DIY Mainan Jaring Laba-laba


Kali ini saya mau sharing diy permainan montessori anak dengan membuat jaring laba-laba atau spider web.

Kenapa dinamakan jaring laba-laba? Karena memang kayak sarangnya laba-laba gitu bentuknya. Jadi banyak jaring-jaring ala-ala spiderman hohoho.

Gampang kok bikinnya. Tidak butuh banyak bahan yang diperlukan buat diy mainan ini. Semua ada dirumah tinggal digunakan saja. Ciyussann!

Permainan ini bisa dimulai saat bayi mulai belajar duduk dan belajar memegang barang. Bisa dimainkan sampai anak besar sih kayaknya. Wong anak tetangga saya saja sudah SD, ternyata senang mau ikutan hehehe. Kita tinggal menyesuain tingkat kerumitannya saja sesuai umurnya.

Anaknya senang nggak? Senang-senang saja seh. Soalnya kan ada tingkat kepuasan tersendiri kalau mereka  bisa nyelesaikan persoalan. Sambil melatih motorik halus dan kesabarannya juga. Kalau banyakan dan rumit banget,  sang anak bisa belajar kerjasama ^^.

Berikut cara membuat DIY mainan jaring laba-laba :
Bahan yang diperlukan :
1. Tali atau pita atau rafia atau selotip 
2. Gunting
3. Mainan kesayangan
4. Keranjang yang ada bolong-bolongnya


Cara membuat :
1. Masukkan mainan atau buku kesayangan anak dalam keranjang
2. Buat jaring-jaring yang diiketkan di bolong-bolong keranjang
3. Siap dimainkan

Cara bermain :
Anak akan berusaha mengambil mainan kesayangannya dalam jaring-jaring dengan berbagai cara dengan tidak merusak tali yang jadi penghalangnya. 


Tahu tidak? Barang yang pertama diambil raffi itu adalah stik drum mainan dan alat dapur. Entah kenapa itu yang diambil, mungkin karena sering melihat saya gunain itu alat kali ya. Hahahaha.

Oh ya, mainan yang diletakkan bisa diganti dengan makanan kesukaan. Makanya kenapa tadi saya bilang bisa dimulai saat dia mpasi duduk, soalnya mainan yang diletakkan dalam keranjang bisa diganti makanan. 

Dulu saat saya mencoba pertama kali DIY jaring laba-laba ini pas Raffi mulai MPASI. Saya meletakkan mainan kicik-kicik (rattle yang ada bunyinya gitu) dan wortel rebus didalamnya. Hihihi. Raffi senang bisa belajar megang barang dan tahu yang mana yang dia mau. Believe me, bayi itu cerdas-cerdas loh ternyata ^^.


Kalau anaknya sudah rada gedean, biasanya rada malas ngambil mainan kesayangan dalam keranjang gini. Tenang, kita tinggal nyesuain saja. Kita buat jaring laba-labanya besar saja. Eh tapi, ini juga bisa dimainkan anak 2 tahun kok ^^ Raffi saja maen. Lumayan jadi gerak semua sebadan. Dan ini lebih mirip ranjau sebenarnya kalau jaring laba-laba yang besar.

Ini dia cara membuat DIY membuat mainan jaring laba-laba yang besar :
Bahan yang diperlukan : 
1. Gunting
2. Selotip atau tali atau pita
3. Paku (optional), kalau misalnya ada kaitan/cantelan ditembok dipakai saja tidak usah pake paku. Karena memang merusak dinding rumah. 
4. Lorong disekitar rumah

Cara membuat : 
1. Paku dipasang disamping-samping tembok untuk kaitan tali/pita/selotip
2. Bentangkan tali atau selotip dari tembok (yang ada kaitannya) ke tembok seberangnya (yang sudah ada 
3. Buat garis spider atau jaring sebanyak mungkin sesuai kreatifitas ibu

Pasang tali/ selotip dari ujung keujung

Cara bermain :
Anak diminta melewati ranjau jaring-jaring dari ujung ke ujung dengan menghindari tali atau selotip yang ada dengan berbagai cara. Yang penting jangan sampai merusak atau kena dibentangan talinya. Kalau mainnya banyakan, anak bisa kerjasama saling pegangan biar tidak kena tali atau berlomba cepet-cepetan sampai ditujuan.

Seru bukan? Kebetulan anak tetangga saya ikutan main ini. Mereka ketawa-ketawa sambil pegangan biar tidak menyentuh ranjau jaring laba-labanya.

Bekerja sama sampai ditujuan tanpa terkena ranjau

Mudah kan membuat DIY mainan jaring laba-laba ini? Seneng loh, mengajak anak bermain ^^. Selamat mencoba dan selamat bermain ^^. Semoga menginspirasi!

Pssttt : Mainan ini nanti juga ada di buku permainan pertama saya ^^. Doain lancar ya!

8 comments:

  1. Nglatih kesabaran juga kali ya mba Cha, solanya kalau ngga sabar ya malees banget :-)

    ReplyDelete
  2. Raffi pasti seneng banget ya mak... permainan yg meanrik

    ReplyDelete
  3. Mba ini baiknya dr umur brp ya? Yg kecil skrg 14 bulan eh..

    ReplyDelete
  4. aduh kalo mampir ke blognya mbak echa semua pengen di coba, tapi malah ditumpuk aja gak gerak. hehehe

    ReplyDelete
  5. kreatiiip. nanti aku nyontek :*

    ReplyDelete
  6. Seruuuu! Iya. Besok aku mau bikin mainan ginian kalo anak uda bisa mengenal benda! Yes! Makasih ya mbak Echaaa :3

    ReplyDelete
  7. Coba pakai selotip ah di rumah. Biar bisa dimainkan si kecil. :D

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^