Mengenal Dua Ratu Blogwalking


Blogger dan blogwalking memang tidak bisa lepas...mau tidak mau untuk menjalin pertemanan didunia maya, kita harus blogwalking dan membaca postingan teman blog lainnya.

Saat ini banyak sekali yang punya blog. Banyak sekali yang blogwalking dengan harapan selain mendapat teman, juga mendapatkan traffik dan link. Makanya tidak heran kalau sekarang seleblog juga makin banyak. Walau kenyataannya, banyak sekali seleblog yang jarang blogwalking. Saya sih bukan seleblog walau ngeblog dari 2008, tapi saya memang jarang blogwalking...:v maaf ya...Bukan karena apa2, cuma waktu untuk pegang handphone atau kompi itu ada dimalam hari...Dan seringnya malem malah tidur karena kecapekan jaga bayi... --" 

Setelah survei kecil-kecilan, ternyata memang banyak wanita yang lebih sering untuk blogwalking dari pada laki-laki. Dulu pernah ada teman blogger bilang kalau memang lebih banyak wanita yang blogwalking karena mereka waktunya lebih banyak dan tidak ngapa-ngapain. Kalau inget kata-kata itu rasanya ingin nyekik itu orang hehehe... Padahal itu salah, semuanya tergantung dari niat dan kesempatan untuk blogwalking padahal kan?

Banyak manfaat blogwalking itu. Yang pertama, mendapatkan teman didunia maya yang kadang kita tidak pernah bertemu. Yang kedua, menaikkan traffik. Paling tidak dengan banyaknya blogwalking, kemungkinan besar untuk di blogwalking balik itu besar walau waktunya kadang sedikit lama. Yang ketiga, mendapatkan banyak informasi, cerita, ilmu dan lain sebagainya dari blog teman. Betul tidak? Banggalah berada di big circle pertemanan, karena kita tidak hidup sendiri dismall circle ^^. 

Etapi ada loh saya lihat beberapa teman blogger yang kalau tidak diblogwalking balik itu marah-marah disosmed (hampir mirip follow-followan ditwitter gitu, kalo tidak di folbek ngambek *idihhh). Maka dari itu, saya buat postingan ini... Agar kita lebih terbuka dengan blogwalking ini. Disini, saya memberikan tips langsung dari pakarnya.

Dan dari hasil semedi eh survei keteman-teman,  saya mendapatkan dua nama teratas untuk blogger yang sering blogwalking se-Indonesia. Serius, coba deh lihat dua nama ratu blogwalking ini. Pasti ada mampir kan diblog teman-teman blogger semua?

Walau dari tahun ketahun, banyak seleblog yang sudah jarang blogwalking. Tapi kedua wanita ini masih terus konsisten blogwalking setiap harinya. Mau tau siapa saja? Ini dia dua ratu blogwalking yang sering kita lihat didunia persahabatblogan... 

1. Lidya Fitrian

 

Pemilik www.lidyafitrian.com dan www.fitrian.net ini sudah ngeblog dari tahun 2008. Walau postingannya banyak iklan, tapi dia postingan blognya soft selling banget. Malah kadang kita tidak sadar kalau itu ternyata postingan iklan. Cerita blognya seputar kegiatan anak dan keseharian menjadi ibu. 

Ini adalah nama pertama yang keluar saat saya mengadakan survei kecil-kecilan tentang teman-teman blogger yang rajin blogwalking. Dan walau disela-sela kesibukannya sebagai ibu, mbak Lidya ini tetap konsisten blogwalking selama ini.

Tips bw ala Lidya :
1. Sebisa mungkin memasukkan semua blogroll diblog.
Mbak Lidya memiliki satu blog khusus untuk memasukkan blog teman-teman blogger. Makanya dia selalu update untuk membaca dan posting.

2. Lakukan blogwalking saat waktu senggang
Dia selalu melakukan bw pada saat anak-anak sekolah atau pada malam hari saat semua sudah tidur

3. Gunakan komputer untuk blogwalking
Selain lebih mudah kalau pake komputer, mb lidya bisa membuka banyak blog ditab browsernya. Sekali bw dia biasa membuka 10 tab bahkan lebih sekaligus.

4. Baca postingan dan komentar dengan sopan
Apalagi kalau postingan blog yang bernada sponsor atau mengikuti lomba, tidak ada salah ya berbuat baik dengan meninggalkan komen yang baik. Kalau ada link yang ditautkan mb Lidya juga tidak segan-segan klik linknya. Hitung-hitung bantu teman ^^.

5. Tidak perlu bete saat tidak diblogwalking balik.
Kembali ketujuan blogwalking itu apa...mb Lidya sama sekali tidak pernah sebel kalau tidak diblogwalking balik. Kan tujuan BW itu memperbanyak teman. Kenapa harus marah kalau tidak di BW balik?


2. Myra Anastasia



Mbak satu ini punya blog www.jalanjalankenai.com dan www.kekenaima.com. Isinya tentang kegiatan sehari-hari sebagai ibu, parenting, cerita jalan-jalan sekeluarga dll.

Tips ala Myra :
1.Lakukan BW saat ada waktu
Biasanya dilakukan saat anak sekolah (pagi) dan setelah anak tidur. Tapi kalau lagi banyak setor postingan, mb Myra tidak blogwalking. Baru setelah selesai, dia akan kembali bw ke blog teman-teman. Dia juga menghindari tidur terlalu malam saat blogwalking demi alasan kesehatan.

2. Balas setiap komen yang ada
Mb Myra selalu membalas komen dipostingan blognya. Anggap saja seperti interaksi bersama teman seperti biasanya. Tapi, dia tidak memperhatikan komen diblog lain dibalas atau tidak. Karena menurutnya, itu suka-suka yang punya blog dan kita tidak boleh menjudge. Dibawa santai saja.

3. Buat blogroll yang isinya cuma blog list blogger
Dulu blogroll dia satukan diblog, tapi karena kalau terlalu banyak link keluar tidak bagus akhirnya dia buat blog khusus untuk ini. Makanya dia selalu update setiap ada postingan.

4. Cuek saja kalau tidak diblogwalking balik
Mbak Myra tidak pernah mempermasalahkan teman blogger yang sudah dia kunjungi harus  blogwalking balik blognya. Karena banyak alasan kenapa teman blogger tidak BW balik ^^.

5. Jangan mengacak-ngacak tulisan teman blog
Misalnya kalau kita tidak setuju dengan tulisannya, jangan pernah memberi komentar yang kurang baik. Jadi kalau misalnya blogwalking dan ingin komen ya komen saja. Kalau tidak pengen komen atau tidak setuju ya tidak perlu komen. Gampang kan? Jangan juga meninggalkan komen dengan memberi link hidup dikomentar. Ini sering kejadian kalau ada blogger yang mengikuti lomba dan menaruh link hidup dikomentar. Karena itu tidak perlu. Cukup masukkan url postingan dikolom webnya saja saat memberi komentar.

Kalau boleh saya simpulkan, berarti ada beberapa persamaan tips dari kedua ratu blogwalking ini :

Yang pertama, tinggalkan komentar yang baik dalam postingan teman blogger. Setuju ya kalau ini ^^.
Yang kedua, buat blog khusus untuk memasukkan link semua teman-teman blogger. Agar selalu update pada postingan baru mereka.
Yang ketiga, blogwalking itu dibawa santai saja. Tidak perlu marah atau sedih saat blog kita tidak diblogwalking balik. Jadi, kita tidak perlu marah-marah, "kok si A belum BW balik blogku sih?". Apalagi sampai dibawa keranah sosmed keluhannya... Halo, eyaampyunnn ini sudah 2015 gitu... Bukan jamannya bete-bete cuma karena tidak diBW balik.

Baca apa yang mau kamu baca, komen yang memang kamu mau komen ^^. Simpel ^^. Kalau masih punya pikiran seperti itu berarti kamu memang butuh piknik.. piknik dulu gih! #pfftttt.
Yang keempat, tips dari saya sendiri sebenarnya yaitu jangan lupa untuk membantu teman. Jadi, saat kita blogwalking sebisa mungkin membaca beberapa postingan lainnya (rapelan kalau bahas jawanya). Itu akan menaikkan bounce rate dari blog yang kita datangi ^^. Kalau semisal teman blogger kita mengikuti lomba atau review yang menyertakan link bisa kita bantu dengan klik-klik juga..

Banyak kan manfaat blogwalking itu ^^. Big circle rocks! Jadi blogger tidak lengkap kalau tidak bloogwalking! Semoga setelah baca postingan ini, saya dan kalian lebih rajin untuk blogwalking ^^.Yuk dipraktekkan! 

Cara membuat blogroll :  http://www.echaimutenan.com/2015/08/cara-mudah-membuat-blogroll.html

81 comments:

  1. Mak Lidya emang pengunjung setia blogku..

    ReplyDelete
  2. Sampai saat ini masih terus nyempetin buat rajin BW. Ternyata banyak banget ya mbak manfaat BW, salah satunya naikin trafik. Makasih buat tulisannya mbak ^___^

    ReplyDelete

  3. Yang ketiga,

    blogwalking itu dibawa santai saja. Tidak perlu marah, sedih, apalagi sampai bunuh diri *eh saat blog kita tidak diblogwalking balik. Jadi, kita tidak perlu marah-marah kok si A belum BW balik blogku sih? Apalagi sampai dibawa keranah sosmed keluhannya

    ini tips paling jitu ya Cha cah ayu imutenan... aku tuh sering senyum senyum sendiri kalo BW ke sini, inget pertama kali diajarin tweet pic!

    ReplyDelete
  4. makasih mak cha.. iya setuju.. blogwalking harus ikhlas.. ga mesti harus ngunjungin atau komen balik.. insya alloh pasti ada aja kok yg komentar ditiap postingan.. malah lbh random lbh asyik..

    ReplyDelete
  5. dua teman ini juga mampir di blogku
    walau aku juga punya blogroll spt mereka berdua, aku cuma sanggup ninggalin komen di paling banyak 5 blog sehari
    (btw krn posting lewat hp url yg muncul di blogspot ya url blogroll bukan url blog utama ...., tapiiii aku rela kok he..he... demi teman2 yg ngepost di blogspot

    ReplyDelete
  6. Blog walking menjadi semacam vitamin buat blogger, yg utama jelas memperluas silaturrahiim. Lalu, refresh pikiran pas cuntel. Bahkan hati yg gundah bisa terobati dg blog walking.

    ReplyDelete
  7. Mak, Thx banget untuk ulasannya, ya. Nambahin sedikit, pokoknya kalau saya itu mikirnya sama aja kayak kita bersilaturahim di dunia nyata. Ketika saya mengunjungi rumah seseorang tentu saya harus menghargai apa yang ada di rumah itu. Kalau saya gak suka sambutan atau isi rumahnya, gak usahlah ngatur-ngatur. Itu hak yang punya rumah. Gak perlu berharap juga orang yang kita kunjungi rumahnya harus berkunjung balik. Kasihan nanti kita malah ngebebanin orang lain hehehe

    ReplyDelete
  8. Like this post mak..
    Biasanya aku BW krn emang tertarik sama isi artikelnya, dan ga ngarep BW balik hihih

    ReplyDelete
  9. hihihi aku masih males bw jangankan bw nulis di blognya aja masih belum rajin. Masih bingung sama dunia per-blog-an hehe. Kalau baca ulasannya mba cha blogroll itu kuncinya berarti ya *mulai bikin blogroll*...Thanks mba ulasannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuncinya sebenarnya diblogwalkingnya bukan blogrollnya

      Delete
  10. Pengen bisa bw sana sini, tapi saya kan perempuan *loh *eh

    Banyak kerjaan maksudnyaaa wekekeek klo udah BW suka lupa waktu

    ReplyDelete
  11. sepakaatt banget aku mak... ratu blogwalking cucok banget untuk beliau berduaaaa

    ReplyDelete
  12. Duh maaf kalo ada yg belum aku kunjungi

    ReplyDelete
  13. Bewe ke blog ku dooong. #eh hahaha... Duh, aku mau rajin bewe ah, mau ngalahin ratu bewe no satu itu. Xixixi *dilempar pompa sama mba lidya*

    ReplyDelete
  14. dua-duanya rajin komen di blog aku juga hahaa..
    klo dari mba myra sering dapat ide tempat jalan-jalan yang asik

    ReplyDelete
  15. Salut sama dua emak ini :)
    Izin share ini ke sebuah grup ya Mak :)

    ReplyDelete
  16. Btw, makasih postingan inspiratif dan kreatifnya, Mak Echa. Keren. Saya suka, saya suka :)

    ReplyDelete
  17. Salam kenal mak...sy msh blogger amatiran yg lagi rajin ngumpulin tips2 blogging...makasih ya tipsnya...semoga berpahala..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh Mbak, blogger amatiran tapi penulis top Mbak :O xD

      Delete
  18. Aku yang kenal suma mbak Myra saja :D dan betuuuuul mbak Myra rajin banget BW-nya.
    Btw, mba Echa juga termasuk rajin nih menurutku. Sering kalo aku BW ke blog sesiapa gitu, sering lihat ada komne mka Echa, hehee
    Nice post mbak

    ReplyDelete
  19. tips nya berguna banget.. so far beberapa point sudah aku jalanin.. BW saat senggang dan tidak mengharap kunjungan balasan. Kalu dkunjungi balik itu bonus

    ReplyDelete
  20. Inspiratif mak echa. Mmg berbuat baik ga harus itung-itungan ya. Kl blog kita menarik dan bermanfaat, nanti juga bakal byk yg blogwalking k blog kita :)

    ReplyDelete
  21. Kadang kalau jenuh. Blogwalking itu bisa menjadi penyegar suasana

    ReplyDelete
  22. Yg baca ini keknya bakalan terinspirasi segera bw ...silahkan mampir ke blogku xixixixi ...kaburrrr

    ReplyDelete
  23. Ada perasaan seneng aja kalau ada yang BW balik Mak. Selebihnya sih untuk nambah wawasan dan teman.
    Makasih sharingnya Mak.

    ReplyDelete
  24. Sekalian praktekin ilmunya dulu :D makasih untuk info yg sangat berguna ini. Lumayan juga dapat tips bw gratis dari 2 ratu BW hehehe

    ReplyDelete
  25. Bw itu kadang bisa memercikkan inspirasi unt ngeblog
    *di kata mercon
    Dan bener, kalo ud bw biasanya kecanduan, pengen baca lagi lagi Dan lagi
    Hihihi
    Eh tapi saya kan perempuan?! *teruuusss?
    Hahahaha

    Ahahaha. Nice sharing mak :)

    ReplyDelete
  26. Emang ya dua emak ini tuh rajin BW, rajin Posting. Pokoknya patut dijadikan panutan dalam BW ;)

    ReplyDelete
  27. aaaak mau juga dong di blogwaling :p
    nah itu dia meluangkan waktu diwaktu yg senggang utk blogwalking kadang sulit, tapi aku coba deh

    ReplyDelete
  28. Betul bgt bwt penghargaan ini. Mereka berdua ikhlas bgt klo bw. Perlu dicontoh tipsnya :) Makasih ya, Mak.

    ReplyDelete
  29. kalau saya sih kepo jadi sukanya blog walking hahahaha menanbah silaturahmi ya mak ;)

    ReplyDelete
  30. Di top komentator saya dari jaman dulu hingga sekarang yang nangkring paling atas juga Mbak Lidya :)

    ReplyDelete
  31. baru tau kalo ada gelar ratu BW hehehehe. memang 2 orang itu sering banget wara wiri di blog.... salut deh...

    ReplyDelete
  32. Suka ama postingan dua ratu blogwalking ini...aplagi kalau berdua meninggalkan komrn di blog yg di bw ini.... semangaaaat

    ReplyDelete
  33. Jempol deh tips rangkuman pengalaman dr ratu blogwalking...

    ReplyDelete
  34. jempolan banget buat duo ratu BW inih...yeps kalau nggak dikunjung balik ya jangan sensi...hahahaha......

    ReplyDelete
  35. Aku gak telaten kalo hrs bw, hehe.

    ReplyDelete
  36. Mba Lidya memang paling sering BW k blogku. Dan klo aku bw d blog lain sering lihat ada mba Lidya juga

    ReplyDelete
  37. Setujuuuuu chaaaaa... 2 ratu ini memang hebaaat hehehehe... Dan I can't agree more.. Big circle rocks! Jadi bewe itu buat kita semangaaaaat juga utk update blog teruuus

    ReplyDelete
  38. waktu BW kadang buka beberapa tab juga...sampai bingung mau komen sana sini, dan biasanya blog awal2 dikunjungi yg di komen...hehe
    selebihnya, jadi penyimak setia =D

    ReplyDelete
  39. Blog khususnya yang isi blogroll pengen liat dong mbk. Pasti seabreg listnya. :D

    ReplyDelete
  40. Dua ratu ini juga pengunjung setia blogku. Pengen juga lebih rajin bewe seperti mereka berdua. Kadang klo lagi rajin sehaei bisa 20an blog klo lagi repot bgt ma kerjaan plg 1 tok hiks....
    Harus konsisten ya

    ReplyDelete
  41. emg ada ya yg marah2 di sosmed kalo ga di BW Balik? ahahahahaha.... aku malah bkl ngetawain org itu kalo smpe tau... mnding dia jg jgn BW k blog kita lg deh :D... ga ikhlas gitu soalnya ;p

    ReplyDelete
  42. Aku balas komen yg belum bisa. Buat bw aja udah habis byk waktu, diphpin sama i***h***, sinyalnya lelet luar binasa. Lidya & Myra adalah 2 blogger yg rutin aku bw-in. Yg lainnya tergantung judul sih. Kalau nggak sreg ya nggak aku bw balik :))

    ReplyDelete
  43. Aku mulai niru langkah duo ratu BW ini juga, udah punya blog khusus cuma baru sedikit blog yg aku list. Kadang BW nya aku rapel kalo pas nggak sempat krn tengah repot dg satu kegiatan dlm sehari itu.

    Makasih jg mba Echa, udah bikin ini, banyak manfaatnya nih buat "berkaca" : D

    ReplyDelete
  44. Benerrr mba LIdya sama mba Myra emnag duo ratu BW sejati. Aku ngga usah bikin bloglist lah, intip punya mereka berdua aja hehehe

    ReplyDelete
  45. setuju nih

    bermanfaat buat nambah temen. bisa sharing info juga dengan BW dan siapa tahu aja bisa dapet tips dan bimbingan agar bisa lebih baik ke depannya.

    dari dua itu, kayaknya mbak myra yang pernah datang ke blog ku

    yang penting berkomentar yang baik ya.. terus jangan langsung marah kalau gk di bw balik

    ReplyDelete
  46. Jadi malu ati, dari kemaren kapan mau bikin blogroll gak jadi-jadi. Dan belum googling juga cara bikin blogroll -___- Selama ini kalo BW paling cuma dg sekrol postingan2 yg dishare di komunitas blogging aja. Padahal kayaknya lebih enak kl punya blogroll ya. :v

    ReplyDelete
  47. Mak Myra sering, kalau Mak Lidya.. uhmm.. sek..sek.. aku tak coba mampir ke blognya dulu .. hihi :D

    ReplyDelete
  48. Buat blog khusus untuk blogroll. Nah, ini yang oke banget tipsnya.. Makasih mak dah share :)

    ReplyDelete
  49. betul sekali 2 mak ini selalu rutin berkunjung ke blogku jd pantes saja jika disebut ratu blogwalking :)

    ReplyDelete
  50. untung aja blog para duo ratu dan beberapa bloggr lainnya cukup familiar...contohnya tulis aja echa imutenan langsung, jleger...muncul blog kerennya :) so simpel, kan :)
    I love you all gaes.... hepi living i big circle blogger friendship #Lahopothoiki ...hihihi

    ReplyDelete
  51. siip setuju sama duo ratu blog walking di atas :)

    ReplyDelete
  52. Tips blogwalkingnya perlu aku contoh nih, aku belum konsisten balesin komen bw hihihi....perlu waktu kosong ya buat bw biar asyik dan bisa nyerep ilmu dari blog teman

    ReplyDelete
  53. Mba Lidya dari zaman kenal dan kopdaran rajin banget komennya. Kadang dirapel juga. Salut sama konsistensinya.

    ReplyDelete
  54. ini dua blogger yang dari 3 tahun yang lalu eksis di kolom komentarku hehehe

    ReplyDelete
  55. hah clingak clinguk, eke merasa kesindir nih.. jarang banget blogwalking, huahahaaha. tiap selesai ngpost blog habis itu ngilang selama berminggu". padahal salah satu tujuan ngeblog eke ngarep banyak dapet teman juga T^T.

    thanks postingannya mba tiba tiba eke tersadarkan untuk blogwalking :D
    salam kenal yaa..

    ReplyDelete
  56. makasih tipsnya mba Lidya dn mba Myra

    ReplyDelete
  57. Mau ah jadi ratu bewe kawe hihihii... tapi emg top markotop nih 2 emak ini. Ada yg salah sepertinya klo di postinganku ga ada komen mereka hehehehee...

    ReplyDelete
  58. iya.. mak lidya sering banget main ke blog saya :)
    oh ya.. gimana caranya bikin blogroll khusus blog list yang bisa kasih tau kalo ada update baru?

    saya pake feedly.. tapi ya berarti harus login dulu ke situ.. gak bisa langsung liat di blog...

    ReplyDelete
  59. haha ada ratu blogwalking, topik menarik....maaf saya ingin menambahkan saja..menurut saya.bila tidak setuju sebetulnya ok-ok saja merespon, saya senang bila ada banyak berbagai opini di tulisan..menunjukkan tingkat kedewasaan penulis dan sifat demokratis. cuma caranya sebaiknya yang elegan dan santun...salam kenal.

    ReplyDelete
  60. keren cha tipsnya ratu bw inihh, aku selalu berusaha BW terutama teman2 yang udah komen di blogku baru yang lainnya, diusahain sih rutin tiap hari, soalnya kalau ngga, bakal numpuk yang kudu di BW hihihi

    ReplyDelete
  61. Mak lidya emang top. Biasanya baru aja posting, dia udah komen :v Kalo chi sukanya komen rapelan (di blogku loh, gak tau kl di blog orang). Aku jg sukanya bw n komen rapelan. Kl pas sempet bw, ngerapel aja baca n komen bbrp postingan terakhir. Pokoknya salut deh sm semangat duo ratu bw itu :)

    ReplyDelete
  62. Aaaah betul! Mereka berdua memang Ratu BlogWalking. Pengeeeen deh kayak mereka. Hiks...

    ReplyDelete
  63. Mbak Lidya tuh, rajiiin banget ke blog aku. Dan kalau aku belum sempat bw balik, dianya nggak marah :)

    ReplyDelete
  64. Aku sudah lama gak blogging dan lama juga gak blogwalking.
    Berharap banget bisa segera aktif ngeblog spt dulu.

    ReplyDelete
  65. Salut,,salut salut salutt,, iya betull pake bangettt, beliau2 sering banget mampir dan komen,, semoga dapat pahala buanyakkk :*

    ReplyDelete
  66. Dulu blog lebih ku anggap sbg diary flexibel yg ga perlu ku bawa2 tp bs ku buka kpn dan dmn aja. Mulai ngeblog dari 2008 jg tp nol banget soal istilah2 perbloggingan. BW sebenernya sering. Tp ga ngerti kaitannya sm traffik dan dmn liat traffiknya jg ga ngerti. Design blog jg pake jasa designer...
    Jadi... aku setia nunggu pelajaran2 ttg blog dr kamyu mamih raffi...hehehe.. mgkn hal sepele buat blogger lain. Tp bagi saya pelajaran2 ngeblog utk nubi itu penting bgt.. malu nanya2.. malu ngerecokin org hehe *panjangBgtKomen

    ReplyDelete
  67. betul mak gak perlu marah klo gak di bw balik / di follow balik...kan tujuan be klo sy sih utk tmbh ilmu tmbh wawasan..klo ada yg ksih kunjgan balik ya seneng jg pastinya...hehe

    ReplyDelete
  68. dulu aku rajin juga mbak e, sayangnya skrg banyak kendala jadi mohon maaf buat teman blogger semuanya, merasa bersalah karna sudah lama gak mengunjungi. Hiks :( mudah2an nanti bisa rajin BW lagi. Di kampung susah sinyal euy :(

    ReplyDelete
  69. Tipsnya keren Mbak.. Makasih ya... Siap2 praktekin. :D

    ReplyDelete
  70. setuju dengan duo ratu bw.. :)

    hiks, tapi aku belum bisa update blog dan bw. Waktu online sangat terbatas dan beberapa alasan lainnya. Tapi baca tulisan ini nambah ilmu banget. lakukan karena kita suka dan jangan harapkan imbalan. Oke, catet. :)

    ReplyDelete
  71. keren tips nya...karena barangsiapa bewe maka akan dibewein ya mak..

    ReplyDelete
  72. Mantap tipsnya Mak. Intinya kalo bewe yg penting ikhlas ya. Kayak sedekah dan kebaikan lainnya, pasti dibalas cepat ato lambat.

    ReplyDelete
  73. Setuju Cha. Kalau beda pendapat mah wajar.Tapi yang ga wajar itu kalau ngajak berantem di komen yang punya blog. BW itu kayak silaturahmi, masa ngajak berantem. Ya,kan? Yuk bw lagi. :)

    ReplyDelete
  74. saya seneng BW, insha alloh yg komen di blog di datangin balik, itu semacam sopan santun sja bagi saya sendiri, tapi kalo sya bw, kadang niatannya cari info kebetulan judul blognya lagi menarik, gitu mbak echa...dan nggak penting di datengin balik ato tidak...

    ReplyDelete
  75. setujuuu pisan.. bw tuh anggep aja namu ya mak, jelas harus sopan dan kalo ga ditamuin lagi juga ya gak usah maraah.. mantap mak echaa postnya

    ReplyDelete
  76. Cucok lah ini, kalo emang gak di BW-in balik yo gak usah balik ke blog itu #eh hahaha
    selow aja sih masalah BW ini kalo aq, krn setelah punya bayi, aq juga ngrasa susah mau konsisten BW spt dlu, untungnya teman2 masih baik, masih pd komen di blog ku

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^