5 Cara Mudah Meningkatkan Nafsu Makan Anak

91 komentar
Lima cara meningkatkan nafsu makan anak

[Sponsored Post] 5 cara mudah meningkatkan nafsu makan anak. Siapa disini yang anaknya susah makan? Alhamdulillah, Raffi kebetulan makannya termasuk yang kategori mudah. Jadi kalau mau dibawa kemana-mana gitu, dia mau makan yang ada. Pokoke ora neko-neko^^. 

Berat badan dan pertumbuhannya juga sesuai dengan KMS selalu digaris hijau (dikepala saya sudah terpatri anak sehat tidak harus gemuk tapi sesuai dengan masa tumbuh kembangnya), makanya saya tidak pernah khawatir dengan makan Raffi. Tapi ada sih waktu-waktu dimana dia malas makan, misalnya lagi kurang enak badan atau lagi sariawan. Dan itu adalah saat dimana seorang ibu bisa lebih kreatif mengolah makan anak agar asupan tetap masuk ^^. Betul tidak?

Banyak yang tanya bagaimana cara mengajari anak agar makannya gampang seperti Raffi. Saya sendiri sebenarnya bingung juga ditanya, tapi yang pasti saya selalu berusaha meningkatkan nafsu makan anak agar selalu semangat makannya. Saya percaya pertumbuhan anak itu perlu nutrisi dan stimulasi, termasuk stimulasi saat makan ^^.

Ini tidak hanya berlaku saat 1000 hari pertama kehidupan loh

Saya juga beberapa kali membaca buku dan sharing dengan teman tentang hal ini. Semua cara saya coba dan direview mana yang cocok untuk anak kita. Ingat beda anak beda perlakuan ^^.

Dari berbagai macam metode, ini 5 cara mudah dan sederhana ala saya untuk meningkatkan nafsu makan anak. Dan ini terus saya terapkan konsisten hingga saat ini ^^.

1. Konsisten dengan jam pola makan

Orang tua harus bisa memberi contoh kepada anak. Karena sebagai sosok terdekat anak, orang tua akan selalu diperhatikan. Jadi dimulai dari orang tua juga ya ini ^^. 

Caranya dengan menentukan jadwal makan yang teratur setiap hari, terdiri dari 3 kali makan utama dan 2 kali makan snack dengan menyesuaikan aktifitas harian keluarga. Kenapa penting membuat pola seperti ini? Yang pasti saya mengenalkan konsep lapar dan kenyang. Dia makan saat jam makannya dan hanya minum diluar jam makannya. Ini saya mulai sejak Raffi mengenal MPASI. 

Ini contoh jadwal harian Raffi sampai saat ini saya gunakan sehari-hari. Soalnya masih sesuai dengan jadwal sekolah dan kegiatan harian kami.

jadwal harian toddler
Jadwal harian Raffi yang sampai saat ini saya gunakan


2. Memilih makanan sehat dan bervariasi

Selain jadwal harian saya juga rajin membuat menu makan mingguan Raffi. Pssst, membuat ini juga bisa untuk lebih rapi dalam pengelolaan uang belanja juga loh :D.

Yang pasti, setiap hari saya sediakan minimal satu buah-buahan untuk seluruh anggota keluarga. Agar sedikit bervariasi, saya suka buat bento lucu-lucu gitu buat Raffi walau cuma dimakan dirumah, Tapi beneran, Raffi senang dan semangat makannya.

bento anak
Beberapa bento geje bikinan mamih Raffi hihi
Walau acak kadul bentuknya, Raffi tetap semangat makannya loh :D
Mamihnya jadi semangat belajar bikinnya kaaan!


3. Komunikasi sama anak tentang rasa makanan dan apa yang dia suka

Setelah makan, saya biasanya bertanya beberapa pertanyaan sederhana pada Raffi. Misalnya, enak tidak makanannya? Atau besok mau makan apa? Atau saat ada makanan baru, saya selalu tanya ini makanan A mau tidak makan? Jadi tidak ada drama maksa makan. Saya juga selalu berusaha bicara positif tentang makanan yang tersedia dimeja makan. 

Tidak ada penghubung paling sempurna selain komunikasi yang baik dengan anak. Suasana makan jadi menyenangkan dan anak makan tanpa paksaan^^.


4. Ajari anak untuk selalu makan dan duduk dimeja makan

Semenjak masuk MPASI dulu, Raffi saya biasakan untuk duduk saat makan. Dan ternyata punya highchair itu sangat membantu loh. Sampai saat ini, saya hampir tidak ada drama mengejar anak untuk makan. Jadi saat makan ya makan, kalau main ya main. Membuat satu spot berkumpul dimeja makan juga penting, sampai saya mengubah tatanan ruang keluarga yang bisa digabung dengan meja makan.
Ruang makan keluarga kami
Saya termasuk yang tidak memperbolehkan anak bermain saat makan
Tapi anak boleh memainkan makannya saat waktu makan sebelum masuk mulut



5.Minum susu untuk tambahan pemenuhan nutrisi anak

Selain makanan pokok, susu juga penting dimasa pertumbuhan anak dan menjaga kesehatan hingga dia dewasa. Kandungan yang sangat baik untuk tubuh dalam susu dapat membuat tulang dan gigi anak sehat, mencegah obesitas saat dewasa dan menjaga cairan tubuh agar tetap segar beraktifitas, Selain itu, susu juga bisa menjadi kudapan sehat untuk anak.

Kadang saya masukkan difreezer kulkas biar seperti es krim. Atau kadang saya suka membuat jadi cemilan lainnya seperti kue kecil, puding dll. Raffi sendiri bisa 3 kali lebih minum susu dalam sehari.

Raffi minum susu dimasa pertumbuhannya

Untuk anak yang susah makan, susu dan produk olahannya bisa dijadikan alternatif agar anak tetap terjaga nutrisinya. Tapi tetap harus mengajarkan anak untuk terus makan ya^^. Jangan lupa untuk konsultasi kedokter ya dan cari tahu kenapa anak tidak mau makan ya. Apa saluran pencernaan terganggu atau trauma saat proses makan dll. Karena bagaimanapun anak tetap harus belajar makan dan pencernaan menggiling makanan ya ^^.

Oh iya, untuk anak yang susah makan kalau perlu ada salah satu merek yang direkomendasikan yaitu PediaSure

Pasti sudah pada familiar ya bu-ibu dengan PediaSure ini ? Susu ini memang dirancang khusus untuk pemenuhan nutrisi dan membantu pertumbuhan bagi anak yang susah makan dan bermasalah dengan makanan. Dikemas dengan rasa yang lezat dengan berbagai varian rasa seperti vanilla, coklat dan madu, PediaSure mulai bisa dikonsumsi anak yangberumur 1-10 tahun. 

pediasure

PediaSure dilengkapi dengan Mikro Nutrisi dan Makro Nutrisi untuk pertumbuhan, Asam Linolenat dan Asam Linoleat sebagai asam lemak esensial, sumber protein, vitamin A, C, dan E serta mineral Zink dan Selenium, plus campuran 3 minyak nabati. Lengkap kan ^^. Jadi si anak susah makan tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya ^^. 

Btw, karena kandungan  dalam Pediasure ini lengkap makanya kenapa harga lebih mahal dibanding lainnya :"). 

Tenang-tenang, sekarang ada yang namanya JD event Baby Festival. Disana PediaSure 850gram hanya 250ribu perkaleng. Dan ini harga paling murah loh dibanding lainnya. Solusi banget kan biar anak bisa minum susu untuk pertumbuhannya?




Sudah pada tahu JD kan? Disana banyak sekali pilihan yang dapat memenuhi kebutuhan kita, salah satunya untuk keperluan ibu dan anak. Pengalaman beli disana sih barangnya original, pengiriman cepat, cs yang tanggap dan harganya lebih hemat. 

Jadi tunggu apalagi bu-ibu? PediaSure bisa dibeli di jd.id lohhh! Buruan! Soalnya event Baby Festival ini berlangsung cuma 26-29 Juli 2016 saja. Bukan hanya itu saja sih, banyak promo lain selama event baby festival ini loh! Nggak percaya? Klik sekarang juga JD Event Baby Festival ^^.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara agar anak nafsu makannya meningkat? Selamat dipraktekkan yaa! Jangan lupa, buat yang mau borong keperluan ibu dan anak buruan ke event Baby Festival. Dan di jd.id make joy happen!

http://sale.jd.id/act/2sj3mlnhueRE.html?utm_campaign=160726_babyfestival_advertorial&utm_medium=cpc_zo&utm_source=momsblogger_ibn

Related Posts

91 komentar

  1. Whoaaaa Pediasure promo! Ini susu favorit adek sepupuku :3 Maaci infonya :3

    BalasHapus
  2. Infonya berguna banget ini. Waahh keren mami Raffi...

    Semangat terus yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbaa.. \m/ belanja di baby festival yukkk

      Hapus
  3. Makasih tipsnya mba. Anakku Luthfi memang rada rada susah kalo di ajak makan. Sampai bingung juga kadang ngerayunya. Semoga tips tips ini bisa bermanfaat juga untuk anakku

    BalasHapus
  4. Dulu Putri saya sempat minum susu ini beberapa kaleng, hasilnyaemang bagus cuma harganya Suarjana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mumpung diskon banyak kok produk promo lainnya di JD baby festival ^^

      Hapus
  5. kalo..anak lagi males makan emang susu jadi lebih dibanyakin..he2

    BalasHapus
  6. Ya ampuuun itu lucu banget bentonya :)
    Yang tentang jam makan itu bener deh aq juga selalu ngikutin pola itu jadi anak2 ngerti klo jam itu ya waktunya makan bukan ngemil permen misalnya, eh permen mah bukan cemilan yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya waktu itu aku diajari dirimu tentang pola makan ini mbak

      Hapus
  7. Keren bentonya, bener semakin anak suka makan semakin semangat kita belajarnya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk buat bekal juga kesekolah pasti seneng lagi ngumpulin iniii

      Hapus
  8. ooh Pediasure salah satu alternatif solusi ya untuk anak yg males makan.. aku juga membiasakan makan sambil duduk meskipun itu cuma diatas lantai

    BalasHapus
  9. Waahh baby festivalll, pengen ngajak spupu yg baru punya baby ke sana, ahhh. Thanks infonya ya Chaaa...

    BalasHapus
  10. Kreatif bgt Mba Echa bikin Bentonya, lucu-lucu bangat, pantasan Raffi semangat makannya :)

    BalasHapus
  11. Haduuuh susu Mihil tapi emang sesuai sih dengan kualitas... aku sih kalau anak susah makan, emaknya yg ngabisin alhasil body ini tambah bohay..

    BalasHapus
    Balasan
    1. plisss jangan ngomongin bb kita sehati kalau BB --'"

      Hapus
  12. Rafasya juga alhamdulillah makannha gampang. Jadi ga tlalu repot ya klo lg jalan2. Bener banget Cha, dbikin bento2an bikin anak semangat makan.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah, Fathan juga nggak susah makannya. Tapi bundanya belum bisa bikin bento kayak mama raffi, semoga bisa kreatif yah kayak mama raffi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayooo mbak belajar ini aku masih belajar seh :") makanya berantakan

      Hapus
  14. aku ngiler liat bentonyaaaaa......

    BalasHapus
  15. Wah, liat makanan yang cakep begitu, semua anak yang susah makan pasti jadi mau makan. Btw, Zaudan juga nafsu makannya naik turun. Tapi gak terlalu khawatir kalo lagi turun. Kebetulan, susunya Pediasure sejak dia usia setahun. Dan kalo lagi turun nafsu makannya, minum Pediasure tetep jalan. Nutrisinya jadi tetep terjaga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iy apediasure ini emang buat yang bermasalah mba. tapi kalau misalnya normal g perlu ^^

      Hapus
  16. Ini susu andalan sy jg kl adek Ayyan susah makan,cuma buat pemancing sj sih. Biasanya kl habis se-box gak tau knp langsung lahap dia, apa sugesti aja ya krn harganya mahal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal kalau mahal makenya dikit2 ya mak *eh

      Hapus
  17. Mungkin bisa buat ak juga cha, yang susah mamam :)

    BalasHapus
  18. Aih, aku inget dulu pake pediasure untuk Daffa :D thanks infonya mamiih

    BalasHapus
  19. Mba rajin dan kreatif banget itu bikin bento,lucu. Tapi emang bener pediasure itu bantu banget buat anak susah makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih belum rapi mba. lagi ngumpulin gambar2 lucu bento sapa tau bisa dicontek xD

      Hapus
  20. Raffi makannya pinteeer ya :).. Itu bento lucuuu

    BalasHapus
  21. Dulu adekku sempet minum ini. Sekarang sih nggak. Nafsu makan udah lancarrt

    BalasHapus
  22. Anakku yang pertama itu susah makannya pas kecil. Soalnya dulu aku kerja, yang ngasuh gonta ganti. Nyuapin sambil digendong lah, sambil lari2an lah-___-

    Alhamdulillah anak kedua ditunggin emaknya dari bayik sekarang apa2 mak lep, nggak milih2 makanan.

    Pediasure anak pertama doang yang nyicipin. Mihil pulak sih. Sekarang nggak pernah beli lagi :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga anak ke-3 juga gampang ya mak makannya *eh

      Hapus
  23. Kebetulan banget nih anak aku yang cowok lagi susah makan. Zebel. Makasi tipsnya ya Maaaaak

    BalasHapus
  24. Makasih tipsnya, Mami Raffi. Kebetulan anakku doyan makan semua. Tentang susu pediasure, memang aku lagi cari infonya makasih ya. Btw, bentonya kece2...lucu 😍

    BalasHapus
  25. Pernah dengar, kalo anak susah makan itu termasuk fase tumbuh kembangnya. Dari situ bisa tau mana yang emang kesukaannya, mana yang bukan, bener nggak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya makanan kudu variasi dan diajak ngobrol gitu caranya mak

      Hapus
  26. Itu bukan bento geje, tapi cakeppppp. Emak kreatif. Kayaknya tiap anak beda - beda ya, ada yang suka makan ada juga yg suka susu, kalau aku sih kalau dia suka susu yowes, minumin susu aja hihihihi. Better dikasih susu dari pada vitamin, tar jadi gendut ga keruan klo pake vitamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih belajar ini bikin bentooo acak kadul ituu

      Hapus
  27. Arya itu kalau makan, drama banget, Mbak. Ngunyahnya lamaaaa bgt, ga ditelan2. Dan sukanya pindah sana sini. Emaknya kan jadi jengkel. Huhuhu.. *curcol*

    BalasHapus
  28. Ini susunya anakku waktu kecil, karena dia susah makan. Dengan pediasure jadi lahaapp :)

    BalasHapus
  29. anak pertama kan bermasalah makan sejak satu tahun, baru di umur 5 tahun doyan yg namanya nasi, jadi sejak umur satu tahun dah minum pediasure, lumayan bikin kantong meringis... hihihi, tapi sekarang alhamdulilah dah doyan mem..

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya dah laper ya mak butuh asupan banyak pas 5 tahun xixixi

      Hapus
  30. Ini tips bagus buat Fahmi di rumah yang kadang suka rewel kalau soal makan...
    Trims ya tipanya 😊

    BalasHapus
  31. Info yang sangat menarik nih buat istri kelak hehehe

    BalasHapus
  32. Mamah Raffi ibu yang baik pakai banget. Tak usah jauh-jauh deh lihat saja dari foto-foto penyajian bentonya. Itu kan butuh ketelatenan. Insya Allah dengan Ibu seperti ini Rafi akan tumbuh jadi anak sehat dan cerdas. Begitu pula adiknya nanti. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah mbak jadi melambung ini
      makasih ya mbak doanyaaa

      Hapus
  33. Wah, mamiiiih kece bingits bentonya. Salut deh mau rempong demi anak. ^^

    BalasHapus
  34. Ngajarin makan anak-anak tuh butuh effort, aku dulu sampai bikin jajanan sendiri untuk selingan makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak anak jadi semangat kalau bikinan kita sendiri seh sepertinya ya

      Hapus
  35. pernah ngalamain anak susah makan...alhamdulillah sekrang udah pada gampang dan teteap minum susu sebelum tidur

    BalasHapus
  36. noted, ini tipsnya. Faraz kan susah banget makannya.
    btw Mbak, bukannya katanya Pediasure itu utk anak yg pencernaannya terganggu? pengen cobain juga utk Faraz tp ada yg bilang kayak gitu juag, huhuhuh #galau

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya buat yang bermasalah emang mak. Tapi kalau ragu lebih baik emang dikonsultasiin sama dokter seh ya ^^ lebih aman ^^

      Hapus
  37. Wahhh makasih info promo nya! Dia pers juga diskon 50% !!! Pas banget ini lagu nyarik kado ..
    (Bukan buat kamuhhh 😑😑 )
    Wkkwkkwkw

    BalasHapus
  38. Tipsnya boleh juga nih, suka poning sendiri sama Kezia yang susah banget makan 😷😷😷

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha padahal kezia keknya makannya banyaaaaak

      Hapus
  39. Wah info promone boleh tuh, aku rekmndasikan ke saudara aku. Tengkyuu mami echa

    BalasHapus
  40. dulu anak kakakku susaaaah banget makannya. Udah konsul ke sana kemari, ke dokter gizi, dll... tetap saja susah makan. Tapi akhirnya minum ini sambil pelan-pelan diajari makan. Sekarang sehat, pintar, mandiri, dan yang paling penting udah mau makan sendiri...

    BalasHapus
  41. Anak saya makannya lahap cuma kalau lauknya sate ayam, gulai, sayur beli di RM Padang. Hmmm... Tapi terkadang makan sama tempe goreng aja mau dia, tapi ya mood-moodan juga. Dasar anak-anak ya.

    Tips soal waktu makan yg teratur itu harus saya terapkan lebih disiplin ke anak deh kayanya. Selama ini jam makan kacau balau termasuknya.

    BalasHapus
  42. Boleh juga nih...ntar nunggu anakku baru disapih aja minumnya...minum susu ini ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau perlu mak. kalau anaknya enak maemnya mah g usah

      Hapus
  43. Orang tua memang musti pintar mencari cara
    agar anak-anak lahap makannya
    saya juga pernah lakukan, makanan dibentuk kaakter seperti picture di artikel atas
    hasilnya mujarab :) hehe
    salam sehat dan semangat Mak Echa

    BalasHapus
  44. Yaaaa.... ayah sudah nggak punya banyak sayang, mungkin buat cucu saja nanti ya?

    BalasHapus
  45. Mba aku gagal fokus sama menu makan rafi neh. Apalagi bentonya lucu-lucu.
    Jadi pengen nyobain susu ini juga neh buat Dimas.

    BalasHapus
  46. Wah, Maksih infonya mbak.
    Anaku juga juga udah mulai diajarin buat selalu makan dan duduk dimeja makan, terus aku juga kasin nutrisi tamahan dari Pediasure. Nuturisinua udah mulai terpenuhi nih, berat badannya juga udah mulai naik, padahal dulu susah banget naiknya :)

    BalasHapus

Posting Komentar