5 Ide Seru Menghabiskan Waktu Bersama Anak

5 ide seru menghabiskan waktu bersama anak

5 Ide Seru Menghabiskan Waktu Bersama Anak. Menjelang lahiran, saya melakukan banyak hal bersama Raffi berdua. Ini sih antara baper dan takut Raffi kurang waktu bersama saya saat adiknya lahir sebulan lagi. Tapi iya loh, mellow banget rasanya menjelang lahiran ya? Entah kenapa, mungkin ini yang disebut galau mellownya ibu punya anak yang mau melahirkan lagi*uhuk.


Karena itu jugalah, saya memikirkan apa saja yang akan dilakukan bersama Raffi. Pokoknya tidak boleh ada yang terlewat sedikitpun, mumpung belum lahiran :"). Saya tahu ilmu parenting itu memang tidak mudah, tapi kalau kita berusaha dan selalu menyediakan waktu bersama yang berkualitas kan tidak ada salahnya ^^.

Sebenarnya, penting tidak sih menghabiskan waktu bersama anak itu? Kalau menurut saya sih penting, karena selain untuk tumbuh kembangnya kebersamaan family time gitu juga membuat keluarga lebih harmonis.

Apalagi untuk ibu dan anak yang biasanya sangat dekat. Secara ya, 9 bulan ibu mengandung jadi kekuatan batin itu kayak yang erat banget sama anak. Kayak saya nih, jadi ibu itu dikit-dikit inget Raffi. Mau beli apa inget beliin anak dulu. Makanya jangan heran kalau setiap bangun tidur biasanya anak nyari ibunya bukan bapaknya. Kalau dalam hal ini, saya merasa bangga dicari duluan sama anak :v. Hihihi. 

Kapan sih waktu bersama anak itu dilakukan? Kalau berdasarkan ahli sih efektifnya minimal 10 menit setiap hari dipagi hari. Tapi semua kembali ke keaadaan keluarga masing-masing ^^. Yang penting kan kualitas selain kuantitas waktu bersama anak.

Btw, video ini menyadarkan saya bahwa kualitas itu lebih penting dalam hubungan ibu dan anak. Oleh karena itu kualitas waktu saya bersama Raffi lebih penting meskipun secara kuantitas waktu saya tidak 24 jam.


Dan ini 5 ide seru saya menghabiskan waktu bersama Raffi. Siapa tahu bisa menginspirasi mama-mama kece yang lagi butuh ide ^^.

1. Bermain peran

Ini bisa membaca buku bareng, bermain jari, cerita boneka, bermain bayangan dan lain-lain. Ini menyenangkan banget loh. Raffi sangat menikmati permainan peran seperti ini. Makanya saya suka kalau baca cerita buat Raffi, apalagi kayak pura-pura jadi kambing atau hewan apa gitu. 

Saat bermain peran ini, kualitas #waktubersama saya dan anak jadi semakin erat. Pssstttt, ajak suami juga ikutan pasti tambah seru. Ini contohnya, Raffi mainan "Dimana Raffi?". Nanti kita jawab, "Disituuu". Dan walau sederhana juga, Raffi ternyata tertawa terbahak-bahak senang loh. Tetap seru kan ^^.
5 ide seru menghabiskan waktu bersama anak
"Mana Raffi? Disituuuu"

2. Membuat DIY permainan bersama-sama

Kalau dulu saya membuat DIY mainan sendiri, sekarang saya bisa mengajak Raffi membuat mainan montessori bareng. Dan ini seru, seru banget. Karena dia pasti tidak sabar memainkan permainan yang dia buat sendiri. Mungkin juga karena sudah toddler, Raffi bisa mulai menyampaikan kesukaannya sama saya ^^. Jadi sudah bisa milih hari ini mau main apa ^^.

Apalagi sekarang, anak sudah mulai punya ide sendiri untuk bermain. Hal yang sederhana saja bisa loh bikin kagum anak ^^. Waktu bersama anak juga jadi menyenangkan, kan?

DIY Montessori anak
Mainan montessori bersama


3. Mencoba masak resep baru bersama 

Setiap saya buat masakan atau kue, Raffi selalu memperhatikan saya sambil minta mencicipi. Malah kalau ketoko kue, dia hapal bener deh peralatan masak. Makanya saya pikir, sudah saatnya saya mulai mengikutsertakan Raffi untuk belajar memasak. Seperti menghias topping pizza, membuat roti isi mantega dan meses atau mencetak kukis sesuai bentuk yang dia maui. 

Raffinya senang? Pastinya dong!. Waktu bersama Raffi juga jadi makin seru. Eh tapi, jangan kaget sama berantakannya ya kalau memasak bersama anak xD.
Pie susu menggunakan panci teflon
Mencoba pie susu pakai teflon


4. Menonton channel TV atau film kesayangan anak bersama

Saya termasuk ibu yang bolehin anak menonton TV. Tapi channelnya juga yang kudu sesuai sama anak, seperti baby TV, cbeebies, disney junior dan semacamnya. Filmnya juga semacam upin ipin, dodo syamil dsb. Jadi kita tetap harus memantau apa yang anak lihat dan saya tetap membatasi waktu menontonnya. 

Sambil menonton televisi, bisa tuh sambil makan cemilan keluarga. Raffi senang kalau nonton sambil makan cemilan. Eh kalau nyemil mah bukan Raffi saja sih, orang tuanya juga suka. Selain itu, sambil nonton jangan lupa anak diajak ngobrol. Family time tetap terjaga dan berkualitas kok^^.

waktu bersama Nabati
Nabati Wafer ini adalah salah satu snack keluarga kesukaan Raffi


5. Olahraga Bareng

Dalam hal ini saya pilih berenang sih ya. Karena selain menyenangkan, berenang itu juga banyak manfaat lainnya. Salah satunya meningkatkan waktu bersama anak. Coba deh lihat, anak mana yang tidak senang berenang atau main air? Hampir semuanya pasti bilang sukaaaaak. Wong mandi hujan saja senangnya minta ampun *tepuk jidat.

Tapi olahraga bareng itu emang seru, selain kita bisa saling menjaga kesehatan. Dengan berolahraga, kita mengajarkan anak untuk mencintai diri sendiri agar tetap bugar^^.

waktu bersama berenang

Mumpung belum lahiran nih, tidak ada salahnya saya untuk lebih dekat dengan Raffi sebagai ibu anak. Duh mellow banget ini jadinya kalau inget lahiran. Takut saja waktu terbagi tidak bisa maksimal ke Raffi seperti biasanya. Tapi dengan #waktubersama yang saya buat ini semoga tetap bisa jadi adil dan hubungan ibu anak tetap dekat.


Menghabiskan waktu bersama anak

Itu 5 ide seru saya menghabiskan waktu bersama anak. Saya sudah melakukannya hampir setiap hari bersama Raffi. Punya ide lainnya yang bisa menginspirasi? Ceritain dong, biar saya dan Raffi bisa mencobanya ^^.


[Sponsored Post]

94 komentar:

  1. Kalok aku pas masih kecil suka maen reportase reportasean, Mbak. Aku jadi reporternya, Mama ku jadi narasumbernya. Gayaaaa banget. Sampe minta beliin mikropon maenan. Wkwkwk :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha itu sakjane kudu dadi wartawan awakmu

      Hapus
  2. Ahhhh sweet banget... echa ibu yg hebat dan kreatif 😊😄

    Buat bumil...jaga kesehatan yaaaa. Peluuk

    BalasHapus
  3. Postingannya selalu keren.
    coba berkunjung ke tempat saya. semoga ada yang suka.

    https://goo.gl/IMMiFb

    thanks.

    BalasHapus
  4. Jadi pengen berenang di rumah Raffi #ehh hehe.
    Kalau Amel sih maen sama anak itu lebih seringnya malem atau sore soalnya mereka kalau pagi sampe siang itu sekolah full hehe.Tapi klo misalnya libur dan ga ada acara biasanya maen di RPAT deket rumah disana lengkap ada perpustakaan, taman bermain, arena olah raga trus ada wifi gratis juga hehe.

    BalasHapus
  5. ngemil sambil nonton fav aku sama si bungsu banget, hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama jadi santaiiiii banget ya kitanya mbaaa

      Hapus
  6. Ihiiyy dapet ide seru buat main sama kid #3 dirumah nih..

    Makasih mbaeee 😘😘 *comot nabatinya Raffi*

    BalasHapus
  7. Raffi, kita ain masak masakan yuk 😊

    Setiap kegiatan bonding ibu anak makin kuat ya mak echa. Aku aja smpe skrg masih inget ngapain aja sm ibuku smoga anak2ku kelak juga inget ketika udh gede nanti ya. Aah ngedadak jadi melow jugak hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini juga kadang mba masak-masakan sampai kalau ke toko yang dipilih panci, sutil dll :v

      Hapus
  8. Kebetulan nih mbk eca, aku lg nyarik aktivitas yg bs dilakuin bareng sm si ken, kec. main bareng, tengkiu yak,

    BalasHapus
  9. seriiiing banget tuh saya disuruh jadi murid, raissa jadi guru terus saya dikasih soal tambah-tambahan. Akibat anak TK dikasih soal tambha-tambahan -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahh itu diaaa kenapa jadi suka main2 peran gini yaaa wkwkwk

      Hapus
  10. Wah enaknya itu berenang bareng. Mau beli kolam renang plastik yang gede deh..

    BalasHapus
  11. Mba Echa ini selalu aja kreatif. Keren mbaaa.. Sehat-sehat yaaa sampai nanti lahiran. :)

    BalasHapus
  12. Waduh! Gak merasa sekitar sebulanan lagi kahirannya ya Mbak? Moga sehat semua dan lancar ya, amin...

    BalasHapus
  13. Seruuuu, ya, mba main sama anak. Mereka pasti selalu pingin tayu dan semangat bgt. Anak ketawa kita jadi happy.. :D

    BalasHapus
  14. Bikin DIY nih udah udah gak pernah dilakuin. Huhuhu... akunya meni sok sibuk pisan. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbaaaakkk cuma raffi gitu kalau banyak angkat tangan juga wkwkwk

      Hapus
  15. Ini kemarin jd topik obrolan sm mertua, spare time bareng anak sebelum lahiran penting banget. Karena kan ibunya bakalan agak lama ya ninggalin si sulung 2-3 hari lah ya kalo lahirannya normal, jangankan anak... Si ibu jg bisa kangen nih, pas kemarin ngeliat pengalaman adik ipar.

    Karna kmrn adik ipar lahiran di Surabaya, akunya sempat datang sebulan sebelum lahiran. Ya kita karaoke di rumah bareng, joget2 bareng si sulung. Seru banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semoga nanti bisa adil ya mba :") doakaaaaaan

      Hapus
  16. Dulu juga aku sampe mewek-mewek pas mau lahiran anak kedua... apalagi aku gak pernah jauh dari si sulung.

    btw, nanti itu kolam renangnya bisa dipake berdua sama adeknya raffi tuh hihihi

    BalasHapus
  17. Itu DIY banyak amir, Cha. Kreatiiif. Dulu aku juga worry Shafiyya kurang perhatian waktu Sulthan lahir. Tapi ternyata bisa diajak kerja sama bocah-bocah ini wkwkwk. Shafiyya senang banget bantuin ngambilin baju, popok dll punya Sulthan. Dia merasa ada peran sebagai kakak. Insya Allah baik-baik semua, Cha. Lahiran sehat selamat aamiin.

    BalasHapus
  18. Selamat ya Mbak Echa atas kelahirannya. Hmmm, anak-anak juga seneng kalau main peran, lucu kalau liat tingkah mereka. Haha.

    BalasHapus
  19. Zidan juga suka nabati wafer tapi yang keju.
    Semoga lancar & sehat buat mami & adik bayinya aamiin..

    BalasHapus
  20. selamat menunggu hari lahiran yah Mba Echa :)

    BalasHapus
  21. menghabiskan waktu bersama anak salah satu cara yang efektif untuk mempererat hubungan orang tua dengan anak yaa

    BalasHapus
  22. Kolam beyenaanggg *teteup fokusnya ke sana. Kalo pny anak cewek, Mamaecha pasti akan maen pacak-pacakan hahahaha

    BalasHapus
  23. Tidak hanya anak anak saja mbak yang suka wafer nabati saya juga suka, ahi hi hi habis rasanya enak sih.

    BalasHapus
  24. Mak, membagi kasih sayang ya bentar lagi.. Sehat terus yaa semuanya.
    Aku mau nyoba pie susu di teflon ah :)

    BalasHapus
  25. Saat bersama anak dan keluarga besar, wafer nabati emang pas banget buat cemilan.
    sippp

    BalasHapus
  26. Abis ini quality time nya nambah jadi sama-sama ngudang/ndolani Raffa ^^

    BalasHapus
  27. Pie susunya enak ya, mupeng aku mbak. Moga bumil sekeluarga sehat-sehat yooo, lancar kelahirannya nanti, aaamiin :)

    BalasHapus
  28. Aku tuh sampe niat mau resign dong setelah punya anak biar punya banyak waktu bersama anak. Kan seneng ya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. *puk2 odi biar lebih keras lagi kerjanyaaa

      Hapus
  29. Duh... jadi merasa bersalah inget si kakak. Mulai jaim dan susah dideketin, dan aku akhir2 ini suibukkkk.. hiksss. Biasanya kami bersama2 beberapa menit di pagi hari, dia suka bantuin beresin ini itu di dapur. Malam biasanya 10 menitan ngajarin ngaji aja. kayaknua kuraaaaaang....

    BalasHapus
  30. Belum berhasil membuat DIY bareng anak2, perlu efforr lumayan nih untuk membagi konsentrasi antara 2 krucil

    BalasHapus
  31. Wahhh aku kapan punya anakkk buar bisa praktikin lima hal ini?? Heheheh
    *lalubaper

    BalasHapus
  32. Kelima-limanya sering saya lakuin bareng Vito. Seru bangettt cerita mami dan Rafi. Bentar lagi ada pelengkap kebahagiaan yaaa mbaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa jadi ke5nya bisa barengan sama adiknyaaa^^

      Hapus
  33. iya harus dimaksimalkan...soalnya waktu ga akan kembali. Anak2 ku sudah pd besar ..ga ada yg bisa diajak main lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba makanya mumpung masih kecil hahaha

      Hapus
  34. kebalik kalo anakku mbak ;D.. bangun tidur, yg dicari pertamakali itu pasti papinya :D.. tp aku g keberatan sih, krn memang papinya jauuuh lbh sabar dan telaten ngadepin anak kecil.

    kalo aku lg main ama anakku, biasanya sih kita srg main ama kucing di rumah.. tujuanku dulu itu supaya anak2u semuanya sayang ama kucing, krn aku jelas2 anggab kucing kyk anakku sendiri :D. untungnya si kaka seneng.. jd kita srg tuh main bareng maxy (kucingku), pura2nya maxy penjaga rumah, pdhl kerjaannya tidur trus ;p.. ato malah sesekali nyalonin si maxy ;p.. disisir, trs leher dikasih pita ;D.. dikasih baju ;p hihihihi, anakku paling sneng itu..walo kdg, si maxynya yg suka sebel sih ;D

    BalasHapus
  35. rasanya memang sayang banget ya, melewatkan waktu tanpa anak2.

    BalasHapus
  36. Menghabiskan waktu bersama anak itu salah satu cara stimulasi agar anak tumbuh kembang secara optimal. Dengan bermain dan melakukan aktivitas bersama secara tidak langsung kita juga ikut membantu meningkatkan kecerdasan si kecil.

    BalasHapus
  37. Wah, ide-idenya briliant sekali dan bisa memeotivasi anak untuk lebih mandiri tentunya hehehehe :D

    BalasHapus
  38. Rafi sudah dipersiapkan dengan matang untuk menyambut adiknya. Semoga setelah adik lahir sebulan lagi Raffi tidak mengalami guncangan apapun karena ia tahu ibunya juga cinta kepadanya :)

    BalasHapus
  39. wah seru banget yah...
    jadi kepingin cepetan liat lahirannya anak, semoga aja lahir dengan sehat dan kuat

    BalasHapus
  40. Duh, bentar lagi jadi kakaaak...asyiknya ya Kak Raffi..

    BalasHapus
  41. No 2 belum pernah melakukan, #efek mssih tinggal sama ortu

    Semoga lancar sampai melahirkan dan tetep bisa berbagi cinta dengan adil buat debay sama Raffi ya mak

    BalasHapus
  42. Seru banget mba ide-idenya nggak bikin bosen. Nanti dipraktekin deh kalo punya anak, eh tapi sekarang cari calon suaminya aja dulu deh #duhcurcol :))

    BalasHapus
  43. sehabis pulang kerja , anak ku langsung mengajak ke kamar mau bermain berantaman ...

    BalasHapus
  44. mencoba resep baru bersama kayaknya ide yang menarik tu , boleh juga dicoba

    BalasHapus
  45. wahh semua itu bisa mmebuat si anak menjadi lebih sayang kepada orang tuanya, daripada orang tua yang tidak peduli kepada anaknya, terkadang biasanya anak melakukan apa apa dibiarkan tanpa sepengetahuan orang tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. mgkn byk alasan kenapa ortuny gt yg pentinh kita sendiri nggak

      Hapus
  46. wahaha sibuk ya mbak punya anak kecil

    kalo disini udh pada gede2 semua sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii kalau masih kecil ya gitu kan emang ^^ ada masanya

      Hapus
  47. Aku jd pernah baper krn ada kerabat yg sabar hari main lama ke rumah. Ngerasa waktuku buat main dan ngajak Rayyaan belajar jadi berkurang huuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. :") i feel you , cuma aku malah g ada sodara yang maen huhuhuh

      Hapus

Monggo komen dengan bahasa sopan yoo... Mohon maaf juga link hidup saya hapus komentarnya.. ^^