Cara Bebas Stres Dari Cucian Baju Bayi di Musim Hujan



Cara bebas stres dari cucian baju bayi dimusim hujan. Haduh, kerasa nggak sih cucian susah keringnya beberapa bulan terakhir. Bisa berhari-hari keringnya. Tahu kan kenapa? Yaiyalah, hujan gitu terus-menerus. Kadang-kadang hujannya godain, tiba-tiba deras lalu tiba-tiba berhenti -____-.



Jadinya sekarang saya sekeluarga menganut paham CUKERPAK (cuci kering pakai). Sekalinya kering langsung dipakai lagi, lah mau gak mau secara baju tidak terlalu banyak dan keringnya baju lamanya ampun-ampun. 

Apalagi punya anak dan bayi, auooooo sesuatu pokoknya tumpukan cucian :v :v. Cucian kita aja sudah banyak ya, ditambah baju anak dan baju bayi yang sehari bisa ganti beberapa kali xD. Iya kalau anaknya satu, lah kalau anaknya 3 atau 4 atau 5 ya pusinglah pasti *LOL. 

Stres? Wajar kok! Semua pasti stres ngadepin cucian numpuk dan gak kering-kering. Apalagi hal cuci-mencuci itu sudah punya takdir yang tidak kelar-kelar seumur hidup :v. Buat saya yang harus meminimalisir stres pasca persalinan itu wajib hukumnya mencari akal nyelesein masalah cucian baju bayi yang numpuk dan banyak. Kenapa? Agar kita tetap waras buk-ibuk :D. Tidak stres tidak capek bisa bikin tetap waras yang bermanfaat untuk derasnya ASI kita ^^.

Tidak susah kok ternyata agar cucian baju bayi tidak banyak saat musim hujan. Hidup itu dibuat mudah saja shayyyyyy :P. Mau tahu caranya? Ini cara saya agar bebas stres dari cucian baju bayi di musim hujan.

1. Usahakan sehari 2 kali ganti baju bayi
Jadi cukup pagi dan sore saja ganti bajunya. Kita ga perlu banyak-banyak mengganti baju bayi^^. Ini ya baju wajib yang kudu dipakai biar irit cucian.

Untuk baju sehari-hari (dirumah) : 
Pakai baju jumper (bisa dianggap atas bawah), pakai slabber untuk ngelap ngences atau gumoh, pakai alas ompol seharian (buat alas kalau dia gumoh dan ngelap sikit) dan jangan lupa pakai diaper yang nyaman buat bayi. Khusus diaper ini saya pakai Goon, soalnya lembut dan Raffa cocok. Lalu sediakan 1 saputangan yang bisa dipakai untuk waslap bayi (bisa dipakai berulang-ulang beberapa hari). 

Untuk baju keluar rumah cukup ditambah pakai legging yang model strech (seperti merk cotton rich) dan jaket bila perlu. Dan ini bisa dipakai berkali-kali dalam beberapa hari hehehe.

Jadi dalam sehari kita cuma perlu 2 jumper, 1 slabber dan 1 alas ompol (bisa berkali-kali kalau tidak kena gumohan dll). Irit kan :p.


2. Pakai popok sekali pakai (pospak)

Ini yang tadi sekilas saya singgung di point pertama. Kalau kita pakai popok kain pasti harus nyuci semuanya kan? Mulai pakaian bayi, pakaian ibu, alas ompol, popok kainnya dan barang-barang yang kena pipis pup bayi.

Jadi, daripada kita stres lebih baik alihkan saja popok bayi ke pospak atau diapers. Gak mau kan nambah banyak cucian karena masalah popok? Biar hemat beli yang lagi sale dan diskon, biasanya tiap weekend semua supermarket lagi promo diapers kok!. Saya sendiri rela berburu diapers berkardus-kardus untuk stok pospak :D. 

Makanya nabung semenjak hamil untuk persediaan kedepannya, apalagi kalau udah ketahuan hamil janin kembar 2. Harus siap siaga ya^^. Karena punya anak itu bukan hanya bikin saja tapi ada merawat dan tanggung jawab yang besar disana ^^. 


Tumpukan kardus diapers demi 
emak-emak punya banyak waktu ke fitness first biar kurus 2017 :v

Salah satu diapers yang cocok sama Raffa itu, Goon ini. Bahannya lembut, premium dan tidak bikin ruam popok seh. Kalau mau buang pospaknya juga gampang banget, mau yang pants atau yang tape sama-sama ada perekatnya. Bikin emak-emak kayak kita lebih mudah kan daripada kudu berkutat sama cucian hehehehe.

Banyak mitos kalau masalah diapers ini ya. Yang pasti saran saya, untuk bayi baru kan sering pipis dan BABnya jadi  harus sering diganti. Ini biar tidak merah dan kasian kalau sampai bayinya tidak nyaman karena basah. Makanya saya pakai Goon ini soale ada pee indicatornya gitu dan excellent dry yang membuat bayi tetap kering saat pakai popok.

Mau buang cepet banget kan :D 
Tinggal rekatin saja hihi.

3. Rendam menggunakan detergen cair

Kalau biasa pakai deterjen bubuk, mulai pelan-pelan hilangkan. Biasanya, bayi baru kulitnya cenderung sensitif dengan pakai deterjen cair iritasi pada kulit bayi bisa diminimalisir. Deterjen cair itu mudah dibilas kok, lebih gampang daripada yang bubuk malah. Solusi menghemat deterjen, baju direndam setengah jam baru dibilas tanpa pakai mesin cuci. Oh iya, jangan lupa pisahkan baju bayi dengan baju dewasa loh ya. Cuci jangan nunggu numpuk. Jadi sehari minimal sekali mencuci baju bayinya agar tidak menumpuk.

4. Lipat yang rapi saat mengeringkan baju bayi 

Saat mengeringkan cucian baju bayi boleh pakai pengering mesin cuci. Agar baju tidak lusuh, sebelum dimasukkan ke pengering dikibas-kibas dulu bajunya. Setelah itu lipat yang rapi dan pelan-pelan dimasukkan kepengering.

Jadi setelah dikeringkan posisi baju rapi terlipat walau belum dicuci. Saat mau dijemur jangan lupa dikibas-kibas lagi ya.

5. Gunakan jemuran bayi sendiri

Saat punya bayi, jangan lupa beli gantungan jemuran bayi yang model hanger atau jepit. Dua-duanya harus punya kalau kata saya mah ya. Ini biar terpisah dari baju-baju dewasa dan lebih mudah keringnya. Jangan pernah jemur pakaian dengan jarak terlalu dekat karena bakal bikin susah keringnya.


6. Cari alternatif menjemur saat hujan

Alternatif disini bukan berarti kita jemur diatas TV, kulkas atau barang elektronik yang panas ya. Yang ada cucian bakal bikin elektronik kita rusak semua :v. Hihihii.

Jadi caranya dengan menggunakan lampu pijar dipojok ruangan sebagai tempat menjemur, pakai hair dryer, diletakkan didepan AC plasmacluster atau diangin-anginkan. Cari tempat yang bebas terkena hujan tapi masih ada angin akan tetap membuat baju bayi cepat kering.

7. Setrika saat akan digunakan dengan setrika uap

Setelah kering, tidak perlu langsung disterika. Tapi lipat yang rapi lalu masukkan kedalam lemari baju. Setrika baju saat akan digunakan, jadi tidak perlu nyetrika sambil nonton sinetron sampai berjam-jam lamanya :D. 

Simpel sih ya cara saya. Tapi serius, ini susah banget diaplikasikan dikehidupan sehari-hari. Tapi demi bebas stres karen cucian baju bayi dimusim hujan, abdi mah kudu jalani \m/. Demi lebih banyak waktu nonton dan baperin drama Korea :v :v . Eaaa eaaa.

Hidup itu harus bebas stres shayyyy. Apalagi cuma gara-gara cucian yang gak kering-kering :v. Selamat mencoba ya cara saya ini, semoga bermanfaat :*


[Sponsored Post]

19 comments:

  1. Praktisnya kasi ke londreh atau minta tolong ART, hehehe. Pusing Bgt emang kalau banyak cucian. Huhuhu.

    ReplyDelete
  2. Hihihihi sepikiran bgt mbaaa. Suami jg blg gt.... Drpd stress ya.... better nyari yg praktis dulu. Sampai punya supporting system di rumah. Klo kaga ya, lanjuuutttt gan yg praktis2 aja :D

    ReplyDelete
  3. Kayaknya perlu sedia setrika uap juga nih aku dirumah secara nuci ga kering mulu karena hujan mulu ya mba hihi

    ReplyDelete
  4. Musim panas aja aku ogah nyuci popok, jadi marilah kita pake diaper. Hehehehe

    ReplyDelete
  5. Akhir2 ini matahari suka php, jadi pospak adalah pilihan terbaik wahahaha... Dan aq nyuci sminggu pling banter 2x kdang cm sekali 'D

    ReplyDelete
  6. Setuju banget. Kayaknya pas nih cuci kering pakai aja, apalagi di musim hujan seperti ini

    ReplyDelete
  7. Cucok banget deh ah infonya, pas banget. Sepertinya saya butuh setrika uap haha

    ReplyDelete
  8. Alhamdhulilah baby K juga cocok pake goon mak. Makasih paketnya kmr mak jd keterusan pake goon deh :*

    ReplyDelete
  9. Setrika baju tuhh saya paling mualezzz.. Ditinggal bertumpuk malah jd derita hahhaha eh tapi untung ada drama korea sambil strika sambil strika baju

    ReplyDelete
  10. Mbak Echa.. itu kenapa harus pakai setrika uap? kenapa atuh kenapa?

    ReplyDelete
  11. Dulu suka pusing deh kalau musim hujan, pas Marwah masih bayi. Harus beli setrika uap juga deh, sekarang tuh setrikaan numpuk buanget

    ReplyDelete
  12. Jadi inget jaman anak2 masih bayik, rempongnya kayak gimana, makanya nyetok diapers tuh bisa berdus2 apalagi pas musim uhan, hehehe

    ReplyDelete
  13. Dulu kenapa ya ngga beli Goon, oh iya hahahah dulu masih belum banyak stoknya & harganya masih mahal XD sekarang mah suka banyak diskon goon jd yang punya bayi sekarang lebih enak :D

    ReplyDelete
  14. waktu anak-anak saya mamasih bayi pun kalau lagi hujan suka bikin pusing ma cucian. Tapi solusinya ya sama. Paling stok diapers lebih banyak :D

    ReplyDelete
  15. Mba Echa... persiapanan diapersnya udah dari hamil ya. iya sih, kalau ga disiapin bisa berabe. hihi... Baru tahu yang Goon tipe pants juga ada perekat buat buangnya ya. jadi lebih praktis berarti ya... sip sip...

    ReplyDelete
  16. waktu lahiran anak, berasa banget nyuci popok kain secara gitu yah ibu mertua prefer cucu pertamanya pakai popok kain XD

    klo hamil + mbrojol lagi, aku pakai pospak ah, buat meringankan beban setelah lahiran ... karena ibu happy, produksi asi lancar dan anak pun sehat ... ye gak ye gaaak mak :*

    ReplyDelete
  17. Masuk Banget nih sarannya, makasih ya Bunda

    ReplyDelete
  18. hahaahaha...aku lagi mikir musti siap-siap dengan pengering biar ngga stress sama jemuran :)

    ReplyDelete

Monggo komen yoo... Mohon maaf link hidup saya hapus komentarnya.. ^^