Betapa Bahagianya, Punya Banyak Teman Blogger, Betapa Senangnyaaaaa

2 komentar
Betapa Bahagianya, Punya Banyak Teman Blogger, Betapa Senangnyaaaaa

Kalau dilihat-lihat, duniaku itu kalau nggak blog ya anak wes dua itu aja pokoknya. Tapi tetap senang sebenarnya, karena emang relate sama kehidupan sehari-hari. Ya gimana nggak kalau nggak urusan anak, ya urusan blog atau nulis kan saya ini. Seputar itu terussss dah.

Sekilas nostalgia ya, sebenarnya saya ngeblog itu sudah dari tahun 2005. Jaman itu masih pakai friendster buat blognya. Baru pakai blog ini 2008 trus dibelikan domain sama almarhum Miftah hingga saat ini jadi www.echaimutenan.com.


Kalau dipikir-pikir, dalam setiap kehidupan kita memang tidak bisa berdiri sendiri. Semua pasti ada campur tangan orang lain termasuk dalam hal ngeblog juga. Sebagai orang yang suka organisasi, saya itu memang senang komunitas memang. Tapi ya selama komunitas e enak dan nyaman. Paling tidak sesuai dengan prinsip tidak dipaksa dan memaksa kan.

Namanya juga berkomunitas kan, komunitas apapun pokoknya. Sama aja, mau blogger mau parenting mau macem-macem grup mah yang penting sesuai ama kita dah. Kenyamanan itu nomer satu buat saya, yah ngapain masuk grup kalau malah bikin hati dan kepala pusing. No no no, hidup itu dah sumpek jangan ditambah bikin masalah wes.

Oh iya, komunitas blog itu circlenya itu-itu aja sebenarnya. Jadi kalau kita ketemu si A di KEB, ya kita bisa aja ketemu si A di grup blogging lainnya. Makanya apapun komunitas e sak jane wonge yo iku maneh iku maneh wkwkkw. Ya gpp, kenapa tidak? Kan hak kita mau masuk grup blogger manapun toh :*. Santuy aja.


Btw, kan grup blogger ada buanyak ya. Tapi semisal boleh nyebut 4 di antara ratusan grup blogger yang saya suka ini pilihannya yaaaa!. Berdasarkan kenyamanan dan seringnya saya ngobrol :*.

1. Blogger Bogor atau Blogor


Pastilah ya ini adalah pilihan pertama karena grup pertama saya semenjak ngeblog. Jadi saat awal kenal dunia blog, saya diajak masuk di blogor atau Blogger Bogor tahun 2008 sama Kang Chandra Iman. Kebetulan memang baru berdiri pas 2008 itu baruuu banget. Kang Chan saat itu aktif di ilovebogor kalau gak salah. Di blogor lah saya bertemu banyak teman, kenal dunia blog, kenal html, kenal dunia lomba dll. Semua berawal dari sana.

Saya yang saat itu masih cute dan manis, senang sekali diajari kakak-kakak yang baik hati. Banyak banget yang saya pelajari saat itu beneran, khususnya ilmu bisa menang di lomba blog dan punya web lain yang bisa monetize adsense. Terus dulu banyak event kan? Kayak bolak balik hadir di Pesta Blogger :”). Ahhh kangen kaliannn semuaaa.

Baca Juga: Pesta Blogger

Sekarang di Blogger Bogor memang hampir tidak ada kegiatan apa-apa. Jadi memang isinya sekedar share cerita aja atau tanya apa gitu. Job job ya nggak ada hehehe, tapi kehangatan Blogger Bogor tetap di hati meski sekarang jauh.

2. Blogger Tangsel Plus


Grup ini awale grup job yang janjian kalau ada event gitu barengan. Akhirnya entah gimana kami memutuskan untuk jadi grup blogger Tangsel Plus dengan saya dan mb Maya jadi adminnya. Tapi kami juga dibantu banyak teman blogger tangsel lainnya buat ngadmin. Di sini ya sharing-sharing A-Z, cerita adaaaa aja, info promoan, share job dll. Muacem-muacem, cuma emang hampir tidak pernah sama sekali menggibah. Ghibah no way, sharing kesel aja iya*eh ini sama nggak ya? Wkkwkw.

Ya intinya grup ini memang blogger yang tinggal di Tangsel dan sekitarnya, yang daerah Tangsel Tangerang coret ya adaaaaa. Biasanya kami dulu sering ngumpul buat arisan bulanan di rumah siapa gitu. Anjangsana pokoknya. Dan senangnya, di sini ada Bunda Yati sesepuh yang masih mau belajar ngeblog.

3. Blogger Kekinian


Waktu awal pindah, saya itu bingung mau ke grup mana yang bisa mengajari saya tentang daerah baru. Akhirnya saya diajak masuk ke blogger kekinian atau disingkat BK. Dulu kupikir itu BK ya Burger King wkwkkw ternyata bukaaan. Di sini ternyata seperti tadi saya bilang circle blogger kan kecil jadi ya ketemu orang itu lagi orang itu lagi.

Saya diajak sama mba Nurul dan di sana yo ada April, mb Maya, Vicky, Ivone, mb Eni, Priyo, dll. Karena ini grup lintas gender jadi ya bukan cuma wanita ae yang ngecipris, lakinya juga ternyata. Wkwkwk ampunnn suhuuuu.

Grupe isine random kabeh dari awal sampai akhir. Bahasannya cepet sampe bingung mau bales yang mana dulu. Di grup ini dah biasa tanya dan jawab sendiri, jadi pada mandiri. Wkwkwk nggak ding soale kadang kala yang ditanya juga yang kita kelewat baca. Tapi kalau ditanya job cepet kok jawabe, jadi saya nggak pernah telat DL. Yang ngingetin segrup soale.

Isinya karena random ya ada kerjaan, sharing, ngomongin drakor, kadang yo ngomongin blog, share lomba-lomba dll. Buanyak yang disharing. Kucing saya sakit aja tak sharing di sana :v wkwkkw. Tapi ya seneng aja seh, karena ini grup termasuk sering jadi tempat chat-chat randomisme saya.

Terus ini grup juga sering mitap, misalnya kayak ratu Bakrie pas pulang jadi pada meet up. Terus pas event blog barengan seringnya juga. Saya juga pernah kok meet up di hoka hoka bento. Kayak e emang sering banget ketemu di Hokben, apa ini efek dari BK selalu diundang pas produk baru Hokben?.

Tapi energinya luar biasa memang di BK, ada yang seneng lomba, maen SEO, sering menang lomba, dll. Pokoknya profesi macem-macem adaaaa dimari masalah perblogan, walau yang dibicarakan sehari-hari jauh dari blog.

4. KEB atau Kumpulan Emak Blogger


Saya gabung KEB itu pas tahun 2012 pas awal-awal berdiri dan kita meet up di Monas. Kalau dipikir-pikir kenapa di Monas ya dulu itu kan panas-panas wkwkwk. Ini adalah komunitas perempuan blogger pertama yang saya masuki selama jadi blogger. Selain itu, Mak Puh dan Mak Pon sudah lebih dulu saya kenal saat mereka di Blogger Bekasi dan pernah bertemu di ultah Deblogger dulu. Kan dulu emang kaya akan komunitas sekota soale. 

Mungkin bisa dibilang, karena ini adalah komunitas sesama wanita jadi ngobrol dan sharingnya seru. Kalau buat saya, KEB adalah dapur pertama blogging saya dan merupakan cikal bakal mulai monetize plus branding blog. Kalau dulu ngalor ngidul arahnya, saat di KEB saya sudah tahu arahnya kemana.

Berbagai acara KEB juga saya datangi, sampai saya dapat juara dress code dua tahun berturut-turut eaaaaa. Sekali lagi sebenarnya kalau dapat juara, saya bakal jadi best dress lifetime wkwkkwk. Canda sayang*toel pipi mak Icoel.

Baca Juga: Srikandi 2014

Oh iya, di KEB ini saya adalah orang pertama yang menjadi ketua Arisan Ilmu. Suatu program untuk skill level up gitu dan masih digunakan hingga sekarang. Ya bangga seh hehehe, ketua kelas pertama gituuu.

Baca Juga: Srikandi 2013

Di KEB biasanya saya ikutan BW atau blogwalking. Cuma akhir-akhir ini udah nggak lagi, karena tidak bisa dan tidak sempat. Ya gimana ya, susah dengan kondisi sekarang. Dan saya orang yang tidak kuat kalau dengar celotehan hayo yang belum selesai BW walau sebenarnya hanya pengingat. Jadi untuk kedamaian jiwa dan kebahagiaan lahir batin, ya wes stop BW biar ga baper. Ya mungkin karena saya sedang sakit ya, jadi kudu tahu kondisi badan sendiri :”).

Lo lo lo lo ga bahayaaa tahhhhhh :P* Kecup pipi mak Arin :p.

Tapi saya tetap mencintai KEB, masih sering nimbrung kalau ada yang ngobrol. KEB dengan emak-emak penuh warnanya bisa menyatukan perempuan dari seluruh penjuru dunia untuk semangat ngeblog. Iyes, memang dapur yang nyaman untuk memasak blog jadi lebih baik dari hari ke hari.


Jadi ingat, saat saya sakit hampir semua komunitas membantu biaya pengobatan saya. Alhamdulillah saya sangat terbantu, karena biaya di RS memang semua gratis tapi akomodasi dll dengan jarak yang jauh ini kan tidak. Jadi lewat postingan ini, saya juga mengucapkan terima kasih banyak buat para komunitas blogger yang saya sebutkan di atas dan yang tidak saya sebutkan juga atas perhatian dan bantuannya. Juga buat komunitas lain yang bahkan saya tidak ada di dalamnya juga membantu. Terima kasih, terima kasih dan terima kasih.

Alhamdulillah masih disayang dan diingat sebagai seorang Echa yang ngeblog di echaimutenan. Alhamdulillah semoga saya terus diingat sebagai Echa yang ceria meski saya sudah tinggal nama ya. Karena yang ditinggalkan hanya curahan hati di blog-blog saya ini.

Yang pasti, apapun komunitasnya pastikan nyaman dan damai agar hidupnya tenang. Lalu tetap jadilah diri sendiri karena itu uniknya diri kita di depan orang lain. Itu tadi 4 dari buanyak komunitas blogger kesayanganku, kalau kamu komunitas blogger yang mana?.

Related Posts

2 komentar

  1. Kita sama ih Mbaa, ngeblog pertama di FS THN 2005 juga aku. Tapi dulu aku cuma curhat ga jelas, di private juga biar ga dibaca umum. Eh tau2 FS tutup 🀣

    Dari fs aku pindah ke Multiply, sempet lama dan akhirnya tutup juga hahaha. Memang paling bener pake yg sekarang yaaa πŸ˜„

    Dulu aku sempet pengen banget gabung Ama grup travel blogger gitu. Memang khusus travel blog. Aku yg ngerasa blog ku yg gratisan di blogspot bisa masuk harusnya, Krn yg aku bahas juga traveling doang. Tapi ternyata di tolak mba 🀣🀣🀣. Ga memadai tulisanku katanya πŸ˜…. Sempet down, tapi akhirnya aku pikir ya udhlah... Aku ganti platform ke WP tp dengan domain dan hosting berbayar, yg skr ini. Tapi aku udh ga tertarik gabung Ama grub itu lagi. Arogan sih aku bilang. Dan akhirnya milih grub blogger yg umum, kayak KEB, Blogger crony atau warung blogger. Ini doang yg aku join skr.

    Lebih nyaman, Orang2 nya asik πŸ‘.apapun jenis Niche, mereka terbuka dan bisa diajak ngobrol bareng

    Ga sok ekslusif πŸ˜‚

    Komunitas blog begini memang nyenengin sih, apalagi kalo aktifπŸ‘. Kitanya JD nambah ilmu dan nambah banyak temen ❤️

    BalasHapus
  2. pastinya aku seneng banget bisa mengenal temen-temen blogger dari bergabung di komunitas
    mungkin dulu kalau BW ke blog itu-itu aja, tapi sekarang makin beragam dan buanyakkk

    Sayangnya aku tinggal di daerah atau di Jember, biasanya acara meet up gede-gedean sering diadakan di jakarta, pengen kumpul sama temen temen yang di jakarta waktu itu, tapi mo cuti kayak susah hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar