Resep Puding Roti Tawar Praktis



Resep Puding Roti Tawar Praktis. Saya buat puding ini untuk yang ketiga kalinya, baru pede dipamerin diblog hehehe... 


Awal tahu resep ini dari grup langsung enak, cuma pas mau bikin lupa resepnya saya taruh difile mana :v... Lalu kebetulan teman saya, Fitri, lagi buat blogpost http://rayafr.blogspot.co.id/2015/09/puding-roti-tawar-simple.html  tentang resep puding roti ini. Setelah tanya-tanya, akhirnya mencoba buat lagi didapur... Dan nggak tahu salahnya dimana, gagal buatnya --". Sepertinya saya salah takaran :v.. Walau rasanya enyakkk....

Terus karena penasaran, saya coba lagi resep puding roti lainnya diblog food blogger mb Monic di http://www.monicsimplykitchen.com/2014/08/resep-puding-coklat-roti-tawar.html dan ternyata hasilnya menggumpal. Apa yang salah ya? Akhirnya tanya langsung sama siempunya blog, kenapa kok bisa menggumpal adonannya. Dan bener... saya terlalu panas pas masukin adonan rotinya. Jadinya adonan roti menggumpal-gumpal tidak rata... hoalahhh..--"

Jadi yang bener itu, saat memasak pudingnya pakai api kecil sampai panas saja... Lalu langsung masukkan adonan roti yang sudah diblender aduk rata sampai mendidih. Mendidih kalau menurut saya adonannya meletup-meletup. Dijamin tidak menggumpal lagi...

Puding roti ini enak, teksturnya lembut dan enak disajikan kalau dingin. Dan yang pati, karena pakai roti puding ini bikin kenyang... kenyang banget :v... Hehehehe... Tapi saya sajikan ini buat cemilan Raffi siang dan sore ^^. Plus teh manis hangat atau minuman kesukaan enak ^^..

Ya sudah, ini resepnya saya ambil dari blog mb monic ^^. Sebenarnya resep diblog Fitri lebih simpel, cuma karena saya berhasil pakai resep mb Monic jadi saya share resep punya dia saja ya ^^...

Bahan :
  • 5 lembar roti tawar dengan kulit
  • 240 ml susu cair
  • 2 butir telur
  • 1 sendok makan mentega, lelehkan
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 6 sendok makan gula atau ditambah sesuai selera yaaa
  • 480ml air---> ini saya ganti susu cair :D
  • 2 sendok makan coklat bubuk dilarutkan air sedikit biar mencair

Cara membuat :
  • Haluskan atau blender roti, 240ml susu cair, 2 butir telur dan lelehan mantega sampai lembut
Bahan yang dihaluskan

  • Larutkan agar-agar dan gula dalam air (saya pakai 480ml susu cair)
  • Aduk dan masak hingga panas (sampai panas saja ya, jangan sampai mendidih)
  • Masukkan adonan roti yang dihaluskan tadi
  • Aduk rata ya, soalnya suka ada adonan yang menggumpal dibagian bawah panci
  • Masak sampai mendidih, meletup-letup gitu. Matikan api.
  • Siapkan cetakan dan basahi sedikit dengan air matang (saya pakai mangkuk hohoho)
  • Masukkan 1/3 adonan kedalam coklat bubuk yang sudah dicairkan tadi (saya malah nambah lagi coklatnya pakai susu kental manis coklat sedikit). Aduk rata.
  • Tuang bergantian kedalam cetakan. Saya menuangkannya dari tengah. Jadi, adonan agar-agar putih dulu sampai melebar, lalu dilanjut adonan agar-agar coklat... Begitu seterusnya sampai habis
  • Dinginkan sampai mengeras, lalu masukkan dalam kulkas
  • Sajikan dingin ^^

Dan ini hasilnya, setelah 3 kali buat :v.....

Penampakan puding roti tawar praktis

Lembut banget jadinya baik tekstur dan rasanya ^^

Disantapnya emang enak dingin-dingin ^^. Raffi malah saya tambah susu kental coklat diatasnya pas makan... Tambah enak seh hehehe... Sesuai selera saja ^^.

Dikasih susu kental manis juga enak 

Waktu pengerjaan puding roti tawar praktis ini setengah jam kali ya? Termasuk cepat sih dan cucian perlengkapannya sedikit #penting. Menunggu puding roti dingin dikulkas paling setengah jam juga sudah bisa disantap ^^.

Cepat kan? Bikinnya cepat dan habisnya juga cepat... Yang pasti perut kenyang... Iya beneran, kenyang banget makan puding roti tawar praktis ini ^^. Jarang-jarang loh, saya share masakan diblog :v... Cobain dah :D. Asal buat pemula (kayak saya) jangan lupa pas masukin adonan roti ke agar-agar pakai api kecil yaaa... Hihihi kesalahan saya sebelumnya disana soalnya...

Selamat mencoba ya, resep puding roti tawar praktisnya ^^.. Semoga suka :*.

40 comments:

  1. hmmmm enak kyknya :) pengen bikin jdnya :)

    ReplyDelete
  2. Tampilannya cantik sekali Mba. Buatnya juga jelas stepnya. Pengen coba jadinya Mba. Makasih ya. :)

    ReplyDelete
  3. Waa... gampang tampaknya. Mau cobain jg ah...

    ReplyDelete
  4. aku suka banget puding roti kak Echa. Kirimiiiinn

    ReplyDelete
  5. hhmm, nyummyy. liatin fotonya aja, jadi pengin main ke rumah mba echa biar bisa ikut icipicip. hihi

    ReplyDelete
  6. Kayanya enak nih cha,...bikinnya jg gampang :)

    ReplyDelete
  7. Keren lagi kalo yang pas gagal yo diupload Cha, jadi ada foto perjuangannyahh *tsahhh ^_^

    ReplyDelete
  8. wwaaa...ngeliatnya aja sudah ngiler...
    kayaknya sih gampang...kayaknya lho mbak..
    karena biasanya dilihat teorinya gampang...eh pas praktek amburadul... :)

    ReplyDelete
  9. Nanti malam mau ke Carefour ah cari agar plain, kapan hari nggak nemu. Echa itu susu cair pake susu kental manis (ditambah air) apa susu cair seperti UHT ? Kalo susu kental manis kan lebih manis jadinya ya.

    ReplyDelete
  10. itu pake telur, ngga menggumpal mak?

    ReplyDelete
  11. Pingin coba biasanya cm bikin puding instan >.<

    ReplyDelete
  12. kemlecer aku ka echa...kayae kok adem adem lumer di mulut eaaa

    ReplyDelete
  13. Wah suka-suka-suka. Langsung cuss buat cobain.

    ReplyDelete
  14. Iya nih, anak-anak pasti suka banget. Kalo untuk anak udah besar, pudingnya dipotong-potong, trus dibungkus plastik dan dimasukkin ke freezer. Jadinya es podeng. Nostalgia jaman aku kecil :D

    ReplyDelete
  15. salah satu varian untuk menghabiskan roti tawar ya cha, klo susunya diganti susu bubuk bisakah?

    ReplyDelete
  16. Wah..cara buatnya mudah ya..bahannya juga gampang di dapat. Cobain ah..

    ReplyDelete
  17. huaaa blender saya rusak... padahal anakku yang kecil bentar lagi mpasi

    ReplyDelete
  18. blenderku di siak,bisa kali ya di ancur2in gitu rotinya..sip2,nanti kl sepupu maen ke rumah bikin ini..makasih mak resepnya^^

    ReplyDelete
  19. Sayang nih, roti tawar di rumah suma keburu abis sebelum dibuat2 masakan. Haha

    ReplyDelete
  20. Duh jadi inget almarhumah Mama, dulu suka bikinin aku puding roti kayak gini

    ReplyDelete
  21. Duh jadi inget almarhumah Mama, dulu suka bikinin aku puding roti kayak gini

    ReplyDelete
  22. Terimakasih resepnya.. pas banget mamah saya lg mau belajar buat puding roti tawar.

    ReplyDelete
  23. pengen dong yang udah jadinya mba..hahaha

    ReplyDelete
  24. Kadang suka ngga sabar, makanya api nyalainnya besaar. :D

    ReplyDelete
  25. Sepertinya enak sekali nih untuk nyelametin roti tawar yang tersisa.

    ReplyDelete
  26. waaah, enak tuh kayaknya mbak, kapan-kapan buat juga ah
    makasih lho mbak :)

    ReplyDelete
  27. Pengen ngrasain juga tapi apa daya aku cowok, jadi kalo mau masak juga pikir2 dulu,, hehe,,, jalan terakhir ya nyuruh adik perempuan buat bikinin, aku sih tinggal makannya aja.. ahha

    ReplyDelete
  28. Pudingnya bikin ngiler ajee kakak :v

    ReplyDelete
  29. Puding ini ingetin ke masa kecil dulu yak... tanda-tanda udah tua nih kayanya. Jaman sekarang kenapa ga ada puding beginian yang dijual yah. Emang mesti diy kayanya, thx resepnya mba Echa.

    ReplyDelete
  30. kak echaa,, minta dong,, liat langsung ngiler,, kirim-kirim :D

    ReplyDelete
  31. mau mau mauuu.. haha. baru liat aja langsung kenyang.#eh.
    apalagi kalau bisa nyicipin yaa..

    ReplyDelete
  32. ini makanan kesukaan saya, terimakasih resepnya

    ReplyDelete
  33. Aduh kayaknya enak banget buat buka puasa ini.
    mau minta bikinin istri nih jadinya.

    Eh tapi saya belum punya istri ya...

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^