DIY Memberi Makan Hewan

[Sponsored Post]

DIY memberi makan hewan. Halo-halo apa kabar....dah lama nggak nulis blog :D... Sedihnya udahan dulu kali ya... Sekarang ngumpulin semangat lagi ^^... Kali ini saya mau share cara membuat diy memberi makan hewan untuk bermain anak...


Bahan utamanya cuma kardus dan kertas saja ^^. Jadi kalau punya banyak kardus bekas, jangan dibuang dulu karena bisa digunakan untuk mainan anak ^^. Hehehe...Salah satunya dengan membuat DIY memberi makan hewan. Saya sengaja buat gambar hewan karena saya suka hewan dan Raffi juga.

Untuk gambar hewannya, sesuaikan dengan yang anak suka saja. Agar lebih mudah saja bermainnya...

Bahan yang diperlukan : kardus bekas, gunting, lem, kertas warna-warni, printer.




Cara membuat DIY memberi makan hewan :

1. Print gambar hewan dan makanan


Print gambar hewan dan makanan yang dikehendaki...  DIY yang saya buat kali ini adalah bebek. Gambarnya cari diinternet lalu tinggal print saja dikertas. Ukuran gambar hewan tinggal menyesuaikan besarnya kardus yaa... Untuk gambar makanan, print yang banyak. Setelah itu, gunting sesuai gambar.







Ini printablenya diprint saja


 




2. Tempel gambar hewan dikardus.

Tempelkan gambar hewan sesuai ukuran kardun, lalu lubangi bagian mulutnya. Kalau mau kelihatan lebih rapi, bisa print lagi bagian mulut untuk menutupi lubang mulut.



Cara bermain : Anak memasukkan makanan ke dalam mulut. Saat saya main, raffi bolak balik ngucap aammmm... seperti kalau saya nyuapi dia makan..hihi..
Untuk menambah kosakata, jelaskan ini hewan apa dan makanannya apa.. Sambil bercerita, hidupnya dimana dan lain-lain tergantung dari kreatifitas cerita ibunya...

Anaknya gimana? Enjoy tidak? Enjoy banget ^^... Raffi senang mainnya :D.. Tiap hari pasti dimainin. Malah, dia punya ide sendiri untuk memberi makan kucing (cucuth dkk) dengan printable ikan... --". Bahkan sedikit maksa, pegang kucing sambil diarahkan mulutnya ke ikan --".

Cuma, karena ini DIY dari kardus... Harus tetap hati-hati... Soalnya kan DIY mainan rentan rusaknya xD.... Jadi lebih baik, kalau anak terlihat bosan langsung dirapikan dan dibereskan biar bisa dibuat mainan lagi besok-besoknya... ^^.




Raffi bermain memberi makan hewan


Kalau sudah begini, lebih baik langsung disingkirkan biar DIY mainannya awet :D


Yang saya suka dari DIY ini, kita bisa langsung menyimpan makanan hewannya didalam kardus... Jadi tidak hilang, soalnya kan printablenya kecil-kecil gitu... Praktis dan rapi ^^...

Oh iya, ini kan dari kardus dan punya 4 sisi. Sisi lain bisa dimanfaatkan untuk permainan lainnya... Soalnya sayang kan kalau tidak dimaksimalkan ^^. Contohnya, seperti yang saya buat ini... Sisi lain dibuat untuk permainan memasukkan koin sesuai warna-warnanya... Terserah kreatifitas masing-masing saja ...


 Beberapa hari kemudian, saya juga buat permainan yang sama. Tapi kali ini dengan DIY memberi makan hewan monyet. Konsepnya sama seperti bebek... Anak memberi makan hewan juga kok ^^.

DIY memberi makan monyet
Caranya sama seperti diatas...Saya print gambar monyet dan tempel dikotak bekas mug. Untuk pisang, saya potong kertas warna kuning kecil-kecil dalam jumlah banyak... Dan untuk rapi dibagian mulut, print sekali lagi mulutnya. Lalu diberi lem dibagian atasnya saja. Jadi bagian mulut, ada jendela buka tutup gitu biar rapi...

Ini printable monyetnya


Ini step by step membuat DIY-nya



Raffi memberi makan monyet

Lebih suka yang mana? Raffi kebetulan lebih suka mainan kardus yang lebih besar untuk kali ini. Iya, dia lebih suka bermain DIY memberi makan hewan bebek yang kardusnya lebih besar daripada yang monyet... Hehehehe... Entah karena ukuran lebih besar atau hewannya dia lebih suka...

Ah, yang penting Raffi-nya enjoy ^^. Bukankah itu yang saya cari..hehehe.. Yang penting bermain seru ya, Nak!

Ya sudah, selamat mencoba dan selamat bermain DIY memberi makan hewan yak!

23 comments:

  1. hi hi hi
    blogger yang satu ini emang superkreatif :)
    selain bisa buat mainan juga jadi celengen tuh

    eh saya belajar edit foto loh kayak di postingan mbak
    tapi berhubung ga punya sotosop, terpaksa cuma pake aplikasi paint di copas ke word wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. wow.. kreatif banget.. :D
    ini juga bisa mengasah kemampuan anak yaa

    ReplyDelete
  3. emak super kreatif, mainannya aman dan nggak bosenin. Nanti kalau udah punya anak mau bikin ginian ah hehe *nanti kalau udah nikah juga :))

    ReplyDelete
  4. Kreatif... Kreatif....
    Anak2ku kadang juga bikin mainan sendiri Mbak

    ReplyDelete
  5. Kreatf banget, ternyata itu diprint yaa... Harus mengaktifkan printernya lagi nih!

    ReplyDelete
  6. Raffi lucuu, ikan2nya mau dikasih ke kucing juga :D
    Mbak Echa mah super kreatif yaah, pasti Raffi senang ini main ma Mamanya ;)

    ReplyDelete
  7. Bisa dipraktekin buat mainan Asma nih. :D Ternyata kalo emaknya kreatif, anaknya bakal betah mainan bareng juga. :D

    ReplyDelete
  8. klo aku kemarin di gamabr, jadi gambarnya ala ala tangan emak yang suka menggosok wajan dech, jadi malu kalau difoto. hahaaaa..Rafii kamu sibuk, emaknya senang

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. seru ya mak,sampe2 raffi mraktekin ke cucuth hehehe....
    kreatiff..^^

    ReplyDelete
  11. Nyontek y mak..saya semalam ngeprint buat puzzle-puzzlean

    ReplyDelete
  12. kasih makan supaya kenyang ya hewannya

    ReplyDelete
  13. Asiiiikkk! Aku juga mau nyoba bikin ah, mbak. Buat cadangan ide mainan dedek balita beberapa tahun lagi xD

    ReplyDelete
  14. lagi-lagi...kece banget mbak. oke..dicatet buat ntar kalo udah punya anak..hihihii

    ReplyDelete
  15. kreatiiifffffnyaaaaa...
    aseg, punya bhan bwt mainan ken nih, tengkiu yak :D

    ReplyDelete
  16. ngakak pas liat ikannya dikasih ke kucing.. kreatif nih mamanya :-)

    ReplyDelete
  17. untuk anak yg lbh besar, bs sambil belajar huruf atau angka jg kali yah, makanannya dikasih huruf atau angka... bikin ah...
    makasih idenya mba :)

    ReplyDelete
  18. echaaaa, kreatif banget sih dirimuuu.., keren deh! mau ah bikin juga buat si bungsu...

    ReplyDelete
  19. waaaah kreatif banget maaak. Kereeeen, aku contek idenya boleh yaaa. hihii

    ReplyDelete
  20. Wah seru bikin-bikin..
    Tapi aku ga telaten bikin beginian :))

    ReplyDelete
  21. Wuih keren. De Rayyan pasti suka kalo dibikinin ini...

    ReplyDelete
  22. aduuuh kok ya adaaa aja idenya mak. jempol deh!

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^