Ultah Raffi ke-2 : DIY Minion Birthday Party

Memiliki Raffi itu suatu anugerah buat kami sekeluarga - Echa, survivor



Yuhuuu, akhirnya Raffi 2 tahun \m/. Saya memang berniat untuk merayakan ulang tahun Raffi setiap tahunnya seumur hidup saya. Maka perjuangan mencari modal dilakukan seperti tahun lalu, saya gencar ikutan berbagai lomba mulai bulan April. Tapi, namanya juga ikhtiar Tuhan yang ngatur. Satupun lomba sampai bulan Juni akhir tidak ada yang menang. Udah ketar-ketir ini, bisa-bisa ultah Raffi nggak jadi. Tapi tidak pantang menyerah dan terus nyoba, hingga awal Juli saya menang beberapa lomba (akhirnya) yang angkanya sangat cukup untuk merayakan ulang tahun. Dan rejeki Tuhan, banyak bayaran review yang cair setelah lebaran. Alhamdulillah... Yippiee...

Hal yang pertama saya pikir itu tema. Kalau tahun lalu, temanya bola atau soccer seperti yang pernah saya ceritakan di http://www.echaimutenan.com/2014/08/ulang-tahun-pertama-raffi.html. Ditahun ini, saya mengambil  temanya Minion. Karena Raffi lumayan suka sama minion.

Dan dimulailah cari-cari referensi suasana ultah Minion di pinterest. Idenya banyak banget disana. Walau banyak printable minion yang tidak gratis, tapi setelah gugling kemana-mana dapat beberapa yang free...

Dan inilah printilan DIY Minion Party untuk ulang tahun Raffi yang ke-2 : 

Dekorasi Minion Party

Karena kali ini tempatnya di wendys, jadi saya minta ijin untuk membuat tema ultah tematik sendiri. Untuk dekorasi sendiri ada 3 titik utama untuk perayaan ulang tahun yang jadi perhatian saya yaitu garland dipintu masuk, dessert table dan meja gudibek. Dan karena temanya minion, warnanya juga harus senada seperti warna kuning, putih dan biru. Untuk balonnya saya serahkan pada pihak wendys dengan bayar 100ribu (setelah acara). Jadi saya tidak mikirin balon.

3 titik utama 

Semua printilan ini saya kerjakan setiap malam (setelah Raffi tidur) sampai dini hari selama seminggu. Untuk gambar-gambar minion saya download dari internet semua dan tinggal diprint saja. Untuk kertasnya yang harus dipersiapkan : kertas cover putih (100lembar 30ribu), kertas putih biasa, kertas warna kuning, kertas warna biru, kertas krep kuning dan kertas krep biru.

Yang pertama garland untuk didepan sendiri. Saya membuat seperti standing banner DIY Minion pakai kardus bekas. Kardus digunting menyerupai minion lalu ditempelin kertas warna kuning dan biru.  Saya buat 3 dengan 2 ukuran, satu setinggi dada dan 2 lainnya sepinggang. Dan ternyata, saya kurang besar membuat minionnya :"). Harus dua kardus dijejer kayaknya :"). Yasudahlah.. xixixi....

DIY Minion standing banner

Bahan yang diperlukan untuk DIY Minion ini :  kardus, lem, gunting, lakban coklat, kertas warna kuning, kertas warna biru, print backgroud hitam, dan print mata mulut minion.

Garland depan Ekspektasi dan kenyataan
Minionnya kurang besar ternyata :")
But...not so bad laahhh

Yang kedua dekorasi backgroundnya. Tadinya, saya mau pakai kain kuning biru gitu dijejer untuk meja dan background. Tapi dipikir-pikir, nanti kainnya terbuang percuma kan sayang... Akhirnya saya pakai kertas krep warna biru dan kuning masing-masing 10 buah. Dipotong kecil-kecil ditempel pakai benang karung seperti tahun lalu. 

 
Desain yang saya buat

Balon saya serahkan ke wendys juga, dengan minta agar pakai balon warna putih, kuning dan biru. Cuma kenyataannya, pihak wendys-nya malah failed dengan ngasih balon warna putih dan pink :v. Sebel kan :v. Nyebelin banget :v.

Untuk tulisan background, saya buat desain khusus buntingnya. Tinggal diprint di kertas cover sebesar A4, gunting dan ditata dibenang kasur. Untuk gambar minionnya, saya juga print sebesar kertas A4. Tinggal gunting dan belakangnya dikasih double tape untuk nempel.
 
 
Ini saya tes dulu bagus tidak dirumah :v

Bahan yang diperlukan untuk dekorasi ini : kertas krep warna kuning, kertas krep warna biru, lem, gunting, benang kasur, print gambar minion sebesar A4 dan print bunting tulisan dikertas cover.

Yang ketiga dekorasi meja dessert table. Sama seperti dekorasi background, saya buat untuk nutupin meja depannya pakai kertas krep kuning dan biru senada back ground. Agar tetap ada foto Raffi,  saya print 4 fotonya mejeng mulai dari lahir, 6 bulan, setahun dan 2 tahun yang cuma dihias pinggirnya pakai kertas kokoru.

DIY Minion standing banner sebesar pinggang sebanyak 2 buah saya letakkan disamping-samping meja. Untuk ditengah-tengah, saya pakai anyaman ayunan untuk meletakkan kado. 

Yang dibutuhkan didekorasi ini : kardus bekas, kertas krep kuning dan biru, print foto anak, kertas kokoru kuning dan biru, kertas polos biru, kertas polos kuning, lem, gunting, double tape dan benang kasur.
Penampakan dekorasi back ground dan dessert table

 
Ini kalau dari agak jauhan *pake kamera hape aja :v

Yang keempat dekorasi meja gudibek. Tidak banyak yang saya buat, cuma bikin bunting dari kertas biru polos pakai benang kasur saja. Harapannya, setiap gudibeg tas atasnya diberi balon masing-masing. Dan karena itu termasuk paket ultah, makanya saya tenang. Hal ini juga disepakati oleh pihak wendysnya. Ternyata pas kenyataannya, balonnya telat keluar dan lama... Jadi cuma gudibek bagian depan saja yang dapat, sisanya menunggu (bahkan sampai akhir acara ada yang baru dapat balon :v).

Ini dekorasi keseluruhan ekspektasi dan kenyataan
Lumayanlah

Makanan

Karena saya merayakan diwendys, jadi makan besarnya aman. Harga setiap tempat fast food rata-rata sama kalau ulang tahun, minimal 50 anak dan tiap anak biasanya dikenakan 50ribu sudah termasuk topi ulang tahun dan balon. Menunya nasi, ayam dan susu milo. Untuk paket dewasa harganya 40-50rb, ayah dan ibu saya budgetin dapat makan semua.

Untuk makanan didessert table ada 5 yaitu kukis minion, brownies mini, cupcake, kue ulang tahun (yang harus beli khusus direkanan fast food yang bersertifikat halal :v, dalam hal ini domino cake), pizza dan pisang. Selain pizza, pisang dan kue ulang tahun, semua makanan saya buat sendiri.

Meja Dessert Table

Awalnya saya buat sketsanya printilannya apa saja yang dihidangkan dimeja. Jadi lebih mudah diwujudkan kan? Desainnya saya ambil dari internet dan modif seperlunya saja.

 
 Sketsa isi meja dessert table + dekorasi
 
 Desain

Saya cuma buat minion sebanyak hampir 10 buah sebesar separuh kertas A4 untuk buat meja agar penuh dengan minion dan print menu makanan ala minion sebanyak 5 buah yang diletakkan didepan setiap menu makanan. Saya juga print topper gambar minion yang saya pasang ditusuk gigi. Dan utnuk pisang saya buat mata, mulut dan baju minion yang nanti tinggal tempel dipisang. Tapi berhubung pisangnya terlalu masak, jadi item-itemnya terlalu banyak :v.

Minion ukuran setengah kertas A4 yang bisa berdiri
Belakangnya tinggal diberi dudukan agar bisa berdiri (pakai kertas)
Pisang minion yang banyak itemnya :v 
Terlalu masak booo :v

Ini isi meja dessert table
Bagian-bagian makanan didessert table

Yang dibutuhkan dibagian ini : print gambar minion banyak, print topper cupcake, print topper pizza, print masing-masing menu makanan, print mata mulut dan baju minion, lem, gunting, double tape dan tusuk gigi.

Goodie bag

Pertama kali yang saya pikirkan itu sebenarnya gudibek. Karena kali ini saya pengennya gudibek souvenir yang customize dan harus pesan jauh-jauh hari, jadi saya pakai gudibek tas dan celengan bergambar minion yang saya desain sendiri. Untuk snacknya, saya pesan ke garuda good di www.ultahku.com praktis soalnya sudah dipak-pakin. Untuk undangan dewasa yang belum memiliki anak, saya beli gantungan foto ala-ala pinterest. Biar bisa dipakai untuk majang foto-foto. Tadinya mau bikin cupcakes, kukis sama brownies dimasing-masing gudibek...tapi apa daya saya cuma sanggup buat makanan untuk didessert table doang.

 

Ini gudibeknya ^^
Lucu yaa*muji sendiri :v

Biaya

Untuk rincian biaya DIY diultah ini sebagai berikut :
Kertas cover 100lembar  : 30ribu
Kertas biru dan kuning sinar dunia : 20ribu
Kertas krep kuning dan biru 10 lembar : 25ribu
Kardus bekas : gratis ngambil dikerfur *ihik
Lem : sudah punya
Gunting : sudah punya
Benang kasur : sudah punya
Kertas HVS putih polos : 30ribu
Tinta printer canon warna dan item : 329ribu
Tusuk gigi : 2500
Double tape : sudah punya

Rincian biaya makanan :
Wendys @50ribu yang hadir beserta ortu ada 100orang
Pisang 2 kepok : 40ribu
Tempat cupcake : 16ribu
Kue tart : 450ribu
Bahan untuk cupcake,brownies mini dan kukis : 200ribu *lupa beli apa saja
Pizza domino : gratis pakai voucher MAP :P

Rincian untuk goodiebag :
Snack 7000 x 80 : 560ribu
Tas minion 6000 x 60 : 360ribu + ongkir 35ribu
Celengan 4000 x 60 : 200ribu + ongkir 25ribu
Gantungan foto 20ribu x 10 : 200ribu
Tas Plastik biru bunga-bunga : 20ribu
 
Rincian biaya lain :
Foto : 1juta
Tambahan wendys : 100ribu
Taksi : 50ribu


Dan Hari H Pun Tiba.....

17 Agustus 2015, saya sudah stand by jam 14.30 di wendys.. Dan ternyata baru jam 15.00 didekor sama pihak wendys. Padahal saya sudah ngasih semua dekorasi sehari sebelumnya. Capeee deee... Padahal diundangan saya nulis jam 15.30 dan dekor selesai jam 16.15.. Itupun dibantu saya dan teman-teman. Jadi, saat undangan datang kita masih ngedekor.. Haduh sebel banget sama pihak wendysnya lelettt..Sumpah ngaret :v saya jadi nggak enak sama yang datang kan?.

Jam 16.15 acarapun dimulai oleh mc. Namanya acara ultah ya standarlah ada games, tiup lilin, dll. Yang pasti gamesnya buat anak-anak biar itu pada ikutan. Setelah itu, acara ditutup dengan pembagian paket makanan dan gudibek.

Keriaan Ultah Raffi ke-2

Terima kasih bantuannyaaaaaa... I love youu muahh

Review saya merayakan diwendys itu : pihak wendys ngaret buat dekorasi, ada biaya untuk dekorasi balon :v,  hadiah dari wendysnya cuma tas saja, untuk souvenir anak tidak ada kalau mau kena cash lagi 15ribu per anak, failed ngasih warna balon dekorasi (padahal saya nambah biaya), balon untuk masing-masing anak tidak diberikan sekaligus alhasil banyak yang lama kebagian balon dan harusnya dibatasi sesuai tempat dan dari awal jumlah undangan disesuaikan dengan besar tempat yang disediakan (saya mengundang 60 anak, padahal kapasitas tempat sekitar 30 anak jadinya tempat crowded dan ac kurang terasa). Untuk jalannya acara standarlah... Dari rating 10 saya  beri nilai 6 untuk diwendys ngerayain ulang tahun.

Alhamdulillah walau dari 60 undangan untuk anak ada sekitar 45 anak yang hadir. Seneng? senenglah... Semedi bikin printilan ultah terbayar. Saya sangat berterima kasih pada orang tua yang nyempetin hadir mengantar anaknya datang keultah Raffi... Bukan kado yang saya cari, tapi kehadirannya itu yang buat saya senang :"). Terima kasih buat yang nyempetin datang..Sekali lagi terima kasih... Terima kasih yang sudah bantuin dari awal sampai akhir : mama pascal, mama naufal, mama arfan ai, mama cemunal-cemunil dan mama suly... Makasih ya... Buat kang Gajah Pesing Photography, makasih dah rela motoin ultah Raffi... Buat Noe dan mas nurman juga makasih buat dukungannya. Dan yang pasti buat papih yang selalu mendukung istrinya dalam suka duka.. Doain dapat rejeki lagi ya pih dari internet \m/ dan semoga rejeki papih makin lancar berkah. Aamiin.

Sekali lagi sekali lagi... terima kasih semuanya :"). Terima kasih...

Acarapun selesai... jujur saya bisa tidur enak malemnya...Soalnya saya dari hari minggu tidak tidur sama sekali loh :D...Sekali lagi, terima kasih yang sudah datang :").. Terima kasih...Semoga Allah membalas kebaikan kalian :"). Semoga Raffi selalu sehat dan pintar...Dan kita sekeluarga selalu bersama dilindungi Allah sampai kapanpun..Aamiin..


Yang ulang tahun... Happy Birthday Raffi! 

36 comments:

  1. Wahhh kitanya yda in time tp dr pihaknya Wendys malah ngarer itu mah sesuatuh :(
    Btw sukses ya ngedekor plus acaranya keceeee ih...selamat ulang tahun Raffi, barokallah :*

    ReplyDelete
  2. uwaaaa...salut bangettt sama kamu mak,kreatif dan apa aja dijabanin buat nyiapin ultah raffi...alhamdulillah ikut ngerayain ultah raffi yag pertama yang soccer,dan sekarang yang kedua minion..yaa meskipun ikut ngerayain lewat fb dan blog hihihi..jadi penasaran,tahun depan ada apa lagi yaaaa???hehehe
    itu mah kelewatan leletnya yang ngedekor... tapi kebayang bahagianya^^

    ReplyDelete
  3. serunyaaa.. sayang Noofa jauh si yaa.. jadi ga dapat undangan dehh.. hihihihi


    Mak, bisa keren gituu :D

    ReplyDelete
  4. Satu kata untukmu mak ca....
    Kereeeeeennnnnnnn :)

    ReplyDelete
  5. Selamat ultah raffi.. meski tidak ikuy merayakan sy ikut merasakan keceriaan mamih echa..
    Mudah2an raffi sehat trs.. panjang umur..
    Lagi nyiapi buat ultah anak pas september. Nyontek acara raffi nih.. doain yaa lancar

    ReplyDelete
  6. Happy birthday Raffi!!! Wah ibunya rajin bin telaten banget. Saya cuma bikin nasi kotak sama kue untuk tetangga kanan kiri aja kelimpungan xixixi. Sebenernya ada niat pengen buat syukuran ultah jg untuk Rayyaan. Soalnya ultah pertama dan kedua selalu di Manado pas jauh dari keluarga besar. Smg ntr ada rezeki juga. Pengen tema Cars or Thomas tp ntah deh ntar emaknya telaten ga hehe. Btw semoga tambah sehat kuat cerdas dan soleh ya Raffi. Mwah.

    ReplyDelete
  7. Wow, kagum banget dengan semangat dan ide2 kreatif Mak Echa. Raffi... You have a wonderful mom, Nak. HBD Raffi sayang, panjang umur, sehat selalu dan jadi anak soleh yaaa. Utk mamih dan papihnya Raffi, semoga aliran rezekinya semakin lancar dan berkah yaaa. Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Happy Birthday dek Raffi :*
    Mba echaa kereeennn, super mom hihi... (Y)

    ReplyDelete

  9. Ahaayy yang berulang tqaun Raffi. Heiheie. Semoga keceriaan selalu menyertai mu ya. Salam sayang selalu dari Om dan Tante di Pontianak. Kalimantan Barat. Oh ya blog nya kreatif. Saya suka dengan icon di sebelah kiri itu. Parenting ada gambar gendong bayi. Ksehatan juga ada gambarnya dan semuanya ada Gambar diri sesuai dengan labelnya. Kreatif. Good

    ReplyDelete
  10. Kerenn.. Niat banget Mba bikinnya. Kalau aku sudah lambaikan tangan, bayar orang lain buat bikinin. XD

    ReplyDelete
  11. Bacanya kek lagi diceritain dan ngerasain capenya, maaf ya enggak bisa datang...doa terindah buat Raffi ama keluarga, apa ya tadi....oiya itu printannya bagus euy pake tinta merek apa cha? bisikin y

    ReplyDelete
    Replies
    1. cape tapi hepi sih astin ^^
      apasih yang gak buat anak hehehe

      Delete
  12. Met Ultah Adek Raffi. Moga semakin jadi pinter dan sholih.
    Mbak Echa kalau ngerjain sesuatu enggak setengah-setengah ya. Two thumbs up deh, untuk idenya dan untuk kerja kerasnya mengadakan pesta untuk anak.
    Tampilan blognya sangat menginspiratif sekali. Jadi pengen nyontek, hehehehe.
    Mbak, boleh juga tuh bikin rincian harga pernak-pernik segala hal yang bikin sendiri tersebut. Mana tahu pengen bikin kayak Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah mbak baru aku tulis rincian biayanya ^^

      Delete
  13. Selamat ulang tahun Rafii semoga diberi kesehatan terus dan menjadi anak yang sholeh :)

    ReplyDelete
  14. mbak echa emang super kreatif deh...salut ma kamu mbak...apa2 selalu dikerjakan sendiri dari hasil tangan sendiri..#kebanyakan...raffi selamat ulang tahun ya....semoga tambah pintar dan kreatif seperti emaknya...amiien...

    ReplyDelete
  15. Seumuran sama adik saya baru 2 tahun :D
    Keren deh bisa bikin dekorasi sendiri mba

    ReplyDelete
  16. Happy birthday Rafii...semoga makin soleh dan pinter :)

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah, akhirnya bisa dateng juga ke ultah Raffi. Padahal udah cancel dari jauh-jauh hari, tapi masih tetep ngerayu kangmas biar bisa dateng, haha. Dan kami merelakan lomba 17-an di RT yang baru diadain siang, nggak sesuai jadwal. Yo wes ketemu Raffi aja lah. :)))

    Over all, kamu udah hebat bisa bikin semuanya sendirian, Makcuth! Temanya dapet banget, walaupun balonnya ada yang failed. Tapi itu nggak ngurangin enaknya kukis yang kamu buat *pengen lagi kukisnya* :))) Jangan lupa istirahat, ya. ^__^

    ReplyDelete
  18. Keren kayanya acaranya mba Echa all about minions.. happy birthday Raffi...

    ReplyDelete
  19. happy b'day raffi... ihh salut sama emak'y kreatif bgt bikin printilan2'y ^_^,btw... utk isian gudibek'y pesan ke garuda food?dimana mak?minta infonya dong,makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di ultahku.com mbak
      baru aku tambahin hihihi

      Delete
  20. Waaaa serba miniooon.. Acaranya jadi makin seru deh :D

    ReplyDelete
  21. yoooi bukan mama echa nih, kalau gak kreatif bikin pernak-pernik detail. SAlut juga atas stamina fisiknya yang tinggi. Mungkin aja kalo aku yang ngalami udah tepar duluan. Peace salam hepi ultah buat raffi caem

    ReplyDelete
  22. Aku beneran sedih deh gak bisa datang, sampe ngomongin terus ttg ultah Raffi sama papinya Maira. Moses beneran gak bisa bolos sih latihannya dan harus ditunggui pula. Semoga tahun depan ada rezeki waktunya bisa datang ke ultah Raffi yaaa :* :*

    ReplyDelete
  23. Echaaaa hebaaaat... Seneng liatnyaaa.. Dan bangga pastinya ya cha. Kreatif dan niat bangeeeet. Bravo chaaa ;)

    ReplyDelete
  24. Echaaaa... persistensimu memang luar biasa, salut. Beruntung sekali Raffi punya mamih yg begitu sayang dan rela ngapain ajah buat anaknya. Hug kiss buat Echa dan Raffi :*

    ReplyDelete
  25. Mbak Echa mah selalu totaaaal
    Met ultah ya Raffi..maaf tante Mel jg gak bisa dateng ^^

    sehat2 terus ya nak ^^

    ReplyDelete
  26. Aweesome buat emaknya rafi.. Happy B'Day Raffi, kesayangan mamih dan papih, semoga selalu dalam kesehatan, keberkahan dan jadi anak yang sholeh ya ganteng..Garda depannya mamih dan teman seperjuangan untuk nonton bolanya papih. hihihi,,,
    Jempol,,mana jempoll,, pinjem buat acungin ke mak echa,, TOTALITAS ,, gilee,,

    ReplyDelete
  27. Mbakcuth ampuun total sekali dirimuuuh, ga bisa bayangin kalo aku yang bikin itu semua, mesti wis encok seminggu hihihi. Pokoe kereeen

    ReplyDelete
  28. Ya Allah, detil banget ini, kreatifnya kereeeen :D :D

    Happy birthday buat Raffi, moga sehat dan makin pintar yaaa

    ReplyDelete
  29. Allhamdulilah bisa dateng, udah mulai familiar soalnya daerahnya hehehe gaya. Tahn depan jangan di wendy's lagi ya

    ReplyDelete
  30. Selamat ultah ya Rafi, seumuran anak kedua saya mak Echa agustus ini pas 2 tahun. semoga selalu sehat ya. Salut lho, hampir semua persiapan dibikin sendiri dan perencanaannya mateng banget. BIsa jadi referensi kalo mau bikin pesta ultah.

    ReplyDelete
  31. Ih, Echa keren. Ultah Raffi jadi meriah. Met Ultah Raffi :*

    ReplyDelete
  32. taun kemarin googling untuk my 1st bday boy, nyasar ke blognya mak echa ... sekarang lagi googling untuk ultah yg ke 2 buat bujang kecilku, nyasar lagi kesini hihihi mak echa specialist bday, te o pe bingit !

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^