Mengajarkan Anak Cinta Hewan dengan Tamasya ke Kebun Binatang

Mengajarkan Anak Cinta Hewan dengan Tamasya ke Kebun Binatang

Mengajarkan Anak Cinta Hewan dengan Tamasya ke Kebun Binatang. Saya percaya anak bukan kertas kosong, tapi anak adalah peniru ulung keseharian orang tuanya. Terbukti banget, Raffi setiap ada hewan kebanyakan sih tidak takut. Tapi untuk golongan yang hewan berbulu ya, seperti anjing, kucing, kelinci dll. Kalau semacam ular, iguana dll karena kami jarang ngeliatin ke Raffi jadi dia cuma takjub dari jauh lihatnya.


Nah biar afdol agar Raffi sayang sama hewan, salah satunya cara adalah mengajak dia jalan-jalan ke tempat yang banyak hewannya. Dimana itu? Ya kebun binatanglah ya pastinya. Mau lihat hewan apa saja ada disana. Sebenarnya bukan hanya kebun binatang, sekarang banyak mini zoo gitu yang dibuat tempat rekreasi. Cuma memang tempatnya tidak sebesar kebun binatang dan hewannya juga lebih terbatas. 

Di Indonesia banyak sekali kebun binatang, ada Ragunan, Gembira Loka, KBS, Taman Safari dll. Kalau Ragunan jangan tanya saya sudah berapa kali kesana saking seringnya. Cuma ya itu, kebun binatang Ragunan ramenya pollll banget apalagi kalau weekend. Tapi lagi-lagi yang penting anaknya senang dan kita bisa mengajarinya ilmu cinta kasih pada hewan. 

Kenapa kami lebih pilih tamasya ke kebun binatang dari pada peternakan, ranch atau mini farm? 
Soalnya yang pertama, pasti tempatnya luas dan hewannya banyak. Anak bisa lari-lari sepuasnya dan lihat banyak binatang. 
Yang kedua, suasananya rindang. Biasanya kebun binatang itu banyak banget pohon. Jadi mau jalan sejauh apapun tetap sejuk hawanya.
Yang ketiga, tiketnya murah. Ini hanya berlaku untuk di Indonesia ya, kalau diluar negeri kayaknya lumayan harganya xD.
Yang keempat, walau capek seharian keliling kebun binatang anak pasti senang. Karena ini tujuan utama ya bikin anak seneng sekaligus belajar ^^.

Ke kebun binatang biasanya rindang dan sejuk

Di kebun binatang, banyak hewan yang bisa kita tunjukkan ke anak. Apalagi kalau tempatnya rapi penataannya sesuai dengan jenis hewan lebih enak lagi ngajarinnya. Cuma karena kebun binatang itu luasnya minta ampun jangan lupa siapkan stamina untuk jalan jauh ya ^^. Ada beberapa kebun binatang yang menyiapkan tram atau kereta gratis untuk putar-putar dari zona satu ke zona lainnya. Tapi lebih banyak yang tidak nyediain hehehe.

Saat anak melihat hewan yang kita tunjuk, jelaskan itu hewan apa, makannya apa, ciri khasnya apa dan hidupnya dimana. Paling tidak, anak akan mengerti dia lagi melihat hewan yang spesial. Bawa buku gambar hewan juga saya rekomendasikan^^. Jadi nanti tinggal nunjukin itu hewan dibuku dan hewan yang lagi dilihat itu apa.

See, kebun binatang saja ngajari untuk adopsi hewan
Bisa diterapkan untuk adopsi kucing dijalan loh ^^.

Raffi dan papih lihat apa hayo dikebun binatang?

Banyak yang nangkring diatas pohon

Salah satu tempat hewan di kebun binatang
Biasanya juga ada keterangan ini hewan apa saja
Jadi dijamin kita tidak salah jelasin keanak hehehe

Saat dilokasi baby zoo (biasanya hewan-hewan disini boleh dipegang), ajarkan anak untuk pegang hewannya juga. Tidak usah takut orang tuanya, selain kita mengawasi disana kan ada petugasnya juga. Ajari untuk memegang hewan dan mengelusnya. Biasanya hewannya itu ada macan kecil atau orang utan yang super ramah. Makanya jangan lupa untuk poto-poto ya :D,

Ada beberapa kebun binatang yang dilengkapi dengan fasilitas bermain air. Pasti anak senang. Setelah jalan-jalan putar-putar terus mainan air, pasti excited banget! Siapa sih anak yang bisa menolak main air? Hehehehe.

Setelah capek, jangan lupa ajak anak makan. Didalam kebun binatang biasanya ada tempat makan, tapi tidak ada salahnya kalau prepare sendiri bawa rantangan makanan. Pan ceritanya tamasya ceu. Kalau saya sih tim males repot, wes dah beli aja disana :v. Palingan ngebekel air ama cemilan doang, makanan berat beli diarea kebun binatang. Oh iya, jangan kaget yang namanya tempat wisata dimana-mana itu makanannya pasti mahal yaaa *elap keringet.

Wet playground 
Raffi dan semua anak pasti suka

Mc D Singapore
Segini hampir cepek harganya :")


Ini ada beberapa tips saya kalau kita mau tamasya ke kebun binatang bersama anak
1. Bawa stroller dan payung
Panas banget (walau kadang banyak pohon) dan jaraknya jauh, tapi dua itu kudu bawa deh. Kadang ada fasilitas penyewaan stroller untuk anak, cuma kayaknya kalau di Indonesia jarang yang seperti itu hehehe.
2. Bawa cemilan banyak, air putih, minuman kesukaan anak dan makanan berkarbo (seperti roti)
Ini bukan hanya untuk cemilan anak seh bisa untuk orang tuanya juga. Daripada beli disana kan jarak jauh dan harganya juga selangit :v. Jadi sedia bekal tidak ada salahnya.
Tapi ingat, jangan memberi makan hewan sembarangan. Ikuti petunjuk yang ada ya, kasihan hewannya kalau kita kasih makan sembarangan
3. Dokumentasikan foto-foto hewan, anak dan sekeluarga
Kadang saking senengnya kita lupa untuk foto sekeluarga :v. Jadi jangan lupa untuk foto bareng-bareng ya, kenang-kenangan banget loh. Kan bisa sambil cerita ke anak, ini masih ingat tidak pas kita lagi dimana? 
4. Bawa baju ganti, pospak dan mainan kesayangan anak
Ini barang wajib pergi-pergi sih ya. Jadi jangan lupa untuk bawa semua biar anak tidak bosan
5. Bawa buku hewan atau foto-foto hewan
Jadi sehari sebelumnya, anak sudah dilihatin itu semua foto-foto hewannya. Nah pas di kebun binatang, tunjukkan foto atau gambar hewan sesuai dengan asli yang dia lihat langsung ^^. Sambil jelaskan itu hewan apa dan keunikannya. Saat dirumah atau lagi dijalan pulang tidak ada salahnya kita bertanya lagi tadi ngapain sambil minta dia nunjuk hewan-hewan yang dilihat tadi ^^. Pasti menyenangkan.

Oh iya, semua foto-foto dipostingan ini adalah saat liburan kami ke Singapore Zoo, salah satu kebun binatang terbaik di dunia. Kami pasti selalu kesana karena jaraknya yang dekat dan tempatnya memang luar biasa bagus. Buat kami yang memang cinta sama hewan, jalan-jalan kesana memang sangat menyenangkan. Mahal tidak kalau ke Singapore Zoo? Relatif sih ya, makanya kalau kesana kudu seharian biar tidak rugi *eh *maklum emak pelit xixixi. 

Nah biar lebih ngirit, kan sekarang banyak promo tiket pesawat murah, promo hotel atau hotel murah yang bisa dibeli via online buat sekeluarga jalan-jalan ^^. Lumayan banget loh ngiritnya. Swear.

Jadi inget, tar lagi bakal ada promo diskon gede s.d 50% untuk booking hotel di pegipegi mulai 1 Desember 2016. Info lebih lanjut pantengin sosmed Pegipegi tanggal 1 Desember 2016 ya. Mayan banget diskon sampai 50% lohh.


FP : https://www.facebook.com/PegiPegiGold
Twitter : https://twitter.com/pegi_pegi
Atau klik infonya di


Hewan memang bukan manusia, tidak perlu memanusiakan hewan tapi cukup menyayangi mereka agar kita bisa selalu seimbang dengan alam ^^. Salah satu cara mengajarkan cinta sama hewan pada anak ya dengan mengajaknya tamasya ke kebun binatang ^^. Yuk dicoba!

[Sponsored Post]

16 comments:

  1. jalan-jalan anak pasti seneng banget..happy.., dan saat mereka senang kita bisa menyelipkan edukasi.. ya seperti mencintai hewan..dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seneng pasti anaknya, ibuknya juga bisa santai xD karena butuh piknik xixixiix

      Delete
  2. Cuti abis..heheee... tahun depan mudah2an ada waktu pergi-pergi... ehhh rafiiii siapa jodohmu kelak... beruntung sekali... hatimu pasti lembut.. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahah taun baruan ae :*
      aamiin doane

      Delete
  3. Anakku, kemana-mana kudu ke Bonbin. Jadi ke kota manapun asal masih ada yg namanya bonbin, yo mesti harus kesana. Wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Seru ya ngajak anak-anak ke kebun binatang. Apalagi kalau si kecil sudah bisa merespons dan bicara. Anakku juga suka main ke kebun binatang. Sehat terus Bunda sekeluarga.. :)

    ReplyDelete
  5. bener banget, memang pendidikan kasih sayang untuk anak kecil itu perlu banget ditanamankan sejak masih dini, agar nantinya ketika mereka sudah dewasa punya rasa kasih sayang terhadap sesama, salam kenal mba

    ReplyDelete
  6. bukanya gk mau ngajak anak ke kebun binatang hehee

    tapi punya anak buat di ajak ke kebun binatang hehee...

    doainnya biar ketemu jodoh :D

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheehehe aamiin moga cepet ketemu jodoe

      Delete
  7. Seru yaaa klo sama anak

    Sayangnya belom punya anak, heheehe

    salam kenal

    ReplyDelete
  8. Sepakat Mbak, masih banyak kebun binatang yang dari segi fasilitas masih kurang maksimal, tapi memang lumayan untuk ajak anak dan keluarga rekreasi, ada rupa ada harga. :p

    Kadang kalau lihat liputan kebun binatan di luar negeri jadi bikin pengen buat dateng ke sana, gara-gara fasilitasnya yang sudah super keren ditambah pelayan yang profesional, baik untuk para pengunjung dan hewan-hewan yang ada di sana.

    Yaah, semoga fasilitas bonbin di Indonesia bisa terus ditingkatkan soalnya kan Indonesia memang gudangnya flora dan fauna. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin iya tingkat kesejahteraan hewan diluar itu bener2 diperhatikan ya :")

      Delete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^