Pentingnya Bermain untuk Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya bermain untuk tumbuh kembang anak
[Sponsored Post]

Pentingnya Bermain untuk Tumbuh Kembang Anak. Bermain... Anak kecil kan memang harusnya bermain ^^.. Dan kita sebagai orang tua bisa mengarahkan anak untuk selalu bermain hal positif demi tumbuh kembangnya...

Memang kelihatan simpel ya bermain itu... Tapi faktanya, ternyata banyak orang tua yang lebih memilih permainan digadget pada anak. Well, jujur saya dulu juga begitu.. Selain saya bisa tetap pegang handphone dan Raffi asyik bermain gadget. Bermacam-macam game saya masukkan kedalam ipad.

Friso play day
Faktanya, banyak yang memilih gadget :(

Tapi kemudian saya sadar, hal ini tidak benar. Akhirnya seperti yang saya pernah tulis dipostingan sebelumnya, saya berhasil menyetop Raffi untuk tidak bermain gadget dan mengurangi tontonan TV anak (tapi kalau memutar lagu tanpa gambar tetap sepanjang waktu ya, karena masanya memang menyanyi ^^). Dan itu juga membuat saya sembuh dari megang gadget. Saya tidak mau lagi jadi role model yang tidak baik untuk anak... Buat apa sih kita hidup kalau bukan untuk mengajari dan menjaga anak, bukan?

Apalagi, diumur Raffi yang sudah 2 tahun ini energinya sangat besar. Jangan sampai saya melewatkan masa-masa golden age yang sangat istimewa hanya karena sebuah gadget... Saya mulai rajin lagi membuat DIY untuk bahan bermain Raffi setiap harinya. Saya juga jadi rajin membuat jadwal keseharian Raffi... Mulai dari menu makanan sampai permainan yang akan dilakukan bersama Raffi. Buat saya, membuat jadwal itu malah akan membuat rencana  lebih matang dan terencana...

Pentingnya bermain untuk tumbuh kembang anak

Pentingnya bermain untuk tumbuh kembang anak

Saya sendiri menyukai bermain sambil belajar ala montessori. Selain bahannya mudah plus murah, juga bikin saya lebih kreatif untuk anak.

Kenapa sih bermain itu penting? Kalau menurut saya, bermain itu bisa sambil belajar dan sangat menyenangkan. Salah satunya bisa menambah bonding orang tua dan anak,  bisa bermain sambil belajar sesuatu, menambah kosakata, melatih kemampuan motoriknya dan mengajarkan konsentrasi...

DIY Montessori anak
Beberapa macam DIY permainan yang saya buat untuk Raffi

Ide bermainnya dari mana? Saya sih biasanya lihat di instagram dan pinterest.. Kalau sekarang, saya suka baca  jurnal Friso untuk mencari referensi macam-macam aktifitas bersama Raffi. Dan ternyata isi jurnal Friso lengkap banget. Mulai dari permainan untuk Raffi, tips untuk ibu sampai kandungan nutrisi yang harus saya berikan pada Raffi ada disana.

Yang saya suka, sekarang ada #FrisoPlayDay. Yaitu kegiatan positif  untuk bermain bersama anak, mengingat banyaknya orang tua (atau kalian sendiri) yang lebih sibuk dengan gadget dibandingkan bermain dengan anak. Sayang loh, usia anak tidak distimulasi dengan baik.. Apalagi sebenarnya banyak sekali hal yang bisa kita lakukan bersama dengan anak.

Tahu sendiri kan eksplorasi seumur Raffi sangat tinggi dalam berbagai hal. Dan itu mendorong saya untuk bisa lebih menyalurkan kekegiatan yang positif Raffi. Bermain sambil belajar dan stimulasi... Bukankah itu suatu hal yang baik? ^^.

Beberapa hal yang bisa dilakukan bersama anak

1. Bermain bersama teman

Selain mengajarkan sosialisasi, bermain bersama teman juga akan sangat banyak menambah kosakata anak. Untuk Raffi, selain disekolah saya juga mengijinkan bermain setiap sore dengan anak-anak tetangga. Apalagi saya punya program ODOH (One day one handicraft) yang mengajak kreatifitas anak... Anak-anak datang kerumah saya bukan cuma bermain bersama saja... Tapi mereka juga melakukan kegiatan seperti mewarnai, membuat origami, bermain kata dan hal lain yang lebih positif. Mereka senang, Raffi senang dan saya juga senang karena bisa mengawasi Raffi bermain didalam rumah. Kadang juga mereka bermain sepeda bersama disore hari depan rumah atau main bola..

Pentingnya bermain untuk tumbuh kembang anak

Pentingnya bermain untuk tumbuh kembang anak

Pentingnya bermain untuk tumbuh kembang anak
Salah satu kegiatan mewarnai bersama diproyek ODOH ceria saya



2. Menjelajah lingkungan sekitar

Bermain eksplorasi sekitar itu sangat menyenangkan.. Mengajak anak melihat dunia luar. Bermain dirumput basah, bermain tanah, berlari tanpa alas kaki, belajar tentang tanaman atau bersepeda juga beberapa kegiatan yang bisa dilakukan diluar. Kalau sekarang setiap ada kata huruf dibangunan atau diplat nomer motor, Raffi pasti selalu mengejanya... 

Oh ya, Raffi jadi lihai bersepeda dan mengatur keseimbangannya loh sekarang... Sampai yang ngejar ngos-ngosan :v. Tetap intinya kan bermain^^...

naik sepeda strider

A video posted by me and my cat (@echaimutenan) on 4, 2015 at 4:43am PDT


3. Mengenalkan hewan

Sebagai pecinta hewan, kami memang mengenalkan hewan sejak dini. Raffi juga kenalan sama cucuth. Dia kami ajari bermain dengan kucing tanpa harus menyakiti. Diajarkan megang, meluk, memberi makan, mengelus dan bertanggung jawab. Kami juga rajin datang kekebun binatang untuk mengajarkan macam-macam hewan yang dia belum pernah lihat sebelumnya.


bayi mengenal hewan

bayi mengenal hewan


4. Bermain air

Anak dan air = tidak dapat dipisahkan. Setuju tidak? Hehehe... Karena kebetulan saya terapi berenang, Raffi saya ajak berenang seminggu sekali semenjak umur 3 bulan. Hasilnya? Sekarang jangan ditanya kalau menyelam diair dan berenang maju kedepan.. ^^ Makanya saya pede membuat artikel mengajari bayi berenang. Anak happy!

bayi berenang
Pertama kali umur 3 bulan

bayi berenang
Menyelam diair ala Raffi :D (ini video waktu belum 2 tahun ^^)


Oh iya, di #FrisoPlayDay ini ada permainannya juga loh. Selain kita bisa tahu kegiatan apa yang cocok, kita juga bisa mendapatkan hadiah. Kompetisi ini berlangsung sampai akhir Desember 2015. Saat saya coba... ternyata jawaban kegiatan yang harus dilakukan adalah berenang. Hihihi. Pas banget ya ^^.. Kita tinggal download dan bisa dipajang ditempat yang mudah dilihat sebagi pengingat. Kalau challenge-nya sudah dilakukan, tinggal ditambah foto... Seru ya! 

Friso Play day
Tinggal isi saja form dan share keteman-teman biar ikutan juga

Friso Play day
Challenge accepted!

Friso Play day
Saya letakkan dimeja komputer, biar semangat ngetiknya :)


Dan jangan sampai lupa hal penting lain dari tumbuh kembang anak adalah asupan nutrisi... Soalnya penting untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Kalsium, serat, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral harus seimbang. Untuk membuat anak senang makan dan no picky eater... Saya menghias bento dan anak jadi semangat makannya ^^..

Kalau untuk Raffi sendiri setelah lepas ASI, saya mengkonsumsi susu Friso. Karena selain kandungan nutrisi yang lengkap, juga mampu menjaga daya tahan tubuh anak.

menu makanan bento anak


Yuk bikin waktu bermain jadi menyenangkan bersama anak. Saya sudah mempraktekkan semua yang ada di jurnal Friso. Sekarang giliran teman-teman! Cari tahu kegiatan menyenangkan yang cocok untuk anak kita dengan ikutan kuisnya di #FrisoPlayDay (jangan lupa diklik ya ^^) dan menangkan hadiahnya! Pssttt, cuma sampai 31 Desember 2015 lohh.... 

Yuk, bermain yuk!

bayi bermain


63 comments:

  1. uhuy, Raffiii udah diajari renangg. nanti bisa main sama mami ya, kalo dah besar. bisa snorkling sekalian :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu emaknya yang takut wkwkw

      Delete
    2. Andhin 3 bulan aq ajak ke baby spa mbk, malah nangis dia... Hadeh...ternyata takut dipakein pelampung yg di leher itu haha

      Delete
  2. Wah pas ini Mak, anakku juga hasil kuisnya suka berenang hihihi

    ReplyDelete
  3. Kereeen.. Mamanya Raffii.. Aku ga punya ide bikin mainan2 dari kardus huhu... Padahal kardus dan botol plastik numpuk di rumah.

    ReplyDelete
  4. Waah, mba echa rajin tenan yoo, aku pengen tapi ga telaten mba. Hiks

    ReplyDelete
  5. Iya bener. Bermain itu penting krn itu saatnya anak mempelajarj macam2 ttg lingkungannya.

    ReplyDelete
  6. setuju Mak Echa..
    masa kanak-kanak adalah masanya bermain :)

    ReplyDelete
  7. Orangtua kalau nggak kreatif kasihan anaknya.
    Aku nih yang termasuk kurang kreatif, pengen seperti dirimu yang selalu ada energi untuk berkreasi :)

    ReplyDelete
  8. Kreatif sekali mama Raffi. Aku iri (tapi yang positif) jadi pengen meniru, hihihi.
    Menginspirasi , mbak.

    ReplyDelete
  9. Mbak Echa mah selalu luar biasa. Ibu panutan deh. ^^

    ReplyDelete
  10. mbak echaaaa, tulisanmu kerennnn super kreatifff...menang ini menang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan lomba cyin...ikutan yukkkk kuisnyaaa

      Delete
  11. Penting banget emang Mbak Cha main buat anak ya. Apalagi explore tempat-tempat di lingkungan sekitar. Bisa menunbuhkan keberanian dan kemandirian kalo dari yang saya baca Mbak.

    ReplyDelete
  12. bapak ibuku dulu kreatif banget. nanti aku gaboleh kalah..

    ReplyDelete
  13. Dengan ngajak anak bermain, secara tidak langsung mengajarkan kepada anak untuk mengembangkan syaraf motoriknya untuk lebih kreatif dan memudahknannya untuk menangkap serta mengingat hal baru yang ia temui

    ReplyDelete
  14. mami raffi, syelalu, syelalu kece bin kreatif...
    top dah ah

    ReplyDelete
  15. eh baru lihat ayah raffi dipakein kacamata juga :)
    hi hi hi

    tapi salut sama blogger yang nulis artikel ini, jadwalnya tiap hari padet banget, dari jam 5, terus 11 malam ngeblog juga

    *kasih dua jempol tangan+kaki

    kalo yang main lego, untuk batita (bawah tiga tahun) bener tuh mbak, itu sih kata tetangga saya yang katanya bikin anak usia segitu bisa berkreativitas

    ReplyDelete
  16. Aku ga kreatif urusan ngajak main anak. Untungnya suami telaten kalo nemenin main :)

    ReplyDelete
  17. Banyak ide2 di Pinterest, aku juga kadang suka lihat, Mbak. Ternyata, ada situs lain yg bisa buat rujukan, ya. :D

    ReplyDelete
  18. Mb echaaa, kreatif banget yaa.. memang jadi mom harus begini ya.. siap catet juga, makasih sharingnya..

    ReplyDelete
  19. iih Raffi sdh berani main sama kucing ya?
    Lha ini, saya ngajari Azka agar berani sama kucing masih susah banget pdhl sdh 10 tahun lebih. *curhat*

    ReplyDelete
  20. Fotonya Raffi lagi main sama kucing kucu banget. Kiyuttt :3

    ReplyDelete
  21. wah, emang ya mba, buat anak itu bermain penting. selain biar aktif juga bagus buat syaraf motorik. :D
    keren blognya. sangat useful buat parenting.

    ReplyDelete
  22. Mba echa emang kreatif poll.. dan fokus.. pengen jg niruuuu.. tp masih ga kekejar sm balita 2 ini

    ReplyDelete
  23. Orangtua sekarang kreatif-kreatif dan update, ya.
    Coba dulu orangtuaku begitu. :))

    ReplyDelete
  24. Ibu yg satu ini memang kreatif dan rajin sekali, ayooo manfaatkan waktu anak2 kecil kita untuk bonding bersama mrk sebelum mrk sibuk dgn dunianya seperti yg aku alami :))))

    ReplyDelete
  25. Beda generasi beda permainan ya mbak. jaman anak-anak masih kecil, game belum segencar sekarang, cuma ada PS. Itu pun yang punya juga beberapa orang aja. Dan aku juga senang bikin mainan sendiri dari kertas dibentuk binatang, ngajak anak berimajinasi :)

    ReplyDelete
  26. nyontek dong jadwal harianya :)

    ReplyDelete
  27. eeh.. raffi punya daftar kegiatan yaaa.. hebat euy si mamih! aku ga bikin dong dari dulu.. hahaha...

    ReplyDelete
  28. Suka sama ulasannya mak Echaaaa, bahasa-nya nyaman dibaca hehehe. Isi postingannya lucu, kreatif, dan informatif. Betul anak-anak itu masanya bermain, anak saya udah 6 tahun udah mulai berkurang waktu bermainnya sama kita karna mulai sekolah dan kadang main keluar (masih sekitaran rumah sama kawannya). PR banget ini sedang mencoba mengurangi gadget dan nonton tv anak di rumah. :)

    Salam hangat,
    Zia

    ReplyDelete
  29. mami yang keren, selalu kreatif. Cium dulu ah buat Rafi. :*

    ReplyDelete
  30. Mantab mba tipsnya, menjadi referensi saya setelah berkeluarga nanti.

    ReplyDelete
  31. DIY mainanny raffi keren bingitt.. di compile mb :)
    jd buku kalo perlu

    ReplyDelete
  32. di compile mb.. keren DIY mainan rafii..
    di jadiin buku gt kalo perlu..

    ReplyDelete
  33. Wah keren. Si kecil punya jadwal harian, bisa mendisiplinkan kebiasaan baik ya.

    ReplyDelete
  34. Mainannya banyak banget, Mbak.. Ambil satu ah.. Wkwkwk :P

    Wih asyik Dek Raffi uda diajarin renang. Aku umur segitu dimandiin aja uda koar-koar. Bahahah :D

    ReplyDelete
  35. Wah Raffi pun punya jadwal. Semoga selalu senang ya Raffi :)

    ReplyDelete
  36. Aku durung duwe anak Mbak T.T

    XD

    ReplyDelete
  37. Sebenarnya memang banyak sekali yang bisa dilakukan bersama anak ya, persoalannya tergentung si orang tua. Apakah mau menemani anak bermain, menikmati dan mengamati tumbuh kembang per detiknya, yang pasti amajing banget.
    Atau orang tua memilih asyik sendiri, dan anak juga tumbuh apa adanya.
    Aku tidak dikaruniai anak biologis, namun kebetulan sejak belum nikah sering ngasuh anak.
    Hanya orang tua yang punya komitmen saja, yang mengasuh anak dengan sungguh-sungguh>
    Itu tidak mudah, ditengah jaman yang konsumtif seperti sekarang, terbukti banyak orang tua yang sering asyik dengan dirinya sendiri.
    Salut untuk kerepotan dan kreativitasmu demi buah hati
    Bahagianya Raffi

    ReplyDelete
  38. dapat ide untuk liburan anak. makasih ya mbaaaak...

    ReplyDelete
  39. Aku suka banget liat2 DIY yang kamu bikinin buat Raffi chaaa...kapan2 kita kolab bikin yuuuu... ^^

    ReplyDelete
  40. setuju banget soal mengajarkan anak untuk sayang pada hewan, Cha. gw pernah baca kalau anak-anak yang sayang dengan hewan akan tumbuh menjadi anak yang lebih penyayang... insha Allah..

    ReplyDelete
  41. Mainan terindah seorang anak adalah orang tuanya, itu kalimat yg pernah aku denger dari pakar parenting. So, main sama anak mmg penting bgt ya, Cha.

    ReplyDelete
  42. Dirimu emang kreatif banget, Mbak. Telaten bikin aneka permainan buat Raffi. Kereeeeennn

    ReplyDelete
  43. Echa Mama Raffi emak paling cool seduniaaaa!

    Peluk Echa semoga menang yaaaaa

    ReplyDelete
  44. kerenn nihhh bikin alat nya semua ...

    ReplyDelete
  45. Jadwal harian untuk anak bermain, ide keren nih, Mak

    ReplyDelete
  46. aku dah ikutan mbak, berenang katanya :) anakku malah belum pernah kuajak berenang hihi, kalo berpetualang main di kebun sama hewan2 dia malah suka banget :)

    ReplyDelete
  47. Raffi aktif banget kelihatannya mbak, jadi gemes pengen nyubit pipinya, hehehe

    ReplyDelete
  48. baru tahu toysgames DIY itu menarik...aloha Raffi chubby sangat menikmati playtimesnya :)

    ReplyDelete
  49. meluncur ke tkpeh...setuju mak main itu penting

    ReplyDelete
  50. Makjleb banget inii. Saya udah coba juga meski bukan Mum, hasilnya disuruh ajak ke kebun binatang.
    salam kenal ya Mbak dari Keluarga Biru di Malang

    ReplyDelete
  51. *langsung contek ide ide kreatifnya* :D

    ReplyDelete
  52. kalau mikir sendiri suka susah, enaknya lihat ide ya di internet. Itu foto Rafi lucu banget waktu pertama kali berenang

    ReplyDelete
  53. mungkin sekarang lebih banyak yang bermain dengan teknologi

    ReplyDelete
  54. sekarang jamannya teknologi, jadi sudah sangat susah untuk bermain sperti dlu

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^