Berjuang Dengan Syaraf Kejepit

 

Seperti postinganku lalu, saya kena nyeri punggung dan ternyata syaraf kejepit yang membuat saya  benar-benar ekstra dalam bergerak. Postingan sebelumnya bisa dilihat di http://www.echaimutenan.com/2014/06/jangan-sepelekan-nyeri-punggung.html. Dan ini kali kedua saya dirawat dirumah sakit karena syaraf kejepit...


Kadang aku ngikik sendiri... kok ya g beres2 ini sakit....wes kanker kena syaraf kejepit lagi :P... Tapi ya itu, Allah pasti ngasih cobaan sesuai kemampuan umatNya, kan? *puk2 diri sendiri *tissue tissue mana tissue

Karena keterbatasan itulah, saya membatasi diri untuk melakukan banyak hal..padahal saya tahu namanya ide diotak ini sangat tinggi, tapi apa daya mengetikpun sedikit susah karena dikit2 kram...megang barang aja kadang jatuh -____-

Kalaupun saya memilih mengikuti acara diluar, itu pasti harus bawa keluarga dan malamnya pasti minum obat dan dibaluri balsem biar besok bisa berdiri..kalo nggak wassalam wes... :v.. Udah gak berani dan gak mungkin diijinkan pergi sendiri daripada jatuh tiba2 :v
Makanya 2 bulan ini blognya hiatus #pffttt... untung menang lomba2 ga ikutan hiatus wekeke *koprol to the mars

Di rs masih sempat ngelomba :D
Oh ya, kemaren saya jatuh lagi (pfffttt) dan tangan kanan tidak bisa gerak total...mau angkat jari aja gak bisa... sampe akhirnya dibawa kerumah sakit dan dirawat 5 hari. Disana yang pegang 2 dokter, yaitu dokter syaraf dan dokter fisioterapi. 

Karena jatuh, tangan saya sedikit bengkak dan untuk melakukan fisioterapi harus menunggu tidak bengkak dulu biar saat diterapi tidak efek nyeri yang luar biasa. Jadi itu yang membuat saya sedikit lama dirumah sakit.. Tapi alhamdulillah setelah difisioterapi sakitnya lumayan berkurang^^.

Berikut tahapan fisoterapi yang aku alami : 

1. Kita dipijet dengan alat yang sedikit basah sekitar 10 menit diletakkan dipunggung atau bagian luas yang sakit....sayang aku lupa namanya. Soalnya kalau pakai alat itu sakitku nambah..jadi dah g pernah dipakein :D tapi kalau buat orang normal dipakein alat ini uenakkk katanya :v

2. Laser
Nah..ini alat yang berjasa banget buat melemaskan otot2 dan syaraf yang kejepit... dilaser dititik2 sakit..saat dilaser jangan ditanya gimana sakitnya...luaarrrr biasa..aku aja sampe teriak kenceng2... :D.. tapi udahannya enakan ^^ wong saya dari g bisa gerak sampe bisa jalan looohhh...
Tapi karena dilaser jadi ada titik2nya gitu dibagian yang sakit hehehe...Dan kalau dipegang sedikit perih..tapi beberapa hari kemudian akan ngelupas sendiri bekasnya... :)
Berapa lama terapinya? tergantung dari syaraf yang sakit... Saya waktu itu pernah sampe 1 jam loh :D


3. Dipanaskan ga tau nama alatnya. Jadi, kita disinar gitu bagian2 yang sakit dan bekas laser tadi biar rada enakan. Rasanya? Panas dan....nyeri :v. Ini dilakukan selama 10-15 menit...

.

4. Dipijet pake alat kayak cowek gitu..ini juga aku g tau namanya wkwkwk... 
Setelah dipanasin, kita diuwel2 badannya paka alat ini.. jadi kayak dipijet aja seh sebenarnya..gunanya untuk melemaskan otot2 dan syaraf2... kalau bagian ini saya nikmati  banget...cuma sayang cuma 5 menit :v
Ada juga alat yang getar gitu ditempel2 dibagian yang sakit*ini aku juga g tau namanya :D. Rasanya juga kayak dipijet tapi karena ada getaran yaaaa berasa juga sakitnya... kalau nggak kuat kita tinggal bilang g kuat :)


Nah, itu berbagai terapi yang rutin saya jalankan hingga saat ini... kalau sekarang seminggu sekali saya lakukan demi sehat kembali. Pakai korset untuk punggung juga saya lakukan agar selalu berposisi tegak. Aktifitas juga saya kurangi, termasuk memegang HP komputer walau alat masak aku tetep pegang xixixi... Kalau lagi jalan-jalan lama, saya sengaja menyewa/bawa sendiri kursi roda. Menghindari jalan terlalu lama dan jauh...dan pastinya tidak menggendong dalam waktu lama...

Nah itu... Cuma satu yang sampai saat ini sulit aku kurangi...menggendong Raffi :"). Walau sekarang emang kebanyakan bapaknya yang megang kalau lagi jalan, tapi tetep aja namanya ibu kalau nggak gendong itu rasanya gimana... Ya paling ngakali dengan gendong bentar2 dan malem dibalur balsem :D

Tapi ternyata syaraf itu kemana-mana ya... sekarang keluhan saya dimata... jadi awalanya kayak kedutan terus gitu tapi lama-lama makin cepet dan gak terkendali... Lalu beberapa hari kemudian pipi jadi berasa ketarik keatas.. saat kedokter, dia bilang itu gejala stroke ringan... hhuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa... jadi kudu lebih hati-hati lagi ini.. #pyuh....

Jaga kesehatan ya semua..sayangi badanmu ^^
SEMANGAT!!!
*sengaja nulis gede2 biar bener2 semangat



 
Mereka yang selalu mendukungku ^^
Semangattttttttt


60 comments:

  1. Syafakillah ya Echa... semoga Allah memberi kesembuhan *big hug*. Sharingnya inspiratif banget, mengingatkankyu buat makin sayang sama badan sendiri *buang pola hidup gak sehat*

    ReplyDelete
  2. mak echa ..hug hug...semangat sembuh ya ...dan tetap menularkan energi positif, jika saya dirimu belum tentu kuat :(

    ReplyDelete
  3. Semangat Mbak Echa dan semoga cepat sembuh... Oia untuk mengetik, cobain pengalaman apps voice to text tuk membantu sementara. Sepertinya ada di Apps Store Android, cari saja dengan kata kunci "voice to text atau kata kunci yg terkait.."

    ReplyDelete
  4. Cepat pulih ya mak...
    Semangat semnagat semangat...

    Doa dan pelukku untukmu

    ReplyDelete
  5. syafakilla mak Echa, cepat sembuh ya, aku sering lho sakit punggung semacam pegel tak tertahankan gitu

    ReplyDelete
  6. Be strong Mak Echa... berdoa jgn putus untuk kesembuhan. Dan ada 1 doa yg penting juga, semoga Allah bantu menangkap ilmu/hikmah dibalik sakit ini. Smg kesabarannya dalam menahan sakit jadi jihad yaa...Salam dan doa dari jauh...:)

    ReplyDelete
  7. mbak echa lekas sembuh yaaaa. istirahat yang pol pol ya mbaaak vitamin yang banyak. dan positif thinking selaluuu

    ReplyDelete
  8. *Hug Raffi ^^
    cepet pulih ya mbak, jgn sakit lagi.

    ReplyDelete
  9. Syafakillah Echa... cepet sembuh dan beraktivitas kembali.

    ReplyDelete
  10. semangat mak....semoga cepat sembuh...

    ReplyDelete
  11. Semoga cepat sembuh dan semangatnya benar-benar kereeennn!

    ReplyDelete
  12. waah...baru tau masuk RS lagi... safakillah ya echa... sehat..sehat..sehat.. :*

    ReplyDelete
  13. semoga cepat sembuh ya mak... tetap semangat yaaa

    ReplyDelete
  14. Cepat sembuh mak echa sayang :)

    Saya juga menjalani fisihioteraphy ini mak, untuk radang sendi pada bahu kanan saya yg katanya diakibatkan oleh auto imun, apa itu ? imun yg menyerang tubuh kita sendiri *_*

    ReplyDelete
  15. Mbak terharu bacanya. Tetap semangat yah. Think positive. Aku bantu doa dari sini.

    ReplyDelete
  16. Mba Echa... cepet sembuh ya... aku ikut prihatin dan sedih sm penderitaanmu... :'( berharap Mba Echa cepet sembuh, sehat seperti sedia kala... Jangan lupa untuk selalu berdoa dan bersyukur ya Mba... GWS n tetep semangat buat Raffi n Mas Wid. aku cm bs bantu doa n ksh smangat dr jauh... God with you :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi.. nggak menderita gitu juga seh hehehe... :*

      Delete
  17. cepet sembuh makcuth, makasih udah ngingetin kita2 untuk slalu jaga ksehatan

    ReplyDelete
  18. Cepet sehat ya Mak Echa...semangat...semangatt :D

    ReplyDelete
  19. Peluk Echa...get well soon, my dear :*

    ReplyDelete
  20. Semoga selalu semangat, Mak. Semoga lekasi pulih.

    *Big Hug ^_^

    ReplyDelete
  21. Semangaaaaat Echaaaaa.... Get well soon

    ReplyDelete
  22. Syafakillah ya Mak Echa... oya, katanya rajin rendam kaki tiap malem pake air anget itu banyak membantu loh. Tidak segera, tp logikanya masuk siy. syarafnya jd hangat dan perlahan lolos sendiri dari jepitan...

    ReplyDelete
  23. Mak, tetap semangat yaa...lekas sehat kembali biar bisa gendong Raffi lama-lama.

    ReplyDelete
  24. Hebat mbak Echa,,,,, walau dlm keterbatasan, semangat berbaginya luar biasa... hugs... semoga dimudahkan kesembuhannya oleh Nya...

    ReplyDelete
  25. sehat kembali ya mbak Echa, bahagia selalu, amin

    ReplyDelete
  26. WAah Maak .. baru tahu dirimu sedang diuji oleh Allah. Insya Allah jadi penebus dosa2mu, Mak. Yang kuat dan sabar ya Mak. Insya Allah dirimu pasti bisa melaluinya karena Dia pasti sudah mengukur kemampuanmu ;)

    ReplyDelete
  27. Echaaa cepet sembuh yaaa... kamu tegar banget cha... moga2 abis ini sembuh dan ga balik lagi penyakitnya ya. Aamiin..

    ReplyDelete
  28. Mba Echa...terus semangat yaa! Semoga lekas pulih *peluk*

    ReplyDelete
  29. Makcuutthh... semangat ya.. semoga Allah segera memberi kesrmbuhan :)

    ReplyDelete
  30. Maaak echa, salam kenal, perdana mampir ke sini. Cuma bs bilang wow dengan semangatnya. Nama boleh sepele tp tetap saja sakitnya luar biasa. Semoga Raffi tak pernah bosan peluk mak echa walau ga bs selalu gendong. Suatu hr dia akan merindukan bau balsem itu (halah)

    ReplyDelete
  31. Semangaaat terus pokoknya maak, percaya pasti bisa sembuh totaaal ya :D smoga selalu diberi kekuatan dari yang Maha Baik :)

    ish, Lucuu bangeeet sih Rafii, aku juga kangen gendong lagii, cuma udah agak besar kayanya syusah buat digendong org asing kek aku hehe

    ReplyDelete
  32. mama Raffiiiiii... cepat sembuh... benar, jika saya yang seperti ini, belum tentu kuat dan semangat seperti mama Raffi.. terus semangat yaaa...

    ReplyDelete
  33. Mak... Cepet sembuh yaaa... Dan aktif lagi di dunia maya. Eh ini jg hebat bgt bs posting. Semoga Allah mengangkat sakit yg Mak Cha derita. Amin..

    ReplyDelete
  34. Echa... Cepet baikan ya Say. Doaku selalu sama kamu :-* *hugz*

    ReplyDelete
  35. Makasih Cha, udah ngingetin kita-kita tentang pentingnya sayang sama diri sendiri. Cepat sembuh ya.. simpan dulu idenya. Nanti kalo udah sembuh baru dikeluarin semua. Semangat ya.. *peluuk

    ReplyDelete
  36. Pesan terakhirnya jlebh banget. Makasih dah diingetin, kakakku sayang. Makcik, beneran, jangan capek-capek lagi yah. Apalagi sekarang udah mulai bisnis kue nya juga. Jangan sampe ambruk lagi lohhhh kamuuhhh!!! :*** XOXOXOXO

    ReplyDelete
  37. Hiks... terharu dengan Raffi dan Papinya. Semangat Echa, semoga cepet sehat kembali sepertu sediakala... :')

    ReplyDelete
  38. Cha, yang sabar dan tabah ya, sayang. Do'a Bunda akan bersamamu. Bunda juga nih lagi wara-wiri ke RS, semakin di check kesehatan, koq ya semakin banyak yang pada gak bener, hehe.. tapi minum ekstrak kulit manggis n sirsak, udah abis dua botol, lumayan enakan ni badan. Echa, jangan diforsir ya bikin postingannya, mending rehat aja dulu. Semoga cepat pulih kesehatan Echa. Aamiin. Big hug for u.

    ReplyDelete
  39. Semanget Mbak Echa. Insya Allah segera sembuh dan kembali beraktivitas seperti semula. Amin :)

    ReplyDelete
  40. haduh... semangat mak... smoga cepat sembuh :)

    ReplyDelete
  41. Semangat ya Mak Echa....! Aku yakin kamu pasti bisa sembuh, sabar ya....

    ReplyDelete
  42. Semoga cepet sembuh ya, Mak. Wah, hebat iniiiihhh, lagi sakit masih menulis dengan nada ceria kayak biasa ;). Way to go, Girl ^_^.

    ReplyDelete
  43. Sampe segitunya ya proses fisioterapinya...menggunakan alat2 canggih... Mungkin langkah ini perlu kulakukan juga sebab tiap pagi tangan dan jemariku kaku seperti kram... Hal ini sudah berlangsung selama 2014 ini... Awalnya aku tak begitu mempedulikannya tetapi mengingat hal ini berlangsung sudah beberapa bulan aku jadi ngeri juga... Takutnya ini malah awal pertanda adanya penyakit serius...

    ReplyDelete
  44. Eh Mak, yg kedutan di daerah mata itu, aku juga mengalami. Kaya kesetrum gitu, tapi sudah lama hilang, kadang muncul lagi. Kata temen aku yg dokter sih, gejala aku belum termasuk stroke ringan. Jadi beda2 ya mak..
    Cepet sembuh ya Mak... Amiiin :)

    ReplyDelete
  45. sy paling sering neh kena nyeri punggung, tapi biasanya cuma di kusuk/pijet aja.. abies tuh seger lagi

    ReplyDelete
  46. trus gimanaa tuh keadaan kamuu udah membaik kah?
    jadi inget pacar semalem ngeluh syaraf di punggungnya sakit, sampe gerak aja nyeri.. duduk pun harus senderan kalo gak sakit banget (gitu katanya) baca postingan mu aku jadi inget..
    kayaknya emang gak boleh di sepelehin yaa harus cepet2 diperiksa..
    baca gejala stroke ringan .. aku jadi ikutan shock

    get well very soon yaaa dear..

    ReplyDelete
  47. Semangat mba...
    Mau sharing pengalaman jg. Mertua perempuan jg kena syaraf kejepit sampe harus pake tongkat krn gak bs jalan. Sempat mengikuti serangkaian terapi yg mba sebutkan diatas. Sampai ada terapi jalan diair.jd tiap wekend ke kolam renang & jalan di air.
    Sampai akhirnya berobat alternatif mulai dari bogor sampe akhirnya alternatif di kelapa gading. Alhamdulillah skrg mertua udh puling kembali, tinggal kesemutan yg kadang2 muncul ketika bangun tidur.

    Kl mertua katanya cocok alternatif yg di kelapa gading. Kalau mau coba nanti sy kasih alamat yg di kelapa gading.

    Nanti boleh email sy di : raudah.nasution@gmail.com

    Tetap semangat ya mbak...

    ReplyDelete
  48. Lekas sehat ya Mak,,, :) nulisnya jalan terus, :)

    ReplyDelete
  49. Maaaak, semoga cepat sembuh ya..
    Aku mbacanya terharu tapi ketularan semangat pantang menyerahnya. Klop sm kejadian yg baru saja kualami :)

    ReplyDelete
  50. Semoga cepet sehat Mak, semangaaat ��

    ReplyDelete
  51. Suamiku juga kena syaraf kejepit, bulan lalu hbs operasi tahap I. Tetap semangat dan terus jalani terapi. Salam sehat selalu...

    ReplyDelete
  52. echaaaa semangaaaat yaaaaa...sehat, sehat, sehaat..

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^