Mempersiapkan Kehidupan Terbaik si Kecil di PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016


Hari Sabtu, tanggal 1 Oktober 2016 saya berangkat ke kelas edukasi terlengkap untuk para orang tua yang diselenggarakan oleh PRENAGEN. Acara ini berlangsung di ballroom Senayan City. Tadinya saya mau ajak sekeluarga datang. Cuma karena berhubung saya rencananya hari ini banyak acara sampai malam, akhirnya saya pergi sendirian saja. Jarang-jarang juga me time pergi sendiri hihihi.

Seperti sudah saya sampaikan sebelumnya, acara PPEJ ini adalah salah satu kampanye yang dilaksanakan oleh PRENAGEN ditahun 2016, yaitu PRENAGEN Peduli. Selain PPEJ 2016 yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya, PRENAGEN juga membuat program Berbagi Sejuta harapan, #PRENAGRAM dan edukasi pada banyak orang bahwa nutrisi baik merupakan bentuk investasi yang harus dipersiapkan diawal kehidupan. Diharapkan dengan kampanye PRENAGEN peduli ini dapat menekan angka kematian ibu melahirkan di Indonesia. Karena apabila Ibu Sehat Indonesia pasti sehat.

Ada apa saja di PPEJ 2016 Jakarta?

Yang pasti, untuk mengikuti acara ini kita harus registrasi dulu. Kita bisa kok dengan cara Pembelian Tiket Online keacara ini. Nanti di meja registrasi, kita akan diberi goodiebag (ada dvd, produk PRENAGEN dan buku resep) juga beberapa kupon untuk makan siang plus doorprize. Btw, yang datang diacara ini rata-rata semua pakai baju ungu gitu seperti ciri khas PRENAGEN. Bahkan para suami yang ikutan nemeni juga pakai baju ungu pink hehehe.


Setelah registrasi, saya dihadang mbak-mbak PRENAGEN-nya untuk mencoba berbagai macam varian. Karena kebetulan saya lagi kurang suka coklat, jadi saya (berkali-kali) ambil yang rasa vanilla dan kacang hijau. Seger loh, tidak bikin eneg. Disini juga banyak booth produk dari Kalbe, seperti Milna, Fitbar, Hilo, dll. Setelah itu, saya photobooth biar punya kenang-kenangan di PPEJ hehehehe. 



Saya mampir sebentar dibooth store PRENAGEN. Eh ternyata lagi banyak banget promo pembelian yang hadiahnya banyak bisa dapat playgro. Harganya juga lebih miring dibandingkan ditoko ^^.



Sebenarnya tujuan saya beli produk itu untuk ikutan kampanye PRENAGEN Peduli wish card. Yang dengan pembelian ikutan menyumbang bagi ibu hamil malnutrisi agar nutrisinya terjaga selama hamil dan selamat saat lahiran. Kita perlu tahu bahwa saat ini angka ibu hamil yang malnutrisi itu semakin bertambah. Dengan PRENAGEN Peduli, ada banyak hal kecil yang bisa kita lakukan agar bisa mengedukasi banyak orang tentang pentingnya nutrisi semenjak hamil. Kebayang kan didalam perut ibu hamil ada hak hidup dari bayi yang dikandung :"). Kalau kurang asupan nutrisinya kan kasihan.



Untuk ibu menyusui dan membawa anak, sudah disediakan ruangan untuk menyusui dan playground untuk anak bermain bersama. Jadi orang tua bisa lebih konsen mendengarkan materi di PPEJ 2016 ini kan?


Education Center 

Dikelas education center, terbagi 4 kelas yaitu kelas pra kehamilan, kelas kehamilan, kelas menyusui dan kelas nutrisi sehat. Masing-masing berlangsung diwaktu yang sama mulai jam 7 pagi. Dan semua kelas tampak penuh orang tua yang semangat belajar di PPEJ 2016 ini. 

Kelas Pra Kehamilan


Dikelas pra kehamilan, kita akan diajari apa saja yang harus dipersiapkan dimasa ini. Karena itulah, banyak yang perlu kita dan pasangan pelajari hal-hal penting apa saja saat mulai mempersiapkan kehamilan. Kita harus tahu mulai dari asupan nutrisi yang baik hingga mengetahui jadwal untuk berhubungan dengan pasangan dimasa subur untuk mendapatkan buah hati. 

Kelas Kehamilan


Ini kelas yang paling ramai dan sayapun lagi ada difase ini. Makanya saya ikutan kelas kehamilan ini. Apalagi 1000 hari pertama kehidupan dimulai dari saat kita hamil. Dan itu harus didukung dengan pemenuhan asupan nutrisi selama hamil. Jangan sampai ibu hamil kekurangan gizi. Ingat, ada hak hidup janin dalam kandungan itu harus diperjuangkan. 

Kelas Menyusui


Dikelas ini, banyak diperagakan tips saat menyusui anak. Diskusi tanya jawab terus terjadi kelas ini dan pengajarnya juga dengan sabar menjelaskan agar para orang tua mengerti. Tahu sendiri kan? Kalau saat menyusui itu ada drama bingung puting, gumoh, growth spout dll. Nah, dikelas ini permasalahan tentang menyusui bisa kita tanyakan.

Saat saya lagi mendengarkan materi kebetulan saat diperagakan bagaimana cara marmet itu. Secara selama ini saya selalu gagal marmet karena kebiasaan pakai pompa ASI. 

Nutrisi Sehat


Disini diperagakan berbagai menu sesuai tahapan yang dialami oleh ibu. Mulai dari menu pra kehamilan, kehamilan dan masa menyusui. Mengkonsumsi makanan yang tepat itu akan membuat kesehatan, tumbuh dan kembang buah hati menjadi sesuai nutrisi yang diperlukan. Susah tidak? Ternyata tidak juga kok. Saya sendiri sudah nyoba resep yang diberikan.


Interaksi Talkshow


Untuk talkshow-nya, panggung didesain seperti ruang tamu sebuah rumah. Mungkin biar terlihat lebih homey kali ya. Acarapun dimulai dengan dua orang yang menari belly dance ibu hamil. Dipandu oleh mbak Siska dan dimoderatori Mona Ratuliu, acara PPEJ 2016 inipun dimulai. Setelah itu sambutan Ibu Ade dari PRENAGEN tentang acara PPEJ 2016 dan kampanye PRENAGEN peduli agar dapat menekan ibu hamil malnutrisi plus menekan kematian pada ibu hamil. 


dr Boy Abidin, SPOG(K)
Pentingnya Asupan Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan


1000 hari pertama kehidupan (HPK) itu dimulai dari saat pembuahan dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Dan pada masa itu, kita harus memperhatikan banyak hal mulai dari asupan nutrisi hingga stimulasi yang sesuai. Jangan sampai janin dan anak malnutrisi karena akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya. 

Kita harus memperhatikan nutrisi? Kenapa? Ini 6 manfaat penting nutrisi di 1000 HPK
1. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin
2. Membantu proses pertumbuhan dan perkembangan janin
3. Sumber tenaga
4. Mengurangi komplikasi dan resiko pada ibu hamil postpartum
5. Mencegah terjadinya BBLR
6. Menghindari dan mencegah infeksi saat persalinan


Salah satu yang harus dikonsumsi untuk ibu hamil adalah asam folat. Karena sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan.  Asam folat ada pada banyak makanan yang bisa kita konsumsi. Dan tahu tidak? Kalau kita mengkonsumsi asam folat sebelum konsepsi akan dapat mengurangi resiko kelainan pada bayi. Tidak ada salahnya kan mempersiapkan awal kehidupan yang baik sedini mungkin. Makanya kenapa nutrisi itu sangat penting diperhatikan mulai dari pra kehamilan, hamil hingga masa menyusui. Ingat, kesehatan ibu adalah kesehatan janin juga.

Apalagi saat masa menyusui, bawaannya kan lapar terus. Apalagi kita mau memberikan ASI Eksklusif , nutrisi yang dimakan harus kecukupan gizinya agar kualitas ASI-nya selalu terjaga.


Roslina Verauli
Ibu Bahagia Adalah Prediktor Keluarga Bahagia

Selama menjalani indahnya kehamilan, biasanya ada drama-drama yang terjadi didalamnya. Sedangkan ibu hamil dituntut selalu bahagia selama kehamilan agar bayi dalam kandungan juga bahagia. Begitupun pasca persalinan, saat memberi ASI kita harus bisa positif thinking agar ASI-nya keluar lancar. 

Disinilah peran penting suami, keluarga dan kerabat dekat untuk mendukung, mendampingi dan membuat ibu bahagia. Ibu hamil dan menyusui harus dibuat senang dan bisa mengelola manajemen stress-nya sendiri agar tidak tegang, stress, banyak pikiran, mellow dan mood swing dan depresi. Kalau tidak dilakukan bisa-bisa berpengaruh pada kesehatan ibu dan janin. 

Salah satu agar tidak stress adalah dengan teknik relaksasi yang diajarkan ibu Roslina. Caranya adalah dengan duduk santai memejamkan mata, kaki menyentuh lantai, bahu rileks, napas teratur dan mendengarkan musik yang menenangkan. Tarik dan keluarkan napas dari mulut secara perlahan. 


Irene F Mongkar
Nutrisi Harus diiringi dengan Stimulasi yang Tepat


Mendapatkan anak yang cerdas bukan hanya butuh asupan nutrisi yang bagus saja, tapi juga dibutuhkan stimulasi yang tepat untuk anak sesuai dengan usianya. Selain itu, stimulasi akan membuat bonding yang erat antara anak dan orang tua. Semakin sering berinteraksi, maka kedekatan kita dengan anak akan semakin bertambah setiap harinya. Apalagi di 1000 hari pertamanya, kita harus selalu mendampingi dan sering bermain sama anak. Jangan lupa, lakukan stimulasi tepat itu dengan bahagia dan lihat kondisi mood anak. Tujuannya agar stimulasi lebih gampang diterima dan otak anak terangsang dengan baik. 

Salah satu yang saya lakukan untuk stimulasi otak Raffi adalah dengan membuat membuat DIY permainan anak sejak dia masih kecil. Raffi senang, saya juga! Walau rumah berantakan sih :").

DIY Montessori anak

Diacara ini saya kebetulan ikut tari belly dance dipanggung loh dan dapat hadiah buku Parenthink-nya Mona Ratuliu. Btw, setelah nari belly dance saya kontraksi sebentar. Mungkin buat bulan depan kali ya belly dance-nya bisa rutin saya lakukan. Kalau sekarang jangan dulu nanti bisa merangsang kontraksi yang ada. Tapi ternyata cukup gampang menari belly dance selama hamil, saya pikir susah.


Saya dan PRENAGEN


Saya mengenal PRENAGEN saat sebelum hamil. Kata orang, mengkonsumsi minuman untuk ibu hamil ini akan menambah asam folat dan zat-zat yang kita butuhkan untuk mempersiapkan kehamilan. Dan memang ternyata setelah menikah saya langsung hamil waktu itu. Kemudian saat hamil Raffi, saya selalu konsumsi PRENAGEN untuk memenuhi asupan gizi bayi dalam kandungan. Tapi kembali lagi, tiap kehamilan itu beda-beda. Dan ternyata pada kehamilan kali ini, saya sedikit kurang suka sama susu. Dan baru setelah masuk tri semester kedua saya baru bisa minum susu hamil Prenagen. Untuk itu saya pilih yang rasa vanilla dan kacang hijau yang enak rasanya.

Rangkaian produk PRENAGEN memiliki formula PRENAPRO yang dirancang khusus dengan vairian terlengkap disetiap tahapan kehamilan. Jadi mulai persiapan kehamilan, hamil dengan mual muntah, hamil hingga menyusui ada semua di PRENAGEN. Kita tinggal pilih rasa yang disukai dan langsung dikonsumsi untuk pemenuhan nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan.


Yang saya suka PRENAGEN itu bisa dikonsumsi kapan saja. Seperti kesibukan saya sehari-hari didepan komputer, sambil menulis juga bisa minum PRENAGEN. Kerjaan lancar dan nutrisi buat bayi didalam kandungan juga tercukupi.


Btw, karena di PPEJ 2016 diberi menu nutrisi sehat yang bisa dicoba dirumah. Saya coba resep puding coklat yang ternyata sangat berguna untuk ibu hamil. Dan ternyata, enak juga kalau saat membuat pudingnya dicampur susu PRENAGEN. Lebih sedap rasanya. Agar-agar punya kandungan omega 3 dan omega 6 yang punya banyak manfaat untuk ibu hamil dan PRENAGEN menambah kebutuhan yang diperlukan ibu hamil. 

Ini dia puding coklat PRENAGEN


Yang pasti, banyak materi bergizi yang saya dapatkan di PRENAGEN Pregnancy Educational Journey 2016 ini. Karena sebagai ibu dan orang tua, saya harus belajar dan terus belajar demi mempersiapkan kehidupan terbaik si kecil sejak dalam kandungan. Semoga sehat-sehat dalam kandungan ya, Nak!. Bulan depan kita akan bertemu :).

Terima kasih untuk kelas edukasi terlengkapnya PRENAGEN. Semoga dengan PRENAGEN peduli ini makin banyak Ibu sehat Indonesia sehat. Btw, jangan lupa ikutan PRENAGEN Peduli dengan cara mengunggah foto serta menulis harapan ibu hamil dengan hastag #PRENAGRAM dan mention @prenagenworld. Saya sudah turut serta, kamu?


Info lebih lanjut tentang PRENAGEN:

website : www.prenagen.com
Twitter: @prenagenworld
Instagram: PrenagenWorld
Youtube: YouTube.com/PRENAGENworld


[Tulisan ini menjadi juara 1 dalam lomba blog PPEJ 2016]

21 comments:

  1. Waaah... Banyak banget ya kegiatannya. Penting semuanya buat ibu hamil. Jadi inget masa hamil deh. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, lumayan lupa aku sama pelajaran hamil ini :")

      Delete
  2. Seru dan meriah banget ya mba acaranya. Selain itu, yang lebih penting ilmu yang didapat. Buat calon orangtua, acara ini pasti bermanfaat banget. Buat persiapan saat si kecil lahir.

    ReplyDelete
  3. Aku tadinya mau ikutan acara ini karena pengen cari info sebanyak - banyaknya sebelum nanti menikah dan hamil tapi kuurungkan niatku karena biar kasih kesempatan ke yang lebih membutuhkan.

    Kayaknya aku nyesel :(

    Acaranya penuh manfaat ya.
    Makasih Mbak Echa udah bikin rangkumannya! Bookmark!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutan prenagen pedulinya ya jangan lupa ^^

      Delete
  4. Sehat terus bumil, lancar sampai persalinan :*

    ReplyDelete
  5. Kalau semuanya sudah dipersiapkan begini. insyaallah hasilnya memuaskan

    ReplyDelete
  6. Acaranya bagus banget buat para bumil yang sedang menanti buah hati. Bumil emang harus dapetin asupan nutrisi yang cukup, biar sehat2 bayi & ibunya :)

    ReplyDelete
  7. Dulu waktu hamil, dari anak pertama sampe anak ketiga minumnya susu ini. Pernah juga suamiku salah beli, yo wes tak suruh minum dia aja susunya..hahaha

    ReplyDelete
  8. Mak semoga lancar yaaa kehamilaannya dan lancar persalinannya nanti :)

    ReplyDelete
  9. Saya jg dl wkt hamil jav minumnya prenagen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang buat persiapan adek jav juga gpp mak :P

      Delete
  10. Seru banget ya acaranya, jadi ikutan seru ngelihat orang hamil

    ReplyDelete
  11. prenagen kece bgd programnya
    aku jg minum ini mbk eca waktu hamil si ken dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. aceeekkk jangan lupa ikutan prenagen peduli yaaa

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^