Penanganan Jika Terkena Air Panas


 

Untung tidak dapat diraih, malang tidak dapat ditolak

[Sponsored Post]

Duh...nggak ada maksud mau pamer kaki fotonya ya :D.
Jadi Selasa pagi kemarin, aktifitas kami damai seperti biasa... Papih masak air untuk mandi bareng Raffi, sedangkan saya megang Raffi sambil nemeni makan roti. Tiba-tiba...BRAKKKKKK...panci gede berisi air panas jatuh dari pegangan papih dan dia langsung teriak kesakitan. Sepanci air panas itu tumpah kelantai semua kena ke kakinya, dan kebetulan ada 2 kucing yang tadi menghalangi papih jalan kena air panas itu juga.

Huaaaa.. saya kaget banget! Buru-buru saya ambil sprei katun jepang yang ada dikasur agar air panasnya meresap dan tidak kemana-mana. Suami saya itu jarang banget ngeluh sakit, jadi kalau dia bilang sakit bahkan sampe keluar air mata berarti itu emang sakit banget. Melihat papihnya yang teriak-teriak kesakitan Raffi ketakutan dan ikut nangis.

Duh, disaat itu saya bingung banget.. Mau nolong papih, tapi Raffi nangis.. sedangkan kami cuma bertiga disini.. :”(. Kalau lagi seperti ini sedih rasanya jauh dari keluarga. Akhirnya, Raffi saya gendong baru mendekati papih... Untungnya, dia langsung naik keatas kitchen set biar tidak kena air panas lagi... :”(.

Karena kejadiannya lagi didapur dan ada wastafel, papih langsung alirin kakinya pakai air keran. Sedangkan saya, beresin lantai yang basah dan masukkan kucing yang kesakitan kena air panas  kedalam kandang biar gampang ngobatinnya. 

 
 Kaki papih jadi menghitam dan ada beberapa bagian yang mulai melepuh

Papih yang kena air panas itu bagian kakinya... Setelah dialiri air keran, langsung dikasih sudocream. Karena kami cuma punya itu dirumah yang bisa untuk luka bakar.. Saat saya oleskan sudocream , bagian kakinya terasa panas. Sambil tanya-tanya sama teman yang punya pengalaman sama, mereka banyak yang menyarankan pakai bioplacenton saja. Tadinya mau langsung beli ke apotik, tapi saya tidak bisa nyetir kalau sambil gendong Raffi seperti gini...

Saya langsung minta ijin sakit kekantor suami, agar dia diperbolehkan istirahat dirumah. Lalu saya bantu papih untuk duduk disofa (ini saya sambil gendong Raffi lohhh :v... Hebat nggak? Sakit punggung semalem tiba-tiba langsung hilang gegara ini). Selama itu pula, Raffi terus nangis sesegukan dan tidak mau dipegang papih sama sekali karena takut. Dan papih tetap meringis kesakitan plus badannya jadi dingin.. Duh.... :”(

Ya sudah, akhirnya saya masak air buat mandiin Raffi dan sarapan seperti biasa. Papih masih meringis sampai sejaman lebih kayaknya nahan sakitnya.. Sambil kasih obat buat kucing yang kena air panas pakai bioplacenton juga. Sekitar jam 10 pagi, tiba-tiba rombongan teman-teman kantor papih pada datang jengukin semua... Dan mereka beliin bioplacenton sama obat penahan nyeri buat papih *malah dibawain camilan dan makan siang juga loh :v ... Alhamdulillah... 
 
Perut kucingku yang kena air panas memerah, 
satunya sembunyi terus gak mau keluar jadi susah difoto
:"(

Digigitin kucing demi ngoles obat dibagian lukanya

Hari ke-3, kaki papih jadi menghitam dan beberapa bagian ada yang menggembung isi air. Untuk jalan sudah agak enakan, gendong Raffi juga bisa...Cuma kalau jalan masih sakit... Untung juga, saya punya alat bantu jalan kalau sewaktu-waktu nyeri punggung susah jalan... Jadinya bisa kepake banget buat papih... Kondisi kucing juga enakan, tapi banyak diemnya :"( Tidur terus nahan sakit :"(.

Karena pengalaman ini, saya jadi mau sharing.. Apa sajakah yang harus kita lakukan jika terkena air panas?
  • Jangan panik. Saya itu panikan, galauan, mikiran...jadi pas papih gitu saya berusaha untuk tenang walau bingung seh mau ngapain dulu... Papih kesakitan dan Raffi nangis ketakutan ngeliat papihnya gitu. 
  • Langsung aliri air keran dibagian yang terkena air panas kurang lebih 10 menit\
  • Kalau bagian kulit menjadi kemerahan tanpa melepuh, tidak perlu ditutup. Kalau melepuh dan pecah, beri krim antibiotik lalu tutup dengan kasa steril (jangan pakai kapas ya ) 
  • Untuk krim olesannya... Teman-teman ada yang cerita kalau pakai minyak goreng +garam, minyak bulus dan minyak tawon untuk mengobatinya. Apalagi kalau orang dulu biasanya pakai pasta gigi, mentega, minyak dll. Ada juga yang pakai tepung dingin untuk ngobatinnya. Karena takut malah jadi infeksi, saya pakai sudocream dan bioplacenton (harganya cuma 16ribu :D)
  • Banyakin minum air putih
  • Kalau tidak kuat sama nyerinya, boleh minum obat penghilang nyeri semacam mefinal atau paracetamol.
Kalau demam terus atau rasa sakit tidak hilang lebih dari 2 hari, segera bawa kedokter. Oh iya, biasanya nanti akan menggembung ada airnya... Diemin saja sampai meletus sendiri jangan dikorek-korek biar cepet sembuh ^^. 

Semoga papih dan kucingku cepet sembuh semua.. Dan papih bisa nemeni Raffi main sepeda lagi dilapangan ^^... Doain yak!

19 comments:

  1. Mak, aku juga pernah ngalamin Akmal (waktu itu umur 1.5 tahun) kena setrika panas. penanganan pertama aku kasih bio plasenton juga. Trus karena depan rumah ada dokter, aku tanya2 ke beliau. katanya sekarang bioplasenton udah gak dipakai lagi karena dia bikin kering diluar tapi dalamnya masih basah. aku dikasih obat oles apa gitu, dia bikin kering dalamnya juga. harganya emang mahal mak, 50rban,, tapi ya itu langsung cepet kering lukanya. btw kulit akmal jadi melepuh waktu itu dan ada air di dalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya Burnazin, semoga cepet sembuh yaaa

      Delete
  2. smg papih cepat sembuh...jadiinget persediaan bioplacenton di rumah habis, untuk kena panas2 termasuk kena minyak saat masak sy sll pake bioplacenton

    ReplyDelete
  3. Ya ampuunn.... :(

    Dua minggu lalu mba irma jg sempat kena air panas cha. 3 jari masuk ke panci air panas...untung kompornya udh dimatiin. Asliii mewekk kaya anak kecil... panassss perihh. Duh kebayang itu papihnya raffi. Smg cpt pulih ya cha...

    ReplyDelete
  4. amiiiin semoga papinya raffi cepet sembuh ya mba :)

    ReplyDelete
  5. gak berani lihat fotonya, ngeri

    ReplyDelete
  6. Waaduuuh aku liatnya gak tega.. pasti nyeri bangeet. Itu pancinya bocor ya maksudnya??
    semoga cepat sembuh yaa buat papi raffi.
    Iya betul. Kalo luka bakar seperti ini bisa pakai bioplacenton.

    ReplyDelete
  7. Cepet sembuh yaaa...biar bisa halan-halan lagi

    ReplyDelete
  8. Sekedar berbagi informasi. kalau kena air panas justru jangan langsung disiram pakai air dingin. Langkah yang tepat adalah memasukkan bagian yang tersiram air panas ke dalam tepung. Bebas mau teoung beras atau tepung terigu atau tepung tapioka selama beberapa menit. setekah itu nggak apa-apa disiram air dingin. Dalam waktu 1 hari juga sudah sembuh. Itu pengalamanku saat tersiram air panas.

    ReplyDelete
  9. kedua tanganku kesiram minyak panas mba segelas besar, rasanya itu sakiiiiiiiiit banget panas tangan serasa dibakar sampai tulang...dan sampai sekarang membekas putih belum hilang semuanya, sudah hampir 2th...tangan kanan lagi...didkat jari2 lagi...duuuhhh...blang blang blang blang :(

    dulu langsung dimasukin ke air es pas hbs kesiram...dari jam5 sore nyampe jam10 malem kebayang dong bekunya hahha...bsoknya baru ke dokter...melepuh dikit dibagian yg parah, bolos kerja seminggu, gbs bwt megang apa2 kaku perih dan bengkak *nangis kejerrrr*

    ReplyDelete
  10. Dulu waktu sd aku juga pernah ketumoahan air panas, ampe nggak sekolah, kl nggak salah dl dkshmentega,trus pas udah nikah pernah juga kecioratan minyak pns mertua suruh pakai. Franch oil obat tradisional, perihnya cpt hilang dan nggak berbekas.btw moga suaminya cpt sembuh yaa

    ReplyDelete
  11. Duuuuh kasian bangeeet. Sekarang sudah baikan semua kan? Aku juga selalu sedia bioplacenton di kotak obat karena dipakenya adem buat ngurangi sakit meskipun sakitnya baru hilang bertahap.You'll never know.

    ReplyDelete
  12. aduh aduh cepat sembuh ya buat papih rafii n pus2nya.
    bioplacenton selalu stenbay di rumahku. bukan cuma u jaga2 boyz suka maen api, tp u emaknya jg. aku kalo lg riweuh masak suka kena minyak panas melulu.
    pake panci u masak air panas memang berisiko tumpah. coba ganti sama ceret air aja mbak. dulu mamiku jg pakai panci. berhubung takut kesandung dan tumpah, aku ganti sama ceret skr. lebih aman.

    ReplyDelete
  13. Ampe melepuh gitu ya mak..semoga papi rapih cepet pulih ya. Jadi keingetan aku yg dulu pernah ngalamin...langsung diolesin minyak dngin dan madu ..alhamdulillah sembuh..

    ReplyDelete
  14. semoga papih cepet sembuh ya Chaaa.. Paling bahaya memang air panas, harus ekstra hati2.. Aku di rumah sedia lotion dingin calendula ama bioplasenton plus super acid water untuk jaga2 luka dan kayak begini..

    ReplyDelete
  15. cepat sembuh ya papih raffi dan ucingnya raffi..ngiluu...

    ReplyDelete
  16. mudah-mudahan Papih udah sembuh ya

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^