Mengenal Macam-macam Gendongan Bayi SSC


Mengenal macam-macam gendongan bayi SSC. Buat saya, gendong-menggendong itu menyenangkan. Apalagi masa menggendong itu cuma sebentar kan? Saat anak sudah maunya lari-lari, boro-boro mau digendong. Yang ada kita mengejar itu bocah kemana-mana xD. Iya, masa menggendong itu sangat sebentar waktunya :") *tiba-tiba mellow.


Dulu, gendong-menggendong tidak terlalu hits seperti sekarang. Alhamdulillah ya, paling tidak sekarang sudah banyak orang tua, nenek dan kakek yang mengerti manfaat menggendong :"). Menghempas manja mitos bau tangan :"). Ini bisa kita lihat di tahun 2017 saja, banyak sekali gendongan bermunculan merknya. Mulai dari pengusaha lokal yang suka babywearing sampai merk impor juga banyak, banyak banget malah. Gak heran kalau gendongan itu adalah perlengkapan bayi wajib yang harus dimasukkan dalam list persiapan lahiran :D. Pantengin terus harga perlengkapan anak yang lucu-lucu gitu, termasuk gendongan bayi.

Baca juga 

Ada banyak sekali gendongan seperti yang dulu pernah saya tuliskan. Yang penting jaga agar bayi atau anak tetap nyaman dalam gendongan. Seperti tidak gerah, kainnya adem, memenuhi unsur TICKS (seperti m-shape dll), termasuk gendongan ergonomis dan terjangkau pastinya. Untuk penggendong juga jangan sampai tidak memperdulikan unsur kenyamanan. Mulai dari simpel tidaknya gendongan biar tidak ribet bawanya dan anak bisa cepat digendong, kainnya nyaman dan empuk dll disesuaikan kantong pastinya.


Dan demi kerjaan rumah tetap berjalan lancar, saya memilih memakai SSC (Soft Structured Carrier). Buat saya, beli gendongan itu investasi. Investasi buat tumbuh kembang anak tepatnya. Yang sering ketemu saya pasti tahu, sehari-hari selalu menggunakan SSC. Pernah sih gendongan lain tapi tetap SSC #andalangue xD.

Gendongan SSC itu gendongan yang langsung jadi tinggal pasang, lalu anak bisa segera digendong. Gak pake lama pokoknya. Pakai SSC juga tetap bisa menyusui. Oh iya untuk pemakaiannya, yang benar adalah menghadap ke badan penggendong. Ada beberapa gendongan yang bisa menghadap luar, tapi lebih baik jangan lama-lama ^^.


Kenapa saya memilih gendongan SSC? 


Yang pertama, lebih ringkas. Tinggal klik klik saja jadi deh, gak ribet. 
Yang kedua, bisa digunakan mulai dari newborn (untuk merk tertentu). 
Yang ketiga paling penting, si Papih bisa ikutan gendong wkwkkw. Kan mayan bisa gantian gitu kalau capek. Suamik-suamik harus bisa dikaryakan*LOL.
Yang keempat, gendongan SSC ini bikin kayak kita bawa tas ransel. 
Yang kelima, semua beban dibagi rata (bahu dan pinggang) jadi nggak capek. Buat saya yang punya sakit syaraf kejepit membantu banget ^^.

Dan sekarang SSC lucu-lucu lohhh, jadi gak standar. Mau yang cantik bisa pilih warna. Mau ganti cover dan droll pad untuk gigitan bayi juga bisa karena banyak yang jual. Ber-SSC juga bisa bergaya kok ^^ gak kalah sama gendongan kain. Bahahaha.
 

 

Kapan saya bisa menggunakan gendongan SSC?


Rata-rata gendongan SSC bisa digunakan kalau bayi sudah 4 bulan atau bayi sudah mencapai berat badan minimal 7kg. Tapi untuk gendongan SSC impor, hampir semua bisa digunakan sejak newborn baby. Ada yang menggunakan insert sebagai pendukung gendongan (beli terpisah) dan ada yang memang bisa diatur buckle , posisi dll agar support bayi newborn. Saya menggunakan SSC boba sejak newborn yang emang support dengan tambahan insert.

Gendongan SSC ada yang standar ada yang untuk toddler yaaa

Gendongan SSC lebih baik digunakan dengan posisi bayi menghadap penggendong. Ada beberapa gendongan yang bisa menghadap depan, tapi kalau baca file di babywearing International (dan saya nyoba sendiri saat Raffa) sepertinya tidak disarankan untuk berlama-lama maksimal 20 menit.


Begitupun posisi back carry, harus anak saat sudah bisa duduk tegak.Karena bagaimanapun posisi back carry ini si penggendong tidak bisa melihat bayi bagaimana (karena dibelakang). Ya jaga-jaga misalnya dia hidung tertekan, posisi kurang nyaman dll.

Posisi dan syarat pakai gendongan SSC kurang lebih sama ^^
Credit dari Pao Carrier

Dan ini beberapa SSC yang bisa dijadikan pilihan orang tua untuk menggendong kucing bayi


 Sebenarnya merk SSC  banyak, tapi ini saya share yang pernah saya punya dan pakai saja yaaa

    Gendongan SSC Lokal Indonesia


1. Gendongan SSC Cuddle Me

Buat saya yang berbadan besar, gendongan ini terasa kekecilan. Tapi konsep TICKS-nya dapet ^^. Warnanya banyak dan cerah-cerah. Tengahnya gak bikin gerah bayi. Ada foot straps dan drool pad.
Harga mulai 250ribu
gendongan ssc cuddle me


2. Gendongan SSC Andrea

Gendongan ini panjang bagian punggungnya dibanding lokal lainnya. Tapi kainnya paling enak lebih mirip Boba walau lebih tipis seh. Padnya standar empuknya. Harga mulai 350ribu



 3. Gendongan SSC Nana Baby Carrier

Saya kebetulan punyanya yang seri Batik. Cantik dan cocok banget buat kondangan hohohoho. Cuma Nana itu ringan banget bahannya tipis, karena saya biasa pakai bahan yang berat. Untuk kondangan bentar lumayanlah, tapi kalau gendong lama (waktu itu seharian -__-) capek rasanya *LOL. Tapi ini seh mau pakai gendongan apa saja pasti capek kalau seharian juga :v.

Harga seri batik : 400rb
Harga seri lainnya mulai 250ribu


gendongan ssc nana baby carrier



4. Gendongan SSC Bobita
4 tahun lalu, Bobita ini digadang-gadang mirip sama Boba. Bahannya enak dan tebal jadi pas gendong gak cepat capek. Cuma saya kurang suka bagian punggungnya, terasa tebal banget. Sudah ada buat tapakan kaki (foot straps). Tapi boleh bangga loh, Bobita ini udah dipasarkan sampai luar negeri \m/.
Harganya mulai 500ribu

gendongan ssc bobita


5. Zakkel

Bentuknya semacam Tula dan Andre. Lebar menurut saya. Tapi ini lucu lohh warna-warnanya. Asli dari kota Bandung. Harganya mulai 600rb.
gendongan ssc zakkel



Gendongan SSC Impor

Gendongan impor banyak pilihannya, yang pasti plissss jangan beli yang KW yaaa. Big no no ama produk palsu. Daripada beli yang KW, mending beli yang lokal tapi ORI.

Yang membedakan gendongan impor dengan lokal tentu kualitas dan harganya. Ada harga ada rupa pokoknya seh ya. Terus gendongan impor kebanyakan bisa digunakan mulai dari newborn (with or without insert), berbeda dengan gendongan lokal yang rata-rata bisa digunakan sejak umur 4 bulan atau bayi sudah 7kg.
 

1. Boba Baby Carrier

Ini adalah SSC kesayangan saya dari 4 tahun lalu. Bahannya enak pakai banget. Pad bahu dan pinggang enak banget empuk. Dan awetttt bangetttt.
Yang sering ketemu saya pasti tahu kalau sering banget pakai ini heheheh. Enaaaaak seh. Dan udah ngerasa nyaman gendong plus posisi nyusuin sudah pas gitu buat saya.
Boba ini asli USA dan biasanya dijual dengan harga 1,5-2,2juta.

Boba baby carrier



  
2. Gendongan SSC Hipseat I-angel

Saya pernah nyobain gendongan Agabang, agak mirip tapi bentuknya I-Angel lebih besar tapinya. Dan sama-sama dari Korea. Bisa menghadap depan dan menghadap penggendong
Karena ada hipseatnya, nyimpennya rada bulky menurut saya. Tapi hipseatnya bisa dibuka seh. Tersedia udah satu paket sama droolpad kanan kiri buat gigitan bayi.
Harga mulai dari 2juta
gendongan i angel

Btw, biar ga terlalu bulky saya ada tata cara menyimpannya ^^. Silahkan dilihat videonya yaa




3. Gendongan SSC Tula


Auuuuuuu ini enak banget. Padnya empuk banget, klik pinggang disamping bukan belakang (rada aneh buat yang biasa klik pinggang belakang), warnanya lucu-lucu dan bisa dipakai sampai 3 tahun.
Harga mulai dari 2 juta



ssc tula



4. Gendongan SSC Soul Sling Anoona

Bisa digunakan sejak newborn dan gendongan ini asli India. Kata yang udah pernah make enak seh. Nanti deh kalau saya sudah nyoba tak update lagi ini list SSC hehehe.
Harga mulai dari 1,3jt

ssc anoona



5. Gendongan SSC Lenny Lamb

Duh ini gendongan yang saya pengen sebenarnya. Warna-warnanya cantiiikkk banget. Dan kata yang udah pernah make, empuk dan enak banget. Tuh kan saya ngiler -___-.

Harga mulai 2,5juta


ssc lenny lamb


6. Onbuhimo

Gendongan ini terkenal dari Jepang awalnya. Dan bedanya sama  SSC, Onbu tidak punya pad untuk bagian pinggang. Cocok buat yang lagi hamil tapi tetap gendong jadi perutnya gaktertekan.

Harga mulai dari 1,5juta




Kalau misalnya kita salah beli dan ternyata gendongannya belum mendukung M-Shape, bagaimana? Tenang, masih bisa digunakan kok. Cuma kita tambahin saja kain untuk mendukungnya.

(Pic credit : www.fineandfairblog.com)

Yuhuuu, gimana?? Sudah mengenal macam-macam gendongan SSC untuk bayi belum? Yang pasti, pastikan agar memenuhi syarat gendongan yang baik dan plissss jangan beli barang KW yaaa. Tinggal sesuaikan budget saja. Gendongan di atas rata-rata sudah memenuhi syarat gendongan yang baik. Jadi tidak bingung kan mau beli gendongan yang mana.


Gendonglah bayimu sampai tidak mau digendong. Karena momen si Kecil tidak akan pernah terulang kembali. So, nikmatilah ya Mama Papa buat menggendong bayi. Selamat ber-SSC ria!


----Tulisan ini dibuat oleh saya sendiri sebagai seorang babywearing edukator peer support in training dari school of babywearing UK---

146 comments:

  1. Lucu2... Saya mah lg ngincer yg lokal dan murmer aja, galau antara cuddle me atau nana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung bayinya keknya. Lebih enak sih nyoba langsung sama bayinya enak yang mana :*. Kadang prefernsi orang ttg nyaman soale beda2 :*

      Delete
  2. Gendongan investasi banget ya mba, dan aku juha suka pake kalau pergi2, praktis. Ada tulisan mba, jadi tambah pengetahuan tentang gendongan ni. Tfs mba :)

    ReplyDelete
  3. masih setia sama boba, hahaha..

    males juga sih beli SSC lagi, udah ga ada yg dilungsurin. Jadi prefer pilih jarik ketimbang beli SSC baru, hahaha (pelit deh emaknya)

    btw,, kalo terpaksa harus pergi keluar dan mengendarai motor sendiri, SSC ini emang enak dan aman bawa bayi (eh kelakuan saya jangan ditiru ya.. hehe)

    ReplyDelete
  4. Mbaak ini bermanfaat bangeeet! Makasih yaaa :* Aku punya SSC Lumiere Baby dari US. Nanti klo meet up tolong cobain dan review yaaa hihi enak apa nggak menurut suhu gendongan ini hihi

    ReplyDelete
  5. Banyak bingits gendongannya, bikin mupeng. Kebetulan aku mulai cari -cari gendongan ini. Terima kasih reviewnya mba Echa.

    ReplyDelete
  6. Hallo mba Echa,salam kenal saya lisa. thanks bgt ya infonya soal gendongan ini, duh saya rasanya menyesal bgt krn setelah anak kedua baru tau klo menggendong itu jg perlu teknik. saya jg sedang mencari referensi ssc, yg nyaman utk gendong bayi (10bln) sambil ngerjain pekerjaan rumah kira2 apa ya mba? thank u sebelumnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua ssc diatas enak2 aja mba buat bersih2 nyapu nyuci dan digendong back carry

      Delete
  7. Harganya ... nggak membohongi kualitas. :D Hehehehe

    ReplyDelete
  8. Aku juga suka gendongan gitu. Nggak ribet dan nggak capek

    ReplyDelete
  9. gendongan jaman sekarang emang macem2 ya... tapi kalo aku lebih nyaman pake gendongan konvensional hehehe... gendongan yg skrg, gak bisa makenya, padahal lebih simpel ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa hihih mungkin kudu ada bayi lagi mbak *eh

      Delete
  10. Sangat membantu mbaa...kalau menurut mba mending andrea atau bobita ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur saya lebih suka andrea sebenarnya
      Tapi semua balik lagi ke penggendong enak yg mana

      Delete
  11. Wah ternyata gendongan bayi banyak macamnya ya... Nice inFo...

    ReplyDelete
  12. Gendonganmu banyak amat ya mbaa huehehehe... :D. Aku nyeseeeel knpa dulu ga milih gendongan aja drpd stroller. Anaknya lbh seneng digendong, dan stroller ga kepake blasssss.. Akhirnya aku kasih k adekku pas anaknya lahir. Emg lbh berguna gendongan mba, apalagi utk keluargaku yg hobi traveling

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mayan ringkes ya. tapi kalau traveling aku enak pakai stroller juga. kalau bobo taruh sana ae

      Delete
  13. waduh, baru tahu kalau menggendong bayi saja sekarang sudah ada triknya. ini perlu diedukasikan ke bapak bapak sepertinya :)

    ReplyDelete
  14. gendongannya banyak maceeem ya Cha...jadi inget jaman anak-anak keciiil hehehe

    ReplyDelete
  15. Hihihiii... lucu2 ya mak model gendongan bayinya. Jdi pengen nyoba buat gendong ponakan πŸ˜€

    ReplyDelete
  16. Aku lagi ngincer cuddleme nih mba.
    Pengen bgt ikut kopdaran cara menggendong pake jarik. Soalnya aku gendongnya kaki kanan selalu lebih tinggi. Bingung jadinya πŸ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bayinya gede jangan deh xD tapi kalau mau beli yang lokal jangan lupa beli yang toddler yaaa. Ukurannya beda

      Delete
  17. Mbak punya banyyak macamnya yah?
    Naksir Andrea, mbak..akhir bulan depan mau lairan. Doakan lancar yah. Terus nyontek mbak deh gendong2 anak

    ReplyDelete
  18. Kalo untuk new born yang merk lokal pake yang mana ya? Yang recomended gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. SSC mba? rata2 ssc dari 4 bulan atau sudah 7kg
      tapi kalau ada insertnya bisa tergantung gendongannya. kayaknya cuddle me ada itu insertnya
      saya pakai yang luar merk boba ada insertnya untuk newborn

      Delete
  19. mba mau tanya, kalo ssc zakkel anaknya bisa hadap depan liat keluar ga ya ? kaya hipseat iangel? soalnya anaknya ga betah kalo hadap ke saya, sukanya liat jalan..thx sblmnya, tulisannya sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lokal ga ada yang hadap depan mba. tapi kalaupun mau hadap depan mungkin kudu pake yang luar dan modelnya emang bisa hadap depan. itupun ga bisa lama-lama mba maksimal 30 menit (kalau menurut babywearing org ya)

      Delete
  20. Mbaaa sy badannya besar dan tinggi..yg enak trs yg empuk biar ga pegel mending ssc andrea apa nana y?makasiiih...

    ReplyDelete
  21. Mba sy badanya besar tinggi.. kl pk ssc trs yg empuk biar ga pegel mending nana apa andrea ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak yang badannya agak gede enak nanaa. panel nana melebar sedang andrea memanjang mbaa. enak lagi zakkel

      Delete
  22. Mbak klo stndrt itu bs di pake smp brt bayi brp yaa mb? Babyku usia 5,5bln berat 8kg. Klo mau beli ssc ukrn stndrt atau tddler yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ga salah sampai 11-14kg kalau toddler sampai 20 kalau g salah
      8 kg ya standar aja mba ^^ atau beli yang support sampe toddler bisa

      Delete
  23. Mb minta saran dong, badanku kecil + anak jg badannya kecil..enak pake cuddle me atau nana? Galau krn di nana ada pfa sementara cuddle me ndak ada.
    Trus dari segi bahan cuddle me udh pernah pegang dan sukaaa, kalau nana belum tau.. :D
    Maklum mahmud banyak bingungnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi berarti kudu megang nana juga mba karena nyamannya dan sukanya orang kan beda2 :*

      Delete
  24. Mbak mnta saran dong, anak sy 8 bln bb 10,5 pnjang ny sktr 71cm..pilihan ke cuddleme, nana, sm andrea, sy sndr badanny besar.. kira2 ada masukan ga mbak? Mau nana yg toddler tp takut tenggelem ntar anakny hehe..jazakillahu khoir sblumnya ya mbaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saranku ke bobita,zakkel atau nana andrea toddler. Insyaallah ga tenggelem

      Delete
  25. Mbak mnta saran dong, anak sy 8 bln bb 10,5 pnjang ny sktr 71cm..pilihan ke cuddleme, nana, sm andrea, sy sndr badanny besar.. kira2 ada masukan ga mbak? Mau nana yg toddler tp takut tenggelem ntar anakny hehe..jazakillahu khoir sblumnya ya mbaak

    ReplyDelete
  26. Echaa lengkap kapp bgt ini tentang ssc. Berguna nii kl someday mau beli ssc :*

    ReplyDelete
  27. Mbaa mau tanya.. ssc lokal bisa di pakai dari umur 4 bln sampai umur berapa? Terus bisa gendong hadap depan nggak y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampe g cukup hehe rata2 15kg max. Ga bisa hadap depan ssc lokal

      Delete
  28. Orang desa gak pernah tahu macam macam gendongan ini, taunya cuma gendongan dari selendang ja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah banyak yang sudah sosialisasi °^^

      Delete
  29. Aku dikasih kw euy, haha.. Dan dipake enak2 aja.. πŸ˜€
    Tapi udah lewat juga masa2 gendongnya sih πŸ˜…

    ReplyDelete
  30. Saya punya andrea bu itu suport nyusuin sama C-shape gk ya bu..
    Mohon infonya��

    ReplyDelete
  31. Bu andrea suport nyusuin sama C-shape ngk.. Mohon infonyaπŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba untuk menyusui di gendongan bisa pakai gendongan apa saja mba. tinggal dicari selanya aja dan kenyamanan ibu plus bayinya

      untuk c shape, sebenarnya prioritas utama untuk bayi newborn.
      Nanti seiring tambah besar akan j shape dan m shape aja mba

      Delete
  32. Mbaaa mau tanya dong, ini anak aku 12.3kg 2thn, tapi masih suka di gendong kalo jalan2. Kmrn lumayan juga tanpa bantuan gendongan naik krl. Bagusnya pilih yg size standar atau toddler ya mba? Ngincernya si nana.dirumah ada beberapa gendongan tapi sepertinya belum Mshape. Makasih sarannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. toddler mba. untuk lokal, size standar rata2 udah ga knee to knee ^^. Lebih baik pilih yang toddler
      makasih dah mampir :*

      Delete
  33. Setelah aku baca reviewnya mbak aku jadi pingin pake gendongan ssc, kemarin rencana mau pake hipseat merk snobby tapi gak muat soalnya bbku 85kg bayiku 9,5kg terus di saranin temen pake merk andera dan nana..
    Masih bingung nih mbak pake yg merk apa untuk mak mak bongsor kaya aku nich..
    Beda ssc sama toddler itu apa mbak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dulu 85kg juga seh mba xD
      Pakenya boba sscku
      tapi Nana juga muat buat bongsor mba. enaknya emang datang pas ada kopdar gendongan sambil nyoba2
      ssc itu ada yang standar ada yang toddler mba

      Delete
  34. Review nya lengkap bingit yo mba. Tp klo suruh pilih mending cuddle ato nana mba? Oya, emang berat si ibu ngaruh dlm pemilihan SSC ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya paling pilih nana. paling enak nyobain dua-duanya pas ada kopdar yang enak buat mbak yang mana

      Delete
  35. Mba minta sarannya dong.aku baru mau beli ssc.budget antara cuddleme atau nana.dr segi bahan enk mana mba? Terus aku kurus,ankku cewek 6bln beratnya 6.6kg menurut mba cocok yg mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih enaknya dicoba dua-duanya mba ^^

      Delete
  36. Bun..prefer Andrea atau Bobita untuk yg badannya kecil? Belum pernah pegang batangnya jadi masih galau mau beli yg mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEbenarnya enak pegang langsung mba. Dari bahan kalau saya liat kokohan bobita seh. Cuma kalau mba belum nyobain sendiri kan susah ya, mending ikutan minkop aja mba di daerahnya biar pada nyobain langsung

      Delete
  37. Bun..saya badannya kecil, tapi baby lumayan gede 7 bln BB 10kg, PB 69cm. Prefer Andrea, Zakkel, atau Bobita yaa? Std atau toddler? Pengen yg bisa dipakai lamaan...hehehe. Krn belum pernah pegang semua.. Mohon pencerahan..terima kasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya pribadi sukanya diantara 3 pilihan itu zakkel mba
      cuma emang enak pegang semua dan nyobain langsung semua baru beli yang mana

      Delete
  38. Bun..saya badannya kecil, tapi baby lumayan gede 7 bln BB 10kg, PB 69cm. Prefer Andrea, Zakkel, atau Bobita yaa? Std atau toddler? Pengen yg bisa dipakai lamaan...hehehe. Krn belum pernah pegang semua.. Mohon pencerahan..terima kasiih

    ReplyDelete
  39. Mba mohon sarannya badan saya kecil 150cm dg berat 50kg. Bayi saya besar baru 5 bulan berat sudah 10kg-an dan panjang 70cm. SSC apa yg cocok ya. Yg standar Takut kekecilan di bayi. Trimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wowww sehat sekaliiii 10 kilo keceee mbaaaa
      SEbenarnya standar masih bisa kok mba ^^

      Delete
  40. Mba saya lagi cari cari info ssc nih.. bingung antara nana atau cuddle me. Klo cuddle me bisa sampe gede ya soalnya ada footstrapsnya gitu klo ga salah.. hehe nah klo nana bisa pake footsraps kaya cuddle me atau harus beli yg todler mba? Adakah ssc yg standar tp suport todler?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ssc standar beda sama ssc toddler mba
      beda ukuran beda body panelnya juga. Saya ga tau itu nana ada footstrapnya kayaknya harus beli deh, soalnya yang nana saya ga ada footstrapnya yang standar

      yang ada footstrapnya langsung itu punya saya boba mba

      Delete
  41. Bun saran dong, ssc yg cocok utk saya yang badanny tinggi besar Bb60 Tb160 trus anak saya Bb 7,4 umur 4bln. Pinginny
    yang pemakaianny bsa long live. Msh bingung antara cuddle me sama nana
    Hehe. Trmksh utk infony

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua-duanya juga udah bisa kok mba. Masalah long life buat lama dipake hmmm kayaknya harus disesuaikan juga. Misalnya kegedean ssc nya kan juga ga enak atau misalnya kekecilan udah ga knee to knee juga ga enak

      cuma 4 bulan 7,4 standar bisa banget start untuk ssc lokal segitu bisa dipakenya emang berat badan bayi dan umurnya

      Delete
  42. membantu sekali mba review gendongannya..tapi beli andrea yang ori dimana ya mba..takutnya banyak yang palsu..recommend dong mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kalau merk lokal ga ada KW nya mba
      coba di instagram gendonganandrea , disana ada reseller yang jual :*

      Delete
  43. Mba mau nanya kalau mau beli ssc yg import belinya dimana y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa langsung ke web merk importnya mba. nanti tinggal shipping aja yang penting inget masalah pajak itu loh hihi

      kalau mau gampang ada beberapa agen resminya beberapa merk gendongan impor. saya biasanya ke wovenwrap.shop atau little forest

      beberapa bakul gendongan kadang juga bisa beliin lewat jasanya mba. selamat memilih ya :*

      Delete
    2. Mba mau nanya lagi hehe kalau menurut mba lebih enak mana tula atau boba?kalau disuruh milih antara kedua itu

      Delete
    3. Mba mau nanya lagi hehe kalau menurut mba lebih enak mana tula atau boba?kalau disuruh milih antara kedua itu

      Delete
    4. Mba antara tula sama boba lebih suka mana?

      Delete
    5. halo mba maaf baru balas. Sama enaknya sih mba. cuma mungkin saya lama pakai boba jadi enakan boba tapi kalau empuk tula juaranya

      Delete
    6. Mba aku mau nanya lg dong hehe.. Antara tula ftg sama tula std nyaman mana menurut mba echa?

      Delete
  44. Assalaamu'alaikum mba.. terima kasih karena membantu sekali review nya 😊
    Mau tanya mba, menurut mba yg sudah nyobain ssc berbagi merk, lebih prefer ke nana, cuddle atau andrea ya? Saya bingung mba mau menentukan pilihan..
    Di kota semarang ada kah komunitas yg bisa buat nyobain berbagai merk ssc? Dan apakah drool pad / teething pad sangat perlu ditambahkan di ssc?
    Terima kasih mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ke indonesia babywearers atau nusantara menggendong mba, komunitas lokal ada sepertinya ya
      saya gak pernah pakai droll pad kecuali i angel waktu itu karena udah sama droll padnya mba
      lebih enak mana, memang lebih enak nyobain langsung seh mba. tapi diantara ketiganya kalau di suruh milih saya enak nana xD walau bagian bahu sayangnya ga empuk xD

      Delete
  45. Mba mau tanya jadi ssc itu ada yang model hipseat sama biasa ya ? Saya masih bingung,mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. SSC Hipseat ada mbak^^
      cuma saya pribadi lebih nyaman ga pakai hipseat

      Delete
  46. Mba, apakah gendongan boba memungkinkan bayi menghadap ke depan (melihat lingkungan sekitar)? Terima kasih

    ReplyDelete
  47. Hello mba, salam kenal. Reviunya membuka wawasan banget nih mbak. Kalo i-angel ini bisa ampe toddler ga sih mba? kalo gendongan lokal kebanyakan kebagi yg standar sama toddler ya ? makasih infonya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah nyoba sampai toddler mba iangel saya pribadi. Dah keburu di preloved xD

      Delete
  48. Halooo kak.. bermanfaat banget reviewnya. Aku jg lg cari2 ssc nih. Tapi menurut kakak ssc lokal yang paling nyaman dan bisa dipakai dari newborn yang mana? Aku mau beli ssc lokal yang ekonomis namun ergonomis nih... terima kasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ssc lokal ga ada yang bisa dari newborn mba. rata-rata dari 4 bulan atau minimal 7kg :*

      Delete
  49. Mbak, gendongannya apa ada yg bisa diadopsi?
    Preloved ga pa2

    ReplyDelete
  50. Gendongannya ada yg bisa diadopsi kah?
    ?
    Preloved ga pa2 mbak

    ReplyDelete
  51. Gendongannya ada yg bisa diadopsi mbak?
    Preloved ga pa2

    ReplyDelete
  52. Replies
    1. dulu saya beli di boba carrier indonesia mba
      kalau sekarang sepertinya banyak reseller di market place

      Delete
  53. mba review pao papose donk..
    saya berencana nabung gendongan persiapan utk anak ke 2,meski nelom hamil hehe
    rencana ingin ssc aja yg bisa dr newborn sampai toddler
    apa enaknya make yg bisa dikasih infant insert ya?
    sy budgetnya under 2jt mba..
    ditunggu jawaban baiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pao belum pernah mba
      tapi banyak luar yang bisa dari nb seperti tula ftg, boba, ergo adapt, anoona

      Delete
  54. Mba kalo boba bisa dari newborn ya? Trus ada kw nya gak? Boba juga udah m shape kan mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. boba sudah ergonomis mba
      bisa dari nb dengan pakai insertnya
      kalau boba hampir ga ada kw nya deh beda kayak ergo

      Delete
  55. Mba kalo boba bisa dari newborn ya? Trus ada kw nya gak? Boba juga udah m shape kan mba

    ReplyDelete
  56. Ergo baby belum diceritakan mba :-D telat nih aku baca ini. BTW Nana di aku terasa kekecilan keknya pas pertama kali daku pake :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaa iya kelewat ya nanti ditambahin deh
      cuma aku suka missing yang asli ama yang palsu masih ga pinter bedain
      biasanya kalo sesek kurang pas ngesetnya (ini berlaku di gendongan apapun ya)

      Delete
  57. Bagus mba reviews nya. Anak saya 12 kg. Bb saya 86 kg. Support gendongan apa ya mba? Biar nyaman buat travelling..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti ga bulky dan dirimu gampang makenya. ssc atau ringsling bisa jadi pilihan

      Delete
  58. mba makasih sharingnya. onbuhimo bs kah kalo dipake motoran? minta reviewnya onbu mbak.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua gendongan sebenarnya tidak untuk dibawa pakai motor mba ^^
      ssc yang bisa digunakan depan aja sebenarnya ga boleh apalagi onbu yang untuk gendong belakang. cmiiw.

      Delete
    2. Jadi ga baik ya pakai motor sambil gendong bayi.. Bagus nya gimana ya.. Kalo posisi miring malah lebih worry. Kalau di mobil juga baiknya posisi gimana kalao megang bayi mba..

      Delete
    3. sebenarnya kalau belajar di safety kids gendongan apapun bukan untuk naik motor pak. coba follow safe kids indo disana banyak dijelaskan bagaimana kita membawa anak dengan kendaraan. Dan gendongan tidak untuk naik motor

      untuk di mobil, anak bukan digendong. tapi ditaruh di car seat pak

      Delete
  59. halo mbaaa, serius ngebantu bgt ini postingan mbak buat sy yg galau lagi nyari2 ssc hehehe
    cuma jujur aq msh bingung, klo buat aq yg BB nya 50 kg dan TB 158 trs baby aq umur 16m dgn BB 10kg, mnrt pandangan mba pake yg zakkel, nana atau andrea yaaah? secara aq tipe org yg kurus mba... thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesemuanya cocok2 aja menurutku ya mba apalagi bayinya juga udah gede zakkel mungkin lebih enak. tapi enak dicoba langsung pas kopdar mba

      Delete
  60. assalamualaikum bun..
    minta saran donk soal ssc hehe
    sy pingin beli ssc yg bisa dipake dari newborn
    menurut bunda mending yg make infant insert atau yg bisa dipake newborn-toddler?
    dan apa bener2 aman ssc yg bisa dipake sejak newborn itu bun?
    maksud hati ingin menghemat hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen yang tanpa insert? bisa anoona atau tula ftg atau ergo adapt mba
      itu yang support

      Delete
  61. ssc tula nya beli dimana sis

    ReplyDelete
  62. ssc tula ny beli dimana bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekaranh birds and bees udah jual mba. Bisa beli langsung ke web tula nya mba

      Delete
  63. Asslm..mbak mau nanya dong, tau info tas atau dustbag untuk nyimpen ssc I angel ngga? Soalnya kalau mau nyimpen walaupun udah dilipet kayaknya lebih rapih kalau dimasukin tas gitu ya..makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh saya nyimpennya didalam lemari aja mba pakai kotak skuub atau drona ikea itu loh pas

      Delete
    2. Eh ini maunya tas ya kebetulan saya ga pakai tas mba. Biasanya saya pakai blacu aja kalau mau bawa beberapa gendongan

      Delete
  64. Mba.. Gendongan ya banyan better. Boleh sewa ga? Ntar kl nyaman beli sendiri ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya enak kalau ada temu penggendong atau acara kopdar gendongan mba langsung nyobain semua

      Delete
  65. Halo mom .. anak saya 4.5bulan udah 8kg .. kemaren saya beli hipseat pognae cuma kayaknya kasian kalau pakai hipseat kelamaan takut pantatnya pegel .. �� org dewasa kalau duduk lama juga suka pegel .. niatnya mau beli ssc mom .. tapi takut salah beli hihi nanti udah beli mahal2 malah gag nyaman .. menurut mom yg cocok buat saya dan bayik saya yg apa ya ? Boba atau tula ? Kalau babybjorn itu gimana ya mom ? Terus yg bisa awet sampe toodler gt mom .. hehe .. biar irit .. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bentuknya gede sih tula mbak pastinya ^^. Cuma sampai saat ini 20 bulan boba tetap saya pakai hihi walau rada cingkrang

      Delete
  66. Assalamualaikum..
    Minta saran donk bun
    Lg bingung pilih gebdongan cuddle me ato nana
    Akunya gendut gak tinggi,trus babyku gendut,kmrn 2 bln tgl 11,udah 6bln,kira2 yg cocok yg mana ya bun..
    Makasih ya bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dua2nya mba. enaknya memang nyoba langsung biar sreg beli yang mana

      Delete
  67. Assalamualaikum..
    Mo minta saran kira2 gendongan yg pas buat q apa ta bun yg cuddle me ato nana
    Q oranganya aagk gendut n gak tinggi trus babyku gendut,kmrn tgl 11 2 bln bb nya dah 6 kg,kira2 yg pas yg mana ya cuddle me ato nana

    ReplyDelete
  68. Assalamualaikum..
    Mo minta saran kira2 gendongan yg pas buat q apa ta bun yg cuddle me ato nana
    Q oranganya aagk gendut n gak tinggi trus babyku gendut,kmrn tgl 11 2 bln bb nya dah 6 kg,kira2 yg pas yg mana ya cuddle me ato nana

    ReplyDelete
  69. Assalamualaikum mb..anaku umur 3 bln, berat 7,5kg, tinggi 61.5cm, mau pake ssc lokal, kira2 enaknya yg mana ya? Bingung, mohon rekomenya mb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebulan lagi bisa pakai nana atau cuddle me mba. enak yang mana kenyamanan masing-masing ya ^^ enak nyoba langsung saat ada temu penggendong

      Delete
  70. Assalamualaikum..
    Sy msh galau antara Nana & CuddleMe. Mana yg bisa fit di aku TB 166 BB 60 & suamik aku yg berukuran gorilla (TB 190 BB 30 Perut hamil 9 taon) πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ dan sangat rewel pengen selalu gendong baby, bgitu pun makmer yg body-nya cukup lebar. Gendongan mana yg strap pinggangnya cukup panjang ya? Kalau modif sendiri, apa bisa? Mohon dibantu ya mba.. Ohya baby skrg usia 5 bln BB 7 kg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk hamil 9 tahun
      ngakak jengkang wkwkkw
      rata-rata strapnya pinggangnya standar ya panjangnya setahuku. Mending dicoba langsung seh mba pas ada kopdar menggendong gitu

      sebenarnya saya pengen rekomen zakkel, karena paddingnya gede, dan saya pernah lihat suami temen yang badannya gede pakai gendongan zakkel itu. cuma untuk 5 bulan sepertinya zakkel masih kegedean mba.

      Delete
    2. Wah udah dibalesss, hehe iya mba suamik tipe body supergede wkwk..

      Kalo gitu minta info kopdar menggendong mba, gimana & dimana bisa join?

      Ohya si baby tipe yg tingginya melesat tp BB-nya normal. Sy sangat berharap dia gak jadi selebar bapaknya πŸ˜‚

      Delete
    3. mba posisi dimana kalau boleh saya tahu? Kalau ga keberatan bisa kasih nomer hape dan emailnya ke echaimutenan@yahoo.com :*

      Delete
  71. Mbaa,kl ssc i angel yg miracle itu ktnya bisa dipake dr baby 1 bulan ya?bener aman ga sih newborn pake ssc?ko agak serem make nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan belum pernah pakai ssc miracle saat bayi newborn. Karena saya pakai boba itupun ada insertnya jadi dia ga langsung ngangkang karena newborn posisi kaki terlalu lebar

      produsen gendongan apapun sih bisa aja mba klaim apapun tapi keputusan tetep pada orang tua

      Delete
  72. Assalamualaikum bunda sangat membantu sy masih bingung antara gendongan ssc sama toddler itu gmn? Biasanya merk yg lokal yg toddler itu yg mn? Mksh bnyk bund😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam
      ada banyak mba.
      seperti zakkel, nana, andrea, cuddle me, babyta juga sudah ada size toddler

      Delete
  73. assalamualaikum bun, klo ssc lokal ada yang bisa hadap depan ga ?

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^