5 Amunisi Support System Ngeblog Mamih Echa

21 komentar
5 Amunisi Support System Ngeblog Mamih Echa
Kalau dipikir-pikir, blog saya ini memang dah lama ya. Ga nyangka dah 8 juta yang baca sejak 2008 wkwkkw. Ya termasuk view yang lama dalam 15 tahun, kudunya bisa melesat lebih banyak. Tapi ya nggak papa, segini juga alhamdulillah senang-senang saja sayanya. Ya gimana diterima saja kan plus minusnya. Namanya juga blogger.

Tahu nggak? Jadi blogger itu mandiri banget! Serius! Saking mandirinya jadi blogger, saya yang bikin content planning line up sendiri, saya yang bikin outline, saya yang cari bahan, saya yang nulis, saya yang edit template, saya yang share, saya yang kudu cari broken linknya, saya yang masukin ke console dan saya juga yang kudu mantepin SEOnya sendiri. Coba kalau di media, saya sudah dibuatkan jadwal line up apa saja paling cuma direvisi tulisan doang gitu kurang apa paling. SEO dll ya ada tim sendirilah.

Tapi tapi, mungkin karena itu yang bikin teman-teman blogger jadi pinter. Serius! Bahkan ilmu-ilmu gini terus dipelajari tidak berhenti walau dah pinter ngeblog. Tetap belajar dan belajar kan? Namanya juga masih hidup, kita punya banyak kesempatan buat belajar banyak hal. Jadi jangan disia-siakan!.

Ngomong-ngomong tentang support system. Hmm sebenarnya support system utama dalam perjuangan blog ini tidak lain dan tidak bukan adalah diri sendiri. Ya gimana nggak? Itu lohhh kalau saya nggak update ya nggak jalan kan pastinya blog ini. Makanya bangga juga seh bisa sampai sebanyak ini postingannya seribu lebih, sampai saya sendiri lupa apa saja yang pernah saya tulis di blog ini wkwkwk. Tapi kalau diingat dibaca lagi yo paham lagi pastinya.

Lalu yang kedua, jelas keluarga tercinta terutama suami dan anak-anak yang berusaha mengerti apa yang Mamihnya kerjakan. Gimana ya, kadang memang aneh seh dilihat orang. Ngetik di komputer, dapat paket, foto-foto, olah foto, nulis, dibayar, repeat begitu seterusnya. Memang terlihat aneh di mata orang yang belum kenal dunia internet. Tapi pasti jadi hal biasa buat yang kerja semirip dengan saya ini, makanan sehari-hari malah.

Kalau saya jabarkan betapa pentingnya support sytem keluarga setelah saya menikah di blog ini banyak banget seh dan sudah sering kan. Dan karena mereka juga saya bisa begini. Alhamdulillah.

Nah, di postingan kali ini saya lagi tidak ingin membicarakan luar biasanya support system keluarga dalam kegiatan ngeblog yang juga jadi mata pencaharian utama kami sekarang. Tapi saya mau ceritakan support system lainnya, yaitu amunisi yang saya miliki sebelum berperang ngeblog. 

Karena tanpa amunisi ini, jujur saya bakalan susah menulis blog. Mau tahu apa saja amunisi blogging saya? Cek di sini yaaa yokkk terusss baca!. Kalau mau beli langsung klik aja yaaa linknya biar bisa langsung check out hehehe

5 Amunisi Support System Blogging Echaimutenan

1. Tempat untuk mengetik (Meja dan kursi)

Kalau dulu, saya pakai meja ikea putih dan kursi hitam agar lebih aesthetic eaaa. Nggak ding. Sebenarnya, saya itu memang terbiasa nulis dalam posisi duduk dari dulu. Bahkan dalam belajar saya pasti duduk hampir tidak pernah tiduran. Termasuk saat mengetik, karena kebiasaan itulah saat kerja dulu dan ngeblog juga sama harus duduk. 

Tapi.... beberapa bulan ini semua berubah.....

Sekarang saya punya tempat kerja setengahnya lebih minimalis sebenarnya. Tidak seperti dulu harus jejerin komputer banyak di satu meja, sekarang cuma satu laptop doang huhu. Ini karena saya memang belum bisa duduk lama di kursi keras, agar tidak terlalu menumpu di bagian pinggang punggung setelah operasi. Cuma bukan Echa kalau tidak bisa semangat bangkit kembali kan.

Dan taraaaaa ini sekarang tempat kerja ngeblog saya....

Meja dinding putih minimalis lucu

Meja kerja saya pakai meja dinding yang bisa dibuka tutup gitu biar minimalis. Ya cakep sih. Saya nemu di shopee seh ini tinggal bor tempel. Kalau sudah ngetik ya ditutup ringkes banget. Rekomen hehehe. Tinggi meja saya sesuaikan dengan tinggi lengan kursi roda yang saya pakai. 


Lalu kalau kursi roda, saya lepas sampingnya untuk penyangga kursi agar saya pas nulis tidak terlalu tinggi. Jadi ngepas emang pas pakai meja ini. Kursi roda saya pakai karena belum bisa duduk di tempat keras atau kursi yang bawahnya tidak mengikuti jatuhnya duduk badan. Makanya demi saya tidak nyeri ya pakai ini sekarang sehari-hari. Alhamdulillah dengan istirahat sejam sekali, saya seharian bisa produktif nulisnya.
kursi roda

2. Laptop

Nah, saya tidak bisa ngetik di hape. Iya dulu bisa, mungkin sekarang lebih nyamannya memang pakai laptop. Laptop yang saya gunakan ini ASUS Vivo Book. Beli? Nggak hehehe. Saya dapat dari hasil menang lomba blog yang memang ngincer hadiah laptopnya karena butuh dan pengen. Laptop ASUS ini enak banget kecepatan RAMnya guede. Jadi saya bisa buka lebih dari 10 tab sehari tanpa ngelag loadingnya. Mantap jiwaaa.
laptop asus
Agar terlihat aesthetic, tentu meja kerjanya saya rancang sedemikian rupa menemani laptop. Di sebelah kiri dari tab buat cek-cek dan nonton biar saya ga cengo sendirian ngetik. Terus karena jarak antara tangan dan kursi terbatas, saya pakai keyboard logitech. Untuk tambahannya saya pakai mouse logitech juga.

Sebenarnya naksir yang lucu-lucu gitu keyboard dan mousenya. Cuma entah ya, masih nyaman begini saja untuk saat ini. Ya mungkin nanti hehe.

3. Planner dinding (Wall planner aestechic)

Sebenarnya saya dulu punya yang lebih besar dari ini, cuma udah tidak bentuk wkwkkw. Tapi memang sangat membantu saya dalam mengatur jadwal menulis. Secara ya kan banyak ya yang harus ditulis. Kalau tidak dicatat ya saya sendiri yang keteteran.

planner dinding yang bisa dihapus

Wall planner ini bisa dihapus tulisannya kok jadi bisa terus update kan harus ngerjain apa dulu bisa manajemen sendiri. Buat saya ngebantu banget. Pakai spidolnya yang board marker, biar bisa dihapus ya. Biasanya kalau udah susah dihapus, saya pakai pembersih wajah gitu make up remover di kapas lalu digosokkan biar bisa dihapus tulisannya. 


Setelah kering baru tulis lagi. Rekomen loh punya planner dinding begini. Bisa buat anak-anak juga atur jadwal ya nggak?.

4. Pulpen dan Spidol Warna-warni Lucu

Lucu banget ini beneran nggak bohong!. Jadi ini pulpen plus spidol dengan dua mata sisi. Ujung satunya pulpen gitu dan satunya spidol. Bisa buat catatan atau oret-oret apa gitu. Seringnya saya pakai buat nulis note dan post it ditempel di sekitar meja buat ditlen biar kelihatan harus ngapain. 
Pulpen dan spidol lucu aesthetic
Harganya? Murah banget! Saya pakai yang isi 24 warna dan harganya tidak lebih dari 50ribu. Serius. Yang sering make juga anak-anak saya, karena sekarang kalau nulis catatan sekolah gitu dia warna-warni biar semangat kayaknya.


5. Stiker thank you

Eh buat apaan ini? Mungkin kalian bertanya-tanya ya? Ini adalah self love saya setiap hari. Semenjak saya menjadi satu-satunya pencari nafkah di rumah, saya ingin bilang ke diri sendiri untuk lebih mencintai apa yang sudah saya lakukan seharian ini. Termasuk sekarang, saat saya ngetik dalam keadaan sakit. Buat penyemangat diri, kalau saya itu luar biasa bisa melakukan yang terbaik hari ini.
stiker thank you murah meriah
Jadi tiap habis kerja, saya tempelin di punggung tangan dan berkata "Echa luar biasa hari ini!". Dengan mengafirmasi diri agar terus berpikir positif memang perlu effort lebih ya. Jadi setelah semuanya selesai saya bakal senyum-senyum lihat stiker di tangan. Iya, saya sudah bisa melalui hari ini dengan baik.


Terima kasih diriku yang sudah mau berusaha. Ini stiker isinya 500 pcs harganya? Muraaaaaaaah gak sampe 20ribu kok hehehe. Makanya saya sampe tempel-tempel kemana-mana itu hehehe. Saking banyaknya ya boooo!. Rekomen sih buat yang jualan kasih beginian.
semangat ngeblog
Nah, itu amunisi support system blogging yang harus saya miliki dalam ngeblog selama ini. Tentunya selain keluarga ya! Tanpa support system, semua tidak akan ada yang bisa berjalan dengan baik, karena apalah kita tanpa dukungan orang lain termasuk benda untuk menunjang kinerja kita dalam bekerja. Betul tidak?

Jadi hayooo semangat dalam hal apapun, karena Tuhan yakin kita bisa menjalaninya. Yang penting selalu lakukan yang terbaik buat diri sendiri, keluarga dan orang lain tentunya. Ciaoooo semangat ya Echa!. Mari ngeblog dengan bahagia <3.

Related Posts

21 komentar

  1. Amunisi sticker thank you nya boleh juga nih
    Dulu aku rencana beli sticker seperti ini kalau udah buka toko olshop. sering liat video packing olshop, terus dikasih sticker kayak gini jadi lucu
    dann nggak nyangka, kalau sticker lucu ini bisa jadi afirmasi positif buat mba echa, kerenn
    Memang bener juga ya, kalau kita menanamkan ke diri kita sendiri afirmasi positif tiap hari, kayaknya sedih aja kalau ada waktu yang dibuang percuma tanpa ngerjain apa-apa

    BalasHapus
  2. Luar biasa mba Echa. Terus semangat, produktif dalam berkarya dan terus menginspirasi. Saya boleh ya niru support systemnya yang sticker lucuk itu. Bagus sih bisa untuk reward dan mengafirmasi diri sendiri agar lebih struggle menghadapi tantangan hidup. Gaass.. :)

    BalasHapus
  3. Masyaallah, semangat terus kak echa, ternyata stiker thank you juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengarfimasi diri sendiri, memang benar - benar ajaib sekali afirmasi positif untuk diri kita di setiap hari nya.

    BalasHapus
  4. memang kalo amunisinya lengkap dan tersedia dekat dari kita saat mau nulis blog jadi makin semangat deh

    BalasHapus
  5. Mak, suka dengan idemu, mulai dari wall planner juga stiker lutjuuuk. Setuju jika support system uatama ngeblog kita sejatinya ya diri kita sendiri...Plus dukungan orang tersayang dan amunisi yang disebutkan di sini. Ciao, semangat kita!!!

    BalasHapus
  6. Mba tadinya aku pikir support system' nya akan seperti cemilan, kopi, dll. Tapi ternyata unik2 dan out of the box. Aku sangat terinspirasi dengan stiker thank you itu, benar2 aku memang perlu berterimakasih sama diriku juga

    BalasHapus
  7. Molly juga punya spot di kamar utk nulis. Kalo udah nyaman bikin betah nulis seharian sambil cari cuan dari rumah

    BalasHapus
  8. MasyaAllah jadi mak echa luar biasa semangat ngeblognya. aku juga ga biasa ngetik di hp, harus pake laptop atau pc lebih luas pandangan dan inspirasinya
    yang ga aku punya dari amunisi di atas itu sticker thankyou nya hehe
    itu malah aku pake buat konten masakan :D

    BalasHapus
  9. Wah relate banget dengan postingan terbaruku ini. Bisa jadi semangat lagi untuk ngeblog ya. Bener, 5 poin itu sangat penting untuk semangat ngeblog. Terutama tempat dan juga perangkat. Oke siap, semangat ngeblog terus pokoe

    BalasHapus
  10. Mbaa Echaaa, salut ya dengan semangatnya tetap ngeblog apapun kondisinya mba. Keluarga memmang mendorong utama ya mba. Mba kreatif sekali bahkan ada spidol warna warnai oenyemangat dan stiker makasihhh :)

    BalasHapus
  11. Ah iya banget nih Mak Eca, jadi blogger mandiri itu jadi pinter ngapa-ngapain sendiri. Dipaksa harus bisa nulis, ngerti seo, ngedit foto dan Oprek blog lainnya. Dan sifatnya unlimited harus belajar terus ya hihihi

    Btw aku naksir bolpoin warna warni kok gemesssa

    BalasHapus
  12. Jadi ter-ide buat beli sticker2 lucu untuk ngeboost semangat diri nih Cha... itu meja laptop dan kursi roda bisa ngepas gitu, pasti si papih yang masangin ya Cha, support system paling support kayaknya beliau yaa

    BalasHapus
  13. Masya Allah Cha... Semangat terus ya untuk tetap ngeblog dan membagikan tulisan ke teman-teman. Amunisi ngeblog memang harus disiapkan juga untuk penyemangat menulis ya.

    BalasHapus
  14. Mba Echa sehat-sehat terus ya. Support System terbaik adalah keluarga, ya, Mba. Nggak mudah sih ngeblog saat kondisi nggak fit, ini kalau saya Mba. Mudah-mudahan kita bisa terus menulis dan berbagi kebaikan lewat tulisan.

    BalasHapus
  15. Support system yang diceritakan lebih ke amunisi ya. Btw aku jadi kepikiran soal sticker ucapan terima kasih ituuu. Iya ya selama ini suka lupoa berterima kasih kepada diri sendiri yang udah kuat ngerjain detlen sampai disambi begadang2 hehe.
    Nnati mau nyari stickernya aaah TFS

    BalasHapus
  16. Saya naksir meja laptopnya yang imut dan gak makan tempat. Bisa dilipat gitu, jadi praktis banget nih. Saya cuss meluncur di mana belinya.

    Ha, semya itu memang diperlukan biar ngeblognya makin mantap dan semaNgat ya..

    BalasHapus
  17. Amunisi sebenarnya banyak
    Namun kalau sudah lelah menyerang, beneran mager
    Apalagi kalau sudah susah payah menulis eh ga diapresiasi search engine haha

    BalasHapus
  18. Ka Echaaa..
    Sehat sehat selalu. Menginspirasi selalu.
    Tulisan ka Echa menjadi penyemangat di kala ada orang yang mengeluhkan keadaan. Semoga bisa penuh energi dan bersemangat berkarya.

    BalasHapus
  19. Ada sticker penyemangat dg berterima kasih pada diri sendiri, jempolan. Alhamdulillah menang lomba blog dapat hadiah yg sesuai kebutuhan ya mbak. Mana jd lebih produktif dan bisa menghasilkan pundi2 rupiah. Gak mau kalah semangat sama mbak Echa ah ..

    BalasHapus
  20. Salut banget sama kamu, Cha. Selalu semangat ngeblog, selalu update, dan kerja keras. Huhu aku malu deh. Kudu ikutin nih semangat echa. Padahal kita sama-sama punya support system dan amunisi yang mendukung untuk bisa rutin dan rajin. Oke deh, semangat. Ayo bisa kayak echa, bisa teladan update blognya. :)

    BalasHapus
  21. Lucu banget dan detil cha. Kerenn. Aku ngetik malah dimana aja, ruangan rumah udh penuh Krn kecil 😄

    BalasHapus

Posting Komentar