DIY Belajar Mengenal Anggota Keluarga

1 komentar
DIY Belajar Mengenal Anggota Keluarga

Mumpung masih suasana lebaran, ini adalah ide bagus buat ngenalin keluarga sama anak-anak yang akan mereka datangi.

Saya masih ingat saat pertama kali anak saya tanya. Kakek ini siapa? Nenek ini siapa? Kenapa punya dua nenek dan dua kakek?.

Ini biasanya berujung ke pertanyaan kenapa mom bisa hamil? Aku dilahirkan dari mana? Kenapa perutnya membesar? Biasanya kritisi dan pertanyaan anak di usia 2-5 tahun banyakkkkk banget 🤪🤪🤪🤪 dan kadang menjadi pertanyaan tak berujung. 😂

Dan kita tetap harus logika menjawab semua pertanyaan. Sekali lagi logika ya mom. Jangan ditakut-takuti atau bagaimana. Jawab jujurnya saja, termasuk pengenalan anggota tubuh 🤗

Selama pandemi pemerintah tetap menyarankan silaturahmi online. Untuk yang dekat dengan keluarga besar, beruntunglah. Tapi buat yang jauh pasti akan berasa. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan tetap mengenalkannya sama anggota keluarga lain. 

Lewat apa? Tentu visual dan audiotori.

Apalagi teknologi memungkinkan kita untuk melakukan hal-hal tersebut. Katakanlah video call, zoom dll banyak cara sekarang untuk tetap terhubung dengan keluarga jauh. Teknologi begitu memanjakan kita yaaaaa.

Di sini saya mau share pengalaman dulu saat jauh sama keluarga besar. Kebetulan saya jarang pulang kampung. Bisa dihitung dengan jari 😄. Selama hampir 10 tahun menikah paling kami pulang ke rumah keluarga besar 2-3 kali saja. 

Jadi momen lebaran sendiri sama keluarga kecil saja sudah hal yang biasa buat saya yang 20 tahun merantau 😅. Soalnya untuk pulang itu banyak hal yang harus dipikirkan, kalau lajang masih oke.kalau dah punya buntut kan kudu mateng 😅. Belum ongkos dll.

Kembali mengenalkan keluarga besar ke anak. Dulu, sebelum bisa video call saya kirim email foto2 anak ke keluarga besar atau pakai bbm. Kalau sekarang sudah sangat mudah ada wa kirim semua selesai. Tapi bagaimana dengan anak kita? Bagaimana dia kenal sama keluarga besar di daerah?.

Ini beberapa hal yang saya lakukan, bisa dibuat sendiri dan sangat gampang. Bisa pakai canva atau lainnya. Bebas yang penting anak jadi tahu anggota keluarga siapa saja. 

Perlihatkan foto-foto anggota keluarga lain ke anak

DIY Belajar Mengenal Anggota Keluarga

Saya di jakarta, kakak saya di papua, orang tua di jawa timur dan mertua di jawa tengah. Tapi foto mereka satu-satu selalu saya pajang dan sering saya liatin ke anak-anak. 

Sama seperti montessori. Kenali wajah satu-satu dengan nyebutin ini kakek NAMA, ini tante NAMA, ini nenek NAMA. Karena kalau hanya kakek nenek saja pasti anak akan bingung kok kakek neneknya banyak?

Biasanya yang kejadian sama anak-anak saya di akan bilang, ma ini kakek NAMA yang kita lihat di foto?. Makanya fotonya harus apdet kalau bisa. 

Buat family tree yang mudah dimengerti anak

DIY Belajar Mengenal Anggota Keluarga


Saya pernah membuat family tree ini, termasuk posisi anak ada di mana. Ini akan lebih gampang buat kita untuk ngenalin kakek NAMA ayah kita, nenek NAMA ibu suami, dst.

Pernah ada cerita.. Pas adiknya masih di perut liat foto keluarga sama keluarga besar dan dia ga ada. Si adek nangis2 kenapa ga ada fotonya 😅🤣🤣🤣 padahal dia ikut cuma ada di perut. 🤣🤣🤣 seruuu emang tapi ya gitu anak kecil ya namanya pasti begitu 😅anak ku jg nanyain mulu kok di foto prewed ga ada dia. 😁😂 kalo udah ada gaswat donk.

Itu tadi DIY Belajar Mengenal Anggota Keluarga. Mom lainnya sudah praktik seperti ini belum? Yuk dicoba ❤️❤️❤️.

*Materi ini sudah saya berikan di telegrup Gabag Tumbuh Kembang 

Related Posts

1 komentar

  1. Saya lama tak mudik
    anak anak kadang lupa dengan nenek dan kakek atau saudara lainnya
    wah cerita yang menarik

    BalasHapus

Posting Komentar