Yuk Jadi Anak Muda yang Berprestasi dan Berkarya!

Yuk Jadi Anak Muda yang Berprestasi dan Berkarya!. Sudah lihat google doodle hari ini kan? Keren banget! Untuk memperingati Sumpah Pemuda yang memang jatuh pada 28 Oktober 2016. Iya, tepat hari ini ditahun 1928 (yang pastinya saya belum lahir) ikrar Sumpah Pemuda yang ditulis oleh Muhamad Yamin diucapkan.


Sumpah Pemuda sendiri dipercaya menjadi tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia sehingga kedepannya mendirikan negara Indonesia itu tercapai. Btw, ada yang masih ingat tidak ikrarnya Sumpah Pemuda itu bagaimana? Buat pengingat saja sih ya, ini loh bunyinya : 


Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia


Semenjak itu, setiap ada acara perkumpulan atau komunitas pasti ikrar Sumpah Pemuda itu diucapkan. Tapi itu dulu, apakah sekarang masih? Sebentar sebentar, masih ingat tidak terakhir mendengar lagu Indonesia Raya atau ikrar Sumpah Pemuda? Yup, kamu sama seperti saya. Sudah laaaaaaaaama sekali ya. Lagu Indonesia Raya saja setiap acara yang saya datangi hampir tidak pernah terdengar lagi kecuali diacara sekolah.

Apa karena Indonesia sudah merdeka? Apa karena musik boyband lebih enak didengar? Atau karena lebih enak lihat foto-foto selebgram? Atau alasan lainnya yang bikin lupa tentang perjuangan para pemuda 28 Oktober 1928 lalu?

Dulu pakai baju gini itu bangga banget :")
Tapi tenang, saya bukan paskibraka kok
Masih tahu diri dengan tubuh mungil :v


Sebenarnya tidak juga sih ya. Dibalik padatnya arus globalisasi ini dan dibalik galaunya orang tua yang prihatin tentang bahaya kebebasan berinternet dan keeksisan kiblat para ABG sebagai pemuda pemudi harapan bangsa. Ternyata nih ya, masih banyak para pemuda yang tetap mencintai negara Indonesia dengan caranya, dengan karyanya dan dengan hobinya. Masih sangat banyak sosok yang bisa dijadikan contoh para pemuda pemudi yang berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia.

Contohnya banyak kok! Dibidang brand fashion online ada itu si Yasa Singgih yang punya brand Mens Republic. Dibidang seni juga ada Joey Alexander seorang pianis jazz yang bikin meleleh kalau lagi main piano. Dan kemarin, dua hari berturut-turut Indonesia menang kontes Miss Grand Internasional 2016 lewat Ariska Putri Pertiwi dan besoknya Felicia Hwang menjadi 2nd Runner Up Miss International 2016.

Foto Best Costume Miss Grand International 2016
Busananya bagus, sayang kelihatan paha
*tutupin pake selimut

Menurut saya, mereka sendiri saja ada disana sudah sebuah prestasi besar. Yang saya sendiri tahu itu pasti tidak mudah :"). 

Masih malu-malu butuh banyak teman dan arahan? Tenang, banyak komunitas anak muda yang positif dan peduli dengan negara Indonesia kita yang tercinta ini. Ada komunitas historia, komunitas backpacker Indonesia, Akademi Berbagi, Kelas Inspirasi, Jakarta Movement of Inspiration dan masih banyak lagi. 

Yang saya ikuti yang mana? Yang pasti komunitas yang saya sukai dan sesuai hobi :D, yaitu komunitas Peduli Kucing. Pecinta kucing dari seluruh Indonesia dan luar negeri berjibaku untuk misi sosial mensejahterakan kucing-kucing jalanan. Caranya dengan mengedukasi banyak orang agar mengadopsi kucing jalan dan merawatnya dengan baik bersama anggota keluarga lain dirumah. Eh ini masih masuk komunitas anak muda loh, secara pengurus dan anggotanya kebanyakan masih 25 tahun kebawah semua. 


Tapi kalau dipikir-pikir, benar juga sih ya mumpung masih muda memang harus banyak karya. Soalnya kalau sudah kayak saya ini (oke fix saya sudah tua :v), yang namanya kesempatan berkreasi dan berkarya terbatas jadinya. Karena sudah ada keluarga yang diutamakan.

Makanya nih, buat yang masih muda dan berjiwa muda yuk mulai berkarya!. Tunjukkan peduli kita pada negara Indonesia tercinta dengan berbagai kegiatan positif. Percaya deh, kalau misalnya kita berprestasi yang bahagia dan senang itu kita juga #serius. Kalau kata pepatah, nama harum seseorang itu bakal kekal dan keingat sampai nanti. 

Oh ya, sekarang ada yang namanya Opini.id Situsnya Anak Muda yang Punya Kepedulian. Disana merupakan media penyaluran aktivitas kreatif, berita-berita anak muda yang berprestasi, komunitas yang membangun bangsa dan peduli bangsa. Semua kegiatan positif, kreatif dan menginspirasi yang dilakukan oleh anak muda Indonesia terangkum disana. 

Opini.id ini juga mensupport semangat para anak muda agar lebih dikenal masyarakat luas. Salah satu contoh nyata Opini.id mendukung gerakan anak muda yang bersatu adalah Jong United di tanggal 28 Oktober 2016 ini.



Ini loh anak muda sebenarnya itu, berprestasi dan berkarya!. Sudah siap kan buat jadi anak muda yang membanggakan? Yuk, dimulai dari sekarang!

[Sponsored Post]

34 comments:

  1. Berkarya lewat apa yang kita suka ya mbak... Mbak Echa nih salah satunya... Karyanya sudah hebring. Salam sumpah pemuda mbak, semangat selalu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini peyuk duluuu
      tapi sayang aku dah tua coba dari dulu ya mak huhuhu

      Delete
  2. Mbak echa pernah jadi paskibraa yah hehehe..
    Wah keren juga komunitas peduli kucing ini. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pernahlah wong badannya imut gini

      ((((IMUT))))

      Delete
  3. Aseeek ada poto paskibranya. Kece mbak :)

    ReplyDelete
  4. Selamat hari sumpah pemuda mak 😀.
    Cakep pas pake baju paskibra nya.

    ReplyDelete
  5. aih, siapa tuh yang jadi Paskibraka? Sama seperti Ariska yang berprestasi, jadi Paskibraka juga gak mudah cyiiin... bendera salah kibar, telat nyampe puncak... hukuman menanti hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan akuuu itupun buat lomba doang waktu itu hahaha

      Delete
  6. Aku dulu anak paskibra, berasa benerrr nuansa pemudanya, hehe

    ReplyDelete
  7. Aku pernah juga agt paskibraka meski cuma tingkat kecamatan.... waktu SMA. Btw, foto editnya bagus ... kayak bener aja hehehe

    ReplyDelete
  8. aku langsung ngepoin webnya hehehe keren ya mba semua tentang anak muda.

    ReplyDelete
  9. Lha terus kalau bukan paskibraka pakai baju seragam paskiraba saat apa mbak? karnaval? hehe

    Btw waahh senengnya anak2 muda mau peduli sama kucing2 liar. Moga banyak anak muda Indonesia berprestasi ya mbak :D

    ReplyDelete
  10. aku masih tergolong muda gak ya :D mumpung usia masih gesit, terus ukir kebermanfaatan

    ReplyDelete
  11. Itu yang pake baju yang kancingnya banyak itu asal lampung saya sempat viral kemaren di media

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa bener..itu coba pakein sarung biar g sekseyyy xD

      Delete
  12. Berkarya dengan apa yang kita suka itu memang mengasikkan , . . .

    ReplyDelete
  13. Masih muda penuh karya, keren banget

    ReplyDelete
  14. Kak echaaa,, kamu juga nak muda yg berprestasi kakak.. :*

    ReplyDelete
  15. anak muda haruslah berkarya .... berkarya bisa lewat media apa aja .. termasuk melalui blog ....:)

    ReplyDelete
  16. anak muda adalah harapan bangsa.... kemajuan bangsa ini ada di pundakmu

    ReplyDelete
  17. Mba Echa, mau gabung komunitas pencinta kucingnya gimana ya?? Aku kok jadi tertarik yaa...

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^