#blogger2hospital Ke RSIA Evasari, Rumah Sakit Yang Memiliki Pelayanan Subspesialistik Terlengkap di Jakarta


RSIA Evasari tampak depan

Ibu dan anak adalah bagian yang tidak terpisahkan, satu sama lain saling membutuhkan dan menguatkan -Echa, 30th, yang sudah merasakan menjadi ibu :")

Tapi emang bener loh, saking dekatnya hubungan antara ibu dan anak maka sampai dibuatlah RS ibu dan anak. Hayo.. mana ada RS bapak dan anak :P. Bukan bermaksud mendiskriditkan kaum bapak ya (yang kerja bantiing tulang demi anak istri :")), tapi kenyataannya emang ada RS yang khusus ibu dan anak.


I'm here!! #blogger2hospital

Seperti kemarin tanggal 12 April 2014, saya sekeluarga dan teman-teman blogger mendapat kesempatan untuk 'touring' ke RSIA Evasari. Touring ini dinamakan #blogger2hospital yang dimotori oleh eyang Anjari Umarjianto (@anjarisme). Ini adalah #blogger2hospital yang ke-2, setelah sebelumnya ke RS Premier Bintaro (kebetulan aku tidak bisa ikut karena Raffi pilek :"(). Saat program eyang ini ditweetkan ditimeline, saya menyambut antusias. Maklumlah, saya kebetulan orang yang akrab dengan rumah sakit. Mempelajari manajemen rumah sakit itu sendiri, akan membuat saya makin 'akrab' dan menambah wawasan saya sebagai konsumen. Paling tidak saya bisa belajar menjadi pasien cerdas dan membaginya dengan teman-teman yang baca tulisan ini. Betul tidak?

Saat saya masuk ke RS ini, aku langsung ingat sama Raffi, soalnya aku lahiran di RSIA juga. RSIA  Evasari tempatnya pas didepan pasar, jadi kalau mau cari makan disekitar RS sangat mudah. Tapi walau bising, keramaian pasar tidak terdengar bagi saya saat didalam RS.



Suasana RSIA Evasari dilobby ground floor

Teman-teman blogger disambut hangat diruang pertemuan. Disini juga ada booth untuk cek gula darah, kerapuhan tulang dan lemak kolesterol. Saya juga ikut  mencoba donk, dan hasilnya kolesterolku harus dikurangi (ihik). Anyway, setelah semua blogger kumpul, acara pembukaan pun dimulai oleh eyang Anjari. Lalu dilanjutkan sambutan dari Bpk. Agus dari tim marketing RSIA Evasari dan materi company profile RS oleh Dr Echi.



Ngobrol santai tentang profile RSIA Evasari

HOSPITAL TOURING


Sambil memutari ruangan demi ruangan di RS, eyang  menjelaskan manajemen RS dan bagian-bagiannya, saya sampai tebengong-bengong. Maklumlah, ini pengalaman pertama saya ngulik dalamnya RS..biasanya kan sebelumnya jadi pasien hehehe. Excited banget lohhh!


Ruang IGD

Pertama-tama kami ke ruang IGD (Instalasi Gawat Darurat) dibagian depan RS. Dimana IGD ini adalah tempat pertama untuk penanganan pasien yang harus diberi tindakan segera mungkin. Kadang pasien banyak yang salah tidak langsung ke IGD tapi ke poli dulu. Padahal bila pasien sudah kritis lebih baik dibawa ke IGD daripada ke poli. Pasien cerdas juga harus pintar untuk memilih apakah kita harus ke IGD atau ke poli.

RSIA Evasari memiliki peralatan IGD standar dan memiliki dua pintu (satu untuk pintu masuk dari luar dan satu untuk menuju ruangan rawat/tindakan selanjutnya diRS). Disini ada juga tempat untuk resusitasi dan observasi medik. Tiap pasien yang datang akan ditandai tingkat sakitnya, dan penanganan akan didahulukan yang paling sakit terlebih dahulu. Misalnya, saat ada yang kecelakaan kakinya lecet dll terus tiba-tiba ada yang datang ke IGD sesak napas, maka pasien yang sesak napas itu yang  akan didahulukan. 
Psssttt, dokter disini cakep-cakep loh..*nilai plusnya *eh *salah fokus


NICU standar yang dimiliki oleh RSIA Evasari

Perjalanan selanjutnya adalah keruang perawatan bayi. Disini, ada berbagai macam ruang yang beda-beda fungsinya. Ada ruang VK (untuk observasi menjelang kelahiran), ruang NICU (untuk perawatan intensif bayi 0-31 hari), ruang PICU (untuk perawatan intensif  >31 hari -12 tahun), ICU (perawatan intensif diatas umur 12 tahun), ruang operasi dan persalinan untuk proses partus/ kelahiran, dan ruang CSSD (ruang untuk sterilisasi alat-alat yang digunakan untuk operasi). 

Dan tahukah kamu..di RSIA Evasari ini adalah RSIA yang memiliki ruang NICU standar di Indonesia. Ruang NICU ini penting buat persiapan melahirkan ibu dalam memilih RS. Karena jumlahnya yang masih jarang, maka sebagai orang tua kita harus prepare dan tepat memilih RSnya yang punya fasilitas NICU ini. Bukankah lebih baik sedia payung sebelum hujan?. 

Untuk diruang bayi, tingkat sekuritasnya tinggi. Setiap perawat yang masuk ruang bayi harus sesuai sidik jarinya dengan data finger print. Apalagi sekarang lagi marak kasus bayi hilang diRS, nah di RSIA Evasari ini hal itu jadi perhatian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Keren kan? 


Ruang rawat inap RSIA Evasari

Setelah itu, saya dan teman-teman blogger tur ke ruang-ruang rawat inap dan poli. Ada beberapa tipe kamar yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan pasien. Saya masuk ke ruangan yang vip seharga 1,2 juta semalam. Disini juga ada rawat gabung post partum, agar ibu dan anak makin dekat bondingnya.

Perlu diketahui, di RSIA Evasari ini adalah salah satu RS yang memiliki subspesialis lengkap di Jakarta. Jadi, kalau kita perlu dirujuk kedokter spesialis lain disini tersedia semua, tanpa harus pergi kerumah sakit lain. Seperti poli anak di rumah sakit lain, warna-warna ceria penuh mendominasi ruangan. Bahkan ada playgroundnya loh. Raffi juga nyoba main disana, mayan banget buat menghilangkan kebetean menunggu giliran dokter biar tidak bosan.


Suasana dipoli anak

ECHOCARDIOGAPHY

Diacara #blogger2hospital ini, Raffi diberi kesempatan untuk Echocardiography. Fungsi pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya kelainan pada jantung, melihat bagian-bagian jantung berfungsi dengan baik atau tidak, dan melihat kinerja jantung. Katanya sih, paling tidak sekali seumur hidup harus melakukan pemeriksaan ini. 

Dokter Nuvi Nusarintowati, SpA adalah dokter subspesialis kardiologi/ jantung anak di RSIA Evasari. Beliau yang melakukan pemeriksaan ini pada Raffi. Awalnya saya pikir echocardiography itu memakai alat khusus, ternyata saya salah. Pemeriksaan ini ternyata menggunakan alat usg 4D. 

Sebelumnya dada Raffi diberi gel untuk memudahkan pemeriksaan. Selama diperiksa, Dr Nuvi menjelaskan detail bagian-bagian yang terlihat, walau saat itu Raffi nangis kencang. Alhamdulillah hasil pemeriksaan jantung Raffi baik-baik saja dan semua berjalan normal :"). Thanks God!


Pemeriksaan jantung oleh Dr Nuvi


Hasil echocardiography Raffi


SEKILAS TENTANG RSIA EVASARI

Berdiri pada tanggal 22 Juni 1976, yang merupakan RSIA yang selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk abu dan anak. Desain rumah sakitnya unik yaitu mengambil tema batik yang akrab dengan ibu anak. Jadi jangan heran kalau banyak pajangan batik didinding RSIA ini. 

RSIA Evasari merupakan salah satu grup Rumah Sakit Awal Bros. Dan  merupakan salah satu RSIA yang memiliki ruang NICU standar diIndonesia. Rumah sakit ini pro ASI dan pro RUM, bisa dilihat dari adanya klinik laktasi bahkan kurir ASI juga. Untuk dokter anak dan peralatannya sangat lengkap, mulai dari NICU, kardiologi hingga memantau gizi klinis anak semua ada disini.

RS yang memiliki motto Responsibility Safety Integrity Assertive Effective ini memiliki pelayanan subspesialistik terlengkap dijakarta. Jadi, disini semua lengkap tersedia untuk pemeriksaan ibu dan anak tanpa harus dirujuk ke RS lain. Oh ya, RSIA Evasari sedang ngadain promo melahirkan Kartini dengan start harga mulai 3,7juta. Cukup murah untuk didaerah Jakarta kan?. 

Berminat? Silahkan langsung meluncur ke RSIA Evasari, ya....

Alamat RSIA Evasari 

Jl Rawamangun No 47 Pramuka
Jakarta Pusat
0214202851
FB : RSIA Evasari
@rsiaevasari
mkt.jkt@awalbros.com
www.evasari-jakarta.awalbros.com
maps : -6.1937320, 106.8600020



Teman-teman blogger berfoto bersama. 
Thanks #blogger2hospital dan @rsiaevasari


Dapat kenang-kenangan cute ^^ yeay!

15 comments:

  1. Wuahhh.. Postingan terutama foto2nya keweeennnn... Besok2 ikut #blogger2hospital lagi ya..

    ReplyDelete
  2. pengalaman baru dan bermanfaat yah mak....

    ReplyDelete
  3. Iya, biasanya jadi pasien, cuma tahu kamar inap, kamar periksa, lab, sama kasir. Belum ngulik dalem2nya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb jadi pengalaman tersendiri ^^

      Delete
  4. Lain kali pengin ikut, ah. Apalagi kalo dokternya ganteng-ganteng. :)) #eeeh

    ReplyDelete
  5. wah,komplit mak,baru tahu ruangan2nya..taunya sih cuma rwat inap sama ruang UGD *pintunya aja sih hehe*..ini RS apa hotel sih???cakep bingitttssss....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak..aku juga baru pertama kali seperti ini...seneng...dan pengen lagi ^^

      Delete
  6. Waaaah, andai di kota saya juga ada RSIA yang kayak gini ya... kereeen!
    Terimakasih sharingnya Maaak

    ReplyDelete
  7. Yang keren adalah sistem finger print di ruang perawatan bayinya mak :) bagus itu, supaya lebih aman, gak sembarang orang masuk..

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^