Konten Marketing Blog yang Baik Ala Echaimutenan

A video posted by me and my cat (@echaimutenan) on
Konten marketing blog yang baik ala echaimutenan. Saat ini dunia sosial media sangat besar untuk dilirik oleh berbagai perusahaan dalam kegiatan marketingnya. Apalagi kita tahu bahwa persentase masyarakat mengakses internet sangat tinggi saat ini.

Setiap detiknya, bisa kita lihat banyak konten yang seliweran ditimeline. Mulai dari merawat anak, agama, politik, event, beauty dan lain-lain. Sosial media yang dipilih juga bermacam-macam... Ada blog, artikel viral di facebook, twitter, instagram, video youtube dll. Dan kita bisa melihat dan membaca berbagai macam pengalaman, testimoni atau campaign suatu produk.

Sekarang dikit-dikit orang cari sesuatu itu diinternet. Benar tidak? Contoh gampangnya misalnya saat anak sakit demam... Biasanya sebelum kedokter, kita mencari dulu bagaimana pertolongan pertama dan pengalaman menghadapi anak sakit. Disana juga banyak informasi tentang dokter atau obat yang bisa kita jadikan referensi.

Atau kita mau membeli gendongan bayi yang nyaman? Kita cari juga macam-macam gendongannya diinternet terlebih dahulu. Sekaligus mencari berbagai macam testimoni atau pengalaman orang tua yang menggunakan gendongan bayi itu. Setelah membaca banyak sekali pengalaman, baru kita memutuskan untuk membeli gendongan mana yang kita inginkan sambil cari tahu harganya berapa sesuai budget. Betul tidak? ^^.

Profesi saya saat ini dikartu nama *uhuk, selain sebagai ibu rumah tangga juga sebagai blogger. Beberapa kali saya berkesempatan diajak kerjasama untuk ikut campaign suatu perusahaan. Walau blog saya isinya tentang cerita sehari-hari, tapi saya selalu menyelipkan campaign suatu produk hehehe...

Makanya, tidak salah kalau suatu perusahaan memilih sebuah blog sebagai salah satu penyampaian konten marketingnya. Sebenarnya, apa sih keuntungan menggunakan blog sebagai salah satu strategi pemasaran brand? Blog itu rata-rata kan ditulis secara personal. Jadi paling tidak diharapkan ada komunikasi dua arah antara pembaca dan penulis blog yang bercerita tentang pengalamannya. Coba kalau media lainnya, yang ada pembaca cuma membaca saja. Yang pasti, semua teknik marketing yang diambil tetap mengarah kepenjualan dan branding perusahaan sebagai empunya produk meningkat ^^.

Konsep penyampaian konten marketing blog sederhana menurut saya

Menurut saya pribadi, sebuah brand harus pintar dalam mencari pasar suatu blog yang akan diajak kerja sama.. Saya sendiri tidak mau menulis tentang teori konten marketing blog karena memang bukan bidangnya. Cuma dengan pengalaman sebagai penggiat blog, ada 2 poin utama yang harus diperhatikan sebuah brand untuk pemilihan campaign disuatu blog menurut saya. Karena sebuah blog yang memiliki konten marketing baik menjadi sukses tidaknya proses marketing brand.

1. Pilih blog yang tepat. Jangan sampai salah meminang suatu blog

Karena menurut saya, setiap blog itu punya pasar sendiri-sendiri. Coba deh sekarang lihat dashboard google analytic kita, demografi pembacanya siapa saja. Kalau diblog saya, rata-rata pembaca blog 80% wanita umur 18-34 tahun. Jadi, konten produk atau event yang sesuai untuk wanita berusia 18-24 tahun yang bisa 'masuk' diblog saya. Jangan tiba-tiba saya diminta nulis tentang otomotif yang saya sama sekali tidak mengerti, apalagi pembaca pria hanya 20% diblog.

Kadang, ada produk bayi ditulis oleh ibu yang anak-anaknya sudah dewasa. Bisa? Bisa saja kok.. Kan si ibu bisa menceritakan saat anaknya masih bayi. Tapi menurut saya lagi, lebih tepat sasaran kalau yang menulis produk bayi itu ibu-ibu yang anaknya masih kecil. Apalagi mereka dapat menggunakan produknya langsung pada saat itu. Sekali lagi, ini menurut pemikiran saya loh ya ^^.

2. Blog dengan konten dan statistik bagus akan lebih mudah mencapai sasaran
Ini berhubungan dengan SEO sih ya.. Karena mempermudah pencapaian kata kunci dihalaman pertama google.. Tapi pernah ada yang bilang sama saya, kalau setiap blog itu punya pembaca sendiri. Walau statistik blognya biasa tapi engagement dengan para pengunjung yang sesuai konten marketing blog yang dibutuhkan, maka akan tetap tepat sasaran.

Contoh gampangnya review make up diblog para beauty blogger. Tepat sasaran kan ^^. Karena orang mencari kata kunci dan pembacanya memang banyak disana.

Terus kita sendiri sebagai blogger bagaimana? Ini tips menulis konten marketing blog yang baik ala echaimutenan :

1. Tulisan blog yang jujur
Dalam penulisan blog ada yang soft selling ada yang hard selling. Saya sendiri, sedikit susah untuk tidak hard selling. Bukan apa-apa sih, takut 'pesan-nya' tidak sampai ke pembaca blog saya. Tapi saya tetap belajar bagaimana menulis soft selling itu... Walau kadang sedikit susah kalau review make up :v.

Tapi, diluar soft selling dan hard selling ada kata 'jujur' dalam menuliskan review produk. Karena kita tidak boleh 'berbohong' pada pembaca. Kasihan kan kalau dah baca panjang-panjang, ternyata setelah mencoba sendiri kurang bagus dan tidak memuaskan. Makanya diakhir postingan, saya selalu mencoba untuk menyimpulkan isi review produk dengan jujur pengalaman pribadi. Walau kadang kata-katanya diperhalus ^^.

2. Konsisten dalam ngeblog dengan tulisan yang bermanfaat
Sebenarnya kegunaan kita menulis tulisan dengan konten yang bagus itu banyak. Selain memperbanyak pengunjung datang membaca blog kita, paling tidak blog kita membawa manfaat untuk banyak orang.

3. Pesan dari sebuah konten marketing blog sampai ke pembaca
Sebagai blogger kita juga mengedukasi pembaca dengan tulisan kita, termasuk untuk konten suatu campaign tertentu. Jadi orang bisa mencari jawaban dari berbagai pertanyaan dikepalanya cukup membaca tulisan kita tentang produk itu. 

4. Bisa membuat pembaca ingin mencoba atau mengetahui lebih banyak tentang konten yang disampaikan
Namanya juga konten marketing, paling tidak harus bisa selain branding produk menjadi lebih baik juga meningkatkan penjualan dari sebuah produk atau campaign tersebut.

5. Belajar, belajar dan belajar
Jangan pernah puas dengan tulisan kita sendiri. Terus mencoba untuk menulis bagus, membuat foto yang baik untuk dipajang diblog, kreatif mengambil sisi lain penulisan artikel atau belajar infografis juga bisa. Yang penting, jangan pernah berhenti belajar menulis konten yang baik untuk blog. 

Yuk, sama-sama belajar menulis konten marketing blog yang baik. Saya juga terus belajar kok.. Apalagi untuk tulisan soft selling, memang harus banyak dilatih --''. Yang pasti semakin baik konten yang kita tulis diblog kita, kesempatan para perusahaan menggunakan jasa tulisan kita akan semakin banyak. Percayalah, rejeki itu mengikuti ketekunan. Saya sendiri contohnya ^^.

Jadi mulai sekarang, belajar menulis konten marketing yang baik yuk!

47 comments:

  1. Setuju, belajar belajar belajar terus. Ilmu gak habis-habis dipelajari. TFS, mak Echa..

    ReplyDelete
  2. Iya aku sedang berusaha keras membuat blog agar lebih baik dan tulisan-tulisannya tidak sekedar numpang lewat semata. Untuk itu memang perlu belajar lebih giat lagi :D

    ReplyDelete
  3. wow... artikel ini panjangxlebar=lengkap bener :)

    kadang saya masihbingung soal softselling atau hardselling, biasanya nulis ya ngalir aja, paling diselingi kayak jurnalisme sastrawi gitu, biar ga terlalu reportase...

    ReplyDelete
  4. iyes...belajar..belajar..belajaar teyuuus !!
    yuuk''

    ReplyDelete
  5. Setuju, mba Echa. Masih banyak PR ku nih, terutama bikin pembaca pengin nyoba produknya :D

    ReplyDelete
  6. terimakasih tipsnya mak, aku juga blm puas dgn tulisan2ku, masih banyak latihan dan belajar lagi :-)

    ReplyDelete
  7. Belajar dari tulisan mak Echa nih, asik ya jadi blogger sekarang bisa jadi bintang iklan di blog.

    ReplyDelete
  8. setuju mak echa.. mksh bgt tulisannya..

    ReplyDelete
  9. Betul Chaa. Aku masih kepingin belajar terus menulis konten yang berisi dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. Selalu suka dengan tulisannya Mbak Echa. Hahaha

    ReplyDelete
  11. mbak makasih ilmunya..emang harus belajar, belajar, dan belajar :)

    ReplyDelete
  12. Hayiuk. Belajar terus, saya belajar juga dari tulisan mak echa yg udah keren neh. Semangat dan sukses ya mak.

    Makasih tips dan sharingnya.

    ReplyDelete
  13. baiklah sekarang mule belajar nich

    ReplyDelete
  14. apiiikk tulisane.. :D terus belajar utk jadi blogger profesional. Mengasah skill nulis, selain murni postingan ide pribadi, atau softselling sebuah produk yg percakan produknya dipasang di blogku. susah banget. Karena aku jg gamau identitas personal blogger jadi review mulu isinya.

    ReplyDelete
  15. loh bisa ta melihat umur para pembaca blog kita? ajarin donk Mak Echa, kok kuper banget sih akunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisamak liat didemografi pembaca saja ada usia dan jenis kelamin pembaca blog ^^ ini di google analytic..buka deh

      Delete
  16. Belajar belajar teruuuss
    Masih awam banget untuk SEO itu :|
    Makasih sharingnya mak :))

    ReplyDelete
  17. belajar terus sama master SEO pokoknya :)

    ReplyDelete
  18. Walaupun sering merasa ketinggalan dengan teman-teman yang semakin jago infografis,dll saya gak menyerah.. beruntung karna teman-teman gak pelit membagi ilmu.. TFS ya Mak Echa^^

    ReplyDelete
  19. Pokoke emake Raffi iki jos gandos kotos-kotos :)))

    ReplyDelete
  20. tulis jujur itu ada unsur jualannya yang masih bau-bau jualannya e mbak, belajar lagi yaa niar :D

    ReplyDelete
  21. paling ga ngerti SEO dan google analytic pernah ikut workshopnya pun tetap ora mudeng hehehe atau karena faktor U

    ReplyDelete
  22. belajar dan konsisten ,,, itu gimana bikinnya mak, mak echa bisa srupat-sruput ngopi/ngeteh sambil ketik2 #nggakGagalFokus huehue,,, cakep tulisannya

    ReplyDelete
  23. Yang agak susah itu mencoba utk soft selling sementara hati pinginnya hard selling aja biar infonya jelas, hahaha

    ReplyDelete
  24. Setuju banget sama yang ditulis mba Echa. :D
    Yang agak susah adalah konsisten buat tetep belajar, kadang males dan jadi nulis seadanya :p

    ReplyDelete
  25. "jangan pernah berhenti belajar menulis konten yang baik untuk blog"

    terimakasih tipsnya mbak echa :)

    ReplyDelete
  26. bagaimana kalau kupinang mak eca sebagai guru..
    mohon bantuannya guru..haik *emangnya mau silat*...

    ReplyDelete
  27. setuju deh sama tulisannya.. terus upgrade kemampuan diri :D

    ReplyDelete
  28. emang ga boleh berhenti belajar ya Cha :)

    ReplyDelete
  29. Termasuk saya berkunjung ke blog ini, semoga ini bagian dari belajar, belajar, belajar itu ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  30. saya setuju mbaaa, saya termasuk orang yang apa2 nengok ke internet dulu yang jatohnya masuk ke blog orang, dari situ sadar kalo blog yg informatif dan manfaat itu banyak dicari orang makanya sudah mulai belajar membuat konten yang baik, kalo dulu mah isinya curhat galau hehe.

    ReplyDelete
  31. that's the start..harus jujur yaaa cha..karena review kan memang berdasarkan pengalaman kita :)

    ReplyDelete
  32. belajar konten marketing ya disini tempatnya

    ReplyDelete
  33. Infografisnya lucu Mbak, gimana cara bikinya ?

    ReplyDelete
  34. Pake aplikasi picsart dan framy

    ReplyDelete
  35. Mak, itu cara bikin video singkat yang setelah judul gimana caranya?
    Makin keren deh infografisnya :D

    Oya, kalo bikin satu artikel ini, perlu berapa hari Mak sampai publish? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aplikasi mak...coba aja ^^ tinggal install
      Kalau artikel ini kan bukan produk review cuma pendapat dua jam selesai ^^...yg lama kalo review produk lama --"

      Delete
  36. Makasih ya mak echa sharing ilmunya, sungguh menginspirasi. Jadi tambah motivasi untuk bisa membuat blog yang baik kontennya, bermanfaat dan sampai bisa menambah rezeki keluarga.. Amin..

    ReplyDelete
  37. Makasih ya mak echa sharing ilmunya, sungguh menginspirasi. Jadi tambah motivasi untuk bisa membuat blog yang baik kontennya, bermanfaat dan sampai bisa menambah rezeki keluarga.. Amin..

    ReplyDelete
  38. aku aja lagi demen-demennya belajar mba hehehehe, dari siapa saja serap dan lakukan yang cocok dengan kita .

    ReplyDelete
  39. Memang yang namanya konten pada akhirnya membawa pembaca mendatangi blog kita ya,Cha.

    ReplyDelete
  40. yeah dapat ilmu gratis alhamdulillah

    ReplyDelete
  41. TFS buat sharing ilmunya yah mbak..

    ReplyDelete
  42. haii, salam kenal, kakak.
    lagi googling, nemu artikel keren di blog ini
    sepertinya kakak yang punya blog ini pakar marketing :))

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^