Memilih Gendongan Bayi yang Nyaman

84 komentar
gendongan bayi
Menggendong bayi itu akan membuat bayi lebih bahagia

Setuju nggak dengan pernyataan diatas? Aku sih setuju aja. Karena kebutuhan dasar bayi yaitu aman dan dicintai terpenuhi sempurna (Powell.A, Harvard Researches Say Children Need Touching and Attention, Harvard Gazette).

Namanya juga pertama punya anak bayi, pastinya pengen ngegendong terus-terusan. Karena masa-masa menggendong itu cuma sebentar menurutku. Kalau sudah gede pasti gak mau digendong lagi kan? selain sudah berat untuk digendong, anaknyapun lebih suka lari-lari kesana kemari.

Ternyata, menggendong bayi itu penting banget. Mau sambil nyusuin, mau sambil baca buku, mau bagaimanapun posisinya, menggendong itu punya keunikan tersendiri. Apalagi kita akan semakin dekat dengan bayi.

Dari Raffi bayi banget, dia sudah dibilang bau tangan sama orang-orang. Aku sih cuek aja dengan istilah itu..Kalau dalam logikaku, semua bayi newborn pasti lebih tenang dan nyaman bila didekap dan digendong seperti dirahim. Well, sesuailah sama umurnya. Biasanya dia hangat dalam perut sekarang harus buanyak melihat macem-macem, untuk membuat dia nyaman ya bayi mintanya digendonglah.



Saking pentingnya  menggendong itu, saya sampai putar otak gimana caranya biar aku tetap bisa menggendong tapi juga bisa melakukan aktifitas lain (makan contohnya). Situasi dimana Raffi tidak mau ditinggal sebentar saja itu sering banget terjadi. Jadi, aktifitas sehari-hari ya menggendong terus-menerus. Kecuali dia sudah tidur nyenyak beda ceritanya (itupun aku ikutan bobo biasanya :P). Yaaa...sesekali aku memang taruh dia di bouncer dan stroller biar main sendiri. 

Kalau menggendong sebentar-sebentar okelah.. lah kalau lama peggellah booo!!! Sapa bilang menggendong bayi itu gak bikin pegel ? hehehe.. Akhirnya, semua gendongan saya coba. Dari yang model sling, pakai jarit, wrap sampai carrier. Semua demi kenyamanan aku dan bayi plus kemudahan untuk menyusui. Yuk disimak yuk reviewku. Ini review pribadi loh ya, saya beruntung punya teman-teman yang kebetulan emang punya jadi tinggal pinjem buat nyobain. Dan semua gendongan ini saya pakai minimal sehari biar subjektif reviewnya. 
   
macam macam gendongan bayi

 Macam-macam gendongan bayi


1. Kain jarit, jarik atau batik



gendongan jarik simpul slip knotgendongan jarik
Foto kiri : Raffi bengong liat aku xixixi. Hihihi ini pas belum tau posisi benar baby wearing :D
Foto kanan : Berjarik ria dengan simpul jangkar/ slipknot dengan posisi bayi yang benar


Kebetulan aku dibeliin banyak banget kain ini, selain dipakai saat lahiran bisa dipakai buat alas ompol juga :D. Model old fashion sepanjang masa ini banyak dipakai semua orang yang menggendong bayi.

Buat saya pribadi, sebenarnya kurang enak makenya. Saat ngencengin iketan (padahal cuma di gulung-gulung) harus minta bantuan papihnya. Karena kainnya agak keras, kadang suka ngebekas dibadan bayi. Kalau dipake lama, luarrrr biasa pegelnya :D. Untuk naik motor so far enak karena kencang gendongannya. Awal-awal emang pakai gendongan kain ini...tapi sekarang dah hampir gak pernah...jarang-jarang makenya dah..ketimbang encok :p

Nah, untungnya sekarang banyak banget babywearing yang ngajarin bagaimana cara menggendong bayi pakai kain tanpa encok. Salah satunya adalah dengan simpul jangkar atau slipknot. Udah itu motifnya sekarang cantikkkkk cantikkkkk.

Harga 30-400ribu (bahkan lebih kalau ukurannya panjang)


2. Gendongan Sling dan Ring Sling


ringsling
Ring sling Foglia 

Gendongan ini aku sering pake, bisa seharian...selain praktis juga jarang melorot. Kalau naik motor enak karena kencang dan tebal. Mau tidak mau tetap harus  menyangga kepala dan badan bayi. Peggelnya lebih mendingan daripada pakai kain jarit/batik. Dan gendongan sling ini paling pas kalau lagi duduk dibandingkan dengan gendongan lainnya karena letaknya lebih tinggi (buat gendong model samping ya).

Recomended sling :  
1. Baba sling. Bentuknya bagus, kainnya lentur dan enak dipakai. Harga 900ribuan. Kainnya lentur tapi enak tidak molor saat dipakai.
2. Semua ringsling wovenwrap empukkkk banget hehehehe
3. RS produk lokal juga enak

Untuk gendongan sling ini, bisa dimodifikasi pakai kain apa saja mau woven wrap atau jarik juga bisa. Trus ring slingnya langsung bisa ngunci gitu ^^.  

Harga dari 100ribu-jutaan hehehe

3. Gendongan Pouch dan Geos 

gendongan pouch geos


Untuk gendongan pouch dan geos, memang terasa lebih praktis ya langsung pasang gitu. Cuma karena biasanya bahannya rada lentur jadi suka melorot hehehe. Oh iya, untuk model gendongan pouch dan geos ini bisa digunakan mulai 4 bulan ya ^^. Yang saya pakai di foto ini merk Mereetmoi.

4. Gendongan Wrap

strechy wrap bobita 
Raffi lagi nyusu loh ini dengan sleepy wrap (SW)

Nih yang lagi ngetrend, kainnya lentur dan modis. Kainnya panjang banget (saya pakai 5m) yang dililit kebadan dan bisa dimodel macem-macem saat makenya. Bayi benar-benar hangat dan nyaman, karena didekap erat walau lentur kainnya mengikuti bentuk tubuh bayi. Yang nggak enak saat naik motor, goyang-goyang jadi harus dipegangin biar bayinya g mual keguncang-guncang. 

So far, aku nyaman pake ini dan sering kupake. Karena mau ngapain saja bisa, sambil makan juga enak. Bisa lepas tangan pokoknya. Selain itu, gak bikin pegel saat ngegendong.. bisa dibandingkan dengan gendongan lain. Cuma kalau jalan, aku rada majuu kedepan hehehe..Bayinya aku lihat enak..karena wrap ini kainnya bikin hangat dan kencang kayak didekap. Macem-macem model pake baby wrap, aku belajar dari internet kebanyakan (youtube-an aja dah).

Rata-rata harga sleepy wrap 140rb-700rb tergantung merek (banyak lokal). Untuk woven wrap (rata-rata impor) mulai 500ribu sampai seharga motor juga ada ^^. Kalau kataku sih sama saja semua..jadi mending yang biasa belinya.

Gak enaknya model sleepy wrap ini, suka melorot kalau kelamaan ngegendong jadi harus dibenerin. Tapi berbeda dengan woven wrap yang pakai kain tenun, jadi mantep bawa bayinya tanpa bingung suka melorot^^. 

 
 Cara menentukan kain yang dibutuhkan untuk menggendong

Yang paling lucu kalau pakai wrap gini itu kita jadi berasa artis, setiap orang yang ngeliat pasti suka tanya macem-macem. Gimana makenya, ga kasian ama bayinya atau beli dimana biasanya pertanyaannya :D.. Mayan ngeksis dikit :p *itu mah bukan aartis tapi marketing :v.

Oh iya, yang membedakan antara sleepy dan woven wrap ini kalau sw itu pasti silangnya ada dibagian dalam ya buibu dan wajib 3 lapis, kalau woven bisa dimodel dibagian luar ^^.

Recomended wrap

a. Bobita Wrap
 aku punya ini, harganya murmer belinya dibaby shop. Produk Indonesia punya gitu. Harganya 200ribuan.

b. Baby K'Tan 
Lebih tebal kainnya dan saat nge-wrap lebih kencang kebayi. Dibagian punggung ada tempat silangan buat wrapnya jadi terlihat lebih rapi. Harga 600ribuan.

c. Sleepy Wrap
aka boba wrap. Enak dipakai, kain tidak terlihat kumal beberapa kali cuci dan lebih tebal. Harga 500ribuan.

d. Woven Wrap
Berbeda dengan sleepy wrap, woven wrap ini bahannya kuat ga mudah melorot. Rata-rata impor belinya. Pas make....ya Allah enak bangetttttt. Yang saya suka bisa dimodel macem-macem kalau pakai ini. Kekurangannya WW ini cuma satu..............dompet tongpes huhuhu xD.

 
 Woven wrap Little Frog
Sukaaaaaaaaaaaaaaaaak banget


5. Gendongan Carrier SSC


Menggendong newborn ngangkang yang masih kontroversi, 
kalau buatku gendongan upright ini bagus buat newborn :)

Ini yang sering aku gunakan gendongan carrier. Pilih yang bisa dipakai dari newborn. Selain mantap makenya, bayi juga sangat nyaman. Kalau mau nyusui tinggal buka dada *eh. Gendongan ini sukses bikin gak pegel. paling the best diantara gendongan lainnya yang aku punya, sesuailah dengan harganya. Mau jalan atau naik motor seharian, uenaaake rek gak cape :D. Mau makan, bersih rumah, dll mudah dilakukan dan bisa dipakai rata-rata sampai 20kg lohh.. Ada tetheer buat gigit-gigit bayi disamping bagian pundak, ada buat tempat koin, hp dan nyantolin tas biar g ribet jatuh..keren kan?

Gak enaknya, males aja nanggapi orang kok newborn gendongnya model kaki ngangkang, nanti bisa bla bla bla. Sebelas dua belaslah sama aku gak pakein bedong :D *garuk2 lubang telinga. Semua tergantung kemantapan ortunya mau atau nggak sih kataku hehe. Padahal rata-rata, gendongan carrier yang bisa digunakan sejak newborn itu disediakan infantnya ^^.

Oh ya, pilih carrier yang bagus karena akan kepake lama :))). Harga ga bohong kok untuk tingkat kenyamanannya. Walau harganya selangit tapi sangat-sangat enak dipakenya :). Jangan lupa beli tetheer pad buat digendongannya soalnya biasanya digigit-gigit --". 

SSC ini ada yang untuk bayi dan ada yang untuk toddler. Tapi kebayang anak saya mah ga mau digendong kalau udah gede mah ya --".

Recomended Carrier :

a. Boba Carrier 
Aku pakai ini semenjak newborn ada infantnya juga. Enak banget seperti gendong ransel. Bagian pantat bayi empuk jadi bikin bayi nyaman. Gambar dibagian punggungnya lucu-lucu. Harga 1.2juta-1.8Juta. Tangan tidak bisa keluar karena penyangga punggung tinggi. Terus, bagian kaki ada penyangganya jadi bayi bisa memijakkan kaki disana.

b. Ergo Carrier
Terlihat rangkanya lebih kokoh tapi ternyata pas dipakai empuk ga capek.Pas aku pake jalan-jalan naek motor ga khawatir masuk angin karena bagian punggungnya tebal. Harga 1,7-1,9juta. Bisa dicuci pakai mesin. tangan anak bisa keluar dari gendongan. ini banyak beredar versi KW -nya, tapi percayalah buibu yang ori bedanya terasa banget enaknya.


c. Beco Carrier
Fashionable kalau kataku. Lucu-lucu motif carriernya. Bisa dinaik turunin bagian kepalanya. Pas aku pakai, Raffi terlihat lebih feminin --" tapi enak ga capek gendongnya. Harga 1.5juta-1,8juta.

Update : ini foto saya saat gendong Raffi umur 2 tahun pakai Boba
Masih bisa dipake kan ^^

d. Zakkel (produk lokal Indonesia)
e. Tula carrier (bestlahhh)
Baca juga :


6. Gendongan Hipseat


Akhirnya ngerasain juga gendongan ini. Dia bisa hipseat, bisa SSC atau SSC dan hipseat. Tergantung yang mau gendong. Kata produsennya sih, bisa digunakan mulai dari usia 0 bulan. Tapi saya pribadi lebih enak saat anak sudah tegak punggungnya atau sudah bisa duduk. 

Yang saya pakai di foto ini adalah produk Iangel.

Iangel baby carriergendongan hipseat
 I-Angel



Buatku gak ada istilahnya males gendong, capek, bau tangan dll...banyak cara buat mempermudah semuanya dengan tidak mengurangi kualitas dan kuantitas menggendong. Salah satunya dengan punya gendongan yang tepat. Pokoknya ya mah, aku bakal ngegendong anak-anakku sampai dia sudah nggak mau digendong lagi. :). Masa-masa menggendong itu sebentar lohh ^^.


Baca juga :



----Tulisan ini dibuat oleh saya sendiri sebagai seorang babywearing edukator peer support in training dari school of babywearing UK---

Related Posts

84 komentar

  1. Aku sih pakai yang sling yg buat aku paling nyaman dan praktis. Yang lain sih aku masih kurang jago pakainya ^^.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak aku juga suka pake sling :)) praktis tapi mayan pegel heehe

      Hapus
  2. huaaaahh aku gk sanggup beli boba! wkwkkwkwk *ga diijinin suami,sih* akhirnya aku beli gendongan semacam boba, merek lokal. fungsi semuanya mirip, cuma beda harga aja. aku belinya sekitar 300rb-an. tapi ga bisa dari newborn, karena memang didisain khusus untuk yg udah bisa duduk tegak. jadi ya selama belum bisa pakai carrier itu, aku pake yg sling dan baby wrap. dan, bener! berasa artis! malah sampe ada yg tanya2 dan beli di mana. ih, tau gitu aku jualan aja ya sekalian. hahahahhaha. kalo yg sling dulu aku sering pake untuk nyuapin, enak nih posisinya. wkwkkwkw. kalo naik motor lbh enak pake baby wrap (wktu itu blm punya carrier). oya kalo baby wrapnya aku pake merek hanaroo, carriernya aku pake cuddle me.

    sekarang mereka semua udah pensiun, karena anakku udah gede. hehehehe.

    selamat ya Raffi, digendong mama itu emang paling nyaman sedunia, deh. ;)
    sun sayang buat raffi ya, mak :))))

    BalasHapus
  3. jarik is the best, terkdg pengen yg lgsg jadi juga klo terpaksa :)

    BalasHapus
  4. Cha, itu yang paling atas foto mamamu, ya? Mirip banget sama dirimu!

    BalasHapus
  5. buatku gendongan jarik is the best.. wakakaka

    BalasHapus
  6. lucu.. cara jelasinnya mbak... asyik bacanya..., aku baru tau baby wrap.....

    salam..

    BalasHapus
  7. anak pertama pake jarik sakit dipundak, babysling pun begitu, naik motor, pundak rasanya mau copot.. nah pas anak kedua, aku baru deh beralih pake babywrap, enak pundak dan punggung mantap gak sakit lagi, hehe

    BalasHapus
  8. kl sy nyerah deh kl pk jarik. tangan dulu pernah terkilir waktu kcil jd ga trampil ngunci jarik di pundak. plus pk jilbab jd tambah ribet. bersyukur bgt ktmu dg yg sling. praktis. tp skrg bocah dah gede2, jd dah dipensiunkn. kec kl punya baby lg hehe

    BalasHapus
  9. Aku punya 3 gendongan, jarik, sling dan carrier. Dan ketiganya udah kupake sejak anak pertama 13 tahun yg lalu, gak pernah beli baru lagi karena belum ada yg rusak/sobek sama sekali. Jadi kelima anakku alat gembolnya sama semua hahaha.

    BalasHapus
  10. Mak aku pernah punya semua kecuali baby wrap gak tega boooo hihihi
    belom pernah beli lagian anakku udah gedeee :D

    Tapi jadi pengen baby lagi liat raffi

    BalasHapus
  11. Aku paling banyak pake yang Sling.... nyamaaaan :)

    BalasHapus
  12. Belum pernah pakai yang acrrier. Kayaknya tahun depan mau kucoba. :D *niat hamil lagi*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiippp nanti tak kadoin pas lahirannya yaaaA

      Hapus
    2. Wuihhh mak Haya mau ham lagi taun depan. Semangaat ^^

      Hapus
  13. wahh...keren tulidannya ringan2 gitu dehh.. buat lomba yah mak :)

    BalasHapus
  14. Maaf typo : Tulisannya bukan tulidannya :)

    BalasHapus
  15. semua udah pernah sy coba kecuali yg baby wrap. Tp sy kyknya emang gak cocok sm gendongan. Anak2 kl sy gendong pk gendongan pasti rewel hehe

    BalasHapus
  16. Aku pake kain jarit terus, karena ga bisa pake gendongan lain, hehe.
    paling cuma pas kondangan aja pake carrier si mothercare, itupun cuma bisa sampe 12kg, Jadina sekarang udeh pensiun karena si Arfan dah >12kg --"

    Arfan waktu masih kecilan jarang banget digendong, malahan lebih suka jalan. Tapi sekarang malah demen banget digendong, pegel sih ga masalah buat bubunnya, tapi kaki ini yg mulai sakit (sedih, ga bisa gendong Arfan lama2 karena kaki yg bekas keseleo ga sembuh2 T,T)

    BalasHapus
  17. Maaciihh ya mak echa buat referensinyaa :)

    BalasHapus
  18. Mba ergo ORI beli nya dimana sih? Aku liat ada yg di bawah 1jt malah setengahnya apa itu yg KW ya? Aku sih maunya yg ori sekalian biar lebih mantap dan bisa makin tahan banting.. Pliss info dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ori pasti sejuta keatas mak... kalo yang dibawah 1 juta aku pastikan bukan.. kalau bekas mungkin ya..
      ergo ada di mothercare... atau bisa beli di online shop yang memang jualan asli mba...kalo asli ada sertifikatnya dikartu gitu ^^ worthed kook

      Hapus
  19. Mba mau tanya baba sling na beli dimana ya? Abis aq liat kebanyakan online. padahal pengen liat barang na.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyaknya jual di online shop.
      Coba dibirds and bees store nya suka lengkap jualan yg ori ^^

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Mabk, kalau model wrap gitu bisa dipake dari newborn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih enak mulai newborn...soalnya berasa dipeluk dan hangat bayinya...ibunya juga bisa makan :) .

      kalau anaknya udah gede pasti lasak dan jadinya melorot2 wrapnya...

      Hapus
  22. Kalau wrap aku pakai yg sleepy wrap enak bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. sleepy wrap mbak ada yang strechy wrap dan ada sw yang hybird. banyak mereknya boba ada, bobita, hanaroo, dll

      Hapus
  23. lebih enak dgn hipset carrier.. sy pake I-angel rainbow, bebas pegel dan fashionable.. cuma hrg ny yg bikin kantong kering. harga 2,8jt - 3,7jt tp harga gak boong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu saya bikin tulisan ini belum ada i angel.waktu itu bestnya boba ama ergo xixxi

      nanti deh nyobain :D makasih infonyaaa :*

      Hapus
    2. sudah nyoba cuma saya kurang suka hipseat ^^

      Hapus
  24. Anakku lbh suka yg sling darpd carrier,

    BalasHapus
  25. wah.....itu yg ada di list serius di beli semua mba? mantap

    BalasHapus
  26. Klo yg hipsheat sm non enakan mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat aku pribadi untuk bentar2 ga lama enak jg hipseat tapi saat anak udah gedean seh saat dah duduk. Pas masih bayi jujur kurang nyaman apalagi ngadep depan padnya masih tnggi.

      Cuma kebetulan aku suka ssc :D (non hipseat). Mungkin karena dah biasa pakai ssc.


      Dicobain dua2nya aja enak mana mba, tiap org penggendong kan punya kenyamanan sendiri

      Hapus
  27. Yg hipsheat sm non enakan mana ya mom?

    BalasHapus
  28. Bun,ssc boba asli digendongannya tertulis made in apa ya bun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. made in china, designed Colorado, postmailnya USA
      boba gak ada kw nya mba

      Hapus
  29. Mba, mau tanya ya.. skrg kn geos mereetmoi ada yg 2in1 yg sperti wrap itu. Kalau menurut mba, lbh prefer yg mana antara geos 2in1 dg yg ssc?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan belum nyoba mba yang model itu. Cuma kalau lihat kain geos memang yang modelnya mirip strechy ya walau kayak kaos (hybrid)
      Kalau saya pribadi lebih enak woven wrap beneran karena dia ga mulur kainnya. tapi geos juga enak cepet makenya
      Cuma kalau ditanya enak mana geos 2 in 1 sama ssc, karena saya suka ssc jelas enak ssc. Beda kain dan pemakaian mba, rasa sensasi menggendongnya juga beda. Masing-masing punya level kenyamanan tersendiri ^^

      Saran saya : dicoba dulu saja dua2nya seharian atau minimal 30 menit untuk nyobain yang mana yang enak. Yang pasti disesuaikan kenyamanan mbak sendiri begitupun si bayi. Kalau saya, kudu punya dua2nya buat ganti2 *eh

      Hapus
  30. Anak saya 4bulan ada gendongan ssc boba cuma terpikir pengen boba wrap krn kain kayaknya lebih ringkes dan pas nursing utk yg berhijap lebih mudah. Worthed ga ya beli boba wrap diusia 4 bulan. Kuatirnya cm dipake bentar. Menurut mba suka mlorot ga?

    BalasHapus
  31. Utk boba wrap pas usia 4 bulan worthed ga ya dibeli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boba wrap it sleepy wrap atau strechy wrap mba,
      saran saya mending ssc nya aja ^^

      Hapus
  32. Kalau rekomendasi ssc buatan lokal merk apa,mba? Ssc lokal gak ada yg dr newborn ya? Ssc dengan mehdai enak mana? Sy skrg pake bobita wrap. Mau yg model ransel utk ganti kalau wrap nya dicuci. Baby saya baru 1 bulan 10 hari.

    BalasHapus
  33. Rekomendasi ssc lokal dong,mba. Ada yg bs dipakai sejak newborn gak? Sm mehdai enakan mana? Skrg sy pake bobita wrap. Pgn pny yg ransel utk ganti2. Anak sy usia 1 bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada nana, ada cuddle me, ada zakkel, ada bobita

      Untuk lokal ga ada yang bisa dipakai dari newborn. Tapi cuddle me setauku ada insert buat newbornnya cuma belum pernah pakai

      Hapus
  34. Coba ke sini buat yang cari tahu macam-macam SSC http://www.echaimutenan.com/2017/09/mengenal-macam-macam-gendongan-bayi-ssc.html

    BalasHapus
  35. Mbak mau tanya, masih lebih nyaman ergo/boba? Terutama untuk anak yang aktif. Dan yg lebih nyaman untuk menyusui yg mana? Makasih mba

    BalasHapus
  36. Mbak aku punya Bobita wrap dan menyesal belinya Krn males makex ribet, pjg bgt, ngelepasx jg ribet, dan lama2 panas. Masih hamil 8 bulan sih, tp ngebayangin nya kyny males pke itu. Terus aq dikasi jarik & gendongan Sling yang ada tutup topinya. Kyx g pgn pake itu.

    Nah aku mau beli gendongan lain, baby k'tan & woven wrap. Klo mnrt mbak aq beli salah satu atau dua2nya? Berlebihan ngga sih klo beli 22 nya?

    Sbnrx pny 1 gendongan aj ckup g sih?
    Plis info dnk. Galau nih... 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya 1 gendongan saja cukup? jawab: cukup kalau bisa support dari newborn sampai toddler, seperti gendongan ringsling (tanpa topi), jarik, woven wrap, ssc yang bisa dari newborn

      bobita wrap dan baby ktan : sama mba jenisnya strechy
      bobita wrap dan woven wrap : sama mba panjang juga dan harus disesuaikan base size panjangnya

      saranku : udah ada bobita wrap (cocok buat newborn), jarik juga ada, jadi mending beli ssc aja :*. Jadi semuanya punya. Kalau mau lebih enak lagi bisa pakai woven wrap yang memang bisa dipakai lama

      Hapus
    2. Oke mbak. Makasi banyak ya buat sharing pengalamannya. Ramah banget, semua pertanyaan dijawab. Semoga jadi pahala buat mbaknya Krn bagi2 ilmu. Saya sampe baca hampir semua tulisan di blog CeRita cHa 😄

      Hapus
  37. Asslamualaikum, mba echa.
    Saya mau tanya untuk beli gendongan woven wrap little frog dimana ya mba. Terimakasih.

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum.. Mba echa.
    Saya mau tanya beli gendongan woven wrap little frognya dimana ya.
    Terimakasih mba.

    BalasHapus
  39. Assalamualaikum.. Mba echa.
    Saya mau tanya beli gendongan woven wrap little frognya dimana ya.
    Terimakasih mba.

    BalasHapus
  40. Assalamualaikum.. Mba echa.
    Saya mau tanya beli gendongan woven wrap little frognya dimana ya.
    Terimakasih mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam
      saya beli di ig wovenwrap shop mbak
      dia suka ada promo2 gitu emang lumayan hemat ongkir free dari negara asal

      Hapus
  41. Ka aku ngen bli hipseat atau baby carier masih bngung nih enaknya yg mana, kalau kata mba lebih baik beli gendongan yg ada hipseat ya atau carier ya aja..

    Trus kalau beli gendongan merk Boba yg asli dmana ya mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau boleh jujur, sebenarnya penggunaan hipseat boleh. ASAL bayinya memang sudah bisa duduk dengan punggungnya udah bisa tanpa disangga, penggunaannya juga tidak lama maksimal 15 menit karena posisinya tidak natural tapi duduk yes. Beda dengan posisi anak yang lagi duduk di kursi, ini kita tidak lagi menyamakan anak lagi dikursi dan digendong kan soale, jelas beda posisinya.

      Banyak kriteria kenapa hipseat memang bukan gendongan yang dianjurkan dalam posisi babywearing. Soale tidak memenuhi kaidah natural gendong. Tapi untuk mencoba dan menggunakan silahkan. Karena setiap orang tua itu punya alasann sendiri-sendiri menggendong anaknya.

      Saya menggunakan hipseat untuk sensasi menggendong saja bukan untuk setiap hari :D.

      Kalau boba di market place atau reseller boba resmi jual biasanya. Atau bisa beli langsung ke boba.com nya mba

      Hapus
  42. Ka aku kan pengen bli bli gendongan nih baby aku skrg udah 4 bulan, kata mba enakan gw ringan yg ada hipseat ya atau carier ya aja,

    Bli merk Boba yg asli itu Daman ya mba

    BalasHapus
  43. Ass mba echa... geos mereetmoi yg mb echa pke di foto atas itu size apa ya mbak ???

    BalasHapus
  44. ass mba echa.. geos mereetmoi yg mb echa pke d foto atas itu size apa ya mbakk ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ga salah ini xxl secara badan saya beesar wkwkkww

      Hapus
  45. mbak kalo baby 2 go yg buat newborn itu bneran boleh dipake bayi umur 3 bulan gak yaa,yg modelnya carier ssc ituu..mau pake takut belum boleh..habis tangan pegel kalo cm pake sling atau jarik

    BalasHapus
  46. Hallo mbak, yg mbak pakai yg boba 3G atau 4G ya? Footstrapnya itu kepakai atau engga mbak? Thanks mbaak..

    BalasHapus
  47. Assalamualaikum mbk, pengen beli hipseat, tp sy msh menimbang-nimbang, antara yang ada tutup kepalanya atau yg enggak,, seberapa penting si mbk tutup kepala dlm gendongan hipseat itu?

    BalasHapus
  48. mba, mo tny geos mereetmoi bahannya tebel ngga mba ? adem ngga ? mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas nyoba sih lumayan mbak. Tapi kebetulan saya gak pakai lama soale. Rata2 geos kan juga kain kaos sebenarnya

      Hapus
  49. Pertama kali nyobain boba ssc, saya langsung jatuh cinta

    BalasHapus
  50. Aq baru beli hipseat karena pengen ikut nyobain yg lg ngetren, tp buat yg gendong ga nyaman bgt dibagian pinggul, sakit bgt pdhl br nyoba sbntr. Aq beli hipseat snooby, nggletak ajah tu msh baru. Klo ada yg mau beli punya aq monggo order ajah kewat shopee nirhikmahresdyawati, sayang ga dipake jd aq jual lg dg harga murah, bagi pecinta hipseat boleh banget order cuma 1 ya

    BalasHapus
  51. Mba eca, itu yg difoto pagi pakai ssc boba, Raffi umur brp bulan mbak? Beratnya berapa kilo yah? Aku br beli ssc boba yg spt mba echa punya. Cuma agak bingung pakainya apa udah benar atau belum. Baby aku br 2 bln mbak hehe

    BalasHapus
  52. Bun maaf mau tanya. Menurut bunda gendongan yang aman dan nyaman untuk newborn, rekomen yang tipe dan merk apa ya? Terima kasih, saya baru mau jadi calon ibu, jadi belum punya ilmunya hehe

    BalasHapus

Posting Komentar