayan loh, bisa dapat uang dari blog. 


47 komentar:

  1. Kalo duit cepet nyambernya hehehe.
    Lumayan nih affiliasinya ga ribet.... 😬

    BalasHapus
  2. Menarik program afiliasinya Mak TFS :)

    BalasHapus
  3. Wah... pas banaget nih artikelnya sama kebutuhanku akan artikel tentang dapet uang dari ngeblog .. Dah lama aku pengen narok widget di sidebar tetapi belum nemu yang cocok.. Nah kali ini kayaknya cocok deh ..makasih banyak sdh share ttg hal ini ya Mba..

    BalasHapus
  4. Terima kasih mbak informasinya, bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  5. Info keren nih mak Echa. Biasanya aku pake jasa yang satu lagi tuh. Baru kenal sama tiket.com dan ada program afiliasinya lagi. Trims ya udah dikenalin sama tiket.com ^__^

    BalasHapus
  6. Wahh makasih infonya mba Echa! Daftar ahhh...

    BalasHapus
  7. Aku jadi tertarik nih ikutan

    BalasHapus
  8. Patut dicoba, apalagi kalau sering ditolak adsens.

    BalasHapus
  9. Program afiliasinya bener2 menggoda. Tapi mesti cek nih cocok ga ya sama konten saya hehehe

    BalasHapus
  10. makasih infonya mbak, boleh di coba nih :))

    BalasHapus
  11. Kayaknya asyik ya affiliasinya.
    Langsung meluncur :)))

    BalasHapus
  12. Makasi mba echa infonya, sangat berguna ^_^ pengen nyoba masang widgetnya hehehe.... Semoga liburannya keturutan ya mba...

    BalasHapus
  13. Boleh di coba ni siapa tahu dpat bnyak hehehe

    BalasHapus
  14. Infonya patut untuk di coba.

    BalasHapus
  15. boleh dicoba nih afiliasinya,makasih ya mak infonya^^

    BalasHapus
  16. maak makasi infonya, aku mau coba afiliasinya aaah

    BalasHapus
  17. Semoga bisa afiliasi sama tiket.com ini...biar rekening juga gendut...kayak body nya..hehe

    BalasHapus
  18. makasih inponya bu...
    mmm... pasang gak yah?
    :)

    BalasHapus
  19. Wah aku mau ah..iseng2 berhadiah hehe...maksih infonya mak

    BalasHapus
  20. mau sih ikut tapi kesulitan untuk masuk/daptar...

    BalasHapus
  21. Makasih mak Echa, pesan untuk diri sendiri melalui blog kita, juga bisa dapat komisi ? atau diskon ? Meluncur ah

    BalasHapus
  22. aku juga pernah ditawarin sama toko tiket sebelah, buat jualan tiketnyaa.. lumayan sih hasilnya. tapi blm aku tindaklanjuti :D

    BalasHapus
  23. Bagus , kerja sama yang saling menguntungkan, simbiosis mutual,
    Terus pasang afiliasinya nggak riweuh ya
    tengkyuu sharingnya Echa

    BalasHapus
  24. Wah enak nih tinggal pasang widget dan yang paling penting bisa buat blog apa aja yaa.
    mau cobain juga aah :)
    TFS mba..

    BalasHapus
  25. waktu ku dan waktunya abi sudah barengnyaaaaaaaaaaaa :(

    BalasHapus
  26. blog yg masih berkembang viewernya masih dikit boleh ikutan masang ga sih mbaa?

    BalasHapus
  27. lumayan besar yah komisinya

    BalasHapus
  28. boleh dicoba nih afiliasinya mak eca, ngeblog smbil jd agen tiket nih, sipsip, makasih yak :)

    BalasHapus
  29. Waaa blog saya nggak ada ya yang baca, siapa yang mau ngeklik ya mbak Cha? Masak diklik sendiri? :(

    Tetep keren deh infonya :)

    BalasHapus
  30. Waah, perlu dicoba nih affiliasi tiketnya.
    Makasih mbak infonya, kemarin pgn ikutan ngopi tiket, tp ada acara lain :)

    BalasHapus
  31. Udah dipasang widgetnya hihihi makasi infonya, mba echa! Saya mau pasang di sidebar, tapi kesulitan dgn size widgetnya yang terbatas paling kecil 300 px doang. Jadi saya taro di bottomnya blog aja. Gimana ya caranya biar bisa dipasang di sidebar tapi tetep rapi & simetris dengan poster2 lainnya di blog saya? heuheuheu

    BalasHapus
  32. Wah narsum nya kereeen. Nyari penghasilan pasang embed di widget ga mesti jauh2 dan milih ini itu ya Di tiketdotcom juga adaa.gampaang.xixixi

    BalasHapus
  33. Kalau dari Banjarmasin boleh juga ga nih ikutan gabung..hee

    BalasHapus
  34. Coba-coba daftar ah, biar widgetnya bisa kepasang di blogku :D

    BalasHapus
  35. mau pasang di wordpress kok gak bisa ya?

    BalasHapus
  36. Nyobain daftar juga ah ... Lumayan :D

    BalasHapus
  37. waaah nambah ilmu baru dan network baru nih ya cha :)

    BalasHapus
  38. thsnk you infonya mak, coba juga ah

    BalasHapus
  39. aku mau coba daftar ach cha, siapa tahu bisa liburan gratis..heheee, hore Rafii mau liburan

    BalasHapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^