Cara Mudah Belajar Ekonomi Syariah

Posting Komentar
Cara Mudah Belajar Ekonomi Syariah
Kalau dipikir-pikir ya, saya dan suami lama bekerja di perbankan. Apalagi suami hampir 20 tahun berkutat di satu bank, tidak pernah pindah-pindah. Memang waktu yang sangat lama untuk belajar banyak tentang keuangan. Sayangnya, kami berdua sama-sama di perbankan konvensional dan memang buta dengan edukasi ekonomi syariah. Padahal jujur saat ini syariah benar-benar jadi kiblat pegangan banyak masyarakat, termasuk saya sekeluarga.

Jadilah saat kami semua pensiun dini, belajar lagi manage keuangan dengan baik. Karena kami ingin lepas memang dari dunia ribu seperti dulu. Jadi kalaupun memang harus berhubungan dengan produk keuangan, kami akan memilih yang tidak konvensional. Termasuk memilih asuransi, produk tabungan dll pengen yang berkah aja deh.

Nah, karena jujur harus dari awal lagi belajarnya banyak banget. Kan walaupun tidak sama dengan konvensional, ada beberapa hal yang kudu saya perhatikan agar gak kejebak dengan hal yang sama. Iya memang perlu belajar lagi, tapi sayang pengetahuan kami tentang edukasi ekonomi syariah kurang.

Makanya belajar lagi otodidak pastinya, cuma enak kayaknya kalau ada satu tempat belajar dimana gitu. Jadi ga usah buka-buka banyak tempat yang malah satu sama lain kadang tulisannya bertentangan. Agak riskan memang ini masalah belajar edukasi ekonomi syariah. Karena kadang dari satu nara sumber saja, bisa beda tafsirnya. Jadinya saya yang bingung mau dimana belajarnya. Coba ada satu tempat yang enak untuk kita belajar bersama dan pasti gitu ilmunya benar.

Karena belajar apapun, kalau abu-abu itu kan tidak baik. Jadi memang harus belajar ilmu yang benar dari sumber yang tepat dan terpercaya. Benar gak?.


Kenapa Kita Harus Tahu Edukasi Ekonomi Syariah? 

Kenapa Kita Harus Tahu Edukasi Ekonomi Syariah?

1. Segala Lini Hidup Sesuai Al Quran dan Hadis

Bagi saya yang beragam Islam, mengenal edukasi ekonomi syariah ini penting. Agar semua lini hidup berjalan sesuai prinsip-prinsip Islam. Ya bayangkan saja, hampir dua puluh tahun kami berkutat di perbankan saja ditinggalkan. Makanya belajar lagi berbagai macam yang sesuai dengan syariah, termasuk aktivitas ekonomi yang sesuai dengan hukum syariah. Ini penting agar semua selaras antara kegiatan ekonomi dan nilai-nilai agama Islam. 

2. Keseimbangan Antara Dunia dan Akhirat 

Karena saya ingin hidup tenang, maka kudu menjaga keseimbangan dunia akhirat. Dengan belajar ekonomi syariah, kami berdua termasuk anak-anak jadi tahu pentingnya mencapai keseimbangan antara kekayaan dan nilai-nilai akhirat. Jadi paling tidak berinvestasi itu tidak hanya di keuangan saja, tapi juga dalam hal amal yang bermanfaat. 

3. Pencegahan Praktik Keuangan yang Meragukan

Jujur, edukasi ekonomi syariah sangat menghindari praktik riba (bunga) dan spekulasi berlebihan. Jadi akan sangat membantu mencegah terjadinya krisis keuangan yang sering dikaitkan dengan praktik-praktik semacam itu. Ya amit-amit ya, jadi tahu dan awas dengan scan atau penipuan. 

4. Pemberdayaan Masyarakat 

Dengan tahu edukasi ekonomi syariah, masyarakat tahu selain tambah pintar juga akan semakin berdaya dalam banyak hal. Bisa membuat kelompok ekonomi yang lebih lemah bisa berkembang secara ekonomi. Juga tahu dengan perkiraan keuangan di masa depan, jadi tidak gegabah dalam memutuskan sesuatu hal. Keuangan pun diharapkan lebih stabil. 

5. Pintar Manage Keuangan Berkelanjutan Diri Sendiri 

Dengan saya belajar edukasi ekonomi syariah, saya juga akan semakin paham prinsipnya. Sehingga saat mengelola keuangan sendiri lebih bijaksana, mulai dari mengurangi bahkan menghindari hutang yang berlebihan dan bisa berinvestasi dengan baik sesuai ajaran Islam. 

Untung Ada Sharia Knowledge Centre, Literasi Keuangan dan Edukasi Ekonomi Syariah Saya Jadi Meningkat 

Untung Ada Sharia Knowledge Centre, Literasi Keuangan dan Edukasi Ekonomi Syariah Saya Jadi Meningkat

Tapi memang benar dengan tahu dan paham edukasi ekonomi syariah, saya dapat memberikan pandangan yang lebih luas tentang bagaimana prinsip-prinsip etika dan keuangan Islam dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, bisnis, dan kebijakan ekonomi. 

Untunglah ada Sharia Knowledge Centre atau disebut SKC yang merupakan persembahan dan sebuah inisiatif oleh PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah). Tujuannya untuk jadi kanal informasi, inovasi, dan kolaborasi dalam konteks edukasi ekonomi syariah di Indonesia. Prudential Syariah memang telah sejak lama mengambil peran yang sangat proaktif dalam memajukan industri ekonomi Syariah melalui peningkatan inovasi dan kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan.

Bukan hanya itu, SKC juga berperan sebagai wadah bagi individu-individu yang tertarik dalam bidang ekonomi syariah untuk meningkatkan pemahaman dan inklusi mereka dalam dunia keuangan syariah. Melalui kolaborasi dan upaya bersama, SKC bertujuan untuk memajukan ekonomi syariah dan memperkuat posisi Indonesia sebagai pusat pertumbuhan ekonomi syariah global. Untuk mencapai tujuan ini, SKC akan menjalin kerja sama erat dengan pemerintah, regulator, para ahli ekonomi syariah, serta semua pihak yang terlibat dalam industri ekonomi syariah melalui berbagai program kemitraan strategis. 

Intinya, dengan Sharia Knowledge Centre ini saya dan suami bisa belajar banyak tentang A-Z edukasi ekonomi syariah. Bahannya lengkap banget, apalagi tentang fatwa ada semua keputusan yang bisa dipertanggung jawabkan. Selain itu juga ada bincang syariah yang bisa jadi bisa menjadi cara untuk tambah ilmu tentang syariah. 

Jadi kami tidak akan mengartikan sendiri kan ilmu yang didapat. Saya masih ubek-ubek semua ilmu yang ada di SKC. Dan perlahan-lahan jadi menambah ilmunya walau memang belum sempurna. Tapi bukankah manusia harus terus belajar dan belajar termasuk tentang hidup dan agama sekaligus. Jadi mari semangat ya!. 

Saya sudah baca-baca ilmu di Sharia Knowledge Centre, kamu bagaimana?.

Related Posts

Posting Komentar