Resep Semur Daging Betawi Kuah Kental yang Menggugah Selera

1 komentar
Resep Semur Daging Betawi Kuah Kental yang Menggugah Selera

Hidangan berbahan dasar daging memang tepat disajikan di momen penting dan hari besar. Salah satunya, semur daging Betawi kuah kental. Resep semur daging Betawi paling dicari karena rasanya yang khas dan menggugah selera makan.

Semur daging Betawi mudah dibuat di rumah, yang terpenting Kamu siapkan rempah-rempah, bahan dan bumbunya agar semur buatan Kamu lezat.

Resep Semur Daging Betawi Kuah Kental

Cara masak semur ayam daging kuah betawi
Kamu masih awam dan pertama kali membuat semur daging Betawi? Jangan panik. Kamu tinggal menyiapkan bahan-bahan pembuatannya dan tetap tenang agar masakan memiliki citarasa yang khas. Kamu bisa mengikuti resepnya berikut!

Baca Juga: Resep Pizza Mie

1. Menyiapkan Bahan-Bahan

Langkah pertama adalah menyiapkan bahan-bahan pembuatan semur daging Betawi, siapkan juga bahan bumbu semur dengan lengkap. Berikut ada daftarnya:

Bahan-bahan yang diperlukan
- 600 gram daging sapi
- 2 sdm kecap asin
- 600 gram kentang
- 9 SDM kecap manis
- 600 ml air
- 3 sdm gula merah
- Kaldu bubuk secukupnya
- ½ sdt gula pasir

Untuk daging, bisa Kamu sesuaikan dengan keinginan. Jika kamu dan keluarga menyukai daging kambing, bisa mengganti daging sapi dengan daging kambing. Bahkan bisa diganti daging ayam jika tak menyukai keduanya.

Bahan bumbu
- 13 siung bawang merah
- 8 siung bawang putih
- ⅕ sdt jintan
- Ketumbar secukupnya, disangrai
- ¼ merica disangrai
- Kemiri secukupnya
- 3 biji cengkeh
- 2 biji pala
- 3 ruas lengkuas dan memarkan
- Jahe secukupnya
- 4 lembar daun jeruk
- 3 lembar daun salam
- Minyak goreng secukupnya
- 16 ml air

2. Menyiapkan Bumbu Halus

Setelah bahan-bahan disiapkan, Kamu bisa menyiapkan bumbu halus. Gunakan blender untuk menghaluskan semua bumbu halus, jika tidak menyukai blender bisa secara manual dengan di ulek.

Setelah bumbu dihaluskan, Kamu panaskan alat penggorengan dan berikan sedikit minyak goreng. Blender atau ulek bawang merah, bawang putih, kemiri, pala, merica dan jintan. Kemudian, tumis bumbu halus sampai tercium aroma. Kemudian, masukkan jahe, daun salam, daun jeruk, kayu manis, cengkeh dan lengkuas. Aduk dan tumis kembali sampai berwarna kecoklatan yang menandakan bumbu matang sempurna.

3. Masak Daging dan Berikan Bumbunya

Langkah selanjutnya adalah masukkan kecap manis, kecap asin, gula merah dan daging yang sudah Kamu potong-potong. Aduk kembali campuran bumbu dan daging agar citarasa bumbu meresap ke dalam daging, Kamu bisa kecilkan api agar tumisan tidak gosong.

Setelah daging berwarna kecoklatan, masukkan air dan berikan garam, kaldu bubuk dan gula pasir. Jangan lupa aduk kembali dan masak dengan api sedang agar bumbu meresap ke dalam daging.

4. Masukkan Kentang

Setelah menunggu dan memastikan daging sudah empuk, Kamu bisa memasukkan kentang dan masak kembali agar bumbu meresap ke dalam kentang. Kamu bisa mengoreksi rasa sebelum mematikan api, apakah rasanya sudah pas atau kurang asin. Jika rasa masih kurang, tambahkan garam maupun gula merah sesuai rasa yang Kamu cicipi.

5. Semur Daging Betawi Kuah Kental Siap Dihidangkan

Kini, resep semur daging buatan Kamu siap disajikan untuk keluarga maupun menyambut tamu. Kamu bisa menyajikan semur daging Betawi kuah kental ke dalam mangkuk saji, berikan taburan bawang goreng di atas semur agar tampilannya cantik dan menggugah selera.

Resep di atas bisa disesuaikan dengan jumlah porsi yang Kamu inginkan. Jika untuk porsi besar, maka bahan-bahan daging dan bumbu halus bisa ditambahkan. Dengan begitu rasanya tetap lezat dan istimewa.

Kini cara masak semur ayam maupun daging Betawi kuah kental mudah dipraktikkan di rumah. Jika Kamu kesulitan mencari bahan pembuatan masakan, bisa belanja di KingKong Meats. KingKong Meats menyediakan berbagai bahan makanan segar dengan harga terjangkau, Kamu bisa membeli daging sapi, daging ayam, telur, kentang secara online. Alhasil, cukup menggunakan Smartphone dan tinggal menunggu pesanan bahan masakan datang ke rumah.

Mayoritas orang belanja kebutuhan makanan di KingKong Meats karena banyak promosi yang diadakan. Kamu bisa mendapatkan potongan harga besar-besaran, gratis ongkos kirim dan diskon untuk pembelian bahan makanan tertentu. Untuk kualitas bahan makanannya tidak diragukan lagi karena didapatkan langsung dari peternak. KingKong Meats juga memprioritaskan kepuasan konsumen, Kamu tidak perlu takut belanja bahan makanan online karena berat produk yang dibeli sama dengan berat yang diterima.

Untuk menikmati kemudahan belanja di KingKong Meats, Kamu tak perlu bingung karena bisa mendownload KingKong Meats di Google Play secara gratis. Dijamin resep semur daging dan resep lain yang Kamu buat bercita rasa dan fresh karena bahan masakannya dibeli dari KingKong Meats.

Related Posts

1 komentar

  1. Entah saya yang kelewat atau gimana, durasi memasak semurnya berapa menit/jam tidak disebutkan ya mbak?

    BalasHapus

Posting Komentar