Template Blog Ramah SEO dan Lebih Responsif



Template Blog Ramah SEO dan Lebih Responsif - Selama ini, saya tidak pernah sama sekali mengganti template blog dari pertama kali buat blog Cerita Cha tahun 2008. Mulai sedikit kepikiran mengganti template blog setelah sering diledekin "template alay" digrup mbakcer :P. Tapi itupun belum membuat saya mengganti template blog ini xD.



Seperti tujuan awal saat membuat blog ini. Kan karena pindahan dari blog MP dan friendster yang isinya full cuhat-curhat tentang galaunya masa muda *ceilee... Dan karena ngerasa ini BLOG GW, jadi isi dan templatenya kudu yang GW BANGET!. Dan ternyata, alay ketemu sama skin template yang cucok. Bunga-bunga dengan widget yang sangat banyak. Itupun saya tambahin kasih widget lagu, shoutbox, kupu-kupu, salju dll sesuai umurlah ya waktu itu...Pokoknya alaysuralay dah... gambar disana sini.. Sampai mau buka blog ini saja lamanya minta ampun karena gambar dan widgetnya bejibun :D. Intinya, modif skin pake kode-kode untuk blog itu rasanya luar biasa *kalau berhasil seh xD..

Tapi manusia kan belajar.. iya saya juga belajar ngeblog dikit-dikit sampe sekarang....termasuk tentang template blog. Dengan lapang dada, akhirnya saya mulai menghilangkan banyak widget yang membuat blog menjadi berat dan konten jadi sulit untuk dibaca.

Google sendiri punya beberapa syarat template agar blog mudah terindeks SEO dan lebih responsif. Google sendiri bilang "Make your blog more faster!". Berarti, saya harus menghilangkan banyak widget dan gambar yang membuat blog lambat. Sedikit susah seh...soalnya saya biasanya kalau aplot gambar itu banyak :v. Dan buatlah template blognya lebih responsif bila dibaca orang menggunakan dekstop atau  mobile. Berarti ukurannya kudu disesuaikan dengan perangkat mobile juga. Lengkapnya saya rinci ditiap-tiap bagian template blog baru ya...

Iya setelah sekian lama, akhirnya saya mengganti template blog ini juga *tepuk tangan. Sebenarnya saya minta tolong Shinta untuk bikinin. Cuma karena Shintanya sibukkk, akhirnya saya putuskan untuk bikin sendiri. Dan Pungky, ngasih masukan untuk buat thumbnail perkategori pakai foto narsis. Hahahaha..ide yang lucu juga, soalnya saya biasa pakai thumbnail kartun. Tapi dipikir-pikir, seru juga ya kalo pakai gambar wajah sendiri buat kategorinya.

Dan inilah rincian template blog echa yang baru:



1. Tema, template dasar dan header
Agar postingan lebih cepat terindeks google, saya pilih template dasar sederhana bawaan blogger sendiri.  Dan karena saya suka warna hitam putih jadi templatenya juga kudu hitam putih *jadi mikir dulu kenapa pink bunga-bunga ya :v. Hindari template yang bikin sakit mata hehehe...

Untuk header saya  pakai foto narsis untuk lomba yang cantik yang imyut yang lucuh*oke sampe sini silakan muntah. Lalu saya edit dan resize manual di paint komputer karena saya tidak bisa pakai photosop. Yang pasti saya mengurangi banyak sekali gambar diblog, bye bye kealayan wes xD.

2. Hanya menggunakan kolom standar saja
Ada masukan dari Nurul, kalau google membaca blog itu dari kiri kekanan. Jadi lebih baik pilih yang normal saja. Untuk 2 kolom pilih yang postingan dulu baru side bar. Dan untuk 3 kolom, pilih yang side bar postingan lalu side bar. Posisi ini jangan diacak dan dibalik2 ya ^^. Dan untuk blog ini saya pakai 3 kolom.

3. Side bar bawah
Ada 3 kolom meletakkan widget disana. Dan itu saya gunakan kalau misalkan ikutan lomba yang harus pasang banner :D. Kelihatannya jahat banget yak banner ditaruh dibawah...tapi demi tampilan keceh, apalah arti sebuah widget lomba dibandingkan konten dan isi dari tulisan yang diperlombakan itu sendiri :D *kecuali syaratnya banner mudah terlihat :v beda cerita hihi tinggal pindah keside bar aja :v.

4. Navigasi yang jelas
Untuk tampilan page atas, tidak ada yang berubah terap sama. Saya tetap tampilin diatas pagenya... isinya juga sama. Tinggal  ditambahin gambar2 komunitas yang diikuti.

Perubahannya pada widget thumbnail di side bar kiri sebagai navigasi dan sitemap blog perkategori tulisan. Lumayan jadi terlihat lebih rapi walau tidak detil. Dan perthumbnail kategori itu saya buat foto gaya sendiri. Seperti kategori kecantikan, baby parenting, technology dan gadget, kesehatan yang lebih fokus kekanker, dan kategori curhat untuk semua cerita yang masuk atau tidak masuk dikategori sebelumnya. Ngeditnya pakai picsart huehuehue *tengkyu ya mama Jiwo masukannya.

5. Side bar kanan
Side bar kanan cuma nampilin foto empunya blog, arsip blog, dan feed dari blogdetik saya. Karena saya sudah jarang banget maen sosmed lain, jadi tiap icon sosmed lain sudah saya hilangkan :D. Pelan-pelanlah, optimalisasi blog dulu aja wes satu2...

6.Font
Saya bikin standar semuanya...ini pakai calibri fontnya...cantik. Hindari font comic sans atau huruf sambung miring-miring ya biar pembaca tidak mengernyitkan dahinya karena membaca huruf sambung miring-miring hehehe...

7. Yang tidak berubah
Seperti widget umur cucuth, foto siempunya blog, linkwithin buat related post dan banner ppc tidak ada yang saya rubah. Dan yang jangan sampai berubah...teruslah bikin konten yang bagus dan abadi^^.  Hindari konten memicu perang, mungkin traffic banyak...tapi apa mau diingat sebagai penulis pemicu war? Bikin ngeblog itu simpel dengan konten-konten lucu ceria yang kita pahami...

Dan inilah tampilan blog yang Echa bangettt........... Taraaaaaaaaaa...........


Lalu kemudian saya cek untuk ngelihat kode yang fail dan ngetes kecepatan blog baru... Ini hasilnya (yang mau ngecek blognya sendiri monggo pake ini ya) :
http://chkme.com/page-seo-tools : 34%
https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ : 74/100 dan  97/100
https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly : Mengagumkan
https://gtmetrix.com : 90%

Salah satu hasil tes kecepatan blog
Masih banyak kode yang fail, pelan-pelan dah benerin...

Efeknya buat blog... Yang pasti, semenjak saya mulai mengurangi banyak widget dan gambar, mempermudah indeks dan sitemap konten blog, dan memperbaiki kode-kode yang salah :D, blog saya ini jadi ringaaaaaaaaaan banget kayak kapas daripada template blog sebelumnya yang berat sama widget. Pembaca blog juga akan lebih mudah membaca konten, scroll, klik dll diblog tanpa terganggu banyak widget seperti dulu.

Selain itu, postingan blog juga lebih mudah keindeks google. Mungkin ini juga ngaruh sih ya, soalnya semenjak mulai permak2 blog dari awal tahun ini *yang belum beres-beres juga neeh... Blog saya bisa jadi naik PV-nya bisa 2000-4000an lebih sehari...apalagi kalo lagi mujur masuk bookmark third website, bisa lebih banyak lagi walau sekejap :v... Saya juga punya lebih banyak pembaca organik yang memang salah satu tujuan mengganti template...Yah yah namanya juga usaha :v.

Jadi gimana pendapatnya tentang template baru ala saya ini ^^... Yang pasti, saya sendiri puas bangetttt :D. Memang capek sih kudu ngedetail dewean tapi puassssss euy...Tidak seribet yang saya bayangin :D. Hasil karya sendiri lagi hihi. Ada masukan tidak? Namanya juga belajar otodidak --".

Yuk, ganti template sendiri yuk yuk.. Mudah kok.. Swear... Biar template blog ramah SEO dan lebih responsif...^^

89 comments:

  1. blog saya yang parenting, udah lama banget gak ganti template. Saya termausk yang paling males gonta-ganti template. Sekali nge'klik', betahnya bisa bertahun-tahun :D

    ReplyDelete
  2. Yang pasti lebih fresh template yg baru ini..
    *komen di kala mati lampu nih* :)

    ReplyDelete
  3. Kalo gue sih yes (ala-ala juri x-factor..) hehehe
    Yg dulu sih kalo pas sy yg buka memang lambreta buka nya mba.. tp kan krn itu hak masing2 pemilik rumah. Jd ga pnh merasa keberatan juga meski agak lama loading. Tp kalo yg skrg kerasa lebih ringan dan cpt memang.. hehehe ini muji apa ngina sih sebenernya? Wkwkwkwk.. overall kece mba

    ReplyDelete
  4. Hahahahaa aku kann nunggu potonyaahhh

    klo mau kebaca banget, dua kolom mbak e. Sidebar di kanan. Pengaruhnya emang kecil tapi akan lebih besar kesempatan terbacanya dari pada 3 kolom

    sekian dan terima angpao *disambit avent

    *akhirnyaaa mata agak lega bacanya *upss

    ReplyDelete
    Replies
    1. wooo tetep bagus 2 ya dari pada 3 *sek permak lagi nanti
      makasiii masukannya *tetesin obat tetes mata

      Delete
  5. tante echa kamuuh kereeeen!!!!
    ajarin raisa doonggs, sebagai sesama anak blogspot wkwkkw~

    ReplyDelete
  6. semoga makin sukses dengan templat barunya mbak echa

    ReplyDelete
  7. semangat kawan kawan blogger semua semoga semakin laris manis blognya

    ReplyDelete
  8. Tampilan 2 kolom lebih bagus Mama Raffi
    Karena kalo 3 kolom musti ngegeser lagi...
    Beneran makin mudah bukanya nih... ga harus nunggu loading lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa..kudu lebih enak 2 ya..*sek nti diubah lagi
      makasi amma

      Delete
  9. Tampilan dan kecepatannya emang ok punya, Cha. Kereeeen!

    ReplyDelete
  10. mak echa syelalu kreatif...
    yg skrg unik bgd mak,headernya seruuu

    ReplyDelete
  11. Tetep memperlihatkan sisi kreatifmu echa apapun blognya... baik yg alay maupun yg keibuan kek sekarang

    ReplyDelete
  12. Lebih suka yang sekarang mbaaaaak... Lebih bersih sehingga lebih enak dibaca, , loadingnya juga lebih cepat :D
    Dan yes, template bawaan blogger itu paling cepat terindeks sama google, tinggal dimodif ajaaa kayak gini, hihihi
    Btw, saya ada baca di mana gitu, blog sebaiknya dua kolom dengan sideebar di sebelah kanan. Sidebar sebelah kiri katanya akan sedikit menurunkan SEO blog, katanya. Entah iya pun :D
    Overall I like it lah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah komen Mbak Ecky ini sesuai dengan yang barusan saya komen itu Mak Echa :)

      Delete
  13. Wahhh. Tampilan baru dengan detail kenapa kenapanya yang lengkap mbak. Tips seo di mana2 di postingan. 👍

    ReplyDelete
  14. Salah satu blog favoritku nih mba.. sentuhan personalnya berasa banget. Kreatif!

    ReplyDelete
  15. Iya Cha, lebih cepat. Selamat template baru yaa.. keren nih, bikin sendiri. *jempol :)

    ReplyDelete
  16. Templatenya jadi sederhana dan ringan. Hurufnya kayanya kekecilan Mbak, saya yang agak bermasalah dengan mata sedikit sakit jadinya kalau kelamaan bacanya.

    ReplyDelete
  17. Bikin 2 kolom aja, Maaaak! Terus, font postingannya digedein, sik... Biar nggak perlu nyipit2in mata pas bacanya -___-

    ReplyDelete
  18. Selain Template Blognya SEO dan Responsif, juga lebih cepat ya Mbak

    ReplyDelete
  19. Suka sama yang inii. Lebih cepet diakses baik di hp atau laptop. :D

    ReplyDelete
  20. Template dengan background putih memang lebih enak mbacanya Mak ^_^

    ReplyDelete
  21. Templatenya khas dirimu banget cha. Yg pasti sih yg ini lebih enak diliat, ga terlalu rameee

    ReplyDelete
  22. Anakku intip gambar blog yang lama. Dia bilang lucu...

    Hihihii...
    Tapi aku suka yang ini

    ReplyDelete
  23. Bagus Mak Echa... aku suka yang baru ini.. lebih sip.. makasih udah berbagi. Aku juga sudah ganti template blog. Ngikutin jejak Mak Echa. Btw, kalau misalnya ukuran font calibrinya di gedein dikit bisa gak ya, menurut aku masih terlalu kecil ukurannya terutama buat mataku yang sudah semakin menua ini.. hihihi... apa jangan-jangan cuma aku aja ya yang ngerasa..

    ReplyDelete
  24. Liat gambar beforenya, baru sadar klo yg dulu rame pake banget hehe, sering mampir tp bacanya pake hp jd ndk tau jg kl tampilannya bgtu

    ReplyDelete
  25. Header sm thumbnailnya seru ala mak echa as olweys...
    Cakeeeep

    ReplyDelete
  26. Wahaha, mantap.. Langsung SEO nih nampang di pejwan..
    *brb langsung beres2 blog sendiri

    ReplyDelete
  27. dulu aku sering gonta ganti template mbak...tapi skrg udah pake template yg simple...wes nggak ganti2 lagi :)

    ReplyDelete
  28. Wih, lebih kalem Mbak dari template sebelumnya dan tentunya bisa lebih semangat ngeblognya lagi ^^

    ReplyDelete
  29. aiihhh makin keceh deeeh

    suka banget tampilannya putiih bersiih
    propesional :D
    pas dibuka pun ringan
    so simplee
    responsip bingits seperti orangnya eeeaa

    ReplyDelete
  30. Iya ini lebih enak di mata hahahah. Yg kmrn aku suka pusing bacanya

    ReplyDelete
  31. Asik ya...selain puas yg pasti ramah seo bangetbya cha. Sama nich sudah coba coba bikin...tp br header ajah...next thubnail nya ach

    ReplyDelete
  32. Lebih ringan dan cepat. Tampilannya juga bagus. Aku suka :)

    ReplyDelete
  33. Untuk mata saya yang siwer, fontnya kekecilan Mak :(

    ReplyDelete
  34. Templatenya sudah cukup bagus dan enak dilihat :)

    ReplyDelete
  35. lebih simple, jadi lebih enak dilihat dan enak dibaca mbak

    ReplyDelete
  36. bisa ajari cara membuatnyakah mba Echa ?

    ReplyDelete
  37. Blognya bagus mbak, kalu saya msh amatir, hehn

    ReplyDelete
  38. templetenya bagus mbak Echa kelihatan pede dan klasik...
    tapi tulisannya kurang besar kalau buat saya...
    saya juga pengin...tapi masih bingung ngung ngung ngung... :)

    ReplyDelete
  39. suka mak sama tampilan barunya
    paling demen liat yg kategori nya dipakein foto...fotonya pas banget gayanya hihihi, keren

    ReplyDelete
  40. Cobain, ah. Biar pv-nya naik. :)

    ReplyDelete
  41. Kalo untuk pixel gambar artikel, sebaiknya berapa uk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dicompress jangan gede2 kali ya mba...biar pas nampilin mudah

      Delete
  42. Tepuk ngeblog .. prok,,prok,,prok congrat ya mak echa.. lebih light, sukakk, dan lebih simpel , jadi adem nih mata (berharap dikasih lembaran merah2 biar lebih adem) wakakak,, sekali lagi peluk template blognya,, selamat2,,,

    ReplyDelete
  43. Tampilan barunya lebih dewasa kelihatannya ^^

    ReplyDelete
  44. Yeaayy.. rumah baru! Congrats! ^^
    Sebetulnya aku sukaan yang lama, nama pun aku ini penggila pink, hihihi..
    Tapi yang ini emang lebih ramah di mata sih, Mak. Dan aku sukaaaaaaaaaaaaa thumbnail per kategorinya. Padahal aku juga nggak bisa lho photoshop, tapi tampilan blog-ku nggak bisa sekeren ini..

    ReplyDelete
  45. Wiiiih PVnya 2000an sehari? Aku aja masih ratusan Mbak. Kueren!

    ReplyDelete
  46. cantiiik blognya, yang punyanya juga, makasih ya dapat ilmu baru

    ReplyDelete
  47. Wah, kebalikan dari saya. Saya mah udah berulangkali ganti template, qiqiqi, labil banget yak..btw templatenya clean n cool pokoknya.

    ReplyDelete
  48. Aiih Echa ternyata tipe setia ya, dari 2008 baru sekarang ganti template ? Sendiri pula ? Kereeennn.

    ReplyDelete
  49. Suka sama thumbnail-nya, Mak, kreatif ... kereeen.

    Kalo ttg model yang ada widget kanan dan kirinya, saya dulu pernah ikut seminar yang bawain Mas Gempur Abdul Gofur. blogger Surabaya .... saya ingat sekali kalo beliau menyarankan model yang widget-nya sebelah kanan saja (hanya satu dan di sebelah kanan) ... untuk SEO friendly juga .... saya sendiri mengingat itu saja jadi sampe sekarang milih template yang model widget-nya yang di kanan. Oya, dan widget kanan lebih memudahkan teman2 yang disabilitas netra juga ... tapi terserah Mak Echa, sih ... sekadar sharing hal yang pernah saya dapat :)

    Oya kemudian, mengenai judul postingan Mak ... Mak Christanty pernah sharing soal judul panjang yang bisa jadi URL-nya panjang juga. URL yang sama dgn judul lebih disukai Google. Ada langkah2nya tuh di blog Mak Tanty. Saya sekarang kalo pake judul panjang menerapkan langkah2nya itu ... agar SEO friendly juga.

    Tapi ini sekadar sharing lho ya, Mak ..bukannya mengajari, karena saya juga baru belajar dari blogger2 keren :)

    Sukses ya Maak moga2 PV-nya naik terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...iya mak aku tau kalo judul tulisan itu..tapi ini lagi bahas template xD bukan kepostingan :)))

      Iya ini bagusan emang 2 mak...cm gimana ya...aku pengen 3 --"

      Delete
    2. makasi yaaa namaku ikutan nampang tenar di blog kece badai ini :)

      Delete
  50. kreatipp pisannn...suka!
    aku mo ganti temlpet blog yg atu lagi. kayaknya bakal minta tulung lagi dah haha

    ReplyDelete
  51. Sering2 mampir ke blog luar negeri mbak biar punya referensi layout blog yang fast response dan tetep elok dipandang mata :)

    ReplyDelete
  52. Aku berapa kali ganti yaaa... cuma themes doank, gak diotak atik... gak keotakan :))

    ReplyDelete
  53. Tinggal tunggu syukurannya nih mak, templete baru*kabooor

    ReplyDelete
  54. ajarin donk permak blog jadi kece badai....

    ReplyDelete
  55. berarti dirimu jarang gonta ganti template ya say? kalo aku sering banget.... dari dulu sampai sekarang entah berapa kali udah ganti2 template

    ReplyDelete
  56. lebih bgs nih templatenya, ringan juga jd gk bkin hbs kuota XD

    ReplyDelete
  57. cakep mak...!simple gitu.. :)oiya, klo ngomongin ganti2 template mah sy nyerah ah ga ngerti ^_^

    ReplyDelete
  58. jadi pingin dandan nihblog aku juga

    ReplyDelete
  59. Saya juga pengen ah yang kayak gini, tapi ntar tiru-tiru lagi. kekeke..
    Bagus euy. Yang sekarang emang cepet loadingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin aja mak ini template standar kok

      Delete
  60. thanks infonya chaaaa...banyak cara untuk buat bloge SEO friendly tapu kadang aku masih pengen gambar or foto or widget ini itu hehehe...jadi kalaaah deeeh SEO guidelines :). Tapi informasinya menarik dan bermanfaat..

    ReplyDelete
  61. Sejak awal sy emang pake template yg ga bikin sakit mata pake warna hijau. Tp...gegara ganti domain sendiri jd susah cari warna hijau lg. Adanya coklat ya udah deh... Iya yg ini lbh ringan mata juga jd adeem..

    ReplyDelete
  62. keren chaaa template yang anyar inii..seruu....

    ReplyDelete
  63. Issh mak echa mantep deh tulisan, secara aku pemula, nanti ajarin ya mak.
    Aku duku gitu tuh, blognya ada salju dan burung terbang2 hehe.

    ReplyDelete
  64. Waaahh.. Aku jadi ingin juga punya template yang seo friendly.. Tapi gaptek deh ahh.. Nanti deh, aku bookmark postingan ini dulu, nanti aku ubah dikit dikit.. Brb check template di chkme.com thanks for sharing makk..

    ReplyDelete
  65. aku juga suka yang simpel mak,suka banget sama hasilnya,apalagi ada foto2 narsis yang lucu di sebelah kiri,khas banget sama mak echa yang super duper kreatif...^^
    tos dulu dong,aku juga suka warna hitam hehe

    ReplyDelete
  66. Theme yang ini keren Cha, simple dan loading cepet. Aku barusan test speed, blogku kurang cepet loadingnya.

    ReplyDelete
  67. Tapi tetep aja tuh kucing ngikutt teruuus :D

    ReplyDelete
  68. aduuh saya pengen belajar deh tentang ini, biar rada berisi hehehe, abis kalo nyoba ikutan lomba2 yang berbau SEO....,, postingannya raib entah kemana ketika coba search dengan kata kunci....,nasib degh.....

    ReplyDelete
  69. mau juga dong mbak diajarin otak atik template sendiri

    ReplyDelete
  70. aduh, niate ganti template tapi mendadak ngelu. puter balik ahh

    ReplyDelete
  71. Warna demenanmu skg jg simple sih, black n white ^_^
    Pelan2 belajar template. Tak bookmark sik page iki.

    ReplyDelete
  72. Echaaa yang di side bar kiri itu gimana caranya *keren pisan* *sembah*

    ReplyDelete
  73. Aku juga barusan hijrah ke template bawaan blogger, Mbak.. Lebih ringan dan enak dipandang juga background putihnya terlihat bersih, tapi font-ku pakai 14pt, maklum matanya agak bermasalah. Hehehe.. Btw ide sidebar kirinya kerwn, Mbak.. Tiap kategori dibikinin gambar gitu lucu. Niru, ah... #eh :D

    ReplyDelete
  74. Mbaa labelnya kreatif, ada label kucing juga lucu ih suka, langsung klik soalnya suka kucing :)

    ReplyDelete
  75. Kalau saya rencana malah mau pindah ke template bawaan blogger. Sedikit seting aja. Abiss saya tergiur sekali dengan kecepatanya.cuma belum sempet nih. Heheh.

    Salam kenal

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^