Resep Pompom Kentang Bayam Keju

Resep Pompom Kentang Bayam Keju. Karena sekarang sering banget hujan, mau tidak mau harus sering berada dirumah. Kalau hujan-hujan, biasanya pengennya ngemil kan? Bawaannya juga pengen masak terus di dapur. Kali ini saya buat cemilan pompom kentang keju bayam.



Sebenarnya, saya suka sama kentang. Mau diolah apa saja pasti enak dan kenyangnya. Bener nggak? Mau dibikin sup kentang, stick kentang atau dibuat pompom seperti resep saya ini. Waktu MPASI Raffi juga, saya lebih sering untuk masak mpasi macam-macam kentang. Untungnya, sampai saat ini Raffi suka ^^. Makanya kentang selalu jadi penghuni setia stok dikulkas.

Resep pompom kentang bayam keju ini awalnya saya bikin pas MPASI Raffi. Jangan salah, resep MPASI enak-enak dan bergizi loh... Kita tinggal ngeadaptasiin sedikit saja biar sesuai lidah. Tetap lezat juga kok ^^. Saya loh sering bikin pompom sampai saat ini dengan resep yang sama. Karena emang kebetulan kami suka dan Raffi juga suka. Yang pasti, pompom ini enak dimakan saat musim hujan sebagai cemilan.

Biasanya, saya tidak pernah membuat pompom ini dengan lapisan tepung cukup dicelupin sebentar kekocokan telur saja. Tapi, tadi sempat lihat diblog Mbak Monic kok enak sepertinya pakai tepung roti. Bisa dicoba :D. Cuma karena dirumah saya tidak punya tepung roti, jadi cuma pakai tepung terigu saja. Bikin lebih crispy aja sih efek dibalur tepung...

Dulu, ada beberapa orang yang tanya kok bisa bikin pompom kentang tapi tidak kopong dalemnya. Kuncinya cuma 4 : kentang dihaluskan dan jangan sampai ada air rebusan (makanya mending dikukus), taruh difreezer setelah dibentuk kepalan keras selama 2 jam, jangan sering bolak balik adonan saat menggoreng dan yang terakhir perhatikan apinya.

Saya diajarkan suami bikin pompon ini pakai api kecil dan selalu pakai cara ini sampai saat ini. Cuma memang tidak ada baluran tepung cukup kocokan telur. Tapi kalau baca diblog Mb Monic yang pakai lapisan tepung roti, dia apinya yang sedang besar biar lapisannya cepat mengeras. Jadi mau yang mana? Sebisanya aja :D. Saya tetap pakai api kecil hehehe...

Ya udah ini resepnya ^^

Bahan yang diperlukan : 
1. 2 kentang dikukus dan dihaluskan pakai ulekan
2. Bayam dikukus sebentar saja biar layu, lalu dipotong-potong kecil
Saya pakai serba kukus, soalnya selain bisa lebih gampang taruh pas masak nasi juga lebih sedikit airnya. Vitaminnya juga tidak terlalu banyak keluar kalau dikukus. Soalnya saya pegang prinsip proses olahan MPASI, mengukus makanan lebih baik daripada merebus ^^.
3. Telur 1 biji kocok biasa
4. Keju parut 80gram
5. Minyak goreng yang banyak buat menggoreng. Saya biasanya nambahin mantega blueband dikit saat menggoreng biar lebih enak rasanya :D *kebiasaan
6. Tepung roti --> boleh ya boleh tidak. Disini saya pakai tepung terigu biasa

Ada juga yang biasa masukkan susu agar lebih enak. Cuma saya jarang pakai ^^.



Proses masak :
1. Campur kentang yang sudah halus dengan bayam dan keju. Jangan sampai ada air ya. Pastikan benar-benar kering.

2. Bentuk adonan seperti yang dikehendaki. Biasanya pompom itu bulet saudara-saudara. Tapi ini saya bikin lonjong hehehehe. Saat membentuk adonan, tekan bolak balik sampai menyatu biar tidak ada celah saat menggoreng. Ingat kepalannya harus kuat ya^^.


3. Celupkan kedalam telur kocok sebentar dan baluri dengan tepung
Seperti yang saya tulis diatas, kalau cuma pakai lapisan telur kocok saja berarti apinya kecil. Kalau pakai baluran tepung, berarti apinya sedang besar

4. Masukkan kedalam freezer 1-2 jam biar adonan mengeras dan tidak basah


5. Goreng dalam minyak yang banyak dan jangan sering bolak balikin adonan. Ingat kalau apinya kecil berarti pakai lapisan telur saja, kalau api besar ditambah tepung roti.


6. Siap dihidangkan. Makannya panas-panas ya enyakkk. 


Gampang kan bikin cemilan sendiri pompom kentang bayam keju ini. Bayam bisa diganti macem-macem buat variasinya. Bisa wortel (dikukus dan diiris kecil-kecil), bisa daging cornet (ditumis sebentar  pakai bawang), atau bisa juga dalam adonan dimasukkan keju melt (yang meleleh kalau suhu panas). Sesuai keinginan saja ^^, rasanya tetap enak dan tidak pakai gula garam cuma pakai keju saja. 

Enak loh resep MPASI itu sebenarnya, tinggal modif sedikit saja agar tetap sesuai 'selera umur'. Cemilan sering tapi tetap sehat kan walau digoreng hehehe...

Selamat mencoba resep Pompom Kentang Bayam Keju ini dan semoga suka ^^.

10 comments:

  1. *bookmark* Cocok buat cemilan sore-sore ditemani kopi dan hujan :'D

    ReplyDelete
  2. menu2 Mpasi ini aseli nggak cuman anak kecik aja yg doyan, akupin sering loh mraktekin resep2nya buat dimakan sendiri hihi
    Apalagi kalp gk pake ribet.
    Trus itu makin byk kejunya, makin gurih ya keknya. Huhu malem2 jd pengen nyemiiiiil :(

    ReplyDelete
  3. waaah..ini sih aku juga doyaaan cha hehehe

    ReplyDelete
  4. daku jg doyan ini mak cha, dicocol saus cabe..emm yummy..

    ReplyDelete
  5. kaya perkedel tapi pakai bayam ya,enak kriuk

    ReplyDelete
  6. ini mah bukan Mpasi ajah..buat ayah bunda juga mba Echa. bikin ah..inovasi perkedel :)

    ReplyDelete
  7. Dimakan dengan saus cabe, sedaappp.
    Pasti Raffi suka banget nih.

    ReplyDelete
  8. "Jangan salah, resep MPASI enak-enak dan bergizi loh"

    apanya yang enak, wong saya cuma lihat foto2nya aja
    malah tambah bikin laper he he he

    eh iya, baca bahannya bayem jadi inget popeye
    dulu (waktu kecil) saya sering dibilangin sama ortu sering makan bayam biar ototnya gede.

    ReplyDelete
  9. wow wow...nyam nyam nih. Aku save resepnya ya Chaaa, buat dicoba di rumah.

    ReplyDelete
  10. Kalau nggak pakai keju rasanya jadi lain ya mbak Cha..?

    * boleh dicoba nih buat variasi..eh nggak ada bumbu-bumbu lainnya ya mbak..?

    :)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^