#MomenBondingBermakna Saya dan Si Bungsu

25 komentar
#MomenBondingBermakna Saya dan Si Bungsu

Kalau dipikir-pikir, kedekatan saya dan Rafif itu berbeda dengan anak-anak lainnya. Ya semua dimulai dari baby blues berlanjut ke post partum depression saat Rafif hadir. Dan itu berlanjut kemana-mana sehingga banyak mengubah kehidupan keluarga kami saat ini. Mungkin saya memang punya cerita #MomenBondingBermakna yang berbeda dengan si Bungsu yang ada aja ulahnya ini.

Dan saya sangat menyadari saat itu saya tidak bisa memegang Rafif seperti saat mengasuh kakak-kakaknya. Memang pengasuhan Rafif ini paling berbeda sih kalau dipikir-pikir. Kalau dulu si kakak-kakak semua total dipegang saya mulai dari pagi hingga malam mau tidur. Sedangkan Rafif yang paling bungsu ini lebih banyak diasuh bapaknya daripada saya.

Ini karena saat hadirnya Rafif, suami memang memilih untuk menemani saya di rumah. Setelah sering ijin kantor, dia pun memilih untuk pensiun karena saat itu saya mengalami PPD. Jadilah masa dia ama Rafif memang lebih banyak, karena support system utama saya ya memang suami.

pijat bayi untuk momen bonding saya dan anak

Akhirnya Rafif dan suami memang lebih dekat, yah hingga saat ini. Cuma alhamdulilah, Rafif berhasil menyusui hingga dua tahun dengan baik. Dan kalau setiap bangun tidur selalu mencari saya untuk berpelukan. Iya, di keluarga kami ada kebiasaan setiap pagi harus pelukan saat pertama bangun tidur. Kebayang kan senangnya dipelukin banyak laki-laki di pagi hari? Bahagia banget!

Tapi sebagai seorang ibu, saya selalu tetap berusaha menjalankan peran sebagai orang tua. Seperti menyusui sampai lulus hingga KMS-nya tumbuh kembang juga tepat waktu. Ya paling tidak saya tetap berusaha kan agar Rafif tetap mendapat perhatian saya walau terbatas. Jadi tetap melakukan momen bonding bermakna dengan si Bungsu.

saya dan rafif momen bonding bermakna

Kegiatan paling dia suka adalah saat saya membacakan buku buat dia. Apalagi kalau buku-bukunya berwarna dan banyak gambarnya, wuihhh senang banget pastinya dia. Kadang dia ikut ketawa terbahak-bahak kalau ceritanya lucu, walau mungkin tidak mengerti penuh cerita apa yang saya bacakan saat itu. Tapi Rafif bisa mengimbangi dan menyambut baik bonding yang tetap saya berusaha wujudkan.

Dan menciptakan #MomenBondingBermakna memang tetap harus dilakukan seumur hidup. Apalagi buat anak bayi baru lahir, atuhlah bayi pasti sangat butuh kita Ibunya. Sentuhan kita akan membuatnya tenang, bahagia dan pasti bikin bayi lebih nyaman. 


Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna Pecahkan Rekor di Ulang Tahun Zwitsal ke-50 

Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna Pecahkan Rekor di Ulang Tahun Zwitsal ke-50

Saat Hari Ibu tanggal 22 Desember 2022 lalu, saya ikutan bersama rekan blogger dan media lain di Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna yang dilaksanakan secara hybrid online dan offline. Kebetulan saya ikutan yang online bersama 1000 mama lain yang hadir di zoom saat itu. Wuih, banyak kan!

Acara ini dilakukan untuk merayakan ulang tahun Zwitsal ke-50 berada di Indonesia, sekaligus memperingati Hari Ibu. Sebagai nara sumber ada Mahnessa Siregar (Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia), Samanta Elsener, M.Psi (Psikolog Anak dan Keluarga) dan Nikita Willy (Brand Ambassador Zwitsal) bersama suami serta anaknya. 

Tapi memang saya butuh hadir ke acara ini sih, mengingat kalau sekarang suka takjub sama Ibu lain tentang parentingnya. Jadi berasa lemah dan cemas melihat kehebatan Ibu-ibu jaman now gitu, apalagi di sosmed. Sampai kadang bertanya apa saya sudah melakukan parenting dan pengasuhan anak dengan baik?. Bahkan tidak heran kalau jadinya sering membandingkan anak dengan anak orang lain, sampai kadang konsep pengasuhannya juga suka dibandingkan. 

Kalau kata lirik lagu hits, "Wong ko ngene kok dibanding-bandingke. Saing-saingke yo mesti kalah"

Psikolog Samanta mengatakan kalau menjadi sosok Ibu sempurna yang ada bakal stres sendiri. Karena yang penting dari seorang Ibu itu wajib membangun ikatan emosional yang erat dengan anak. Bahkan untuk anak hiperaktif normal pun ternyata kita juga perlu sesekali mengikuti kelincahan mereka loh!

psikolog samanta

Tahu tidak kalau menciptakan momen-momen bonding bermakna dan bahagia itu lebih penting daripada sibuk membandingkan pengasuhan Ibu lain. Karena akan ngaruh pada stimulasi tumbuh kembang termasuk emosional mereka di masa depan. Jadi mulai stop untuk membandingkan diri dengan Ibu lain, karena Ibu punya anak yang lebih perlu diperhatikan!.

Anak yang mendapatkan bonding yang besar dari orang tua, pertumbuhan emosionalnya akan lebih bagus. Apalagi dia akan mengingat momen yang sangat berharga bersama orang tua, sehingga merasa sangat dicintai.

Makanya datang ke acara seperti ini bikin refresh lagi parenting dan pengasuhan anak yang saya sudah pegang sejak dulu. Sebagai ibu baru juga, Nikita Willy bercerita kisahnya saat menjadi orang tua baru. Tapi bersama suami, dia memiliki aturan pengasuhan sendiri agar tetap tercipta #MomenBondingBermakna dalam keluarga. 

tips parenting nikita willy dan suami

Suami Nikita juga turun langsung dalam pengasuhan anak dan sebagai support system utama Nikita selama ini. Dia juga selalu menyempatkan waktu untuk bertemu setiap harinya, agar bonding tetap terjaga dan bermakna. Jadi buat mereka yang penting mereka bertiga membangun ikatan bonding yang erat baik fisik dan emosional, tanpa melihat parenting keluarga lain yang mungkin tidak sesuai diterapkan dalam keluarga mereka.

Suami Nikita Willy selalu bilang dan menyemangati istrinya dengan berkata, "Kamu luar biasa".

nessa unilever

Karena itulah Zwitsal selalu hadir untuk mendampingi para orang tua agar bisa menciptakan #MomenBondingBermakna bersama anak. Ibu Mahnessa Siregar juga dengan bahagia mengatakan kalau sudah 50 tahun Zwitsal menemani keluarga di Indonesia. Dengan produk unggulan yang penh kelembutan dan keharuman Zwitsal selalu menemani perjalanan bonding Ibu, Ayah dan anak selama ini. 

Zwitsal bukan hanya menciptakan ikatan #MomenBondingBermakna dengan anak saja, tapi juga menjaga kelembutan dan kesehatan kulit bayi.

Dengan Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna ini akan dapat meningkatkan kedekatan hubungan antara ibu, ayah dan anak. Mulai dari berbagai games yang diadakan hingga baby spa yang dihadiri oleh 1000 orang ibu dan anak. 

Ternyata saat ini Zwitsal menghadirkan formula baru yaitu Zwitsal Baby Bath Hair & Body yang mengandung 4x Prebiotic Moisturizer yang melembapkan kulit bayi sehingga tetap lembut dan sehat. Lalu juga ada Zwitsal Minyak Telon yang memberikan kehangatan dan kelembutan pada Si Kecil di setiap usapan dan pijatan, hingga juga dapat menemani momen bonding bermakna dengan Si Kecil sebelum tidur.

rangkaian produk zwitsal

Tapi memang iya deh, Zwitsal ini kan paling bisa menciptakan momen seru di dalam setiap produknya. Mulai dari saat mandi dengan Zwitsal baby hair and body wash, kita bisa ajak membersihkan badan dengan menyenangkan. Lalu pijat bayi pakai minyak telon Zwitsal, anak jadi hangat dan nyaman tentunya. 

Dalam gelaran Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna ini juga mendapatkan rekor kelas Baby Spa dengan peserta terbanyak versi theAsianparent. Tidak heran sih ada 1000 ibu dan anak secara online dan offline ikutan dalam kelas baby spa bersama-sama dengan ditemani rangkaian produk Zwitsal. Saya yang ikutan online juga ikutan kok pijat-pijat Rafif agar tercipta #MomenBondingBermakna.

pijat bayi telon zwitsal

Kelas baby spa mentoring dari Mom n Jo agar pijatnya benar. Dan saat itu memijat Issa anak dari Nikita Willy sebagai modelnya. Tahu nggak? Si Issa ketawa-tawa loh saat dipijat, kayaknya senang banget ya Nak? Sama kok kayak Issa, si Rafif juga hepi kalau dipijat pakai minyak telon Zwitsal. 

Kalau mau pijat bayi, jangan lupa diajak ngomong dan minta ijin untuk mau pijat ya.

rekor kelas Baby Spa dengan peserta terbanyak versi theAsianparent 
Rencananya #MomenBondingBermakna bakal ada lagi, seperti kelas-kelas Baby Spa dan talkshow 1.000 HPK Zwitsal dengan para ahli praktisi kesehatan secara berkala. Diharapkan dengan adanya edukasi tersebut akan membuat para orang tua di Indonesia lebih banyak menciptakan momen bonding bermakna bersama anak. Tentunya tidak lupa menggunakan produk Zwitsal dong!.

Zwitsal Juga Menemani #MomenBondingBermakna Saya dan Anak-Anak

Zwitsal Juga Menemani #MomenBondingBermakna Saya dan Anak-Anak

Sebenarnya, brand Zwitsal memang sudah tidak asing lagi ya di telinga kita. Sejak masih kecil, saya sudah tahu Zwitsal dan menggunakannya juga terutama bedaknya. Bahkan sampai saya SMP pakai bedak Zwitsal untuk muka hehehe.

Sejak punya anak, akhirnya produk yang pertama kali saya pilih tentu Zwitsal. Apalagi sekarang dengan 4x prebiotik moisturizernya bakal bikin kulit anak lebih lembut, sehat dan tentu wangi khas Zwitsal yang sangat khas.

Saat hadirnya Rafif, walau saat itu saya baby blues dan PPD masih rutin memandikan setiap hari. Lalu pijat Rafif dengan telon Zwitsal agar badannya terasa hangat. Sambil mijat dan menyentuh Rafif saya juga menyampaikan pesan kalau saya sayaaaaaaaaaaang banget sama Rafif. Kalau sekarang biasanya pakai minyak telon Zwitsal habis mandi dan pas mau tidur sambil pijat pelan sambil baca buku cerita. Iya, dia memang lagi demen banget sama buku cerita.

Sebagai orang tua, saya dan suami selalu berusaha mewujudkan #MomenBondingBermakna, agar anak-anak tahu betapa cintanya kami pada mereka. Tidak perlu barang mahal untuk mengatakan "Aku sayang anak" kan? Cukup pakai produk Zwitsal saja dan ciptakan #MomenBondingBermakna dalam hidup keluarga tercinta kita. 

Related Posts

25 komentar

  1. aku punya semua rangkaian produknya :D sangat cocok dikulit

    BalasHapus
  2. Bagus banget ya mak ini eventnya, ngingetin kita lagi sebagai ortu untuk melakukan bonding sama si kecil di sela-sela aktivitas kita yang padat. Gadget free dan lainnya

    BalasHapus
  3. Bagus banget ya mak ini eventnya, ngingetin kita lagi sebagai ortu untuk melakukan bonding sama si kecil di sela-sela aktivitas kita yang padat. Gadget free dan lainnya

    BalasHapus
  4. Saya juga sangat setuju perihal bonding untuk anak - anak ini, jangan sampai anak anak merasa kesepian saat dewasa, kita sebagai orang tua juga harus jadi tempat yang nyaman untuk anak - anak dalam segala hal, agar mereka tidak mencari kesenangan dan ketenangan diluar yang kadang tanpa sadar mereka terjatuh dalam hal yang menakutkan bagi orang tua, kalo saya sih kadang memberikan waktu pada anak - anak saat mereka istirahat sepulang sekolah, sambil saya pijat badannya menggunakan minyak switzal yang juga bisa jadi aromatic, sambil mereka bercerita bagaimana tadi kegiatan nya

    BalasHapus
  5. zwistal ini yaa legend bangeet lho. Dari zaman aku bayi mrk sudah hadir, bahkan lebih tua umurnya dari aku. Pas banget nih tema ultah ke 50 nya bonding...seperti bondingnya hati para moms dengan zwistal juga

    BalasHapus
  6. Bagus nih event momen bonding bermakna yang diselenggarakan Zwitsal, menghadirkan narasumber hebat dan melibatkan 1000 ibu.

    Yuk bisa yuk fokus memperhatikan dan membangun momen bermakna dengan anak sendiri dan berhenti membandingkan diri dengan ibu lain, berhenti membandingkan anak kita dengan anak orang lain.

    Sepakat, tak perlu barang mewah dan mahal untuk membangun momen kebersamaan dengan anak.

    BalasHapus
  7. Setuju banget deh sama pernyataan dari psikolog soal menjadi sosok Ibu sempurna bakal bikin stres sendiri. Apalagi kalau sibuk membandingkan pengasuhan sama ibu-ibu lainnya, yang mana momen bonding sama anak jadi nggak terjalin kuat, ya nggak sih mbak?

    BalasHapus
  8. Momen bonding memang menyenangkan. Salah satunya bisa dengan cara melakukan pijat ke anak usai mandi. Tentunya pakai produk Zwitsal. Wanginya juga enak

    BalasHapus
  9. MashaAllah~
    Cerianya Rafif jadi segala kelelahan bisa langsung hilang ya, kak Echa..
    Bersama Zwitsal, maka menciptakan momen bonding bermakna menjadi lebih mudah karena langkah awal bondingnya adalah saat memandikan anak, menyusui hingga anak-anak paham dan dibacakan cerita.

    KOmunikasi yang intensif membuat bonding lebih bermakna.

    BalasHapus
  10. Sudah tua juga ya zswitsal 50 tahun . Edukasi moment bonding cara kerja orangtua agar lebih dekat sama anaknya ditengah kesibukan seorang moms

    BalasHapus
  11. Ih sedih bacanya Cha,

    karena aku sendiri sempat mengalami baby blues saat anakku Dio hadir, merasa ga mampu merasa ga CANTIK LAGI (!) penting yhaaaa

    sedih karena Echa malah berlanjut ke post partum depression saat Rafif hadir. Tapi sekarang Echa udah berubah total, saluuut!

    Semoga #MomenBondingBermakna yang berbeda dengan si Bungsu ini memang banyak hikmahnya ya Chaaaa... *looove

    BalasHapus
  12. Ih Rafif kamu kok gemesin banget sih Nak.. Suka pake Zwitsal ya? Semua produk Zwitsal kami sekeluarga suka, tapi aku lebih suka minyak telonnya 😍

    BalasHapus
  13. Wadidaw bener juga quote di atas, daripada sibuk bandingkan dengan ibu lain makin insecure lebih baik perhatikan anak.

    Alhamdulillah yo mbak saat kena PPD ada suami yg menjadi support system sepenuh hati. Bonding Time lanjut terus, tak sebatas saat menyusui.

    BalasHapus
  14. Luar biasa Zwitsal, sudah 50 tahun menemani keluarga Indonesia. Semoga selalu menjadi pilihan keluarga dalam menciptakan #MomenBondingBermakna 😍

    Setuju untuk fokus saja memberikan perhatian pada anak, bukan sibuk membandingkan. Di luar sana boleh jadi ada bermacam metode pengasuhan yang menghasilkan begini dan begitu, tapi situasi dan kondisi kadang ga pernah sama dan belum tentu yang orang lain lakukan bisa diterapkan pada diri kita, anak kita, keluarga kita :)

    BalasHapus
  15. momen bonding bareng anak tuh emang penting sih, sekecil apa pun harus dapet bondingnya yaaah, walo sekadar rutinitas peluk di pagi hari pastinya bakal nempel terus di benak anak. Berfaedah banget nih event dari Switzall bagi para ibu-ibu biar lebih meluangkan waktunya buat anak

    BalasHapus
  16. Jadi ingat zaman anak2ku masih bayi dan balita dulu, juga menggunakan produk2 Zwitsal lho. Merekatkan bonding anak dan orang tuanya tentuuuu.... Acara keren seperti ini bermanfaat sekali ya, ibu2 jadi nambah wawasan :D Merawat si kecil dengan produk ini adalah pilihan tepat.

    BalasHapus
  17. Pas aku melahirkan, rangkaian produk Zwitsal ada semua. Paling suka sama sabun dan shamponya. Wanginya enak banget.

    BalasHapus
  18. Harus banget dijaga ya moment bounding dengan anak sedari kecil..jadi moment gak akan terlupakan dan akan diingat terus plus menambah kedekatan juga brsama sikecil

    BalasHapus
  19. Setuju deh kata Psikolog Samania untuk stop membandingkan diri dengan ibu lain. Karena memang kita sering merasa kurang. Aku dulu ketika anak-anak masih kecil pakai rangkaian produk Zwitsal

    BalasHapus
  20. MasyaAllah, bapaknya sabar banget, mbak Echa juga mau berjuang dan belajar agar bisa lepas dari PPD yaa. semoga Rafif jadi dekat bukan hanya dengan bapaknya tapi ibunya jugaa.

    Alhamdulillah ada Zwitsal yang membantu momen bonding ibu dan anaknya ya, jadi walaupun lebih banyak diasuh oleh bapaknya, ibu tetap punya momen-momen istimewa yang makin menguatkan bondingnya.

    BalasHapus
  21. Nah bener ni ojo dibanding2ke ya mak krn smua ibu mengalami perjuangannya sendiri makanya support system tu pentinf bgt. Zwitsal aku pake dr anak pertama suka banget sama smua produknya

    BalasHapus
  22. Zwitsal dari dulu sudah terkenal bagus ya mbak
    Rangkaian produk dari Zwitsal tak hanya merawat kulit anak, tapi juga membantu menciptakan bonding yang bermakna

    BalasHapus
  23. Wow wow usia Zwitsal udah 50 tahun, luar biasaa. Tapi emang sih kyknya zaman aku kecil pun memakai shampoo Zwitsal :D
    Anakku pas bayi dulu suka kupijat, sampai sekarang jugaaa.
    Setuju banget kalau si anak bondingnya bagus ma ortu jadinya si anak lebih cerdas secara emosi yaa.

    BalasHapus
  24. Wah ini brand sudah ada waktu saya masih kecil
    Wajar sekali kalau usianya sudah 50 tahun
    Dan mak Echa ternyata meski jauh di ujungnya Jawa Timur tetap bisa ikutin ya
    Kereeen

    BalasHapus
  25. Zwitsal udah legenday banget ya di Indonesia. aku sampai sekarang mandi masih pake sabun Zwitsal hahaha wanginya enak dan lembut untuk kulit semua umur

    BalasHapus

Posting Komentar