Baca Doa Sebelum Tidur Yuk!

doa sebelum tidur lengkap beserta bacaan dan artinya

Sejak kecil pasti kita diajarkan kepada orang tua kita untuk selalu berdoa sebelum tidur. Hal ini guna mengingatkan kita kepada sang pencipta bahwa kita tidak tahu kapan kita akan mati kita harus senantiasa selalu mensyukuri nikmat yang kita miliki.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan beberapa contoh terpuji yang beliau lakukan sebelum tidur salah satunya yaitu berdoa.

Berikut ini kami rangkumkan buat kalian doa sebelum tidur secara Islam tentunya beserta arti dan latinnya beserta doa ketika kita bangun tidur. Yuk, kita simak bersama. 

Doa sebelum tidur


Membaca doa sebelum tidur dapat membuat kita merasa lebih aman dan nyaman karena kita memohon perlindungan Allah SWT. Berdoa sebelum tidur juga dapat menghindarkan dari godaan setan dan mimpi buruk yang menakutkan.

Berikut ini merupakan bacaan latin doa sebelum tidur dan artinya:

Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut(u)

Artinya: "Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah aku hidup, dan dengan menyebut nama-Mu aku mati."

Doa bangun tidur


Tidak hanya sebelum tidur, Rasulullah SAW juga senantiasa berdoa kepada Allah SWT. setelah bangun tidur.

Membaca doa setelah bangun tidur berarti merupakan bentuk syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat yang Ia berikan dan diberikannya kesempatan kepada hamba-Nya untuk Kembali hidup di dunia.

Berikut merupakan bacaan doa bangun tidur yang diajarkan Rasulullah SAW:

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'damaa amaatanaa wa ilaihin nusyuur

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan." (HR. Bukhari)

Doa ketika terbangun di tengah malam


Tak sedikit dari kita yang pastinya sering terbangun ditengah malam, entah karena mendengar sesuatu, ingin buang air atau alasan tertentu lainnya. Rasulullah SAW menyarankan supaya umat Muslim membaca doa untuk kembali tidur agar tidur kita dapat nyenyak dan tidak terganggu. Berikut bunyinya:

Laailaha illallahu wahdahu laa syarikalahu, lahul mulku walahulhamdu wa huwa 'ala kulli syaiin qadiir. Subhaanallah walhamdulillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar wala haula walaa quwwata illa billaahi. Robbighfirlii.

Artinya: "Tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah. Dan tidak ada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, Allah Mahabesar, dan tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Ya Tuhanku, ampunilah aku." (HR. Ahmad)

Nah, sampai juga di penghujung kata. Itu dia konten yang kami sajikan pada kesempatan kali ini. Kalian merasa konten diatas kurang lengkap? Atau kalian belum puas dengan rangkuman kami? Yuk, cek langsung di sumber artikel yang lebih lengkap. Dijamin lebih lengkap dan lebih keren, deh!.

Kunjungi laman resmi Indozone untuk konten-konten kerohanian serta informasi lainnya yang tentunya keren dan bermanfaat!. Selamat Mencoba!.

Komentar

  1. Nah ini wajib diajarkan ke anak sejak dini agar terbiasa nantinya, doa akan tidur dan bangun tidur memang penting. Mengingat tidur itu kegiatan yang mirip dengan mati, jadi kita perlu membiasakan diri berdoa sebelum tidur.

    BalasHapus
  2. jadi inget waktu SD dulu belajar ngapalin doa ini, yang hapal malah doa mau tidurnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Hayo komen yukkkkkk!